Ternyata ini 5 Perusahaan Pelayaran Terbesar di Dunia

Sahabat Juragan se-indonesia yang kami banggakan,

 

Juraganesia.net – Pada kegiatan perdagangan internasional atau yang sering disebut dengan “export – import” bagi setiap negara didunia ini pasti sangat dipengaruhi oleh adanya jasa perusahaan pelayaran yang terlibat di dalamnya, Khususnya pengiriman via kapal laut. Perusahaan inilah yang melakukan aktivitas perpindahan barang dari satu negara ke negara lainnya dengan kapasitas besar atau kontainerisasi.

Melihat dari perkembangan yang cukup pesat dari perusahaan pelayaran dunia saat ini, perlu rasanya kami dapat menginformasikan tentang list atau daftar perusahaan pelayaran terbesar yang menguasai jagat industri pelayaran saat ini.

Penelitian ini berdasarkan riset Mister Exportir Team mengenai 10 daftar perusahaan pelayaran terbesar didunia berdasarkan analisa banyaknya jumlah TEU (Twenty-feet equivalent unit).
Berikut Liputannya :

 

1. Maersk Line ( AP Moller- Maersk Group)

Maersk Line - Juraganesia.net

Maersk Line – Juraganesia.net

• Tahun Berdiri :1904
• Kantor Pusat : Kompehagen, Denmark.
• Asset : 659 kapal induk (Mother Vessel) dan TEU 3,292,689 Units

Perusahaan Maersk Line Group yang bermarkas di Kompehagen, Denmark ini memang dikenal sebagai perusahaan pelayaran raksasa saat ini dan mampu mempertahankan gelarnya sebagai “The Biggest Shipping Company” mulai dari tahun 1996 hingga sekarang. Dengan memiliki lebih dari 600 kapal induk yang tersebar diseluruh perairan dunia, kini perusahaan Maersk lines memiliki nama yang dikenal cukup luas baik itu didunia EMKL (ekspedisi muatan kapal laut) maupun dibursa efek internasional.

 

2. MSC (Mediterranean Shipping Company)

MSC - Juraganesia.net

MSC – Juraganesia.net

• Tahun Berdiri : 1970
• Kantor Pusat : Jenewa, Swiss.
• Asset : TEU 2,790,893 Units

MSC adalah perusahaan pelayaran terbesar nomor dua didunia saat ini. Meskipun kantor pusatnya berada di Jenewa- Swiss, akan tetapi saham perusahaan raksasa pelayaran satu ini banyak didominasi oleh perusahaan italia sehingga kerap disebut sebagai basis perusahaan negara Roma- Italia. Kini MSC sudah beroperasi hampir diseluruh pelabuhan utama disetiap negara.

 

3. CMA-CGM

CMA-CGM - Juraganesia.net

CMA-CGM – Juraganesia.net

• Tahun Berdiri : 1978
• Kantor Pusat : Marseille , Prancis.
• Asset : TEU 2,419,904 Units

Sebagai perusahaan pelayaran raksasa nomor tiga didunia asal perancis, CMA-CGM telah beroperasi lebih dari 400 pelabuhan didunia dan telah memasuki bursa saham di 150 negara. Selain itu, pelayaran raksasa ini memiliki lebih dari 2,4 juta TEU yang menjadikan mereka sebagai pelayaran terbesar nomor tiga hingga saat ini.

 

4. COSCO ( China Ocean Shipping Container)

Cosco - Juraganesia.net

Cosco – Juraganesia.net

• Tahun Berdiri : 1961
• Kantor Pusat : Beijing, China.
• Asset : TEU 1,558,097 Units

Perusahan pelayaran terbesar nomor empat didunia jatuh kepada COSCO. Shipping company asal China ini memang sangat familiar dan exis khususnya di Indonesia sejak 1980. Sebagai pelayaran yang berdiri pada tahun 1961 di Beijing, China, kini COSCO memiliki lebih dari 1,5 juta TEU dan telah memasuki bursa saham hampir di 150 negara termasuk di Indonesia.

 

5. EVERGREEN MARINE CORP.

Evergreen Shipping Line - Juraganesia.net

Evergreen Shipping Line – Juraganesia.net

• Tahun Berdiri : 1968
• Kantor Pusat : Taiwan
• Asset : TEU 961,334 Units

Peringkat kelima jatuh pada perusahaan pelayaran yang serba hijau ini, Evergreen Marine namanya. Berdiri sejak 1968 dan bermarkas di Taiwan, shipping company ini telah memiliki 240 port operasi di 80 negara serta memiliki lebih dari 950,000 TEU. Evergreen kini telah ekspansi ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Asia Timur, Amerika tengah dan utara adalah rute tersibuk pelayaran hijau ini.

Sebagai tambahan, saat ini, ada 6.228 kapal aktif pada perdagangan kapal kontainer, dengan total kontainer 21.846.447 TEU. Maersk (shipping) saat ini menjadi ‘penguasa’ armada terbesar dari industri kapal kontainer yang, secara kumulatif, memiliki kapasitas untuk membawa lebih dari 3,2 juta kontainer TEU. Ini merupakan 16,7% dari pangsa pasar, yang selanjutnya diikuti Mediterranean Shg Co., CMA CGM Group, COSCO Container Lines dan Evergreen Line, dan lain-lain.

 

Semoga Artikel ini bermanfaat ya sahabat Juragan,… Salam Sukses.

Leave a Reply

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: