Inilah 45+ Manfaat Sholat Dhuha Setiap Hari Yang Luar Biasa, Lengkap!

Manfaat Sholat Dhuha –  Hallo sahabat Juraganers yang selalu dicintai oleh Allah Swt dan selalu mengerjakan perintah-Nya serta menjauhi larangan-Nya, semoga kita selalu berpedoman dalam Al-quran dan hadist yang selama ini kita jadikan sebagai pedoman hidup.

Baiklah, pada kesempatan ini, artikel kali ini akan lebih membahas seputar beberapa manfaat sholat dhuha yang sangat luar biasa dan banyak sekali kegunaannya bagi sobat Juraganers yang melaksanakannya.

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha – Juraganesia.net

Sholat dhuha merupakan salah satu sholat sunnah yang memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan bagi yang mengerjakannya. Amalan sunnah ini dilakukan pada pagi hari yakni di waktu dhuha. Lalu apa sajakah manfaat sholat dhuha yang luar biasa? Berikut ini pembahasannya.

 

Baca Juga : Inilah 25+ Keajaiban Sholat Dhuha yang paling Dahsyat, Kamu Belum Tahu Kan?

 

 

 

Contents

Pengertian Sholat Dhuha

Manfaat Shoat Dhuha

Manfaat Shoat Dhuha – Juraganesia.net

Sholat dhuha dinamai pula dengan sholat al-awwabin. Al-Awwab artinya orang yang sangat suka kembali kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan bertaubat kepada-Nya. Sholat dhuha memiliki banyak sekali keutamaan yang agung dan pahala yang besar.

Termasuk keutamaan sholat ini adalah bahwa dua rakaat dari sholat dhuha dipandang cukup dan sebanding dengan pahala tidak ratus enam puluh shadaqah. Tentu masih banyak lagi keutamaan-keutamaan sholat dhuha. Maka melaksanakannya menjadi sebuah amalan kebaikan bagi tabungan pahala kita.

Ada pun waktu melaksanakannya, sholat dhuha ini termasuk sholat sunnah yang terikat dengan waktu. Maka dari itu harus ditunaikan pada waktunya yakni waktu dhuha. Waktu sholat dhuha dimulai ketika matahari sudah tinggi dan berwarna putih.

 

Baca Artikel Ini : Sudah Tahu? Inilah 18+ Manfaat Sholat Istikharah yang Wajib Kamu Ketahui!

 

 

 

Cara Mengerjakan Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha – Juraganesia.net

Cara mengerjakan sholat dhuha ialah sama dengan sholat yang lainnya. Ada pun jumlah rakaat sholat dhuha, maka paling sedikit dikerjakan sebanyak dua rakaat dan tidak ada batasan maksimal jumlah rakaatnya.

Tetapi sebagian besar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam mengerjakannya antara empat rakaat hingga delapan rakaat dan dikerjakan dua rakaat dua rakaat.

Sementara waktu sholat dhuha  dimulai ketika matahari sudah tinggi dan berwarna putih. Yakni dimulai ketika ketinggian matahari di sebelah Timur sebanding dengan ketinggiannya di sebelah Barat ketika sholat ashar, sehingga sholat dhuha berbanding dengan sholat ashar, di mana sholat ashar dilakukan di ujung hari sedangkan sholat dhuha di awal hari dan waktunya terus berlangsung hingga pertengahan hari.

 

 

Artikel Menarik Lainnya : Sudah Hafal? Inilah Bacaan Doa Sholat Dhuha yang Perlu Kamu Pelajari!

 

 

 

Manfaat Sholat Dhuha Setiap Hari

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha – Juraganesia.net

Mengerjakan sholat dhuha boleh dirutinkan setiap hari. Maka semakin besar manfaat sholat dhuha yang didapatkan oleh mereka yang mengerjakannya setiap hari. Yakni di antara manfaat sholat dhuha ialah sebagai berikut :

 

1. Keutamaan Sholat Dhuha Sebagai Pengganti Sedekah

Manusia memiliki 360 persendian dan sedekah persendian ini dapat digantikan dengan sholat dhuha sebagaimana disebutkan pula dalam hadits Buraidah, beliau mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

 

أَبِى بُرَيْدَةَ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « فِى الإِنْسَانِ سِتُّونَ وَثَلاَثُمِائَةِ مَفْصِلٍ فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهَا صَدَقَةً ». قَالُوا فَمَنِ الَّذِى يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « النُّخَاعَةُ فِى الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا أَوِ الشَّىْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَقْدِرْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُ عَنْكَ

“Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad, 5: 354. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih ligoirohi).

 

 

 

2. Akan Dicukupkan Urusan Di Akhir Siang

Termasuk keutamaan sholat dhuha ialah bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala menjamin seseorang yang mengerjakannya di mana Dia Subhanahu wa Ta’ala akan mencukupi dirinya dalam hari yang ia sholat dhuha di dalamnya.

Sebagaimana disampaikan dari Nu’aim bin Hammar Al Ghothofaniy, beliau mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

 

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih).

 

 

 

 

3. Pahala haji dan umrah yang sempurna

Disampaikan dari Anas bin Malik, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

 

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

 

 

 

 

4. Allah SWT. Akan Membuat Untuknya Sebuah Istana di Surga

Keutamaan seperti ini sebanding dengan mengerjakan dua belas rakaat sholat rawatib dalam satu hari. Dari Anas bin Malik yang mendengar bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi sallam bersabda :

“Siapa saja yang sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga.” (HR. Ibnu Majah).

5. Dipersembahkan Pintu Dhuha di Surga

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memanggil; mana ia yang melazimkan shalat dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah.” (HR. Thabrani).

6. Tercatat Sebagai Orang yang Tidak Lalai

Mengerjakan sholat dhuha sebanyak dua rakaat sholat dhuha maka baginya akan tercatat sebagai orang yang tidak lalai. Hal ini berdasarkan dari Abi Dzar ra, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

“Bila engkau melaksanakan dua rekaat shalat Dhuha maka engkau tidak dicatat sebagai hamba yang lalai, atau empat rekaat maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang muhsinin (berbuat baik), atau enam rakaat engkau akan dicatat sebagai hamba uang taat, atau delapan maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang juara (Sukses), atau sepuluh maka pada hari ini dosamu tidak dicatat, atau dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan rumah di surga”.

7. Menggugurkan dosa-dosa

Bagi orang yang yang banyak kesalahannya dan begitu besar dosa-dosanya lalu dia hendak bertaubat dan menginginkan ampunan atas dosa-dosanya itu –bagaimana pun besarnya– maka sholat dhuha yang dikerjakannya mampu menggugurkan dosa-dosanya itu.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang menjaga sholat dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walau pun dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi).

8. Mendapatkan Keutamaan Sebagai Hamba yang Taat

Termasuk ke dalam keutamaan sholat dhuha lainnya yakni barangsiapa yang mengerjakan enam rakaat sholat dhuha akan tercatat sebagai hamba yang taat. Dari Abi Dzar ra, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

“Bila engkau melaksanakan dua rekaat shalat Dhuha maka engkau tidak dicatat sebagai hamba yang lalai, atau empat rekaat maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang muhsinin (berbuat baik), atau enam rakaat engkau akan dicatat sebagai hamba yang taat, atau delapan maka engkau akan dicatat sebagai hamba yang juara (Sukses), atau sepuluh maka pada hari ini dosamu tidak dicatat, atau dua belas rakaat maka Allah akan membangunkan rumah di surga”.

9. Dapat Membuat Tubuh Menjadi Sehat

Gerakan-gerakan dalam sholat pada hakikatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Maka ini berlaku untuk sholat-sholat lainnya, tidak hanya sholat dhuha saja. Terlebih bila dikerjakan secara rutin maka manfaat yang didapatkan pun akan semakin besar pula.

10. Menenangkan Pikiran dan Jiwa

Sholat adalah cara hamba untuk berkomunikasi dengan Rabb-nya. Mencurahkan segala keluh kesah yang ada sehingga dapat menenangkan jiwa serta pikiran dari hiruk pikuk dunia. Pun begitu dengan sholat dhuha, mengerjakannya akan membuat kita lebih relax untuk menjalani aktivitas lainnya.

10 Manfaat Sholat Dhuha Dalam Dunia Kesehatan / Dunia Medis!

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha – Juraganesia.net

Sama halnya dengan sholat-sholat lainnya, sholat dhuha pun memiliki banyak sekali manfaatnya. Yakni manfaat sholat dhuha ini berasal dari gerakan-gerakan sholat dalam sholat dhuha yang dilakukan.

Manfaat sholat dhuha tidak hanya ditinjau dari segi spiritualnya saja, namun dari segi lahiriyahnya pun mengerjakan sholat dhuha sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

 

1. Berperan sebagai Pengganti Olahraga Pagi

Pagi hari adalah waktu yang pas untuk berolahraga, karena sinar matahari pada saat itu sangat baik sekali untuk kesehatan dan udara di luar pun masih terasa sejuk dan menyehatkan.

Olahraga tidak biasa yang bisa kita kerjakan yakni sholat dhuha. Seperti yang kita ketahui bahwa gerakan-gerakan sholat memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Maka mengerjakannya di pagi hari dapat disebut sebagai pengganti olahraga.

 

 

 

2. Dapat Membuat Pernapasan Menjadi Lancar dan Teratur.

Seperti yang kita bahas di awal, yakni gerakan-gerakan sholat memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu gerakan dalam sholat ialah tabiratul ihram yang juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Manfaat dari tabiratul ihram ialah dapat membuat pernapasan menjadi lancar dan teratur. Selain itu pula, saat gerakan tabiratul ihram otot kedua tangan serta bahu pun akan berkontraksi sehingga membuat otot menjadi lebih kuat dan kencang.

 

 

 

3. Aliran darah menjadi lancar

Selain gerakan tabiratul ihram, gerakan ruku dalam sholat juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Yakni dapat membuat aliran darah pada bagian tubuh atas akan terasa lebih lancar. Dan pada gerakan sholat ini pula, otot di sekitar punggung hingga pantat akan mengalami kontraksi.

 

 

 

4. Dapat Memaksimalkan Fungsi Kedua Otak Manusia.

Gerakan sujud dalam sholat apabila dilakukan dengan benar maka akan membuat aliran darah ke kepala akan mengalir dengan optimal. Sehingga beberapa penelitian menyimpulkan bahwa gerakan sujud ini dapat memaksimalkan fungsi kedua otak manusia, yaitu otak kanan dan otak kiri.

 

 

 

5. Dapat Mencegah Penyakit Linu atau Nyeri Pada Bagian Kaki

Gerakan duduk dalam sholat, di mana pantat dan paha bertumpu pada bagian kaki bawah dapat mencegah penyakit linu atau nyeri pada bagian kaki. Terlebih bila dilakukan dengan benar dan teratur.

 

 

 

6. Peredaran Darah Menjadi Lancar

Gerakan salam dalam sholat yang dilakukan dengan cara memutar kepala ke kanan dan ke kiri dengan maksimal, masing-masing hanya satu kali saja dapat membuat otot di bagian leher akan lebih terlatih dan kencang serta melancarkan peredaran darah.

 

 

 

7. Dapat Menenangkan Pikiran dan Jiwa

Sholat dapat membuat pikiran dan jiwa menjadi tenang, sama halnya dengan mengerjakan sholat dhuha. Maka dengan begitu kita dapat memiliki waktu untuk sejenak menenangkan pikiran dari hiruk pikuk dunia, sehingga tidak menjadikan kita mudah stress.

 

 

 

8. Dapat Membersihkan Wajah

Secara logika, semakin sering seseorang mengerjakan sholat maka wajahnya pun akan semakin sering terkena air wudhu. Maka dengan begitu pula wajah yang dibasuh dengan air wudhu akan selalu terjaga kebersihannya. Bukan hanya pada sholat dhuha saja, namun juga sholat-sholat lainnya pastilah akan bermanfaat dalam membersihkan wajah.

 

 

 

9. Menguatkan Otot Kedua Tangan

Gerakan tabiratul ihram dalam sholat selain dapat membuat pernapasan menjadi lancar juga dapat menguatkan otot kedua tangan. Sebab saat gerakan tabiratul ihram otot kedua tangan serta bahu pun akan berkontraksi sehingga membuat otot menjadi lebih kuat dan kencang.

 

 

 

10. Mengoptimalkan Aliran Darah ke Kepala

Gerakan sujud, yakni gerakan meletakkan bagian kepala ke alas lantai, hingga dahi dan ujung hidung menyentuh alas lantai. Dan jari-jari kaki dibengkokkan serta kedua telapak tangan juga menyentuh alas lantai.

Gerakan ini bermanfaat untuk mengoptimalkan aliran darah ke kepala. Sehingga beberapa penelitian menyimpulkan bahwa gerakan sujud ini dapat memaksimalkan fungsi kedua otak manusia, yaitu otak kanan dan otak kiri.

 

 

 

 

Manfaat Sholat Dhuha Bagi Seorang Pengusaha

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha – Juraganesia.net

Mengerjakan sholat dhuha selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, pun dapat bermanfaat pula bagi seorang penguasaha, yakni yang berkaitan dengan rezeki dan keutamaannya. Di antara manfaat sholat dhuha lainnya ialah sebagai berikut :

 

1. Sebagai Pembuka Pintu Rezeki

Sholat dhuha merupakan amalan shalih yang dapat menjadi pembuka pintu rezeki, sama halnya dengan amalan-amalan shalih lainnya. Karena amalan shalih adalah sebuah bentuk ketakwaan.

Sebagai seorang pengusaha, pastilah memiliki keinginan yang besar agar bisnis yang dijalaninya membawa keberkahan bagi kehidupannya dan menjadi jalan rezeki baginya, maka selain berikhtiar tentu kita perlu mengiringinya dengan berdoa yakni salah satunya ialah dengan mengerjakan sholat dhuha setiap pagi.

 

 

 

2. Mengerjakan Salah Satu Wasiat Khusus dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam.

Sholat dhuha merupakan salah satu wasiat khusus dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam.

“Kekasihku –Rasulullah  Shallallahu’alaihi wa sallam—mewasiatkan tiga hal padaku: berpuasa tiga hari setiap bulannya, melaksanakan shalat dhuha dua rakaat dan sholat witir sebelum witir sebelum tidur.” (Muttafaq ‘alaih).

Hal ini juga merupakan salah satu ikhtiar bagi kita semua untuk senantiasa memaksimalkan diri beribadah kepada Allah Ta’ala, yakni sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya.

 

 

 

3. Sholatnya Orang-orang yang Taat

Sholat dhuha merupakan sholat awwabin yakni sholatnya orang-orang yang taat. Dengan demikian merutinkan sholat dhuha menjadikan seseorang dicatat sebagai orang-orang taat.

Abu Hurairah ra berkata: “Kekasihku (Muhammad) mewasiatkan kepadaku tiga perkara yang aku tidak meninggalkannya: agar aku tidak tidur kecuali setelah melakukan sholat witir, agar aku tidak meninggalkan dua rakaat sholat dhuha karena ia adalah sholat awwabin serta agar aku berpuasa tiga hari setiap bulan.” (HR. Ibnu Khuzaimah; shahih).

 

 

 

4. Keuntungan (ghanimah) yang Banyak

Mengerjakan sholat dhuha maka baginya keuntungan (ghanimah) yang banyak. Hal ini sebagaimana hadits berikut ini:

“Barangsiapa berwudhu kemudian pergi pada waktu pagi ke masjid untuk melaksanakan shalat dhuha, maka hal itu adalah peperangan yang paling dekat, ghanimah yang paling banyak dan kembalinya lebih cepat.” (HR. Tirmidzi dan Ahmad; hasan shahih)

Pada hakikatnya kenikmatan di dunia tidaklah seberapa bila dibandingkan dengan kenikmatan di akhirat. Maka sangat disayangkan bila mengejar sesuatu yang tidak seberapa dan meninggalkan sesuatu hal yang berharga. Beruntunglah bagi mereka yang mengerjakan sholat dhuha di pagi hari sebab sholat dhuha adalah sebuah ghanimah yang banyak.

 

 

 

5. Diganjar dengan rumah di surga

Mereka yang selalu bersedia meluangkan waktunya untuk melaksanakan sholat dhuha 12 rakaat di awal hari akan dijanjikan ganjaran oleh Allah Ta’ala berupa sebuah rumah indah yang terbuat dari emas kelak di akhirat.

Hal ini menurut Anas bin Malik yang mendengar bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi sallam bersabda: “Siapa saja yang sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuat untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga.” (HR. Ibnu Majah).

 

 

 

6. Sebanding dengan Pahala 360 Sedekah

Dari Buraidah ra, beliau mengatakan bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

 

أَبِى بُرَيْدَةَ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « فِى الإِنْسَانِ سِتُّونَ وَثَلاَثُمِائَةِ مَفْصِلٍ فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهَا صَدَقَةً ». قَالُوا فَمَنِ الَّذِى يُطِيقُ ذَلِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « النُّخَاعَةُ فِى الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا أَوِ الشَّىْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَقْدِرْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُ عَنْكَ

“Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad, 5: 354. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih ligoirohi).

 

 

 

7. Sebanding Pahala haji dan Umrah yang Sempurna!

Disampaikan dari Anas bin Malik, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

 

« مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ». قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

“Barangsiapa yang melaksanakan shalat shubuh secara berjama’ah lalu ia duduk sambil berdzikir pada Allah hingga matahari terbit, kemudian ia melaksanakan shalat dua raka’at, maka ia seperti memperoleh pahala haji dan umroh.” Beliau pun bersabda, “Pahala yang sempurna, sempurna dan sempurna.” (HR. Tirmidzi no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

 

 

 

 

10 Manfaat Sholat Dhuha Bagi Para Pelajar / Mahasiswa/ Mahasiswi

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha – Juraganesia.net

Menjadi seorang pemuda harulah memiliki jiwa yang pantang menyerah dan semangat dalam menjalani segala aktivitas kehidupan. Salah satunya yakni semangat dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Terlebih bila tidak hanya mengerjakan amalan yang wajib, namun juga amalan sunnah yakni salah satunya adalah sholat dhuha yang seperti yang kita ketahui memiliki banyak sekali manfaatnya.

 

1. Tercatat sebagai hamba yang tidak lalai

Orang yang mengerjakan dua rakaat sholat dhuha akan tercatat sebagai orang yang tidak lalai. Pemuda atau mahasiswa sekalipun yang rutin mengerjakan sholat dhuha di pagi hari membuktikan bahwa ia dapat mengatur waktunya dengan baik serta dapat memanfaat waktu yang ada untuk senantiasa beribadah kepada Allah Ta’ala.

Sebab pemuda adalah harapan bagi bangsa dan umat, maka sudah seharusnyalah kita memperbaiki diri dengan hal-hal yang positif, yakni amalan-amalan sholih seperti salah satunya melaksanakan sholat dhuha.

 

 

 

 

2. Dicerdaskan Otaknya dan Diberikan Pemahaman yang Lebih.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada bagian syaraf yang berada dalam otak yang tidak teraliri darah kecuali orang tersebut dalam keadaan sujud(sholat). Pasalnya dengan posisi jantung yang letaknya berada di dada, sehingga tidak cukup kuat untuk memompa darah hingga sampai ke seluruh otak.

Maka tidak hanya berpahala, tetapi sholat juga mampu mencerdaskan otak. Begitu pun dengan sholat dhuha tentunya. Sebab gerakan dalam sholat ini dapat memaksimalkan kinerja otak, maka hal ini juga dapat memberikan pemahaman lebih terhadap sesuatu hal.

 

 

 

3. Cepat Dalam Mengambil Keputusan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang terikat dengan waktu, yakni waktu dhuha. Sementara pada waktu-waktu tersebut, biasanya orang-orang sangat sibuk. Baik mahasiswa/i, pelajar apalagi bagi mereka yang bekerja. Maka apabila seseorang di tengah kesibukannya dapat menyempatkan waktu untuk melaksanakan sholat dhuha, ini adalah sesuatu hal yang sangat luar biasa.

Hal ini juga menunjukkan bahwa mereka dapat cepat dalam mengambil keputusan untuk melaksanakan sholat dhuha di tengah kesibukannya sebagai mahasiswa/i atau pekerja. Kebiasaan ini juga akan berimbas pada kehidupannya sehari-hari, ketika di hadapkan pada sebuah pilihan.

 

 

 

 

4. Ketekunan Dalam Berusaha dan Belajar

Menurut penelitian menyebutkan bahwa sholat dapat mencerdaskan otak,  begitu pun dengan sholat dhuha. Maka melaksanakan sholat pun dapat mepengaruhi proses belajarnya seseorang. Sebab dengan sholat kinerja otak akan lebih maksimal.

Selain itu, sholat dhuha juga merupakan sholat sunnah yang dapat dirutinkan. Dengan artian apabila seseorang rajin melaksanakannya, maka akan tercipta sebuah kebiasaan yang baik. Hal ini juga akan berimbas pada kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

5. Bijak Dalam Menggunakan Waktu

Kehidupan di dunia hanyalah sementara, tidak akan berlangsung lama dan akan berakhir pada masa yang ditentukan oleh-Nya. Maka kewajiban kita ialah memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk bekal kita di akhirat kelak. Tidak lain adalah dengan beribadah kepada Allah Ta’ala.

Salah satunya yakni dengan melaksanakan sholat, baik sholat wajib maupun sunnah. Maka melaksanakan amalan-amalan sholih, menunjukkan bahwa seseorang itu dapat bijak dalam menggunakan waktunya di dunia ini.

 

 

 

6. Mendorong Rutinitas Positif Bagi Seorang Mahasiswa/i

Jiwa muda sering diidentikan dengan semangat yang tinggi. Begitu pula pada mahasiswa/i atau para pelajar. Namun apabila semangat yang tinggi ini tidak disalurkan pada sesuatu hal yang baik, pastilah akan tersalurkan pada sesuatu hal yang buruk dan merugikan. Terlebih bila kurangnya kesadaran spiritual.

Maka melaksanakan sholat dhuha setiap hari akan membuat sebuah rutinitas positif bagi seorang mahasiwa/i. Sehingga semangat mudanya bisa tersalurkan, yakni tersalurkan pada sesuatu hal yang tidak hanya baik namun juga berpahala.

 

 

 

7. Dekat dengan Allah Swt.

Sholat adalah cara hamba berkomunikasi dengan Tuhannya. Untuk lebih dekat serta mencurah segala keluh kesah hatinya pada sebuah Dzat Maha Besar, Allah Subhanahu wa Ta’ala. Begitu pun dengan sholat dhuha, salah satunya.

Terlebih dari hal itu, sholat juga merupakan sebuah bukti keimanan seseorang. Iman kepada Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang wajib disembah dan tempat bergantung segala harapan dan permohonan. Dengan sholat juga hati seseorang akan jauh lebih tenang, sebab sholat dapat mendekatkan kita dengan Allah Ta’ala.

 

 

 

8. Melatih Kedisiplinan Beribadah Secara Personal

Melaksanakan sholat dhuha juga dapat menciptakan sebuah kedisiplinan beribadah terhadap diri seseorang. Sebab sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang terikat dengan waktu, maka apabila seseorang ingin melaksanakan sholat dhuha, ia harus disiplin terhadap waktu dhuha dan melaksanakannya pada waktu itu.

Sesuatu yang diulang pastilah akan menjadi sebuah kebiasaan, maka dengan melaksanakan sholat dhuha tepat sesuai waktunya juga akan berimbas pada sholat-sholat lainnya. Terlebih, sholat dhuha pun dapat dirutinkan setiap hari.

 

 

 

9. Salah Satu Cara Untuk Melatih Karakter Seorang Pelajar yang Baik

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa seorang pelajar memiliki semangat yang tinggi. Apabila semangat muda itu disalurkan pada sesuatu hal yang baik, maka akan menciptakan sebuah kebiasaan yang baik pula. Sehingga kebiasaan itu dapat membentuk karakter pada seseorang itu, terlepas dari faktor lain yang juga dapat memengaruhi karakter seseorang.

Melaksanakan sholat dhuha secara rutin setiap hari merupakan salah satu kebiasaan yang baik, yang juga dapat membentuk karakter baik pada diri seseorang yang melaksanakannya. Sehingga semangat muda pada diri seorang pelajar dapat tersalurkan pada sesuatu hal yang baik pula.

 

 

 

10. Jeli Dalam Melihat Peluang yang Besar

Hukum melaksanakan sholat dhuha adalah sunnah, maka barangsiapa yang melaksanakannya baginya pahala, namun barangsiapa yang tidak menjalannya maka tidaklah mengapa. Namun manusia diperintahkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan, maka mereka yang menjalankan amalan sunnah yang salah satunya ialah sholat dhuha sebenarnya telah ikut dalam kompetisi ini.

Mereka yang melaksanakan amalan sunnah, bukan hanya berusaha untuk memanfaatkan waktu di dunia dengan amal sholih namun juga melihat sebuah kesempatan besar untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

 

 

5 Manfaat Sholat Dhuha untuk Kecantikan

Manfaat Sholat Dhuha

Manfaat Sholat Dhuha – Juraganesia.net

Sholah dhuha juga bermanfaat untuk kecantikan. Meskipun begitu hal ini tidak bisa dijadikan alasan kita dalam mengerjakan sholat dhuha. Namun menjadikannya sebagai motivasi untuk senantiasa semangat dalam beribadah kepada Allah Ta’ala. Manfaat sholat dhuha lainnya ialah sebagai berikut :

 

1. Membersihkan Wajah

Secara logika, apabila seseorang sering mengerjakan sholat maka wajahnya pun akan sering terkena air wudhu. Maka air wudhu inilah yang akan membersihkan wajahnya, sehingga bukan hanya manfaat sholat dhuha namun juga manfaat bagi sholat-sholat lainnya.

 

 

 

2. Menghapus Kejelekan

Hal ini termasuk ke dalam manfaat berwudhu, yakni dapat menghapus kejelekan. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits :

“Apabila seorang dari kalian berwudhu’, lalu ia menyempurnakan wudhu’nya, kemudian ia pergi ke masjid karena semata-mata hanya untuk melakukan shalat, maka tidaklah ia melangkahkan kaki kirinya melainkan terhapus kejelekan darinya dan dituliskan kebaikan bersama langkah kaki kanannya hingga masuk masjid.” (HR. At-Thabrani).

 

 

 

3. Bercahaya Saat Hari Kiamat

Selain menghapus kejelekan, manfaat berwudhu juga akan membuat kita bercahaya saat hari kiamat yakni orang-orang yang senantiasa menjaga wudhunya dan melakukan wudhu dengan benar.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits: “Sesungguhnya umatku akan dipanggil pada hari kiamat nanti dalam keadaan dahi, kedua tangan dan kaki mereka bercahaya, karena bekas wudhu’.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

 

 

 

4. Mulut Menjadi Sehat

Hal ini juga termasuk ke dalam manfaat berwudhu yakni dapat membuat mulut menjadi sehat karena dengan berkumur-kumur setiap kali melakukan wudhu sebelum sholat. Menurut medis, berkumur sesering mungkin dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi serta mengeluarkan sisa-sisa makanan dan kuman sehingga mulut jadi lebih bersih.

 

 

 

5. Mencegah Tumbuhnya Jerawat dan Flek di Wajah

Termasuk manfaat dari berwudhu sebelum sholat juga ialah dapat mencegah jerawat. Jerawat yang muncul dipicu karena adanya kotoran dan minyak yang menumpuk di pori-pori kulit. Maka dengan berwudhu kotoran dan minyak berlebihan pada wajah dapat disingkirkan sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat sholat dhuha yang luar biasa. Namun meskipun begitu, tidaklah benar bila menjadikan manfaat sholat dhuha sebagai tujuan utama mengerjakannya.

Yakni yang utama ialah semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala. Sebab kendati demikian, Allah Subhanahu wa Ta’ala pastilah akan membalas setiap amalan kebaikan kita. Semoga artikel ini bermanfaat!

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: