Pengiriman Melalui Laut dan Udara, yang Mana Lebih Oke Menurutmu?

Halloo Sahabat Juraganesia yang kami banggakan,

 

Mode Laut Vs Mode Udara – Pada kegiatan perdagangan secara global atau yang sering disebut dengan “export – import” bagi setiap negara didunia ini pasti sangat dipengaruhi oleh adanya jasa perusahaan pelayaran yang terlibat di dalamnya baik itu via kapal laut maupun kapal udara.

Secara umum, memang ada kekurangan dan kelebihan yang mendasari antara shipper ( pengirim) dan buyer (pembeli) untuk melaksanakan kegiatan pengiriman barang dengan mode pengiriman yang telah disepakati oleh kedua pihak tersebut baik itu via laut maupun udara.

Nah, pada kesempatan ini sepertinya perlu jika Para Juragan mengetahui seputar mode pengiriman yang telah dirangkum dari beberapa informasi mengenai “apa sih kelebihan dan kekurangan antara pengiriman melalui laut (kontainerisasi) dan melalui udara? Penasaran Para juragan? Yuk mari kita simak ulasan berikut ini.

 

A. Mode Pengiriman Via Laut

 

Apa kelebihan pengiriman via laut?

Diantara beberapa kelebihan yang terdapat pada pengiriman pada mode laut ini adalah cost atau biaya freight / pengiriman relative lebih murah dibandingkan via udara. Selain itu, mode ini sangat cocok jika digunakan untuk pengiriman barang yang berukuran besar dan low value. Dengan demikian, melalui laut juga sangat cocok jika digunakan untuk produk atau barang yang tahan lama.

Mode Pengiriman Melalui Laut ( Sea Freight) - Juraganesia.net

Mode Pengiriman Melalui Laut ( Sea Freight) – Juraganesia.net

Apa Kekurangannya?

Salah satu kekurangannya jika menggunakan pengiriman via laut adalah tentang waktu. Apa? Waktu? Ya. Karena dengan via laut suatu pengiriman akan sampai dalam waktu relative lebih lama dibandingkan via udara.oleh karena itu, jika anda sebagai shipper ataupun buyer, anda harus menentukannya dengan bijak.

 

 

 

B. Mode Pengiriman Via Udara

 

Apa kelebihan pengiriman via udara?

Ada beberapa kelebihan jika kita menggunakan pengiriman via udara lho sahabat Mister Exportir, diantaranya adalah sampai barangnya akan relative lebih cepat dibandingkan via laut. Jika kamu adalah orang yang tidak suka menunggu terlalu lama, mungkin kami menyarankan anda ke mode pengiriman ini.

Selanjutya, kelebihan lainnya adalah mode pengiriman udara ini biasanya dipakai untuk barang yang bernilai tinggi ( high value) dan produk-produk yang tidak tahan lama seperti buah-buahan, ikan, bahan-bahan dapur, dan sejenisnya.

Mode Pengiriman Melalui Udara ( Airfreight) - Juraganesia.net

Mode Pengiriman Melalui Udara ( Airfreight) – Juraganesia.net

 

Apa Kekurangannya?

Pastinya disetiap ada kelebihan disitu ada kekurangan. Nah, untuk mode udara sendiri itu memiliki kekurangan juga sahabat Exportir, salah satunya harga freight atau biaya pengirimannya itu yang relative tinggi alias mahal. Oleh karena itu, anda harus berfikir lagi jika anda memiliki muatan yang besar dan berat karena pengiriman udara akan dihitung berdasarkan berat per kilogram ( Bukan secara Tonnase) dan dimensi barangnya.

Sudah tahukan apa kelebihan dan kekurangannya? Nah, bagaimana dengan anda? Mau mengirim barang dengan laut apa udara? Disini anda dituntut menjadi lebih bijak untuk menggunakan kedua mode tersebut dengan asas dan pertimbangan yang baik dan benar sehingga tidak ada kesalahan dalam mengirim muatan barang atau produknya kemanapun.

Sahabat Juragan se-indonesia, percayalah bahwa kontribusi anda adalah yang sesuatu yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini… Salam Sukses dan Merdeka!!!

Sumber : Www.Misterexportir.com/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: