15 Universitas Terbaik Di Arab Saudi, Kamu Harus Tahu!

Universitas Terbaik Di Arab Saudi – Hallo sahabat setia Juraganesia yang mengunjungi laman ini, sebelumnya admin ingin berterimakasih terlebih dahulu kepada semuanya yang telah mendukung kami sebagai situs atau media online terbaik hingga detik ini sehingga admin akan selalu semangat untuk membagikan informasi- informasi yang sejatinya tidak cepat basi dan anti mainstream pastinya.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas seputar kuliah di Arab Saudi dimulai dari alasa berkuliah disana, iklim negaranya, biaya hidup, bahasa, informasi mengenai KBRI di Arab Saudi, PPI (Perkumpulan Pelajar Indonesia) untuk Arab Saudi, dan lain- lain sebagainya.

Universitas Terbaik Di Saudi Arabia

15 Universitas Terbaik Di Arab Saudi – Juraganesia.net

 

Nah Juraganesian, pada artikel kali ini kita akan mengulas detail tentang beberapa universitas terbaik di Arab Saudi. Yuk kita telusuri lebih dalam lagi tentang ”Top 15 The Best Univesity in Saudi Arabia”. Silahkan dibaca liputan lengkapnya dibawah ini.

 

Baca Juga : 10 Universitas Terbaik Di Jerman yang Harus Kamu Ketahui!

 

15 Universitas Terbaik Di Arab Saudi Yang Harus Kamu Ketahui!

Berikut ini merupakan ulasan menurut data dari lembaga survey pendidikan dunia yang ternama, QS World Ranking seputar universitas terbaik dan paling top yang ada dinegara Arab Saudi. Kamu tertarik berkuliah dinegara Arab Saudi? yuk langsung cek aja dibawah ini guys!

 

1. King Saud University.

Menurut data sebuah lembaga survey ternama seputar dunia pendidikan, QS World University, menempatkan King Saud University pada peringkat 253 dengan score poin 44.7 didunia. Universitas satu ini kerap sekali dikenal sebagai universitas pertama di Arab Saudi yang didedikasikan untuk pendidikan non-agama.

Universitas Terbaik di Arab Saudi

King Saud University – Juraganesia.net

 

King Saud University terletak di Riyadh, Arab Saudi. Universitas ini memiliki perkembangan yang cukup pesat khususnya pada program- program yang terdapat didalamnya seperti fakultas bahasa, sains, kesehatan, dan humaniora.

Dengan demikian, jika anda adalah seorang pelajar yang sangat antusias kuliah ke negeri Arab Saudi, maka universitas yang satu ini dapat menjadi pilihan yang ideal bagi anda yang ingin menimba ilmu disana. Semoga sukses dan berkah ya Juraganesian!

 

 

2. King Fahd University of Petroleum And Minerals.

Siapa bilang negeri Arab Saudi ini hanya memfokuskan pendalaman ilmu agama? Ini buktinya. Bagi anda yang memiliki minat dan cita- cita bekerja diperusahaan perminyakan, maka universitas yang terletak di Dahran, Arab Saudi ini patut anda coba.

Universitas Terbaik Di Arab Saudi

King Fahd University of Petroleum And Minerals – Juraganesia.net

 

Menurut data QS World University, pada tahun 2014, King Fahd University of Petroleum And Minerals berhasil menempati posisi atau peringkat ke 216 didunia dengan meraih score 49.9 (sangat baik). Oleh karena itu, universitas ini berhasil menjadi peraih peringkat tertinggi di negeri padang pasir itu.

Selain itu, universitas ini tidak hanya mengandalkan program ilmu konsentrasi teknik perminyakan, akan tetapi juga mengadopsi pelatihan lanjutan seperti dibidang pendidikan, teknik, manajemen sebagai tujuan mempromosikan kepemimpinan dan pelayanan.

Universitas Paling Top Di Saudi Arabia

King Fahd University of Petroleum And Minerals Arab Saudi – Juraganesia.net

 

 

3. King Abdul Aziz University (KAU).

Mungkin beberapa dari sahabat Juraganesian sudah tahu tentang universitas yang satu ini. Ya, namanya King Abdul Aziz University. Menurut QS World Ranking 2014, universitas yang terletak di Abdullah Sulayman, Jeddah- Arab Saudi ini menempati peringkat ke 360 didunia dengan meraih poin atau score 35.8.

Contoh Universitas Terbaik di Arab Saudi

King Abdul Aziz University – Juraganesia.net

 

Universitas ini memiliki keunikan tersendiri dengan cara menerapkan pembagian kampus menjadi dua, yang satu untuk laki- laki dan yang satu lagi untuk perempuan. Selain itu, kampus ini merupakan pelopor dalam menawarkan berpendidikan tinggi untuk wanita di Arab Saudi.

Oleh karena itu, King Abdul Aziz University (KAU) menawarkan jurusan atau fakultas yang cukup luas dan sangat banyak, yang mana universitas ini memiliki banyak sekolah, fakultas, dan apartemen yang siap untuk menjadi tempat tinggal para mahasiswa dari berbagai negara didunia.

Universitas Terbaik di Arab Saudi

King Abdul Aziz University Arab Saudi – Juraganesia.net

 

4. Al-Imam Mohamed Ibn Saud Islamic University.

Menurut QS World Ranking 2014, Al-Imam Mohamed Ibn Saud Islamic University berada pada urutan ke 491 didunia. Ternyata, universitas yang satu ini memiliki tujuan pendidikan yang sesuai dengan syariat islam.

Selain itu, universitas yang terletak di Riyadh, Arab Saudi ini memiliki 10 program akademik yang harus kamu tahu
lho Juraganesian, diantaranya program syariah slam, bahasa Arab, ilmu- ilmu sosial, advokasi dan media, bahasa dan penerjemahan, teknik informatika, ekonomi dan administrasi, kedokteran, dan ilmu teknik.

Universitas Terbaik Di Arab Saudi

Al-Imam Mohamed Ibn Saud Islamic University Arab Saudi – Juraganesia.net

Sebagai tambahan informasi bahwa universitas ini telah membuka cabang kampusnya diberbagai negara seperti Amerika, Indonesia, Jepang, dan Mauritania.

 

 

5. Umm-Al Quro’ University.

Siapa sih yang tidak kenal dengan universitas yang satu ini? Ya, universitas yang terletak ditanah haram (Mekkah) ini merupakan universitas yang sangat terkenal dikalangan pelajar Indonesia. Namanya Ummul Quro’ University.

Universitas terbaik di Arab Saudi

Umm-Al Quro’ University Arab Saudi – Juraganesia.net

 

Universitas yang satu ini menawarkan program sarjana, pascasarjana, diploma, master, Ph.D dalam pendidikan islam, bahasa Arab, pendidikan, ilmu terapan, ilmu sosial, kedokteran dan teknik. Serta menambah konsentrasi ilmu lainnya yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu, universitas ini dibagi menjadi tiga kampus yaitu kampus pertama di Aziziyah, kampus kedua di Al-Zahir, dan kampus ketiga di Al-Abdiyah. Sehingga universitas ini sangat menekankan perhatiannya secara khusus pada penelitian, publikasi, dan pengabdian pada masyarakat.

Universitas top di Arab Saudi

Umm-Al Quro’ University – Juraganesia.net

 

 

6. King Faisal Univesity (KFU).

Pada universitas satu ini, didalamnya terdapat 16 perguruan tinggi dan 8 departemen. King Faisal University atau yang sering disebut juga dengan KFU, terletak di Al-Ihsa, Arab Saudi. Universitas ini berhasil masuk dalam deretan 15 universitas paling top di Arab Saudi.

Sebagai informasi penting, pada universitas bergengsi ini terdapat 300 pengajar yang merupakan anggota konferensi ilmiah dan symposium baik itu yang ada didalam negeri maupun yang terdapat diluar negeri. Akan tetapi, universitas ini juga memiliki perhatian khusus salah satunya memberikan hak yang sama bagi wanita di Arab Saudi.

Universitas Terbagus di Arab Saudi

King Faisal Univesity – Juraganesia.net

 

Dengan demikian, KFU menyediakan perguruan tinggi khusus perempuan yaitu seperti College of Education for Girls- Scientific Section, College of Education for Girls- Art Section, College of Community for Girls, dan College of Intermediate Health for Girls.

 

 

7. Taibah University.

Universitas yang satu ini terletak dikota Tayba, Madinah, Arab Saudi. Dinamakan sesuai dengan tempatnya Taibah University. Kampus ini menerapkan pendidikan jarak jauh yang mendorong pempelajaran terus menerus.

Pada universitas ini terdapat lebih kurang 28 fakultas dan 2 sekolah. Kampus ini memberikan suasana yang sangat ideal bagi para mahasiswanya khususnya dari segi pembelajaran dan penelitian. Hal ini bertujuan agar para siswa dapat memiliki kenyamanan dalam belajar dan penelitian serta berharap agar timbul kreatifitas yang prospektif kedepannya.

Universitas Terbaik Jazirah Arab

Taibah University – Juraganesia.net

 

Sahabat Juraganesian harus tahu bahwa kampus ini dibangun dengan infratruktur yang canggih, fasilitas akademik dan layanan elektronik yang memadai, meskipun kampus ini masih tergolong baru di negeri Ka’bah tersebut. oleh karenanya, kampus ini bisa menjadi “wishing list” atau target kampus untuk kamu berkuliah di Arab Saudi.

 

 

8. King Khalid University.

Kampus satu ini juga tidak mau kalah dengan kampus Taibah University. Kampus ini berhasil masuk dalam deretan daftar 15 universitas terbaik di Arab Saudi. Ternyata, universitas satu ini memiliki teknologi kelas dunia lho Juraganesian lovers.

Universitas Terbaik Saudi Arabia

King Khalid University – Juraganesia.net

 

Visi dan misi kampus ini adalah meneydiakan pendidikan dengan berkualitas tinggi baik itu di Arab Saudi maupun didunia sekalipun. Selain itu, melalui lingkungan akademiknya, pihak universitas menaruh perhatian yang khusus untuk memperbanyak penelitian akademik dan memanfaatkan teknologi sebagai metode pembelajarannya.

Meskipun kampus ini juga masih tergolong baru dinegara tersebut, akan tetapi universitas yang terletak di Abha, Al-Namas, Provinsi Asir – Arab Saudi ini selalu berusaha untuk menampilkan performa terbaik dari segi pendidikan dan penelitiannya.

 

 

9. Islamic University of Madinah.

Seperti namanya, universitas ini terletak di jantung kota madinah, Arab Saudi. Kampus ini cukup terkenal dikalangan pelajar Asia Tenggara khususnya Indonesia. Pada kampus ini, mahasiswa dapat belajar lebih dalam tentang berbagai konsentrasi ilmu terapan.

Universitas Terbaik Di Arab Saudi

Islamic University of Madinah Arab Saudi – Juraganesia.net

 

Ilmu terapan yang dimaksud disini ialah seperti belajar dakwah, syariah, qur’an, hadist, dan bahasa Arab. Selain itu, kampus ini juga menawarkan program Bachelor of Art, gelar Master, dan Doktor. Didalam kampus ini juga tersedia berbagai beasiswa dari universitas untuk ketiga program tersebut.

Kampus ini menerima mahasiswa muslim dari segala penjuru didunia. Pihak universitas sangat ramah terhadap para mahasiswa muslim khususnya dari berbagai negara. sebagai informasi tambahan, universitas ini juga melahirkan alumni yang berkualitas dan berkompeten dibidangnya khususnya dalam hal agama dan dakwah.

Universitas Top Saudi Arabia

Islamic University of Madinah – Juraganesia.net

 

10. Al-Faisal University.

Meskipun universitas yang terletak dijantung kota Riyadh, Arab Saudi ini termasuk baru diakui keberadaannya, akan tetapi universitas ini selalu berusaha untuk menjadi universitas terbaik di Arab Saudi. Didirikan pada tahun 2002 sebagai universitas pertama yang berbasis non-profit.

Universitas Paling Top Di Jazirah Arab

Al-Faisal University – Juraganesia.net

 

Universitas ini memilikidukungan yang cukup kuat baik itu dari pendiri nasional dan internasional. Al-Faisal University terdiri dari 4 fakultas yaitu bisnis, teknik, sains, dan ilmu pengetahuan umum. Selain itu, kampus ini menawarkan program sarjana dan pascasarjana baik itu untuklaki- laki maupun untuk wanita.

Pada kampus Al-Faisal University, para mahasiswa dan mahasiswi diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal dengan didukung oleh fasilitas- fasilitas yang sangat luar biasa dan juga sangat memadai.

 

 

11. Qassim University.

Qassim University terletak di Buraydah, Arab Saudi. Universitas ini merupakan universitas yang tergolong baru seperti universitas sebelumnya. Meskipun kampus ini didirikan pada tahun 2004, akan tetapi universitas Qassim berhasil masuk dalam kategori “Top 15 Best University in Saudi Arabia”.

Universitas Terbaik Di Arab Saudi

Qassim University- Juraganesia.net

 

Perguruan tinggi yang ditawarkan Qassim University sendiri adalah syariah, bahasa Arab, ilmu sosial, sekolah tinggi ilmu pertanian dan ilmu kedokteran hewan, sekolah tinggi ilmu ekonomi, sains, dan masih banyak lagi konsentrasi ilmu lainnya.

Dilain halnya, kampus ini juga memiliki perguruan tinggi khusus untuk perempuan yaitu Science College Al-Zifli. Pihak universitas juga menawarkan program sarjana dan pascasarjana bagi para mahasiswa dan mahasiswinya yang berkuliah disini.

 

 

12. Najran University.

Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di Najran, Arab Saudi. Meskipun universitas ini dibangun pada tahun 2006 dan masih tergolong baru hadir di negeri para nabi itu, akan tetapi semangat dan usaha pihak universitas untuk membawa kampus ini menjadi perguruan tinggi terbaik di Arab Saudi kini telah terealisasi.

Universitas Terbaik Di Arab Saudi

Najran University Saudi Arabia – Juraganesia.net

 

Pada Najran University, terdapat kurang lebih 13 fakultas diantaranya seperti kedokteran gigi, ilmu kedokteran, ilmu kesenian, farmasi, bahasa, psikologi, dan lain- lain sebagainya. Sebatas informasi untuk Juraganesian, fakultas psikologi dikampus ini merupakan yang terbaik diseantero pendidikan psikologi yang ada di Arab Saudi.

Walaupun tergolong masih sangat baru, universitas ini merupakan salah satu universitas paling bergengsi ditingkat nasional (Arab Saudi) maupun internasional. Tidak heran bahwa perkembangan universitas ini cukup signifikan, dimana kampus satu ini dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan bangunan yang super megah.

Universitas Top Arab Saudi

Najran University – Juraganesia.net

 

 

13. King Abdullah University of Science And Technology.

Universitas ini merupakan universitas paling muda dibandingkan perguruan tinggi lainnya yang ada dinegara Arab Saudi. Dibangun pada tahun 2009 dan terletak di Thuwal, Arab Saudi ini berhasil menggarap sebagai salah satu universitas terbaik di Arab Saudi dan universitas tercepat dari segi perkembangannya.

Univeristas Terbaik di Jazirah Arab Saudi

King Abdullah University of Science And Technology Arab Saudi – Juraganesia.net

 

Salah satu keunikan pada kampus satu ini adalah pihak universitas memberikan dan menyediakan fasilitas untuk piknik. Kelebihannya berkuliah diuniversitas bergengsi satu ini adalah disana terdapat beasiswa dari Kerajaan Arab Saudi baik itu untuk mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri.

Selain itu, kampus ini didukung oleh fasilitas yang sangat luar biasa dan bangunan yang super mewah nan megah serta juga tidak kalah dengan universitas modern lainnya yang ada di Arab Saudi. Tidak heran jika bangunanya tampak begitu modern alias jaman now.

Dengan demikian, selain didukung oleh fasilitas yang memadai dan juga infrastruktur yang sangat baik, ternyata kampus ini banyak sekali pengajar atau dosen yang berkualitas dan didatangkan dari berbagai negara.

Universitas Hebat di Saudi Arabia

King Abdullah University of Science And Technology – Juraganesia.net

 

 

14. Jazan University.

Sama seperti beberapa universitas yang ada dinegeri ini yang menyandang nama kota sebagai nama kampusnya. Contohnya Jazan University yang terletak dikota Jazan, Arab Saudi. Universitas ini menawarkan berbagai department akademik yang bergengsi di Arab Saudi.

Universitas Terbaik di Arab Saudi

Jazan University – Juraganesia.net

 

Ada beberapa program yang sangat terkenal karena kemampuannya yaitu seperti sekolah kedokteran, sekolah kedokteran gigi, sekolah bisnis, ilmu sosial dan humaniora, serta penelitian biomedisnya dan masih banyak lagi.

Kampus utama Jazan University ini terletak ditepi laut Tiberau. Mahasiswa ataupun mahasiswi dapat menghilangkan penat atau sekedar refreshing dengan berjalan- jalan ditepi laut yang jaraknya tidak jauh dari kampus.

 

 

15. Prince Sultan University (PSU).

Prince Sultan University atau yang sering disebut dengan (PSU) merupakan universitas swasta yang ada diwilayah Riyadh, Arab Saudi. Kampus ini dibangun pada tahun 1999 dan meskipun gelar universitasnya menyusul pada tahun 2003, akan tetapi pihak universitas ini sangat baik mengembangkan perguruan tinggi sehingga berhasil masuk dalam deretan daftar universitas terbaik di Arab Saudi.

Pada kampus bergengsi satu ini, disana terdapat program sarjana maupun pascasarjana. Universitas PSU menawarkan kepada para mahasiswa maupun mahasiswi beberapa program andalannya seperti sekolah tinggi ilmu administrasi, ilmu komputer dan teknik informatika, dan ilmu teknik.

Universitas Terkemuka di Arab Saudi

Prince Sultan University – Juraganesia.net

 

Oleh karena itu, PSU sendiri memiliki visi dan misi untuk menjadi universitas yang terkemuka di Timur Tengah (TimTeng) dan menyediakan kualitas pendidikan yang baik dan memadai berdasarkan standarisasi yang tinggi seperti universitas- universitas terkemuka pada umunya.

 

Nah Juraganesian, bagaimana menurutmu tentang ulasan 15 universitas terbaik di Arab Saudi? Pasti sangat banyak alasan untuk tetap menguatkan niat agar dapat berkuliah di negeri yang amat mulia tersebut. kamu tertarik berkuliah di Arab Saudi?

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semuanya. Seperti biasa, terimakasih dan salam sukses para Juragan!

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: