Tips Belajar Animasi Untuk Pemula, Dijamin Paling Simpel

Hallo sahabat Juraganesia yang kami Banggakan, terimakasih telah mengunjungi laman artikel berikut ini.

Tips Belajar Animasi Untuk Pemula – Sekarang ini, animasi sudah menjadi konsumsi masyarakat pada umumnya. Banyak orang yang giat belajar animasi, mulai dari kewajiban mengikuti mata kuliah ataupun hobi. Animasi mampu menyampaikan suatu konsep yang kompleks menjadi menarik secara visual sehingga animasi terus berkembang hingga saat ini.

Tips Belajar Animasi untuk Pemula - Juraganesia.net

Tips Belajar Animasi untuk Pemula – Juraganesia.net

Animasi saat ini banyak dipakai pada pembuatan serial televisi, video game, komersial dan situs-situs internet. Semakin ke sini, kepopuleran animasi semakin tinggi. Seperti karakter komik akan terlihat lebih menarik ketika gambar-gambar ini disuguhkan dengan kemampuannya untuk dapat bergerak.

 

Jenis animasi yang banyak dikenal

1. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y

Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau “frame”, yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah.

software yang digunakan : Adobe Animate

 

2. Animasi 3D menggunakan koordinat x, y dan z

Animasi 3D memungkinkan kita dapat melihat sudut pandang objek secara lebih nyata. Dengan memberikan rangka pada objek karakter 3d yang telah kita buat, maka karakter 3D tersebut dapat bergerak layaknya manusia.

software yang digunakan : Autodesk Maya

 

Berikut tips belajar animasi bagi pemula :

 

1. Memilih dan mempelajari software yang dibutuhkan

Adobe Animate CC merupakan salah satu software untuk membuat animasi, sumber. Adobe Animate (sebelumnya Adobe Flash Professional, Macromedia Flash, dan FutureSplash Animator) adalah program multimedia authoring dan animasi komputer yang dikembangkan oleh Adobe Systems.

Animate banyak digunakan untuk merancang grafis vektor dan animasi, dan mempublikasikan sama untuk program televisi, video online, website, aplikasi web, aplikasi internet yang kaya, dan video game.

Program ini juga menawarkan dukungan untuk grafis raster, rich text, audio dan video embedding, dan scripting ActionScript. Animasi dapat dipublikasikan untuk HTML5, WebGL, Scalable Vector Graphics (SVG) animasi dan spritesheets, dan warisan Flash Player (SWF) dan Adobe format AIR.

 

2. Belajar dari tutorial

Banyak sekali website atau video di youtube yang menampilkan tutorial dari berbagai hal, salah satunya belajar teknik animasi. Kalian bisa mempelajari berbagai teknik animasi dengan melihat tutorial.

Akan tetapi banyak dari kita yang kurang mampu memahami atau tidak merasa puas jika hanya belajar dari tutorial. Jadi, solusinya adalah belajar dengan bimbingan belajar teknik animasi agar ilmu yang didapat lebih banyak dan bermanfaat.

 

3. Mempelajari pembuatan objek

Dalam pembuatan sebuah animasi hal yang dibutuhkan objek. Misalnya jika ingin membuat animasi dari orang berlari maka hal pertama yang harus dibuat adalah objek yaitu orang.

Sehingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.

 

4. Mengaplikasikan, modifikasi, dan buat

Setelah mendapat banyak ilmu dan referensi dari tutorial di youtube atau bimbingan belajar teknik animasi, maka ilmu tersebut dapat diaplikasikan dengan software yang dikuasai, seperti Adobe Animate. Setelah mendapat referensi, kita dapat membuat dengan ide sendiri atau memodifikasi sebuah referensi yang telah didapat.

 

 

Nah Juraganesia lovers, bagaimana menurutmu Tips belajar animasi untuk pemula? Ayo jika kamu memiliki kreatifitas apapun dalam menulis artikel, bagikan ke situs juraganesia dan saling menginspirasi sesama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman- teman ya.

“Mari menggenggam dunia bersama Juraganesia”.

Dan seperti biasa, Terimakasih dan salam sukses para juragan!

Leave a Reply

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: