Inilah 10+ Jenis Pakaian Tradisional Jepang yang Unik dan Menarik!

Pakaian Tradisional Jepang – Hallo sahabat Juraganers yang dibanggakan tanah air ini, terimakasih telah berkunjung pada ulasan artikel kali ini. Pada kesempatan ini, kita akan lebih membahas tentang kebudayaan jepang, khususnya jenis pakaian tradisional jepang. Semoga bermanfaat!

Negara Jepang merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya. Tak terkecuali pada pakaian tradisionalnya. Bila kebanyakan orang menganggap bahwa jenis pakaian tradisional Jepang hanya kimono saja, ternyata anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Bila Anda mengikuti drama atau anime Jepang, mungkin Anda sering melihat pada adegan pesta kembang api atau acara lainnya yang ada di Jepang, orang-orang terutama para wanita akan mengenakan pakaian yang sekilas seperti kimono.

Namun sebenarnya pakaian yang dipakai oleh wanita-wanita Jepang itu adalah yukata. Meski sejenis dengan kimono, namun ada beberapa perbedaan antara kimono dan yukata, loh. Yukata dan kimono merupakan jenis pakaian tradisional Jepang yang begitu familiar di kalangan masyarakat luas. Meski sebenarnya ada banyak jenis pakaian tradisional Jepang yang mungkin saja belum Anda ketahui.

 

 

 

Kelebihan Kain Katun Jepang Sebagai Bahan Dasar Kebanyakan Pakaian Jepang

 

Katun jepang memiliki serat kain yang lembut dan nyaman

Hal ini membuat kain katun jepang menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Selain itu perbedaan utama katun jepang dengan katun Indonesia adalah susunan seratnya yang lebih rapat dan tidak tembus pandang.

Hal inilah yang menyebabkan kain katun jepang terasa lebih lembut saat disentuh dan juga kainnya jatuh. Kain katun yang satu ini juga lebih baik dalam menyerap keringat.

 

 

Kualitas yang bermutu

Kain katun jepang memiliki kualitas yang bermutu.. Selain benar-benar nyaman ketika dikenakan, terasa lembut serta halus, kain katun ini juga tidak mudah berbulu. Hal ini karena susunan dari serat katun jepang yang tinggi dan rapat.

 

 

 

Jenis Pakaian Tradisional Jepang yang Wajib Anda Ketahui

Trend fashion Jepang sempat mendominasi gaya anak muda Indonesia. Hal ini karena pakaian Jepang memiliki keunikannya tersendiri. Sama halnya dengan berbagai jenis pakaian tradisional Jepang yang mempunyai nilai estetika yang tinggi dan juga unik. Berikut ini 10 + Jenis Pakaian Tradisional Jepang yang Unik.

 

 

1. Kimono

Jenis pakaian tradisional Jepang yang sudah tidak asing lagi di telinga adalah kimono. Pakaian tradisional asal Jepang ini sudah ada sejak dahulu kala dan biasa digunakan dalam berbagai kegiatan formal. Seperti pernikahan, upacara minum teh, acara tradisional formal maupun upacara pemakaman.

Pada zaman dulu, kimono digunakan sebagai pakaian sehari-hari orang Jepang. Namun sejak adanya impor pakaian barat pada masa Meiji, kimono tidak digunakan lagi sebagai pakaian sehari-hari.

Berbahan utama sutera menjadikan pakaian tradisional yang satu ini sangat mahal. Namun pada saat ini sudah ada kimono yang dibuat dari bahan polyester yang harganya menjadi jauh lebih murah.

 

 

 

2. Yukata

Jenis pakaian tradisional selanjutnya adalah yukata. Tampilannya memang mirirp seperti kimono, hal ini karena yukata memang merupakan jenis kimono yang berbahan katun tipis tanpa pelapis.

Bila kimono digunakan pada kegiatan yang formal, lain hal dengan yukata yang digunakan dalam berbagai hal nonformal. Seperti pesta kembang api, matsuri,dan acara nonformal lainnya.

 

 

 

3. Hakama

Hakama merukapan jenis celana yang diadopsi dari celana asal imperial Tiongkok zaman dulu. Oleh sebab itu, jenis celana yang satu ini sekilas mirip dengan pakaian ala Cina zaman dulu.

Hakama biasa dipadukan dengan kimono dan digunakan pada berbagai kegiatan, terutama pertunjukan tradisional Jepang. Celana satu ini memiliki semacam kerutan yang berjumlah 7 buah. Ketujuh kerutan ini melambangkan 7 asas Bushido yang merupakan pdoman pada samurai Jepang.

 

 

 

4. Jinbei

Pada awalnya jinbei digunakan sebagai baju tidur. Namun pada saat ini, oleh beberapa perancang busana, baju tidur ala Jepang ini didesain semenarik mungkin, sehingga selain dapat digunakan untuk tidur, jinbei juga dapat digunakan di dalam rumah untuk bersantai.

Jinbei juga sering digunakan untuk menghadiri kegiatan nonformal seperti pesta kembang api di Jepang, dengan pemakaiannya yang dipasangkan dengan yukata.

 

 

 

5. Furisode

Furisode merupakan jenis kimono yang memiliki lengan lebih lebar. Jenis pakaian tradisional Jepang yang satu ini lebih cocok digunakan untuk menghadiri kegiatan-kegiatan yang formal.

Lengan furisode juga lebih panjang daripada kimono. Pada awalnya, furisode hanya digunakan oleh kaum hawa saja, namun pada saat ini banyak pria yang juga mengenakan pakaian tradisional ini.

 

 

 

6. Kurotomesode

Sama halnya dengan furisode, kurotomesode pun merupakan pakaian sejenis kimono yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan formal. Pemakaiannya dikhususkan untuk wanita saja. Namun ada perbedaan mencolok antara pemakaian furisode dengan kurotomesode.

Perbedaan itu adalah pemakaian kurotomesode dikhususkan untuk wanita yang sudah menikah, sedangkan pemakaian furisode hanya ditujukan untuk wanita lajang. Selain itu, kurotomesode juga memiliki motif yang sangat mewah dan indah.

Motif-motif ini letaknya di bagian punggung, dada bagian atas (bisa di kanan maupun kiri), serta belakang lengan (baik kanan maupun kiri). Motif indah pada kurotomesode merupakan lambang keluarga atau sering disebut dengan kamon.

 

 

 

7. Houmongi

Jenis pakaian tradisional Jepang selanjutnya adalah houmongi. Adalah pakaian jenis kimono yang hanya ditujukan untuk kegiatan-kegiatan formal. Sama seperti furisode dan kurotomesode, pemakaian houmongi hanya digunakan oleh semua wanita, baik wanita yang telah menikah atau wanita yang masih lajang.

Houmongi memiliki lambang keluarga, namun ada juga houmongi yang tidak memiliki lambang keluarga. Houmongi memiliki motif di seluruh bagian, baik di bagian depan maupun belakang.

 

 

 

8. Tsukesage

Tsukesage merupakan jenis pakaian tradisional Jepang yang digunakan pada saat kegiatan-kegitan nonformal. Sama seperti furisode, pemakaian tsukesage hanya digunakan untuk wanita saja.

Pakaian tradisional Jepang yang satu ini tidak memiliki lambang keluarga seperti kebanyakan pakaian jenis kimono lainnya. Hal ini karena tsukesage memang bukan pakaian yang ditujukan untuk suasana yang formal. Tsukesage dapat digunakan oleh semua wanita, baik yang sudah menikah atau yang belum menikah.

 

 

 

9. Komon

Komon merupakan pakaian jenis kimono yang paling santai. Sama seperti furisoge, tsukesage, kurotomesode dan houmongi, pemakaian komon juga hanya ditujukan untuk wanita. Baik wanita yang sudah menikah ataupun wanita yang belum menikah.

Komon biasa digunakan untuk menghadiri acara jamuan makan malam, reuni dan acara santai lainnya. Motif-motif yang terdapat pada pakaian ini sangat sederhana, hal ini karena komon memang ditujukan untuk suasana yang santai.

 

 

 

10. Tsumugi

Sama seperti komon, tsumugi pun merupakan pakaian jenis kimono yang santai. Namun perbedaannya dengan komon yang digunakan untuk menghadiri acara santai, pemakaian tsumugi justru untuk digunakan sehari-hari.

Tsumugi berbahan utama kain katun. Namun pakaian tradisional yang satu ini juga sering dibuat dari kain sutra yang kualitasnya paling bawah sehingga lebih tebal dan juga kasar. Selain itu, bahan lainnya adalah hasil tenunan yang sederhana.

Tsumugi bisa dikatakan sebagai pakaian yang digunakan untuk bekerja pada zaman dulu. Bahkan, pakaian yang satu ini juga merupakan pakaian yang sering digunakan untuk bekerja di ladang. Tsumugi dapat digunakan oleh wanita, baik yang sudah menikah atau belum.

 

 

Demikianlah Juraganers, 10+ Jenis Pakaian Tradisional Jepang yang Unik. Seiring pekermbangan zaman, pakaian-pakaian tradisional ini berkembang menjadi sesuatu yang lebih menarik. Seperti semakin beragam motif-motifnya dan warna-warnanya yang cantik.

Semoga artikel ini bermanfaat ya buat para Juraganers!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: