Sudah Tahu? Inilah Bacaan Niat Puasa Senin Kamis yang Benar Beserta Artinya!

Niat Puasa Senin Kamis – Apa kabar para muslim dan muslimah? Semoga dimanapun kita berada, kita selalu diberi kesehatan dan selalu dalam perlindungan Allah S.W.T. (Aamin). Artikel kali ini akan membahas mengenai salah satu ibadah puasa sunnah, yaitu Puasa Senin Kamis.

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Mungkin para muslim dan muslimah sudah banyak yang mengetahui mengenai puasa sunnah senin kamis ini. Tetapi, apakah dalam pelaksanaanya sudah seperti yang seharusnya? Apakah para muslim dan muslimah mengetahui tata cara berpuasa senin kamis? Bagaimanakah dengan niat puasanya itu sendiri?

Artikel kali ini akan membahas mengenai tata cara berpuasa senin kamis, niat puasa senin kamis, tips agar dapat menjalani puasa senin kamis masih dalam keadaan bugar, dan juga cara untuk membiasakan berpuasa senin kamis. Semoga isi dari artikel ini, dapat membantu para muslim dan muslimah untuk menjalankan puasa sesuai syariat islam.

 

 

 

Pengertian Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Puasa senin kamis adalah salah satu puasa sunnah yang boleh dikerjakan dan akan mendapatkan pahala, dan kalaupun tidak dikerjakan tidak menjadi masalah. Puasa sunnah senin kamis adalah puasa yang menajadi kebiasaan Rasulullah S.A.W pada dahulu kala, dan ditiru oleh para pengikutnya.

Puasa senin kamis berarti, puasa yang dilaksanakan pada setiap hari senin dan kamis. Niat puasa senin kamis pun memiliki bacaan yang berbeda, dikarenakan hari pelaksanaan puasanya pun berbeda.

Dan pada Shahih Muslim tercantum: Artinya: “Bahwa Nabi Muhammad S.A.W. Ditanyai orang tentang berpuasa pada hari Senin, maka sabdanya :

 

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

‘’Itu adalah hari kelahiran saya, dan pada hari itu pula wahyu diturunkan kepada saya”.

 

 

 

Mengapa Harus Berpuasa Senin Kamis ?

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Memang puasa senin kamis ini bersifat sunnah, dan tidak ada paksaan untuk melaksanakanya. Tetapi setiap kebaikan walau sekecil apapun itu, akan selalu mendapatkan pahala, terlebih lagi untuk berpuasa. Karena Allah sudah berfirman, bahwa Puasa adalah milik Allah dan Allah yang akan membalas pahalanya.

Puasa senin kamis juga dapat membawa banyak sekali manfaat. Baik dari segi kesehatan, maupun  aspek kehidupan lainya. Puasa senin kamis juga dapat membuat para muslim dan muslimah yang biasa melaksanakanya, menjadi terbiasa menjalankan puasa ramadhan kelak.

 

 

 

 

Cara Berpuasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Sebagaimana ibadah pada umumnya, sebelum melakukan ibadah diperlukan niat. Puasa senin kamis juga memerlukan niat agar bisa diterima oleh Allah S.W.T. Karena niat yang ikhlas juga menjadi salah satu syarat akan diterimanya ibadah kita.

Seperti yang sudah disampaikan diatas, bahwa niat puasa senin dan kamis berbeda tergantung hari nya. Ada 2 pendapat mengenai niat puasa senin dan kamis ini. Ada ulama yang berpendapat, bahwa niat harus diucapkan sebelum waktu subuh menjelang. Sedangkan sebagian ulama lain berpendapat sebaliknya.

Di Indonesia sendiri sebagian besar masyarakatnya memakai madhzab Imam Syafi’i, yang berarti para muslim dan muslimah diperbolehkan untuk mengucapkan niat puasa senin kamis walaupun sudah terlewat dari waktu subuh. Berikut salah satu studi kasus dalam penerapan Madzhab Syafi’i :

“Pada suatu hari ada seorang suami yang sama sekali tidak mempunyai niat untuk berpuasa senin kamis di malam hari, namun ternyata ketika waktu hendak menunjukkan jam 06.00, belum ada hidangan untuk disantap. Belakangan ia tau kalau istrinya sedang menjalankan Ibadah puasa senin kamis, maka bertepatan dengan itu, ia pun berniat saya akan puasa senin kamis.”

 

 

 

 

Doa Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Diawal artikel ini pun sudah dijelaskan bahwa niat bacaan puasa antara senin dan kami situ berbeda. Berarti dengan kata lain, tidak ada keterkaitan bahwa jika kita melaksanakan puasa di hari senin, maka selanjutnya pun kita harus melaksanakan puasa pada hari kamis nya.

Itu berarti, dalam satu minggu kita boleh saja melaksanakan puasa hanya pada salah satu hari tersebut saja. Tetapi memang akan jadi jauh lebih baik, jika kita melaksanakan puasa di kedua hari nya.

Dalam hadits diriwayatkan dari Aisyah R.A berkata, “ketika Rasulullah S.A.W masuk kepadaku dan berkata ‘apakah engkau memiliki makanan?’ aku berkata ‘tidak’, lalu Beliau berkata ‘berarti Aku puasa’”.

Niat memang dilakukan didalam hati saja, sementara yang diriwayatkan dari Rasulullah S.A.W dalam rangka berniat untuk beribadah kebanyakan dilakukan didalam hati,

 

ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥْ ﻻَ ﺇِﻟﻪَ ﺇِﻻَّ ﺃَﻧْﺖَ ﺃَﺳْﺘَﻐْﻔِﺮُﻙَ ﻭَﺃَﺗُﻮْﺏُ ﺇِﻟَﻴْﻚ.

“Maha suci Engkau Ya Allah, dan segala puji bagiMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMu”.

 

 

Contoh Niat Puasa Di Hari Senin yang Baik dan Benar

 

”نويت صوم يوم الاثنين للسنة لله تعال ”

“Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’aalaa”

Yang artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari senin karena Allah Ta’ala”

 

 

 

Contoh Niat Puasa Di Hari Kamis

 

“نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعال   ”

Nawaitu dhouma yaumul khomisi sunnatan lillahi ta’aalaa”

Yang artinya: “Aku berniat puasa sunnah  hari kamis karena Allah Ta’ala.

 

 

 

 

Tips Dan Cara Puasa Senin Kamis Agar Tetap Segar dan Bugar

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Puasa senin kamis memanglah puasa sunnah, tetapi dalam menjalankanya haruslah dengan bersungguh-sungguh. Puasa juga tidak bisa menjadikan kita untuk bermalas-malasan atau bahkan tidak ingin melakukan apa-apa. Berikut ini adalah tips untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar saat melaksanakan puasa senin kamis.

 

 

1. Jangan melewatkan makan sahur

Memang harus mengkondisikan diri agar terbangun ditengah malam untuk makan sahur terbilang sulit untuk sebagian orang. Tetapi jika kita sudah berniat untuk melaksanakan puasa, maka sebaiknya kita berkomitmen untuk biasa bangun diwaktu sahur itu.

 

 

 

2. Jangan makan terlalu banyak saat waktu berbuka

Makan dengan asupan yang berlebih saat berbuka puasa memanglah tidak baik. Buka puasa bukan berarti kita bisa makan sepuasnya setelah seharian berpuasa. Makanlah makanan yang diperlukan oleh tubuh kita.

 

 

 

3. Makan dan Minum yang bisa memenuhi cairan tubuh

Berpuasa bisa membuat cairan didalam tubuh berkurang drastis dan menyebabkan dehidrasi. Minumlah air putih sebanyak 1,5 liter disaat sahur dan berbuka, atau kita bisa menggantinya dengan air kelapa, jus ataupun sop buah.

 

 

 

4. Hindari mengkonsumsi kafein

Mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi, bukanlah minuman yang tepat untuk dikonsumsi saat sahur. Kafein dapat membuat cairan dalam tubuh berkurang, dikarenakan kita akan sering buang air kecil.

 

 

 

Cara Membiasakan Diri Untuk Rutin Berpuasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis

Niat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Agar kita bisa rutin melaksanakan puasa sunnah adalah dengan didasari hati yang ikhlas. Selain itu juga kita harus mengingat bahwa, Allah S.W.T menyukai hambaNya yang berpuasa. Sebagai seorang muslim dan muslimah, pastilah ingin dicintai oleh TuhanNya. Maka, laksanakanlah perintahnya atau ibadah yang disukai oleh Allah S.W.T.

Dan juga ada segudang manfaat yang bisa kita dapat ketika menjalankan puasa senin kamis. Tidak ada hal yang sia-sia ketika kita melaksanakan ibadah secara tulus, ikhlas dan bersungguh-sungguh.

 

 

Nah sahabat Juraganers, sudah tahukan niat puasa senin kamis yang begitu gampang dipraktekkan? Semoga artikel mengenai Puasa Senin Kamis ini dapat bermanfaat bagi para muslim dan muslimah yang membacanya. Sehingga kita bisa sama-sama melaksanakan perintah Allah dan meraih ridhoNya. Aamin ya Rabbal ‘Alamin!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: