10 Universitas Terbaik Di Asia Tenggara yang Harus Kamu Tahu!

Universitas Terbaik Di Asia Tenggara – Hallo sahabat setia Juraganesia yang selalu diharapkan tanah air Indonesia, sebelumnya admin ingin berterimakasih terlebih dahulu kepada semuanya yang telah mengunjungi laman situs Juraganesia hingga detik ini sehingga admin akan selalu semangat untuk membagikan informasi yang tidak cepat basi dan anti mainstream tentunya.

Baiklah langsung saja, mengenai kuliah diluar negeri khususnya dinegara asia tenggara merupakan salah satu daerah yang lumayan strategis untuk dijadikan tujuan kuliah atau ngampus bagi mahasiswa Indonesia. Hal ini disebabkan oleh lokasinya tidak terlalu jauh dan adat serta kebudayaan yang masih memiliki beberapa kemiripan.

Universitas Terbaik di Asia Tenggara

10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara – Juraganesia.net

 

Selain itu, iklim atau cuaca dinegara- negara tersebut juga cenderung sama dan tidak ada bedanya sehingga memudahkan para pendekar keilmuan (mahasiswa) untuk beradaptasi dilingkungan setempat dengan cepat.

Pada artikel kali ini kita akan membahas serta mengulas habis tentang 10 niversitas terbaik di Asia Tenggara. Kira- kira manakah universitas paling ideal untuk berkuliah? Penasaran? Sama, saya juga. Akan tetapi sebelumnya mari kita lihat cara penilaian universitas terbaik dinegara ASEAN berikut ini.

 

Baca Selengkapnya : 15 Universitas Terbaik di Arab Saudi, Kamu Harus Tahu!

 

Bagaimana Cara Penilaian Suatu Universitas?

Menurut survey dari QS-World University, diantaranya pada penilaian tersebut menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang menjadi tolak ukur atau dimensi penilaian suatu universitas, yaitu meliputi reputasi akademik (35%), reputasi karyawan (15%), rasio mahasiswa dengan fakultas (20%), jumlah publikasi (15%), fakultas internasional (5%), mahasiswa internasional (5%), dan pertukaran mahasiswa atau student exchange (5%).

Bagi kamu yang sedang bingung untuk mencari universitas mana yang ingin kamu daftar dan belajar disana. Eits, jangan bingung dan resah bahkan gundah berkepanjangan mengenai hal itu, karena kita kali ini akan membahas seputar universitas- universitas terbaik dinegara Asia Tenggara (ASEAN).

 

 

10 Universitas Terbaik Se-Asia Tenggara (ASEAN)

Dibawah ini kami berikan rekomendasi universitas yang mungkin kamu berminat untuk berkuliah disana. Let’s find out good people!

 

1. National Univeristy of Singapore (NUS)

Menurut admin, siapa sih yang tidak tahu universitas paling terkenal dan ngetop se- Asia Tenggara ini? Bahkan universitas ini juga masuk dalam rangkaian 50 universitas terbaik se- Asia Pasifik. Ya, nama kampus yang berada di Singapore ini adalah National University of Singapore (NUS).

Universitas Terbaik Di ASEAN

National University of Singapore – Juraganesia.net

 

Universitas ini menawarkan pendekatan global melalui pendidikan global melalui pendidikan dan penelitian yang berfokus kepada keahlian dan perspektif orang- orang Asia. Selain itu, diuniversitas NUS sendiri memiliki lebih dari 37.000 mahasiswa dari 100 negara tersebar dalam 16 fakultas yang disediakan dari pihak universitas.

Dengan demikian, NUS juga dikenal sebagai salah satu kampus yang memiliki kekuatan dalam penelitian bidang teknik, ilmu biomedis, sosial dan konsentrasi ilmu alam. Selain itu ada beberapa yang telah dilakukan di NUS antara lain mencangkup ruang lingkup seperti teknologi kuantum, kanker, digital, lingkungan dan perairan.

Ruangan belajar universitas terbaik di asia tenggara

Ruangan Belajar NUS Singapore – Juraganesia.net

 

Oleh karena itu, universitas ini selalu berupaya untuk terus menciptakan lingkungan dengan inovasi- inovasi baru dan selalu mendukung para mahasiswanya dalam mencitakan sesuatu yang baru agar dapat lebih kreatif pada bidangnya masing- masing.

 

 

2. University Of Malaya (UM)

Salah satu universitas yang terbaik di Malaysia ini terletak di ibukota negara Malaysia, Kuala Lumpur. Ya, nama universitas yang megah ini adalah University of Malaya atau disebut- sebut dengan UM. Mungkin saat ini juga sudah banyak sekali mahasiswa Indonesia yang tahu tentang universitas satu ini dan juga tidak sedikit yang sudah kuliah disana.

Universitas Terbaik Di Asia Tenggara

University of Malaya – Juraganesia.net

 

Jika dilihat dari perkembangannya, UM merupakan universitas yang memiliki rasio perkembangan yang terbilang sangat cepat dan pesat pada abad pertama didirikannya universitas ini. Selain itu, motto universitas ini berbunyi “Ilmu Punca Kejayaan” atau yang berarti “hanya dengan ilmu kita bisa sukses”.

Dengan hal tersebut, ini mencerminkan filosofi universitas dalam usahanya secara terus- menerus untuk menggali dan mendalami ilmu pengetahuan disegala bidang demi menghasilkan lulusan yang sukses dan mumpuni dibidangnya.

 

 

3. Universitas Indonesia (UI)

Universitas berikut ini merupakan universitas kebanggaan masyrakat nusantara. University of Indonesia atau yang disebut sebagai UI, merupakan universitas yang terletak didaerah Depok serta beberapa kampusnya yang terletak didaerah Salemba.

Universitas Terbaik di Indonesia dan Asia Tenggara

Universitas Indonesia – Juraganesia.net

 

Kini UI menjelma sebagai universitas yang selalu konsisten sebagai universitas terbaik se- Indonesia bahkan juga terbaik didunia. Selain itu, UI juga dinilai sebagai universitas yang paling vibran di Indonesia. Sebagai buktinya sejak tahun 2004, Majalah Tempo (majalah terkemuka di Indonesia) mengatakan bahwa lulusan atau alumni dari universitas Indonesia termasuk kedalam lulusan yang terbaik di Indonesia.

Beberapa data juga sempat memaparkan diantaranya jika dilihat dari kualitas lulusan dari universitas ini mungkin tidak perlu diragukan lagii akan potensinya. Selain itu, citra yang baik, fasilitas kampus, kepuasan industri yang menggunakan tenaga kerja, kualitas pengajaran, dan ketatnya persaingan untuk masuk universitas ini merupakan salah satu tolak ukur UI sebagai salah satu kampus favorit se- Indonesia.

Tahukah anda, UI saat ini memiliki 13 fakultas dan 2 program yang diantaranya fakultas kedokteran, kedokteran gigi, teknik, hukum, ekonomi, ilmu komputer, farmasi, dan lain sebagainya. Sedangkan program yang disediakan di universitas ini diantaranya seperti pascasarjana dan program vokasi.

Universitas terbaik

Ruangan Aula Universitas Indonesia – Juraganesia.net

 

 

4. Chulalongkorn University

Berbicara tentang Chulalongkorn University, tentu kita akan membahas sebuah universitas paling legenda dan spektakuler diseantero Thailand ini. Universitas ini terletak di Patumwan, Thailand, yang merupakan salah satu universitas paling bergensi di Thailand.

Sejarah berdirinya universitas ini dimulai didirikan secara resmi pada tahun 1917 oleh sang Raja Vajiravudh sebagai bentuk penyebarluasan pendidikan sehingga Thailand dapat beradaptasi dengan perkembangan dunia dan mencegah kolonisasi atau penjajahan.

Universitas Terbaik Di Asean

Chulalongkorn University – Juraganesia.net

 

Hingga saat ini, Universitas tersebut telah memiliki 18 fakultas, 3 sekolah, 3 kampus dan 6 institut dengan total mahasiswa terdaftar lebih dari 33.000 siswa pada tahun 2010, bahkan Chulalongkorn University mendapatkan penghargaan dan peringkat yang sangat baik dibidang akademik dan penelitian oleh The Comission of Higher Education.

Selain itu, universitas ini juga berhasil untuk mempertahankan konsistensinya dalam mempertahankan kualitasnya sehingga selalu berada pada peringkat universitas terbaik dan terkemuka baik itu di Thailand maupun se- Asia Tenggara hingga saat ini.

Halaman Tengah Chulalongkorn University – Juraganesia.net

 

 

5. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

Universitas satu ini merupakan universitas kedua asal Malaysia yang masuk dalam deretan 10 besar universitas terbaik se- Asia Tenggara. Universitas ini terletak di Selangor, Malaysia. UKM merupakan salah satu dari lima universitas berbasis riset di Malaysia.

Universitas Terbaik di Asia Tenggara

Universiti Kebangsaan Malaysia – Juraganesia.net

 

Sampai saat ini ada 13 fakultas, 16 institut, dan 18 center dengan lebih dari 30.000 mahasiswa yang terdaftar di universitas yang bergensi ini. Pada tahun 2006, UKM pernah mendapatkan penghargaan sebagai “Universitas Riset Malaysia” serta universitas ini juga memenangkan “Prime Minister’s Quality Awards”.

Oleh karena itu, tentu saja beberapa predikat penghargaan tersebut adalah hasil dari dedikasi dan juga mengindikasikan usaha universitas dalam memajukan kualitas pendidikan seantero Malaysia.

 

 

6. Mahidol University

Berikut ini adalah universitas kedua yang berasal dari Thailand dan berhasil memasuki deretan sepuluh universitas terbaik se- Asia Tenggara dengan menempati posisi ke-enam. Universitas ini berada didaratan Salaya, Thailand.

Universitas ini telah berkembang dari tahun ke tahun dan kini telah menjelma sebagai universitas multi disiplin yang bergengsi di Thailand. Universitas ini memiliki fokus pada dunia keilmuan medis atau kedokteran, ilmu dasar dan terapan, keperawatan, farmasi, lingkungan, perhotelan, ilmu agama, dan lain- lain.

Universitas terbaik di Asia Tenggara

Mahidol University Thailand – Juraganesia.net

 

Kunci suksesnya Mahidol University adalah dengan pembuatan atmosfer pembelajaran internasional dan mempertahankan fokus akademik yang kuat. Oleh sebab itulah universitas ini dapat bersaing di Asia Tenggara dan Asia Pasifik.

 

 

7. Universiti Sains Malaysia (USM)

Lagi- lagi universitas asal Malaysia ini masuk dalam daftar 10 universitas terbaik diseluruh negara ASEAN. Ya, namanya Universiti Sains Malaysia atau sering disebut USM. Universitas ini telah berkembang pesat hingga saat ini.

Kini, USM telah memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa yang terdaftar didalamnya. Selain itu, Universiti Sains Malaysia ini juga telah dikenal harum namanya dikalangan nasional dan juga dikancah internasional. Sejak awal didirikan, universitas yang satu ini telah menerapkan “School System” yang mungkin bisa dikatakan bertentangan dengan sistem fakultas konvesional pada umumnya.

universitas paling top di asean

Universiti Sains Malaysia (USM) – Juraganesia.net

 

Dengan demikian, setiap sekolah yang ada di USM ini dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa untuk berfokus kepada bidang yang sedang ia tekuni. Namun, pada waktu yang bersamaan juga pihak univesitas memberikan kesempatan kepada para pelajarnya agar dapat mengeksplorasi bidang atau konsentrasi ilmu lainnya.

 

 

 

8. Universiti Teknologi Malaysia (UTM)

Mungkin tidak ada habisnya untuk membicarakan negara Malaysia khususnya dalam bidang pendidikan. Lagi- lagi universitas asal negeri jeran ini memasuki daftar “Top 10 The Best University in South East Asian” dengan menduduki posisi kedelapan.

Meskipun demikian, universitas yang terletak didaerah Skudai, Johor Baru, merupakan salah satu universitas berbasis teknik terbesar dinegara tersebut. Universitas Teknologi Malaysia atau UTM menawarkan beberapa program untuk semua tingkat pendidikan,

Hingga pada priode ini, universitas ini memiliki lebih dari 16.000 mahasiswa pada program sarjana dan tidak kurang dari 6.000 mahasiswa pascasarjana. Selain itu, pihak universitas juga menawarkan program- program terbaiknya seperti pada bidang teknik, teknik biomedis, ICT, bio-sains, lingkungan perkotaan, geo-informasi, pendidikan dan juga manajemen bisnis.

 

 

9. University of Phillipines

Nah Juraganesia, kali ini kita mampir dulu untuk membahas universitas negeri tagalog, philipina. Ternyata universitas yang terletak di Diliman, Philipines ini masuk dalam kategori universitas terbaik se- Asia Tenggara.

University of Philipines memiliki komitmen yang sangat besar untuk tetap terus mendukung moderenisasi fasilitas- fasilitas dan berbagai bentuk pelayanannya terhadap masyarakat lokal.

Universitas Top di negara Asean

University of Phillipines – Juraganesia.net

 

Sebagai universitas yang terbaik dan paling bergengsi dinegara tagaloh (philipina), universitas ini siap untuk bersaing dengan berbagai universitas lainnya yang terkemuka dikawasan Asia Pasifik.

Oleh karena itu, kini pemerintahan Philipina sangat memberikan fokus kepada dunia pendidikan serta selalu mengupayakan perkembangan demi perkembangan semua universitas yang ada di Philipina. Dengan demikian, tidak heran bahwa kali ini universitas negeri tagalog yang satu ini berhasil menempati posisi kesembilan dari sepuluh universitas terbaik di ASEAN.

 

 

 

10. Universiti Putra Malaysia.

Berikut ini adalah universitas kelima yang berasal dari Malaysia lagi. Sepertinya pendidikan kini akan bermuara pada negeri jeran Malaysia. Universitas Putra Malaysia (UPM) terletak di Serdang, Malaysia. Keunikan dari universitas ini ialah dapat mempertahankan peran tradisional yang berfokus pada penelitian sektor pertanian dan area- area yang relevan.

Universitas top di asia tenggara

Universiti Putra Malaysia – Juraganesia.net

 

Pada awal tahun 1980, universitas ini memperluas cakupannya dengan menambahkan program ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Universiti Putra Malaysia bercita- cita untuk menjadi “The Next University of Millenium” didaratan Malaysia.

Visi dan misi universitas ini ialah untuk menjadi pemain dunia global dengan berbagai komunitas internasional yang terkemuka dan intelektual serta dapat membuat bangsanya bangga akan kontribusi mereka.

Universitas terbaik asia tenggara

Universiti Putra Malaysia (UPM) – Juraganesianet

 

Selain itu, UPM berupaya agar tetap dan terus memberikan arti baru bagi kemajuan, pertumbuhan, dan perkembangan bagi nusa dan bangsanya serta dunia dengan menghasilkan lulusan- lulusan yang berkualitas, tangguh, dan kompetitif.

 

 

Nah sahabat Juraganesian, sudah tahukan daftar 10 universitas terbaik di ASEAN? Bagaimana pendapatmu tentang universitas- universitas diatas? Serta universitas manakah yang kamu inginkan? Silahkan share dan comment dibawah ini.

Semoga bermanfaat, salam sukses para Juragan!

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: