10 Tips dan Modal Menjadi Pengusaha Sukses

Sahabat juraganesia yang mengunjungi laman ini,

 

Menjadi Pengusaha Sukses – Menjadi pengusaha yang sukses merupakan hal yang paling didambakan oleh semua orang dan menjadi impian terbesar bagi para juragan se-indonesia sebagai pelaku unit usaha. Tidak hanya itu, pada zaman yang serba digital ini bisa dikatakan bahwa menjadi seorang pengusaha hukumnya adalah wajib bai itu menjadi kegiatan utama maupun sebagai bisnis sampingan.

Namun, fakta dilapangan menunjukkan bahwa untuk menjadi penggiat usaha yang sukses tidak mungkin bisa dilakukan dalam waktu singkat ataupun sukses dalam semalam. Akan tetapi butuh proses yang nyata, perjuangan luar biasa, dan pengorbanan dari segi waktu, biaya dan pemikiran pun diperlukan untuk dapat menyukseskan unit usaha yang sedang dijalaninya tersebut.

menjadi pengusaha sukses- Juraganesia.net

menjadi pengusaha sukses- Juraganesia.net

Selain itu, untuk menggapai manisnya kesuksesan dalam berbisnis ataupun berwirausaha, seorang pebisnis mesti memiliki modal yang banyak. Modal yang Juragan maksud adalah bukan dalam arti sempit hanya sebatas uang saja, akan tetapi modal yang perlu dipahami disini adalah modal karakter, penjiwaan, profesionalisme dalam bekerja dan memiliki adab dalam berbisnis dengan baik.

Nah Sahabat Juraganesia, kira-kira modal apa yang paling penting selain modal yang telah disebutkan diatas ? apakah para juragan se-indonesia penasaran? Baiklah jika penasaran, admin akan mengulasnya satu per satu agar mudah dipahami dan dipraktekkan oleh semua juragan yang membaca laman artikel ini. Berikut liputannya!

 

10 modal penting ini yang harus dimiliki siapapun yang ingin menjadi pengusaha sukses.

 

1. Jujur

Sifat Jujur - Juraganesia.net

Sifat Jujur – Juraganesia.net

Dalam dunia bisnis, kejujuran adalah modal yang utama alias nomor satu. Dengan kejujuran maka kepercayaaan atau trust dari rekan-rekan bisnis anda secara tidak sadar akan timbul dan menyebabkan terbentuknya kerjasama yang diinginkan oleh mereka.

Selain itu, sebagai wirausahawan anda dituntut memiliki kejujuran sehingga usaha dan bisnis para juragan bisa dikenal oleh banyak orang dan dapat dipercaya oleh para customer yang baru maupun customer tetap (perfect customer).

 

2. Semangat

Semangat - Juraganesia.net

Semangat – Juraganesia.net

Modal kedua adalah semangat dalam membangun bisnis. Semangat juga merupakan sesuatu hal yang sangat penting untuk dijaga bagi para juragan yang berwirausaha. Selain itu, semangat harus dibarengi dengan niat dan penjiwaan yang penuh dalam melakukan apapun termasuk berbisnis.

Dengan demikian, semangat amatlah memiliki peran yang penting baik itu semangat dalam bekerja, semangat karena cinta dengan usaha yang dimiliki, semangat dalam mengejar target penjualan maupun berbagai aspek lainnya.

 

3. Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Kerja Keras dan Kerja Cerdas - Juraganesia.net

Kerja Keras dan Kerja Cerdas – Juraganesia.net

Ada pepatah mengatakan bahwa “kerja keras dalam semua hal dalam berusaha hukumnya adalah wajib, akan tetapi kerja cerdas hukumnya sangat wajib”. Modal yang satu ini harus dimiliki oleh para juragan ya. memang dalam membangun usaha kita harus bekerja keras sehingga usaha tetap berjalan.

Akan tetapi setelah usaha kita berjalan stabil, kita juga harus belajar untuk bekerja cerdas ya sahabat juraganesia dan jangan lupa berdoa untuk keberkahan rezekinya.

 

4. Melatih karakter yang solid

Modal ke-empat adalah melatih karakter. Apa maksudnya? Juragan ingin menjelaskan bahwa karakter adalah komposisi yang tidak kalah penting dalam berusaha atau berbisnis. Mengapa? Karena dengan karakter lah yang bisa membedakan yang mana pengusaha yang memiliki integritas serta mutu yang tinggi dan pengusaha abal-abal.

Oleh karena itu, jika anda ingin menjadi entrepreneur yang sukses dan memiliki integritas yang tinggi, caranya adalah dengan memelihara karakter yang solid dan selalu membiasakannya dengan melatih cara bersikap, cara berpakaian, cara berjalan, dan lainnya.

Melatih Karakter yang Solid - Juraganesia.net

Melatih Karakter yang Solid – Juraganesia.net

5. Pintar dalam membangun relasi

Modal yang penting selanjutnya adalah membangun relasi atau networking yang baik. Dengan membangun relasi, maka sebuah bisnis akan berkembang jika kita memiliki relasi bisnis yang luas. Sebuah relasi yang baik bisa dimulai dari customer, supplier, pemodal atau investor dan sebagainya.

Pintar Dalam Membangun Relasi - Juraganesia.net

Pintar Dalam Membangun Relasi – Juraganesia.net

Sebuah relasi bisa dikatakan sangat penting karena itu akan menunjang suatu usaha dengan cepat dan terarah. Selain itu, dengan networking yang baik, kita akan mendapat banyak pelajaran baik itu dari pertukaran wawasan, evaluasi produk dan pemasaran, serta akan terbangunnya sebuah kerjasama yang baik.

 

6. Pengetahuan dan keterampilan

Persiapan sebelum memulai sesuatu bagaikan filosofi melengkapi barisan tentara sebelum berperang dimedan petempuran. Begitu juga dalam dunia entrepreneurship, dimana persiapan adalah sesuatu hal yang dibutuhkan dalam memulai ataupun merintis usaha.

Pengetahuan dan Keterampilan - Juraganesia.net

Pengetahuan dan Keterampilan – Juraganesia.net

Persiapan disini maksudnya berupa pengetahuan yang sangat memadai dan keterampilan dasar yang mumpuni yang sebaiknya harus dikuasai terlebih dahulu sehingga tidak merasa kesulitan dalam menjalankan sebuah usaha yang akan ditekuni tersebut.

 

7. Rasa Percaya diri

Modal yang satu ini juga tidak kalah penting sahabat juraganesia. Memunculkan rasa percaya diri pada diri sendiri adalah hal yang sangat diperlukan dalam memajukan sebuah usaha. Akan tetapi jangan sampai percaya diri nya terlalu berlebihan ya, sehingga tidak mau mendengarkan ide-ide dari rekan kerja ataupun bawahan anda karena itu sangat berbahaya bagi kelangsungan usaha yang ditekuni.

Rasa Percaya diri - Juraganesia.net

Rasa Percaya diri – Juraganesia.net

Jika anda sebagai pimpinan, anda dituntut mendengarkan opini-opini rekan kerja anda. Akan tetapi anda harus benar-benar teliti dalam memutuskan sebuah perkara dengan dilandasi proses pemikiran yang baik dan benar sehingga meminimalisir kesalahan maupun resiko yang akan ditanggung.

Oleh karena itu, jika pemilik usaha harus memelihara rasa percaya diri yang tinggi terhadap usahanya. Jika tidak, maka klien, konsumen dan partner bisnis pun tidak akan percaya dengan bisnis yang anda jalankan. Ingat itu.

 

8. Berani memulai

Modal ke-delapan yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha muda itu adalah mereka yang berani untuk memulai sesuatu hal, baik itu dari hal terkecil maupun hal yang besar. Dengan memulai, maka kita secara tidak langsung sudah melangkah atau berjuang selangkah lebih maju dari mereka yang tidak memulai apapun sama sekali.

Keberanian untuk memulai adalah salah satu sifat yang paling penting bagi seorang pengusaha untuk merealisasikan niat ataupun tekat yang telah dimiliki. Selain itu, berani memulai adalah salah satu cara untuk membuka peluang-peluang besar lainnya.

Berani Memulai - Juraganesia.net

Berani Memulai – Juraganesia.net

 

9. Berani ambil resiko

Modal dan keahlian ini juga sangat diperlukan lho sahabat juragan se-indonesia. Adapun pepatah berkata bahwa “resiko itu tidak untuk diambil, tapi diubah menjadi peluang”. Sebagai pengusaha yang hebat, anda harus berani memanage resiko sehingga menjadi peluang yang besar. Akan tetapi harus dilandasi dengan perhitungan dan pemikiran yang teliti ya.

Berani Mengambil Resiko - Juraganesia.net

Berani Mengambil Resiko – Juraganesia.net

 

10. Berpikir kreatif dan inovatif

Memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif merupakan hal yang wajib bagi seorang entrepreneur yang ingin sukses. Itulah mengapa banyak pengusaha yang menjadi rata-rata karena mereka kekurangan inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan serta menciptakan ide ataupun gagasan yang baru untuk usahanya.

Percaya atau tidak, inovasi dan kreatifitas lah yang menjadikan perusahaan-perusahaan raksasa seperti Microsoft, Google, dan lainnya bisa maju, survive dan terkenal sampai saat ini. Bagaimana dengan sahabat juraganesia nih?

Berfikir Kreatif dan Inovatif - Juraganesia.net

Berfikir Kreatif dan Inovatif – Juraganesia.net

 

Nah para juragan, demikianlah 10 tips maupun modal yang perlu dikuasai oleh seseorang yang ingin menjadi pengusaha sukses. Silahkan dipraktekkan dan jangan lupa untuk dishare dan comment jika ada pertanyaan untuk admin ya.
Seperti biasa, Terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat ya…..

Leave a Reply

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: