10+ Tips Belajar Bahasa Jepang yang Paling Mudah dan Ampuh!

Tips Belajar Bahasa Jepang – Hallo sahabat Juraganers pecinta bahasa asing, terimakasih telah bersedia untuk mengunjungi laman artikel pembelajaran bahasa asing saat ini. Semoga bermanfaat dikehidupan sehari- hari.

Pada artikel sebelumnya kita juga telah mengulas seputar beberapa ungkapan bahasa Jepang dalam aktifitas sehari- hari yang sangat mudah dihafal dan dipraktekkan. Nah, pada artikel kali ini, kita akan lebih mengacu pada tips- tips belajar bahasa Jepang dengan mudah dan paling ampuh.

Tips Belajar bahasa Jepang

Tips Belajar Bahasa Jepang – Juraganesia.net

 

Pernahkah anda merasa lelah ketika mempelajari bahasa Jepang? Atau bahkan merasa frustasi karena harus menghadapi ribuan kanji dengan cara baca yang berbeda pada setiap hurufnya? Sehingga tekad anda untuk menguasai bahasa Jepang pun sedikit demi sedikit memudar. Lalu, mengapa hal itu bisa terjadi?

Salah satu alasan mengapa hal itu bisa terjadi adalah kesalahan dalam belajar. Padahal proses belajar adalah sesuatu yang sangat penting. Maka dari itu penting untuk menciptakan suasana belajar yang baik. Berikut liputan informasi selengkapnya ada dibawah ini, check list out!

 

 

Baca Juga : 100+ Ungkapan Dalam Bahasa Jepang Sehari- hari dan Terjemahannya!

 

 

 

Pentingnya Mengetahui Cara Belajar Bahasa Jepang yang Baik

Mempelajari salah satu bahasa tersulit di dunia pasti memiliki tantangannya tersendiri. Namun hal ini justru membuat semakin banyak orang penasaran dan ingin mempelajari bahasa Jepang. Ditambah dengan kebutuhan pada bahasa Jepang itu sendiri, seperti untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja.

Tips Belajar Bahasa Jepang

Pentinya Tahu Cara Belajar Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Memiliki keinginan untuk menguasai bahasa Jepang adalah sebuah hal yang bagus. Namun perlu diperhatikan tentang bagaimana cara Anda untuk mempelajari bahasa tersebut. Pasalnya salah dalam memilih cara belajar akan berakibat fatal pada semangat Anda dalam mempelajari bahasa tersebut.

Maka penting bagi Anda untuk mengetahui cara belajar bahasa Jepang yang baik, yang tidak membuat Anda merasa tertekan ketika menghadapi segala tantangan yang akan Anda temui nanti.

 

Baca Selengkapnya : [Hits] Ternyata Begini Cara Belajar Bahasa jepang yang Paling Mudah!

 

 

Tips Belajar Bahasa Jepang Paling Ampuh!

Meski sudah mengetahui cara belajar bahasa Jepang yang baik dan benar, terkadang semangat dalam mempelajarinya tiba-tiba menurun. Hal ini tentu tidak bisa dipungkiri, mengingat manusia mempunyai kelemahannya sendiri.

Tips Belajar Bahasa Japan

Tips Berbahasa Jepang Lancar dan Ampuh – Juraganesia.net

Maka selain mengetahui cara belajar yang baik, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips untuk membantu Anda dalam mempelajari bahasa Jepang. Berikut ini 10+ Tips Belajar Bahasa Jepang Paling Ampuh!

 

 

1. Awali dengan niat yang kuat

Sebelum melakukan berbagai hal ada baiknya Anda niatkan dalam hati untuk melakukan hal tersebut. Ini akan membuat Anda melakukannya dengan hati. Begitu pun dengan mempelajari bahasa Jepang.

Tips Belajar bahasa Jepang

Awali dengan Niat yang Kuat – Juraganesia.net

Mulailah dengan niat yang kuat, sehingga Anda akan mempelajari bahasa Jepang dengan hati dan memiliki keinginan kuat untuk benar-benar bisa menguasai bahasa Jepang. Niat yang kuat juga merupakan salah satu hal terpenting, yang dapat membuat seseorang tidak mudah menyerah.

 

 

 

2. Cari alasan mengapa Anda harus mempelajari bahasa Jepang

Dengan memiliki tujuan untuk melakukan sesuatu, biasanya seseorang itu akan mengetahui hal apa yang seharusnya dia lakukan. Sama halnya dengan seseorang yang mengetahui alasan mengapa dia harus mempelajari bahasa Jepang.

Tips Belajar Bahasa Jepang

Mencari Alasan kuat Mengapa Harus Belajar bahasa Jepang – Juraganesia.net

Mengetahui alasan mengapa Anda harus mempelajari bahasa Jepang merupakan hal penting yang menunjang kelangsungan proses belajar Anda. Sehingga kecil kemungkinan Anda akan berhenti di tengah jalan, hal ini tentu saja karena Anda masih memiliki tujuan atau alasan untuk mempelajari bahasa Jepang.

Sebaliknya, bila seseorang melakukan sesuatu tanpa alasan atau tujuan yang jelas, besar kemungkinan dia akan berhenti melakukannya. Alasan atau tujuan dalam melakukan sesuatu bisa menjadi motivasi seseorang untuk tetap berjuang.

 

 

 

3. Jadikan sebagai sesuatu yang menyenangkan

Sesuatu yang dilakukan dengan senang hati, pasti akan membuat kita merasa tenang dan tidak merasa terbebani. Apalagi bila sudah ada niat yang kuat untuk melakukan hal itu. Sama halnya dengan mempelajari bahasa Jepang.

Tips Belajar Bahasa Jepang

Tips Belajar Bahasa Jepang yang Menyenangkan – Juraganesia.net

Jadikan momen mempelajari bahasa Jepang sebagai sesuatu yang menyenangkan, bukan sebaliknya. Maka dengan begitu, Anda dapat menikmati setiap prosesnya dengan hati yang tenang tanpa merasa terbebani.

 

 

 

4. Tonton drama atau anime Jepang

Bila kita mengira menonton drama atau anime Jepang itu hanyalah sebuah hobi, namun tahukah Anda hobi seperti ini dapat membantu Anda dalam mempelajari bahasa Jepang. Pasalnya dalam drama atau anime Jepang, ada beberapa hal yang menguntungkan bagi pembelajar bahasa Jepang.

Tips Belajar Bahasa Jepang

Menonton Anime bahasa Jepang – Juraganesia.net

Percakapan-percakapan dalam drama atau anime Jepang akan membuat kosakata bahasa Jepang Anda semakin bertambah, Anda juga akan mengetahui pola-pola kalimat yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari. Selain itu, Anda juga akan terbiasa mendengar ucapan dalam bahasa Jepang. Ini akan membantu Anda dalam mengucapkan bahasa Jepang.

 

 

 

5. Berani menunjukkan kemampuan bahasa Jepang Anda

Pada dasarnya kemampuan berbahasa akan jauh lebih baik jika dipraktekan. Maka cobalah untuk menunjukkan kemampuan bahasa Jepang Anda dengan melakukannya pada orang lain. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki teman yang mengerti bahasa Jepang atau bahkan orang Jepang itu sendiri. Anda dapat melakukan praktek bahasa Jepang pada mereka.

Tips Belajar Bahasa Jepang

Berani Menampilkan Kualitas Bahasa Jepang Anda – Juraganesia.net

Setelah melakukannya, konsistenlah untuk tetap melakukan hal itu secara berulang-ulang. Hal ini akan membuat Anda terbiasa dalam menggunakan bahasa Jepang. Selain itu hubungan dengan teman Anda pun akan semakin dekat.

 

 

 

6. Berlatih menulis hiragana, katakana, bahkan kanji sekaligus!

Menulis merupakan kegiatan yang berguna untuk merefleksi otak dalam mengingat sesuatu. Artinya seseorang akan lebih mengingat sesuatu yang ada di dalam benak dan otaknya dengan menulis.

Tips dan Cara Belajar Bahasa Jepang

Belajar Menulis Tulisan Jepang – Juraganesia.net

Terlebih bahasa Jepang memiliki sistem penulisan dengan huruf yang berbeda. Maka dengan berlatih menulis, Anda akan lebih mudah untuk mengingatnya. Selain itu, tangan Anda pun akan terbiasa ketika menulis huruf Jepang, sehingga tulisan Anda akan semakin bagus juga.

 

 

 

7. Biasakan untuk membaca bacaan-bacaan berbahasa Jepang

Selain berlatih menulis bahasa Jepang yang dapat menunjang pembelajaran Anda, membiasakan diri untuk membaca tulisan-tulisan berbahasa Jepang juga dapat membuat Anda lebih banyak mengetahui berbagai kalimat dalam bahasa Jepang.

Tips dan Cara Belajar Bahasa Jepang

Belajar Untuk Membiasakan Praktek Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Anda dapat membaca bacaan dalam bahasa Jepang seperti koran atau artikel di internet. Atau Anda juga dapat mengubah fitur bahasa pada ponsel atau akun sosial media Anda menjadi bahasa Jepang. Dengan begitu setiap saat Anda akan membaca tulisan-tulisan berbahasa Jepang di ponsel Anda sendiri.

 

 

 

8. Uji pengetahuan bahasa Jepang Anda

Bila pada bahasa Inggris, kita mengenal istlah TOEFL, yaitu sebuah ujian untuk mengetes kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Begitu pun dengan bahasa Jepang, Anda dapat mengikuti ujian Japanese Language Proficiency Test atau JLPT untuk menguji kemampuan berbahasa Jepang Anda.

Ada sedikit perbedaan antara TOEFL dengan JLPT, bila pada TOEFL bahasa Inggris hanya menghasilkan skor yang sesuai dengan kemampuan kita, berbeda dengan JLPT yang menghasilkan lulus atau tidak lulus.

Tips Belajar Bahasa Jepang

Uji Pengetahuan Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Hal ini karena pengujian pada bahasa Jepang memiliki beberapa tingkatan, yaitu N5 sampai dengan N1. Maka untuk mendapatkan tingkatan tertinggi (N1), seseorang itu harus lulus pada ujian bahasa Jepang pada tingkatan itu.

Dengan mengikuti ujian, tentu dapat memperkirakan seberapa jauh kemampuan Anda dalam berbahasa Jepang. Sehingga hal ini dapat membuat Anda semangat untuk lebih giat lagi belajar agar mendapatkan hasil yang terbaik.

 

 

 

9. Perkaya referensi Anda

Sebenarnya ada banyak cara untuk mempelajari bahasa Jepang. Selain buku-buku tentang bahasa Jepang, Anda juga dapat mencari referensi lain seperti situs-situs pelajaran bahasa Jepang di internet.

Tips dan Cara Belajar Bahasa Jepang

Memperkaya Referensi Tentang Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Drama, anime atau lagu-lagu Jepang pun dapat Anda jadikan sebagai media untuk mempelajari bahasa Jepang. Semakin banyak referensi untuk mempelajari bahasa Jepang, Anda akan semakin mudah untuk mempelajarinya. Tentu, hal ini harus diikuti dengan kemauan keras untuk memanfaatkan referensi yang ada.

 

 

 

10. Ikuti kursus bahasa Jepang

Tips belajar bahasa Jepang terakhir adalah daftarkan diri Anda pada tempat kursus bahasa Jepang. Dengan mendaftarkan diri pada tempat kursus, tentu Anda akan memiliki seorang tutor yang dapat membimbing Anda dalam mempelajari bahasa Jepang.

Tips Belajar Bahasa Jepang

    Mengikuti Kursus Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Dengan mengikuti sebagian kursus bahasa Jepang, maka secara langsung anda dapat meluangkan waktu untuk benar- benar serius dalam belajar bahasa Jepang. Selain itu, dengan mempelajari bahasa Jepang melalui kursus kita juga akan mendapatkan teman untuk sparing / praktik secara oral agar dapat memperlancar bahasa tersebut dengan baik dan lebih sempurna.

 

 

Nah sobat Juraganers khususnya language lovers, itulah 10+ Tips Belajar Bahasa Jepang Paling Ampuh! yang bisa Anda coba. Tetap semangat dalam mempelajari bahasa Jepang demi tujuan yang sudah Anda buat. Semoga artikel berikut ini bermanfaat ya.

Seperti biasa, terimakasih dan salam sukses untuk para Juragan!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: