Terbukti! Inilah 15+ Permainan Masa Kecil Yang Kini Hampir Punah!

Permainan Masa Kecil – Siapa yang tak suka bermain? Anak dan bermain merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Ya, bermain termasuk dalam sifat naluriah yang dimiliki anak-anak.

Bagi mereka, ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan menarik untuk mengembangkan kreativitas, imajinasi, problem solving hingga keterampilan bersosial.

Bermain adalah hal yang penting. Seberapa pentingnyakah? Dan apa saja permainan masa kecil yang bagus dan rekomended untuk dilakukan anak-anak masa kini? Simak ringkasannya pada uraian artikel dibawah ini.

 

 

 

 

Pentingnya Permainan Masa Kecil untuk Anak- Anak

Dilansir dari parentingclub, bermain pada dasarnya mendorong anak-anak untuk melakukan tindakan-tindakan yang sederhana. Nah, bermain kreatif adalah saat dimana anak mulai menggunakan mainan atau benda tertentu untuk membuat sesuatu yang baru.

Misalnya menggunakan blok untuk dibangun menjadi menara atau jembatan. Sedangkan permainan imajinatif yakni ketika mereka berpura-pura berperilaku layaknya orang lain. Misalnya rumah-rumahan dan petak umpet.

Bagi anak-anak, permainan masa kecil sangatlah penting karena kegiatan inilah yang akan mendukung berkembangnya kemampuan emosional, fisik, sosial serta kemampuan kognitif anak.

Sayangnya, perkembangan jaman sekarang membuat waktu bermain anak semakin menurun. Mayoritas anak-anak mulai terjebak dengan permainan yang ada pada gadget. Dan mirisnya, banyak orangtua yang sepertinya kurang perhatian dengan hal tersebut.

 

 

 

 

Manfaat Permainan Bagi Anak- Anak

Bermain tak sekedar bersenang-senang saja. Ya, ada banyak sekali manfaat permainan masa kecil. Dalam buku berjudul “Games Theraphy untuk Kecerdasan Bayi dan Balita” seorang psikolog bernama Effiana Yuriastien dan rekannya menguraikan beberapa manfaat permainan bagi tumbuh kembang anak antara lain :

 

1. Anak lebih mudah memahami dirinya sendiri serta lebih mampu menghargai diri sendiri. Atau dalam istilah lain, anak menjadi lebih mudah menemukan identitas dirinya.

2. Mendorong perkembangan keterampilan sosial, fisik serta intelektual

3. Mengembangkan rasa kepercayaan diri dan bertanggung jawab

4. Melatih mental anak-anak

5. Meningkatkan kreativitas anak serta menjauhkannya dari stress

6. Mengembangkan pola bersosialisasi serta emosi anak

7. Melatih kemampuan motorik serta daya analisa

8. Sarana penyaluran keinginan dan kebutuhan anak

9. Standar moral bisa terbentuk dengan baik

10. Mengembangkan otak kanan

 

 

 

 

Cara melestarikan permainan masa kecil

Sangat banyak manfaat permainan masa kecil untuk perkembangan anak kedepannya. Namun sangat disayangkan, sekarang ini banyak permainan masa kecil yang tergeser oleh gadget sehingga mereka kehilangan waktu bermainnya.

 

 

Tapi bisakah kiranya kita mengembalikannya?

Tentu saja bisa jika kita sebagai orangtua memiliki niat dan tindakan nyata untuk merubahnya. Ya, disini orangtua memiliki peranan yang sangat penting. Orangtua harus mengenalkan, mengajari serta memberi contoh beragam permainan masa kecil. Mulai dari pengenalan nama permainan, aturan-aturan yang ada dalam permainan tersebut, sampai pada prakteknnya.

Selain orangtua, cara melestarikan permainan juga bisa dilakukan dari lingkungan. Contohnya dengan mengadakan perlombaan permainan tradisional di even atau di hari besar kemerdekaan.

Melestarikan permainan masa kecil juga bisa lewat kurikulum olahraga di sekolah. Banyak materi pembelajaran olahraga yang dirasa cocok ketika dikolaborasikan dengan berbagai permainan-permainan tradisional.

 

 

 

15 Contoh Permainan Masa Kecil Jaman old yang Kini Hampir Punah

Berikut ini adalah beberapa contoh permainan masa kecil anak- anak jaman dulu (jaman old) yang kini nyaris punah, permainan apa saja itu? Berikut informasinya!

 

 

1. Egrang

Permainan menggunakan dua bilah bambu atau kayu yang tinggi ini mengharuskan pemainnya untuk latihan menjaga keseimbangan. Cara bermainnya sederhana, kita harus naik diatas dua bilah bambu lalu berjalan dan berlomba bersama teman lainnya.

 

 

 

2. Bermain kelereng

Permainan ini sangat digemari anak laki-laki. Saking digemarinya, kadang sampai lupa waktu. Sama halnya dengan permainan lainnya, main kelereng juga ada aturannya. Ada garis protes dimana kelereng tidak boleh melewati batas garis tersebut, ada manjul yang artinya mengetek kelereng untuk melewati garis protes, dan banyak lagi.

 

 

 

3. Engklek

Permainan ini sangat sederhana. Cukup dengan lompat-lompat sambil menjaga keseimbangan pada kotak yang dibuat ditanah. Aturannya, 1 kaki untuk 1 kotak, dan kaki tidak boleh menginjak atau melewati garis kotaknya.

 

 

 

4. Petak umpet

Ini dia permainan masa kecil legendaris yang kini hampir punah. Petak umpet akan semakin seru jika dimainkan dengan jumlah peserta yang banyak. Nah, saran, jangan jauh-jauh ngumpetnya karena kasihan yang jaga. Bakalan lama nyariinnya.

 

 

 

5. Boy-boyan

Permainan masa kecil selanjutnya ini dikenal dengan permainan berlari dan melempar. Jadi nanti akan ada 2 tim dimana tim 1 akan menyusun batu sedangkan yang tim 2 harus menghancurkan susunannya.

 

 

 

6. Ular tangga

Permainan ini mampu meningkatkan kemampuan berhitung anak. Yang dibutuhkan pada permainan ini yakni papan ular tangga, bidak dan juga dadu. Aturannya, bidak berjalan sesuai dengan hasil kocokan dadu. Jika bertemu dengan ular, maka diharuskan turun dan jika bertemu tangga maka diharuskan naik. Sangat menarik jika dimainkan 4-6 orang.

 

 

 

7. Lompat tali

Minimal permainan masa kecil ini dilakukan 3 orang dimana 2 orang memegang tali dan 1 orangnya yang akan lompat-lompat.

 

 

 

8. Senapan bambu

Permainan ini sangat digemari anak laki-laki. Isi senapannya menggunakan kertas yang sudah dibasahi dan dipotong kecil-kecil.

 

 

 

9. Bermain Ular Naga

Permainan ini dimainkan banyak orang. Nanti akan ada dua orang yang berpegangan tangan keatas sedang yang lainnya saling berpegangan berputar sambil menyanyikan lagu khas ular naga. Jika lagunya habis, maka yang tertangkap oleh dua orang tadi harus keluar dari permainan. Begitu terus sampai habis.

 

 

 

10. Bermain dakon

Anak jaman dulu pasti kenal dakon. Yang dibutuhkan disini cukup papan dakon dan biji-bijian. Nah, permainan ini tidak bisa dilakukan banyak orang, 1 papan hanya untuk 2 orang.

 

 

 

11. Bermain layang-layang

Permainan masa kecil ini sudah semakin sedikit, meski begitu termasuk salah satu yang paling bertahan. Biasanya permainan layang-layang ini dilakukan setiap pergantian musim karena anginnya yang cukup kencang. Nah, salah satu yang paling menarik adalah momen saat tali layangan putus. Biasanya nanti bakal banyak anak-anak yang mengejar dan berebutan mengambilnya.

 

 

 

12. Hujan-hujanan

Nah, permainan masa kecil yang hanya bisa dilakukan di musim penghujan ini kerap dilarang orang tua. Meski begitu, ternyata hujan-hujanan memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan.

 

 

 

13. Gobak sodor

Permainan ini memiliki banyak istilah berbeda tergantung lokasinya. Dalam 1 permainan akan ada 2 tim dimana. Cara mainnya cukup sederhana yakni dengan menghalang-halangi teman untuk bisa sampai ke belakang garis.

 

 

 

 

5 Contoh permainan Masa Kecil Jaman now

Jika diatas sudah disebutkan 15 permainan masa kecil jaman old, maka dibawah ini ada beberapa kumpulan permainan masa kecil jaman now. Ya, berbagai mainan dibawah ini saat ini terbilang nge-hits, dan bisa ditemui di banyak toko mainan. Apa saja jenis permainan tersebut?

 

 

1. Slime dan Play-dough

Permainan ini bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik halus serta daya imajinasi si kecil. Jika slime adalah mainan yang kenyal dan tidak lengket mirip squishy maka Play-dough adalah mainan yang bisa dibentuk kemudian dihancurkan kembali. Konsep dari play dough ini mirip ketika kita bermain pasir di pantai.

 

 

 

2. Karakter pony

Maksudnya disini adalah boneka poni. Permainan ini bisa melatih kemampuan anak untuk bercerita lho.

 

 

 

3. Bunchems

Bunchems adalah mainan bongkar pasang seperti kretekan baju. Nah, permainan ini cukup rekomended untuk meningkatkan daya kreativitas anak. Biasanya nanti akan ada buku panduan untuk membuat beragam bentuk dari bunchems.

 

 

 

4. Spinner

Permainan ini konon mampu meningkatkan konsentrasi anak. Apalagi saat ini ada banyak sekali strategi bermain yang dijamin akan membuat anak tidak bosan.

 

 

 

5. Lego atau brick

Permainan ini sama halnya permainan bongkar pasang. Jadi disini anak bisa latihan membuat beragam bentuk bangunan. Dalam versi LEGO yang terbaru bahkan dilengkapi dengan berbagai karakter kartun sehingga anak tidak bosan.

Itulah berbagai macam permainan masa kecil baik jaman old maupun jaman now. Dari berbagai macam permainan diatas, mana kiranya yang paling menyenangkan, menarik dan bermanfaat?

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: