Menggemparkan! Inilah 18+ Keutamaan dan Manfaat Puasa Rajab yang paling hits!

Manfaat Puasa Rajab – Hallo sahabat Juraganers yang semoga senantiasa dalam bimbingan Allah Swt, terimakasih telah menyempatkan waktunya untuk mampir dilaman artikel kali ini. Pada kesempatan ini, kita akan coba mengulas lebih dalam seputar manfaat- manfaat yang terdapat pada puasa rajab. sobat Juraganers sudah tahu?

Manfaat Puasa Rajab

Manfaat Puasa Rajab – Juraganesia.net

Puasa rajab merupakan suatu masa ataupun kondisi dimana kita akan berpuasa pada waktu yang ditentukan yaitu pada bulan rajab. Sama halnya seperti puasa ramadhan, kita diharuskan untuk menahan hawa nafsu lapar atau haus dan lainnya hingga sampai waktu berbuka tiba.

Sebenarnya ada hal yang menarik seputar “Manfaat Puasa Rajab“. Ada pepatah syair pernah mengatakan bahwa “Bulan Rajab bulannya Allah Swt. Bulan Sya’ban bulannya Nabi, dan Bulan Ramadhan bulannya umatiy (umatku)”. Oleh karena itu, puasa rajab juga tidak kalah penting dibandingkan oleh jenis- jenis puasa lainnya.

Seperti yang kita semua ketahui bahwa bulan Rajab termasuk bulan haram. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

 

إِنَّ الزَّمَانَ قَدِ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللهُ السَّموَاتِ وَاْلأَرْضِ، السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ .

“Sesungguhnya zaman itu berputar seperti biasanya sejak Allah menciptakan langit dan bumi, setahun ada dua belas bulan, di antaranya ada empat bulan haram, tiga berurutan yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram. Sedangkan Rajab pertengahan antara Jumada (Tsaniyah) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari-Muslim).

 

Baca Selengkapnya : √ 50+ Contoh Resep Buka Puasa yang Sangat Lezat dan Maknyus!

 

 

 

Pengertian Puasa Rajab Menurut Bahasa dan Istilah

Manfaat Puasa Rajab

Manfaat Puasa Rajab – Juraganesia.net

Bulan Rajab termasuk ke dalam empat bulan haram, namun para ulama berselisih pendapat mengapa empat bulan itu dinamakan bulan haram. Ada yang mengatakan: “Karena tingginya kemuliaan bulan itu dan haramnya melakukan dosa di bulan-bulan itu.”

Sebagaimana Ibnu Abi Thalhah meriwayatkan –dari Ibnu Abbas–, ia berkata: “Allah mengkhususkan empat bulan dan menjadikannya haram (terpelihara) serta meninggikan kemuliannya, menjadikan berbuas dosa di bulan-bulan itu lebih besar (dosanya) dan menjadikan amalm saleh (di bulan-bulan itu) lebih besar pahalanya.

Selain itu di antara ulama ada juga yang mengatakan bahwa dinamakan sebagai bulan haram karena haramnya melakukan peperangan di bulan-bulan itu.

Ada pun dari penamaannya Ibnu Rajab Al Hanbaliy pernah mengatakan –secara makna–, “Dinamakan bulan Rajab itu dengan ‘Rajab’ karena bulan itu ‘Yurjab’, yakni dimuliakan, dikatakan ‘Rajaba fulaann maulaah’ yakni ‘azh-zhamah’ (si fulan memuliakan tuannya). Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa hal itu karena para malaikat memuliakan dengan bertasbih dan bertahmid di bulan itu, namun hadits tentang hal itu palsu.”

 

Baca Artikel Ini : √18+ Keutamaan & Manfaat Puasa Syawal yang Luar Biasa!

 

 

 

Hukum Melaksanakan Puasa Rajab

Sekali pun bulan Rajab termasuk ke dalam 4 bulan haram, namun mengkhususkan berpuasa pada bulan Rajab saja tidaklah dibenarkan. Sebagaimana Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah mengatakan:

“Ada pun mengkhususkan bulan Rajab dan Sya’ban untuk berpuasa pada seluruh harinya atau beri’tikaf pada waktu tersebut, maka tidak ada tuntunannya dari Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam dan para sahabat mengenai hal ini. Juga hal ini tidaklah dianjurkan oleh para ulama kaum muslimin. Bahkan yang terdapat dalam dalam hadits yang shahih. (riwayat Bukhari Muslim)

Dijelaskan bahwa Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam biasa banyak berpuasa di bulan Sya’ban dan beliau dalam setahun tidaklah pernah banyak berpuasa dalam satu bulan yang lebih banyak dari bulan Sya’ban, jika hal ini dibandingkan dengan bulan Ramadhan.

Dan ada pun melakukan puasa khusus di bulan Rajab, maka sebenarnya itu semua adalah berdasarkan hadits yang seluruhnya lemah (dho’if) bahkan palsu (maudhu’). Para ulama tidak pernah menjadikan hadits-hadits ini sebagai sandaran. Bahkan hadits-hadits yang menjelaskan keutamaannya adalah hadits yang palsu (maudhu’) dan dusta.” (Majmu’ Al Fatawa, 25/290-291)

Telah dicontohkan oleh para sahabat bahwa mereka melarang berpuasa pada seluruh hari bulan Rajab karena ditakutkan akan sama dengan puasa di bulan Ramadhan, sebagaimana hal ini pernah dicontohkan oleh ‘Umar bin Khottob.

Ketika bulan Rajab, ‘Umar pernah memaksa seseorang untuk mekan (tidak berpuasa), lalu beliau mengatakan :

 

لَا تُشَبِّهُوهُ بِرَمَضَانَ

“Janganlah engkau menyamakan puasa di bulan ini (bulan Rajab) dengan bulan Ramadhan.” (Riwayat ini dibawakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam Majmu’ Al Fatawa, 25/290 da beliau mengatakannya shahih. Begitu pula riwayat ini dikatakan bahwa sanadnya shahih oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil)

Dan ada pun perintah Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam untuk berpuasa di bulan-bulan haram yaitu bulan Rajab, Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram maka ini adalah perintah untuk berpuasa pada empat bulan tersebut dan beliau tidak mengkhususkan untuk berpuasa pada bulan Rajab saja. (Lihat Majmu’ Al Fatawa, 25/291)

Secara ringkasnya, berpuasa penuh di bulan Rajab itu terlarang jika memenuhi tiga point berikut ini :

 

  1. Apabila dikhususkan berpuasa penuh pada bulan tersebut, tidak seperti bulan lainnya sehingga orang-orang awam dapat menganggapnya sama seperti puasa Ramadhan.
  2. Apabila dianggap bahwa puasa di bulan tersebut adalah puasa yang dikhususkan oleh Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam sebagaimana sunnah rawatib (sunnah yang mengiringi amalan yang wajib yaitu amalan puasa Ramadhan)
  3. Apabila dinggap bahwa puasa di bulan tersebut memiliki keutamaan pahala yang lebih dari puasa di bulan-bulan lainnya. (Lihat Al Hawadits wal Bida’, hal. 130-131. Dinukil dari Al Bida’ Al Hawliyah, 235-236)

Maka kesimpulannya adalah tidak ada yang istimewa dengan puasa di bulan Rajab kecuali jika berpuasanya karena bulan Rajab adalah di antara bulan-bulan haram, namun tidak ada keistimewaan bulan Rajab dari bulan haram lainnya.

Ada pun yang tercela sekali adalah jika puasanya sebulan penuh di bulan Rajab jika puasanya sebulan penuh di bulan Rajab sama halnya dengan bulan Ramadhan atau menganggap puasa bulan Rajab lebih istimewa dari bulan lainnya. Dan juga tidak ada pengkhususan berpuasa pada hari tertentu atau tanggal tertentu di bulan Rajab sebagaimana yang diyakini sebagian orang.

 

Artikel Terkait : √25+ Manfaat Puasa Senin Kamis yang Akan Kamu Dapatkan Jika Melaksanakannya!

 

 

 

 

Kapan Waktu Melaksanakan Puasa Rajab?

Manfaat Puasa Rajab

Manfaat Puasa Rajab – Juraganesia.net

Tidak ada hadits shahih yang khusus menyatakan adanya keutamaan puasa bulan Rajab selain hadits yang dikeluarkan oleh An Nasa’i dan Abu Daud, yang dishahihkan oleh Ibnu Khuzaimah dari hadits Usamah, ia berkata :

 

قلت : يا رسول الله ، لم أرك تصوم من شهر من الشهور ما تصوم من شعبان ، قال : ذلك شهر يغفل عنه الناس بين رجب ورمضان ، وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين فأحب أن يرفع عملي وأنا صائم

“Aku bertanya: wahai Rasulullah, belum pernah aku melihatmu puasa di bulan lain sebagaimana puasamu pada bulan Sya’ban. Beliau bersabda: ‘Itu adalah bulan yang banyak dilalaikan manusia antara Rajab dan Ramadhan’. Dan bulan itu adalah bulan yang di dalamnya diangkat amalan-amalan kepada Rabbul ‘Alamin. Maka aku suka jika ketika aku sedang berpuasa”

Selain itu terdapat juga hadits-hadits umum yang menganjurkan mengerjakan puasa tiga hari atau puasa tiga hari atau puasa ayyamul bidh setiap bulannya yaitu pada tanggal 13, 14, 15 (bulan Hijrah). Dan juga anjuran untuk memperbanyak puasa di bulan-bulan haram, serta puasa senin kamis. Bulan Rajab termasuk ke dalam keumuman hadits-hadits tersebut. Maka bila berpuasa di bulan Rajab, puasalah pada ayyamul bidh yang tiga hari tadi atau pada hari senin dan kamis.

 

 

 

 

Doa Bulan Rajab Beserta Terjemahannya

Manfaat Puasa Rajab

Manfaat Puasa Rajab – Juraganesia.net

Sebagaimana dicontohkan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam saat memasuki bulan Rajab, beliau membaca :

 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

ALLÂHUMMA BÂRIK LANÂ FÎ RAJABA WASYA‘BÂNA WABALLIGHNÂ RAMADLÂNÂ

“Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadlan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

 

 

 

Niat Puasa Rajab dan Artinya

Manfaat Puasa Rajab

Manfaat Puasa Rajab – Juraganesia.net

Dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu, Syaikh Wahbah menjelaskan, semua ulama sepakat bahwa tempat niat adalah hati. Ada pun melafalkannya bukanlah syarat, namun ia disunnahkan oleh jumhur ulama selain mazhab Maliki dengan maksud membantu hati dalam menghadirkan niat. Ada pun lafaz yang diucapkan ialah sebagai berikut :

 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHADIN ‘AN ADÂ’I SUNNATI RAJABA LILLÂHI TA‘ÂLÂ

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah SWT.”

Seseorang yang ingin berpuasa sunah Rajab di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan berniat puasa di malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan memansang niat sunah puasa Rajab seketika itu juga. Kewajiban niat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib. Untuk puasa sunah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh.

Berikut ini lafal niat puasa sunah Rajab di siang hari :

 

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA HÂDZAL YAUMI ‘AN ADÂ’I SUNNATI RAJABA LILLÂHI TA‘ÂLÂ

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Rajab hari ini karena Allah SWT.”

 

 

 

5 Manfaat Puasa Rajab Bagi Laki – laki  & Perempuan

Manfaat Puasa Rajab

Manfaat Puasa Rajab – Juraganesia.net

Manfaat puasa Rajab bila ditinjau dari segi kesehatannya ada banyak sekali.  Hal ini sama halnya pula dengan puasa-puasa lainnya. Maka berikut ini manfaat puasa Rajab bagi laki-laki dan perempuan :

 

 

1. Bermanfaat dalam kesuburan laki-laki (pembentukan sperma)

Manfaat puasa ditunjukkan dalam penelitian pada kesuburan laki-laki. Bahwa dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormone testoteron, prolaktin, lemotin dan hormon stimulating folikel (FSH).

Hasil akhir dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormone hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh dari kedua testis.

 

 

 

2. Membersihkan kulit dan mencegah jerawat

Dengan berpuasa maka tubuh sedang bebas dari tugas memproses makanan di pencernaan. Sehingga dengan cara ini, tubuh dapat lebih memfokuskan energi untuk melakukan proses regeneratif pada sistem lain. Salah satunya dengan membantu membersihkan kulit.

Selain daripada itu, dengan berpuasa mulai dari fajar hingga petang, hal ini telah terbukti dapat membantu tubuh dalam membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal dan lain sebagainya.

 

 

 

3. Membantu menghilangkan kecanduan

Dengan berpuasa, tubuh memiliki kesempatan untuk beristirahat sejanak dari kebiasaan makan sehari-hari yang kurang baik. Maka hal ini dapat membantu kita dalam mengurangi kecanduan terhadap makanan atau pun minuman yang kurang baik.

Di antaranya seperti gula atau kopi. Dengan berpuasa, maka pola mengonsumsi kopi atau gula pun akan berubah. Seperti pada siang hari, tentu Anda tidak bisa mengonsumsi keduanya.

 

 

 

4. Meningkatkan hormon pertumbuhan manusia

Puasa mampu meningkatkan hormon pertumbuhan manusia. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian dari American College of Cardiology di New Orleans bahwa puasa intermitten dapat memicu kenaikan hormon pertumbuhan manusia (HGH).

Kenaikan 1300 persen pada wanita dan kenaikan 2000 persen pada pria. Keberadaan HGH sangat penting, karena dapat membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot. Selain itu dapat mengatur metabolisme.

 

 

 

5. Mampu membakar lemak jahat yang ada pada tubuh

Pada saat berpuasa, kalori yang terbakar akan lebih banyak dibandingkan kalori yang dikonsumsi. Apalagi jika seseorang dalam berpuasa, melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

Setidaknya selama 8 jam sehari, gula dan karbohidrat yang dikonsumsi pada hari itu terbakar habis, lalu tubuh memanfaatkan lemak untuk mendapatkan energi. Kendati demikian, penting untuk diperhatikan bahwa makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka harus mengandung campuran protein, lemak dan karbohidrat secukupnya.

 

 

 

5 Manfaat Puasa Rajab Bagi Kehidupan Sehari hari

Manfaat Puasa Rajab

Manfaat Puasa Rajab – Juraganesia.net

Ada pun manfaat puasa Rajab bagi kehidupan sehari-hari ialah sebagai berikut :

 

1. Bermanfaat dalam mempercepat metabolisme tubuh

Berpuasa dapat memberi waktu istirahat bagi sistem pencernaan. Ini sangat berguna bagi metabolisme dalam tubuh untuk membakar kalori secara lebih efisien. Apabila pencernaan buruk, hal itu akan mempengaruhi pada kemampuan tubuh dalam memetabolisme makanan dan membakar lemak.

Selain daripada itu, berpuasa juga dapat mengatur proses pencernaan dan meningkatkan fungsi usus secara lebih baik. Hal ini yang kemudian akan meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

 

 

 

 

2. Mampu mengurangi tekanan darah

Telah terbukti bahwa puasa dapat mengurangi tekanan darah, mengatasi resistensi insulin dan mengatur trigliserida juga kolestrol jahat. Hal ini yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Seperti yang diketahui banyak orang bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian dini pada manusia. Selain itu, resistensi unsulin mampu meningkatkan risiko diabetes. Ada pun puasa yang sehat pula dapat membantu mengatur kadar gula dan kadar insulin dalam tubuh.

 

 

 

 

3. Dapat mengurangi penyakit yang berbahaya

Seseorang yang mengalami stres oksidatif diakibatkan oleh jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh maka menyebabkan proses oksidasi sel-sel normal menjadi semakin tinggi dan akan menimbulkan kerusakan.

Kondisi seperti ini dapat memicu penyakit kronis seperti kanker, diabetes, stroke, Alzheimer dan Parkinson. Maka dengan puasa intermitten inilah yang dapat membantu mengurangi penyakit berbahaya sampai pada batas tertentu.Yaitu dengan cara mendetoksifikasi tubuh dan memproduksi senyawa anti-inflamasi, tanpa mengakibatkan kekurangan gizi.

 

 

 

 

4. Dapat membuat kita bahagia

Inilah manfaat puasa yang mungkin saja tidak disadari oleh banyak orang. Mengingat puasa adalah sebuah ibadah, maka menjalaninya dengan penuh keikhlasan akan membuat siapa pun yang menjalaninya merasa bahagia.

Semuanya menyambut penuh suka cita ketika adzan Maghrib telah berkumandang, doa-doa penuh harap keberkahan dipanjatkan sebelum mengawali berbuka. Kebahagiaan itu tercipta dari dasar hati yang menjalaninya.

 

 

 

 

5. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Puasa dapat mengurangi radikal bebas yang ada pada tubuh. Selain itu puasa pun dapat mengatur kondisi peradangan dalam tubuh serta mencegah pembentukan sel kanker yang berbahaya.

Maka dengan begitu puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Karena memberi kesempatan pada tubuh untuk beristirahat dan mengatur kinerja sistem pada tubuh agar bekerja lebih baik.

 

 

Demikianlah pembahasan mengenai puasa Rajab dan beberapa manfaat puasa Rajab yang sangat luar biasa. Setelah mengetahui, alangkah baiknya kita dapat senantiasa berikhtiar untuk melaksanakannya dengan sebagaimana mestinya, yakni sesuai dengan dalil yang ada. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: