Teh atau Kopi, yang Mana Lebih Oke Manfaatnya?

Sahabat juragan seluruh Indonesia yang kami banggakan,

Juraganesia.net-Apakah anda seorang pecinta teh atau kopi ? Ataupun keduanya ? rasanya belum lengkap jika kita tidak membahas tentang persaingan antara keduanya. Dimana banyak yang berpendapat bahwa teh lebih baik manfaatnya dibandingkan kopi, maupun sebaliknya dengan berpendapat bahwa kopi memiliki manfaat yang luar biasa dan lebih baik dari pada teh. Manakah yang benar?

Overview

Kopi dan teh adalah kedua minuman yang sudah populer dikalangan anak muda maupun dikalangan dewasa hingga orang tua sekalipun diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Kedua minuman ini bisa dikatakan sangat legendaris dibandingkan minuman-minuman lainnya karena telah dibudidayakan sejak jaman Romawi Kuno hingga menjadi tradisi turun temurun hingga sekarang ini.

Tradisi ‘’nge-teh’’ dan “ngopi santai” di Indonesia sudah dikenal sejak jaman penjajahan VOC Belanda dimana para Kolonial menanam beberapa komoditi khususnya teh dan kopi diseluruh perkebunan nusantara. Sehingga berdampak kepada tradisi Indonesia yang diperkenalkan melalui transformasi budaya para penjajah tersebut.

Dengan demikian, ketika pagi menyapa kedua mata yang baru bangun dari lelapnya rasa tidur biasanya akan lebih menyenangkan jika ditemani oleh secangkir minuman yang hangat-hangat. Nah, kebiasaan atau tradisi masyarakat Indonesia biasanya akan memilih secangkir teh atau kopi untuk menemani pagi yang santai.

Lebih baik teh atau kopi?

Lebih baik Teh atau Kopi? - Juraganesia.net

Lebih baik Teh atau Kopi? – Juraganesia.net

Kembali ke laptop, diantara kedua minuman yang sangat melegenda tersebut, teh dan kopi, kira-kira yang manakah lebih baik dari segi manfaatnya ? Mau tahu banget kan sobat Juraganesia? Yuk kita simak liputan berikut ini secara seksama.

Teh pada umumnya mengandung zat antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan yaitu sering juga disebut sebagai flavonoid. Zat ini telah terbukti bisa membantu untuk memperlambat atau menghambat reaksi kimia yang disebabkan oleh radikal bebas didalam tubuh manusia.

Dibandingkan dengan teh, Kopi juga memiliki kandungan flavonoid yang memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung dan penyakit yang mematikan lainnya dengan mengurangi oksidasi kolesterol LDL ( kolesterol jahat).

Disamping itu, ada beberapa penelitian yang dilakukan oleh Harvard Science School menunjukkan bahwa meminum teh atau kopi dipagi hari akan menambah semangat dan meningkatkan perfoma fisik anda ketika melakukan rutinitas dalam pekerjaan.

Sementara itu, ada penelitian yang lainnya datang dari negeri kicir angin Belanda, menyatakan bahwa teh dan kopi memiliki salah satu kesamaan manfaatnya yaitusama-sama bisa menjaga keseimbangan bakteri didalam usus.

Hanya saja pada penelitian tersebut menyimpulkan bahwa teh sedikit lebih unggul dibandingkan kopi dikarenakan teh memiliki jumlah bakteri baik yang lebih banyak.

Akan tetapi, bukan berarti kopi tidak punya keeunggulan lain dibandingkan teh. Ternyata kopi hitam dapat membantu otak tetap aktif dan meningkatkan serta memperkuat daya ingat atau memori.

Selain itu, beberapa study juga telah mencatat bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dan tidak berlebihan dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer sebesar 65 persen dan Parkinson 60 persen seperti yang dikutip dari Detikhealth.

 

Perbandingan keunggulan manfaat Teh Vs Kopi.

Selain itu, ada beberapa perbandingan keunggulan manfaat antara Teh dan Kopi berikut ini.

1. Teh memiliki kandungan vitamin C yang cukup bagi kebutuhan nutrisi didalam tubuh manusia sehingga berguna untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah serangan penyakit didalam tubuh.

Sedangkan Kopi memiliki kafein 3 kali lipat lebih besar daripada teh. Kafein sendiri berguna untuk membakar lemak jahat didalam tubuh yang menjadi penyebab utama serangan penyakit berbahaya dan mematikan.

Manfaat Teh - Juraganesia.net

Manfaat Teh – Juraganesia.net

2.  Teh memiliki segudang manfaat salah satunya ialah yang bermanfaat sebagai penetral racun didalam tubuh serta memperbaiki performa jantung. Bagaimana dengan kopi?

Kopi juga memiliki sejuta manfaat salah satunya adalah mencegah resiko terkena penyakit kanker pada organ tubuh dan mampu mengatasi penyakit Alzheimer dan Dimensia yang cukup berbahaya saat ini.

 

3.  Teh disebut-sebut sebagai minuman yang ajaib bagi sebagian kalangan karena dengan meminum teh 2-3 gelas sehari dapat mencegah berbagai macam penyakit dan memberikan kesegaran maupun kebugaran tubuh yang prima dibandingkan khasiat kopi.

Manfaat Kopi - Juraganesia.net

Manfaat Kopi – Juraganesia.net

Akan tetapi khasiat kopi juga tidak kalah ajaibnya lho guys, yaitu beberapa penelitian menyatakan dengan meminum kopi 2-3 gelas perhari menyebabkan resiko kematian yan lebih rendah dari pada yang tidak meminum kopi. Sehingga kopi kerap kali disebut sebagai minuman berkhasiat untuk membuat awet muda dan panjang umur bagi peminumnya.

 

Persamaan Manfaat Teh dan Kopi

1. Sama-sama dinikmati dan diminati oleh mayoritas manusia dimuka bumi sebagai terapi kesehatan.
2. Meningkatkan Metabolisme didalam tubuh.
3. Berguna dalam membakar lemak jahat didalam tubuh karena keduanya mengandung kafein.
4. Sebagai sumber antioksidan yang sangat baik bagi tubuh.
5. Baik bagi kesehatan gigi dan mulut ( fluoride dan tanin)
6. Membantu menjaga tubuh dari resiko dehidrasi dan radikal bebas.

Nah Sahabat Juragan, Sudah tahukan apa manfaat antara keduanya untuk kesehatan? Manakah yang lebih baik antara Teh dan Kopi ? jawaban nya adalah tergantung selera masing-masing Juragan saja ya. keduanya memiliki manfaat dan khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan. Jadi Sekarang para juragan tentukan, Tim Teh atau Tim Kopi nih? Hehe….

Semoga bermanfaat ya,..

Leave a Reply

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: