[Hits] Inilah 25+ Manfaat Puasa Senin Kamis yang Luar Biasa, Kamu Sudah Tahu?

Manfaat Puasa Senin Kamis – Puasa adalah salah satu ibadah yang disukai oleh Allah S.W.T. Dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Abu Daud dijelaskan bahwa, Allah berfirman “Puasa itu milikKu dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat”. Dengan kata lain, Allah akan memberikan pahala secara langsung bagi hambaNya yang melaksanakanya.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Puasa yang wajib dilakukan bagi setiap muslim dan muslimah adalah Puasa Ramadhan. Tetapi Rasulullah S.A.W juga mengajarkan pada kita, bahwa kita tetap bisa melakukan ibadah dengan cara berpuasa di waktu lainya selain pada Bulan Ramadhan, yaitu dengan melaksanakan puasa sunnah.

Para muslimin dan muslimah pasti sudah pernah mendengar mengenai puasa sunnah senin kamis kan? Ya, berpuasa pada hari senin dan kami situ hukumnya sunnah. Jika dijalankan akan mendapat pahala, tetapi jika tidak dikerjakan pun tidak apa-apa.

Berpuasa senin kamis hanyalah salah satu dari kebiasaan Rasulullah S.A.W yang ditiru oleh para pengikutnya karena memiliki manfaat yang sangat banyak. Dan manfaat puasa senin kamis ini pun dapat kita rasakan pada berbagai aspek kehidupan.

 

Perlu Dibaca : Inilah 18+ Keutamaan dan Manfaat Puasa Syawal yang Luar Biasa Pentingnya!

 

 

Mengapa harus Puasa Senin Kamis?

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Puasa yang sering kali Rasulullah S.A.W kerjakan, yaitu Puasa Sunah Senin Kamis. Dalam HR. An Nasai no. 2360 dan Ahmad 5:201, Rasulullah bersabda “Dua hari (Senin&Kamis) tersebut adalah waktu dihadapkanya amalan pada Rabb semesta alam. Aku sangat suka ketika amalanku dihadapkan sedang aku dalam keadaan berpuasa”.

Selain Itu juga Rasulullah S.A.W pernah ditanya tentang puasa hari senin dan beliau menjawab, “Hari tersebut merupakan hari dimana aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkanya Al-Qur’an kepadaku pada hari tersebut.” (HR. Muslim).

Puasa sunah memang banyak sekali macamnya, dan dengan berpuasa sunah senin kamis juga dapat membawa manfaat, agar kita sebagai muslim dan muslimah dapat melatih tubuh agar terbiasa berpuasa, sehingga bisa menjalani Puasa Ramadhan dengan baik nantinya.

 

Baca Juga : Inilah 25+ Hal- Hal yang Dapat Membatalkan Puasa Tanpa Disadari!

 

 

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Selain karena mendapatkan hikmah dan keutamaan dari pelaksanaan puasa senin dan kamis, dengan melakukan ibadah puasa sunnah ini juga memberikan maanfaat yang sangat besar demi kelangsungan hidup para muslim dan muslimah.

Mengapa bisa demikian? Karena dalam keberkahan, baik itu dilihat dari pahala yang didapat, tetapi juga Puasa ikut mempengaruhi kondisi jasmani dan rohani seseorang. Contohnya berpengaruh terhadap kesehatan dan karir seseorang. Mengapa Puasa senin dan kamis dapat berpengaruh pada karir seseorang?

Itu dikarenakan seorang muslim dan muslimah melakukan ibadah Puasa senin dan kamis karena mencontoh panutanya, yaitu Nabi Muhammad S.A.W yang sering melakukan puasa sunnah tersebut. Sehingga mereka terbiasa untuk mengikuti aturan dan bersikap disiplin, dan kebiasaan itu dapat terbawa kedalam kehidupan karir maupun aktifitas lainya.

Setiap melakukan hal yang baik, pasti akan membawa dampak yang baik pula bagi jasmani dan rohani kita. Seperti banyaknya manfaat puasa senin kamis yang akan dibahas pada artikel kali ini.

 

 

1. Mengatasi Racun Dalam Tubuh

Puasa memang dikenal bisa mengatasi racun dalam tubuh. Karena hal itulah para dokter menyarankan puasa untuk mencegah racun dan mengatasi racun ringan yang masuk dalam tubuh.

 

 

 

2. Sehat Untuk Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan pada tubuh manusia memang tidak ada hentinya untuk bekerja. Untuk itu, jika tidak diistirahatkan, maka sistem pencernaan dalam tubuh bisa saja menjadi lemah dan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan lagi.

 

 

 

3. Sebagai Penurun Lemak

Lemak tidak baik untuk tubuh, tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi gemuk dan tak enak dipandang, lemak juga bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti strok, penyakit jantung, dan gangguan dalam darah.

 

 

 

4. Sebagai Obat Stress

Stress yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti masalah kejiwaan, pusing, sakit kepala, migraine, dan lainya. Berpuasa bisa membantu dalam menenangkan sel saraf dalam tubuh karena berpuasa berarti sedang beristirahat.

 

 

 

Manfaat puasa senin kamis lainya dalam segi kesehatan adalah sebagai berikut :

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

1. Membersihkan saluran pernapasan

2. Membersihkan saluran usus

3. Terhindar dari penyakit HIV dan AIDS

4. Membantu menjaga kesehatan panca indera

5. Mengatasi darah kotor

6. Meningkatkan rasa sabar

7. Mencerdaskan otak.

 

 

 

Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Pria

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

1. Mampu Mengendalikan Hawa Nafsu

Orang yang melakukan puasa senin kamis lebih mampu untuk mengendalikan hawa nafsu, baik berupa emosi maupun nafsu syahwat. Karena hawa nafsu seperti itu harus dapat dikendalikan, maka menjalani puasa senin kamis adalah salah satu solusinya.

 

 

2. Mendapat pahala yang tiada putus dan tiada penghalang baginya.

Seseorang yang terbiasa melaksanakan puasa senin kamis, walaupun sedang mendapatkan udzur seperti sakit dan lain sebagainya, namun apabila sebelumnya ia berniat melakukan puasa dan merasa sedih ketika tidak berpuasa maka ia tetap mendapatkan pahala puasa dan amal puasa tersebut tetap mengalir.

Sebagaimana disampaikan dari Abu Musa al-Asy ari Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahua’alaihi wa sallam bersabda:

“Jika seorang hamba itu sakit atau bepergian maka dicatat untuknya (pahala) sebagaimana (pahala) amalnya yang pernah dia lakukan ketika di rumah atau ketika sehat. (HR. Bukhari 2996)

 

 

 

Manfaat Puasa Senin Kamis bagi Wanita

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Karena wanita identik dengan kecantikan, maka beberapa manfaat puasa senin kamis dibawah ini semoga dapat membuat para muslimah yang membaca menjadi bersemangat untuk berpuasa senin kamis.

 

 

1. Melangsingkan Tubuh

Berpuasa berarti tidak makan dan tidak minum hingga waktu maghrib tiba. Sebab itulah, puasa dapat membantu tubuh dalam menurunkan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih langsing. Karena tidak ada lemak berlebih didalam tubuh dan pembakaran lemak menjadi energy akan berlangsung ketika sedang berpuasa.

 

 

 

2. Peremajaan Sel-sel Kulit

Sel-sel kulit pada dasarnya memerlukan nutrisi dan asupan gizi yang pas untuk menjaga kesehatan dan kecantikanya. Dengan menjalankan ibadah puasa, nutrisi yang diberikan sudah sangat cukup dan dapat mencegah racun yang bisa merusak sel-sel kulit tersebut.

 

 

 

3. Menyehatkan Gigi

Gigi saat berpuasa memang terlihat bersih karena kurangnya makanan yang dicerna oleh gigi. Untuk memaksimalkan, setelah makan sahur sebaiknya sikat gigi agar kesehatan gigi tetap terjaga. Berpuasa membantu dalam mengatasi berbagai masalah gigi seperti karang gigi, gigi kuning dsb.

 

 

 

 4. Menunda Penuaan Dini

Masalah penuaan dini terjadi dikarenakan banyak faktor. Salah satunya adalah karena suatu penyakit yang diderita. Dengan berpuasa dapat mengurangi penyakit didalam tubuh, berarti hal ini dapat membantu dalam menunda penuaan dini di usia muda.

 

 

 

Manfaat Puasa Senin Kamis dalam Meraih Kesuksesan

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Salah satu kunci agar bisa meraih kesuksesan adalah dengan berpuasa senin kamis. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bahwa kesuksesan dalam berkarir juga bisa didapat dengan kita rajin berpuasa senin dan kamis. Selain itu, Allah S.W.T pula menyukai para hambaNya yang berpuasa, maka InshaAllah kita akan diberikan kesuksesan dalam urusan akhirat kelak.

 

 

 

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk Hajat

Manfat Puasa Senin Kamis

Manfat Puasa Senin Kamis – Juraganesia.net

Manfaat puasa senin kamis yang lainya adalah terkabulnya doa dan keinginan kita. Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah S.A.W dalam sebuah hadits dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash Ra. Bahwa ia mendengar nabi bersabda: “Sesungguhnya, bagi orang yang berpuasa saaat berbuka ada doa yang tidak ditolak.” (HR. Ibnu Majah dan Hakim.).

Puasa yang dimaksudkan dalam hadits tersebut termasuk puasa Senin Kamis, yang merupakan hari istimewa yang dikhususkan oleh Allah S.W.T. Oleh karena itu berdoalah setiap Senin dan Kamis setelah berpuasa atau waktu berbuka. Sebab pada waktu tersebut benar-benar istimewa bagi siapapun yang meminta sesuatu kepada Allah SWT.

Berdoalah mulai dari persoalan dunia dan akhirat, cita-cita, prestasi materi dan non materi. Mintalah kepada Allah SWT dengna kata-kata yang halus, sikap merendah, tata cara yang benar, dan rasa optimisme yang tinggi karena tidak mungkin Allah SWT tidak mengabulkan.

 

 

Dengan banyaknya manfaat puasa senin kamis yang sudah diuraikan diatas, semoga setelah membaca artikel ini para muslim dan mulimah dapat termotivasi untuk bisa terus meningkatkan ibadah kepada Sang Maha Pencipta.

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: