15+ Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Spektakuler!

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan – Puasa merupakan salah satu amalan yang diperintahkan langsung oleh Allah Ta’ala dalam firmannya seperti pada Qur’an Surat Al Baqarah ayat 183. Allah Ta’ala hanya mewajibkan puasa dalam bulan Ramadhan, namun ada banyak puasa sunnah yang sangat baik pula bila dilaksanakan.

Selain menjalankannya merupakan ketundukkan pada perintah Allah Ta’ala yang berbuah pahala, ternyata ada banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan. Dengan artian, berpuasa merupakan amalan yang tidak hanya berbuah pahala namun juga dapat membuat tubuh menjadi sehat ketika menjalankannya.

 

Baca Juga : Manfaat Puasa Syawal.

 

 

 

Cara Melatih Diri Dalam Berpuasa

Ada banyak sekali keutamaan-keutamaan dalam berpuasa. Salah satu di antaranya adalah dengan puasa seseorang dapat melatih diri untuk senantiasa bersabar. Dengan artian, bila seseorang berpuasa maka sebenarnya ia sedang melatih diri untuk senantiasa bersabar.

Ada tiga jenis kesabaran dalam berpuasa yaitu sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sabar dalam menjauhi hal yang dilarang Allah dan sabar terhadap takdir Allah atas rasa lapar dan kesulitan yang ia rasakan selama puasa.

Maka keutamaannya ini yang dapat membuat siapa pun memiliki kesempatan untuk melatih diri agar menjadi pribadi yang lebih sabar dalam menghadapi apa pun. Tentu dengan niat yang ikhlas dan memaksimalkan ikhtiar dalam beribadah kepada Allah Ta’ala.

 

 

 

Cara Melatih Anak Berpuasa

Syarat wajib puasa di antaranya adalah baligh. Maka anak-anak sebelum itu tidak diwajibkan untuk berpuasa. Namun kendati demikian, ada baiknya sedari dini anak-anak diajarkan untuk berpuasa. Agar terbiasa untuk melakukan ibadah ini ketika sudah baligh nanti.

Namun tantangan memang selalu ada, anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan lalu diperintahkan untuk tidak makan dan tidak minum memang terkesan tidak mungkin. Namun hal itu tidak bisa menafikan bahwa puasa memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Maka ini bukanlah sesuatu hal yang berlebihan atau berbahaya bila anak-anak pun ikut berpuasa sebagaimana orang dewasa. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih anak agar senantiasa terbiasa dalam berpuasa:

 

 

1. Tanamkan aqidah yang kuat pada anak

Anak-anak masih sangat polos. Ada banyak pertanyaan yang muncul di kepala mereka ketika mereka menemukan atau melihat sesuatu yang baru. Salah satunya seperti puasa. Maka di sinilah peran orang dewasa untuk menuntun mereka pada jawaban yang benar, sehingga ini akan menjadi aqidah atau landasan anak-anak dalam melakukan sesuatu hal.

Terangkan bahwa puasa adalah perintah Allah, Tuhan yang menciptakan mereka. Jelaskan dalam bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti oleh anak-anak. Bahwa menjalankan puasa adalah ibadah, Allah senang melihat hamba-Nya menjalankan perintah-Nya, sebagaimana puasa.

Sehingga hal ini yang akan membuat anak dengan kehendak hati mereka sendiri ingin berpuasa. Hindari memaksa anak untuk ikut berpuasa, karena hal ini akan membuat anak merasa terbebani dan akhirnya menganggap bahwa puasa adalah sesuatu hal yang berat.

Kendati sudah ikut berpuasa, tetap perhatikan bagaimana keadaan mereka. Jangan paksa anak apabila memang sudah mencapai batasnya, karena pada hakikatnya anak-anak memang tidak diwajibkan untuk berpuasa, namun mengajaknya untuk ikut berpuasa adalah sebuah bentuk untuk melatih anak agar terbiasa melakukan amalan kebaikan.

 

Baca Selengkapnya : 25+ Manfaat Puasa Daud Bagi Kaum Muslimin yang Sangat Luar Biasa!

 

 

 

2. Tunjukkan teladan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam dalam berpuasa

Untuk memotivasi anak agar semangat dalam berpuasa, ceritakanlah kisah-kisah Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam dan para sahabat dalam berpuasa. Ceritakan semenarik mungkin agar anak-anak merasa larut dalam kisah-kisah teladan itu.

Selain itu, ada baiknya sebagai orang dewasa mencontohkan yang baik pula pada anak-anak.  Tentu harus sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah, seperti tidak bermalas-malasan saat berpuasa, tetap melakukan pekerjaan lain meskipun dalam keadaan puasa dan lain sebagainya.

 

 

 

3. Ajak anak untuk ikut makan sahur

Bangun di waktu sahur adalah hal terberat bagi anak. Namun sebagai orang dewasa, ada baiknya untuk mengajarkan kebiasaaan ini pula pada anak. Agar ke depannya anak tahu bahwa sebelum seseorang berpuasa maka dini hari mereka harus bangun untuk makan sahur.

Ada beberapa cara agar anak dapat bangun ketika makan sahur yaitu usahakan anak tidur tidak terlalu malam dan sebelum tidur katakan pada mereka bahwa nanti dini hari sebelum matahari terbit kita akan bangun untuk makan sahur.

 

 

 

4. Sediakan menu yang disukai anak

Untuk lebih memotivasi anak-anak dalam berpuasa adalah sediakan menu yang disukai anak baik dalam waktu berbuka puasa atau makan sahur. Tentu anak akan merasa senang bila dihidangkan makanan-makanan kesukaan mereka.

Seperti sebuah hadiah tersendiri bagi anak, ketika mereka sudah berpuasa, menahan lapar dan dahaga lalu ketika berbuka puasa dihidangkan makanan kesukaan mereka. Usahakan untuk mengganti menu setiap harinya, agar anak tidak merasa bosan.

 

 

 

Fungsi dan Tujuan Kita Berpuasa

Perlu diluruskan kendati dengan berpuasa tubuh akan menjadi sehat, namun tujuan yang sebenarnya bukanlah hal tersebut. Melainkan semata-mata untuk beribadah kepada Allah. Manfaat yang didapatkan dari puasa hanyalah sebuah bonus yang seseorang dapatkan ketika menjalankannya.

Selain daripada itu ada banyak sekali keutamaan-keutamaan dalam berpuasa, yaitu:

  1. Puasa adalah cara untuk melatih kesabaran karena dalam puasa menggabungkan 3 jenis kesabaran yaitu sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, sabar dalam menjauhi hal yang dilarang Allah dan sabar terhadap takdir Allah atas rasa lapar dan kesulitan yang ia rasakan selama puasa.
  2. Puasa memberikan syafaat di hari kiamat. Berdasarkan hadits Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam :

 

الصيام والقرآن يشفعان للعبد

“Puasa dan Al Qur’an, keduanya akan memberi syafaat kelak di hari kiamat.” (HR. Ahmad, Thabrani, Al Hakim. Al Haitsami mengatakan: “semua perawinya dijadikan hujjah dalam Ash Shahih)

 

  1. Puasa merupakan perisai dari api neraka. Sebagaimana sabda Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam,

 

الصيام جُنة

“Puasa adalah perisai.” (HR. Bukhari – Muslim)

 

  1. Puasa adalah sebab masuknya seseorang ke dalam surga. Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

 

في الجنة ثمانية أبواب، فيها باب يسمى الريان، لا يدخله إلا الصائمون

“Di surga ada delapan pintu, di antaranya ada pintu yang dinamakan Ar Rayyan. Tidak ada yang bisa memasukinya kecuali orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari)

 

  1. Orang-orang yang berpuasa akan diganjar dengan ampunan dan pahala yang besar. Seperti firman Allah Ta’ala dalam Qur’an Surat Al Ahzab ayat 35 :

 

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُم مَّغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

 

Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan prempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”. (QS. Al Ahzab :35)

 

 

 

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Begitu besar keutamaan seseorang dalam menjalankan puasa. Bahkan Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda kepada Abu Umamah Al Bahili,

عليك بالصيام فإنه لا مثل له

“Hendaknya engkau berpuasa karena puasa itu ibadah yang tidak ada tandingannya.” (HR. Ahmad, An Nasa-i. Dishahihkan Al Albani dalam Shahih An-Nasa-i)

Selain merupakan ibadah yang tidak ada tandingannya, puasa pun memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehetan tubuh manusia. Berikut ini kami rangkum manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia:

 

 

1. Membantu memperbaiki kondisi medis dalam tubuh

Di antara manfaat puasa bagi kesehatan adalah dapat membantu memperbaiki kondisi medis dalam tubuh. Berpuasa yang diiringi dengan pola makan yang sehat, baik sebelum dan sesudahnya dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Sehingga apabila seseorang berpuasa maka kondisi radang sendi, radang usus besar dan lain sebagainya akan membaik. Selain itu penyakit-penyakit yang ada pada kulit pun akan membaik bila seseorang berpuasa.

 

 

 

2. Mampu membakar lemak jahat yang ada pada tubuh

Pada saat berpuasa, kalori yang terbakar akan lebih banyak dibandingkan kalori yang dikonsumsi. Apalagi jika seseorang dalam berpuasa, melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya.

Setidaknya selama 8 jam sehari, gula dan karbohidrat yang dikonsumsi pada hari itu terbakar habis, lalu tubuh memanfaatkan lemak untuk mendapatkan energi. Kendati demikian, penting untuk diperhatikan bahwa makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka harus mengandung campuran protein, lemak dan karbohidrat secukupnya.

 

 

 

3. Mampu memperbaiki dan merestorasi fungi dan kinerja sel

Pada saat berpuasa terjadi perubahan dan konversi yang massif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan sebelum didistribusikan pada tubuh, terjadi format ulang. Sehingga dapat memberikan kesempatan tunas baru sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya.

Pola makan saat makan sahur dan berbuka dapat mensuplai asam lemak dan asam amino. Sehingga dengan begitu, terbentuklah tunas-tunas protein, lemak, fosfat, kolestrol dan lainnya untuk membangun sel baru dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati.

 

 

 

4. Mampu meningkatkan fungsi otak

Puasa intermitten dapat memicu peningkatan produk protein yang diproduksi oleh otak atau BNDF. Protein yang diproduksi ini membantu peremajaan dan regenrasi sel induk otak dan meningkatkan fungi memori dan motor.

Seorang peneliti ilmu syaraf di National Institute of Aging (AS), Mark Mattson, menyebutkan bahwa puasa intermitten dapat menunda timbulnya penyakit Parkinson dan Alzheimer.

 

 

 

5. Bermanfaat dalam kesuburan laki-laki (pembentukan sperma)

Manfaat puasa ditunjukkan dalam penelitian pada kesuburan laki-laki. Bahwa dalam penelitian tersebut dilakukan penelitian pada hormone testoteron, prolaktin, lemotin dan hormon stimulating folikel (FSH).

Hasil akhir dari penelitian tersebut menyimpulkan bahwa puasa bermanfaat dalam pembentukan sperma melalui perubahan hormone hipotalamus-pituatari testicular dan pengaruh dari kedua testis.

 

 

 

6. Mampu mengurangi penyakit yang berbahaya

Seseorang yang mengalami stres oksidatif diakibatkan oleh jumlah radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh maka menyebabkan proses oksidasi sel-sel normal menjadi semakin tinggi dan akan menimbulkan kerusakan.

Kondisi seperti ini dapat memicu penyakit kronis seperti kanker, diabetes, stroke, Alzheimer dan Parkinson. Maka dengan puasa intermitten inilah yang dapat membantu mengurangi penyakit berbahaya sampai pada batas tertentu.Yaitu dengan cara mendetoksifikasi tubuh dan memproduksi senyawa anti-inflamasi, tanpa mengakibatkan kekurangan gizi.

 

 

 

7. Mampu menyehatkan jantung

Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian bahwa seseorang yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa.

Kendati demikian, perlu diperhatikan pula untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain seperti pola makan dan olahraga teratur juga berperan besar. Maka iringi ibadah puasa dengan pola makan dan olahraga yang teratur pula.

 

 

 

 

8. Mampu menjaga berat badan

Puasa mampu membakar lemak jahat pada tubuh dan pembakaran lemak menjadi energy membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolestrol. Hal ini juga akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.

Kendati berat badan akan turun bila Anda tidak akan dan tidak mendapatkan asupan kalori selama puasa, namun berat badan bisa kembali naik begitu Anda berbuka puasa. Hal ini disebabkan karena ketika puasa tubuh kita kehilangan cairan, jadi bukan berat badan substansial. Apalagi, ketika berbuka seseorang justru melampiaskan nafsu makan.

 

 

 

9. Mampu meningkatkan hormon pertumbuhan manusia

Puasa mampu meningkatkan hormon pertumbuhan manusia. Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian dari American College of Cardiology di New Orleans bahwa puasa intermitten dapat memicu kenaikan hormon pertumbuhan manusia (HGH).

Kenaikan 1300 persen pada wanita dan kenaikan 2000 persen pada pria. Keberadaan HGH sangat penting, karena dapat membantu menurunkan berat badan tanpa kehilangan otot. Selain itu dapat mengatur metabolisme.

 

 

 

10. Mampu mengurangi tekanan darah, mengatur trigliserida & kolestrol jahat serta mengatasi resistensi insulin

Telah terbukti bahwa puasa intermitten dapat mengurangi tekanan darah, mengatasi resistensi insulin dan mengatur trigliserida juga kolestrol jahat. Hal ini yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Seperti yang diketahui banyak orang bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian dini pada manusia. Selain itu, resistensi unsulin mampu meningkatkan risiko diabetes. Ada pun puasa yang sehat pula dapat membantu mengatur kadar gula dan kadar insulin dalam tubuh.

 

 

 

11. Mampu mempercepat metabolisme tubuh

Berpuasa dapat memberi waktu istirahat bagi sistem pencernaan. Ini sangat berguna bagi metabolisme dalam tubuh untuk membakar kalori secara lebih efisien. Apabila pencernaan buruk, hal itu akan mempengaruhi pada kemampuan tubuh dalam memetabolisme makanan dan membakar lemak.

Selain daripada itu, berpuasa juga dapat mengatur proses pencernaan dan meningkatkan fungsi usus secara lebih baik. Hal ini yang kemudian akan meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

 

 

 

12. Mampu membersihkan kulit dan mencegah jerawat

Dengan berpuasa maka tubuh sedang bebas dari tugas memproses makanan di pencernaan. Sehingga dengan cara ini, tubuh dapat lebih memfokuskan energi untuk melakukan proses regeneratif pada sistem lain. Salah satunya dengan membantu membersihkan kulit.

Selain daripada itu, dengan berpuasa mulai dari fajar hingga petang, hal ini telah terbukti dapat membantu tubuh dalam membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, ginjal dan lain sebagainya.

 

 

 

13. Mampu membantu menghilangkan kecanduan

Dengan berpuasa, tubuh memiliki kesempatan untuk beristirahat sejanak dari kebiasaan makan sehari-hari yang kurang baik. Maka hal ini dapat membantu kita dalam mengurangi kecanduan terhadap makanan atau pun minuman yang kurang baik.

Di antaranya seperti gula atau kopi. Dengan berpuasa, maka pola mengonsumsi kopi atau gula pun akan berubah. Seperti pada siang hari, tentu Anda tidak bisa mengonsumsi keduanya.

 

 

 

14. Mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Puasa dapat mengurangi radikal bebas yang ada pada tubuh. Selain itu puasa pun dapat mengatur kondisi peradangan dalam tubuh serta mencegah pembentukan sel kanker yang berbahaya.

Maka dengan begitu puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh. Karena memberi kesempatan pada tubuh untuk beristirahat dan mengatur kinerja sistem pada tubuh agar bekerja lebih baik.

 

 

 

15. Mampu membuat Anda bahagia

Inilah manfaat puasa yang mungkin saja tidak disadari oleh banyak orang. Mengingat puasa adalah sebuah ibadah, maka menjalaninya dengan penuh keikhlasan akan membuat siapa pun yang menjalaninya merasa bahagia.

Semuanya menyambut penuh suka cita ketika adzan Maghrib telah berkumandang, doa-doa penuh harap keberkahan dipanjatkan sebelum mengawali berbuka. Kebahagiaan itu tercipta dari dasar hati yang menjalaninya.

 

 

 

Tips dan Cara Berpuasa yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui manfaat puasa bagi kesehatan, ada baiknya kita juga mencari tahu tips-tips atau pun cara berpuasa yang baik dan benar agar mendapatkan manfaat yang sebenarnya dari puasa yang dijalani.

Ada pun mengenai cara berpuasa yang baik dan benar, tentu seharusnya kita mengambil teladan Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam dalam berpuasa selain mengambil pendapat lain yang baik untuk dilaksanakan.

 

1. Niatkan hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala.

2. sahur, selain sunnah Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, maka sahur juga dapat menjaga kestabilan dan ketahanan tubuh saat menjalani puasa.

3. Hindari hal-hal yang membatalkan puasa dengan memperbanyak amalan sholih agar puasa yang dijalani mendapatkan keberkahan.

4. Konsumsi makanan dan minuman yang halal dan sehat, baik saat berbuka puasa mau pun saat makan sahur.

 

Demikianlah pembahasan mengenai puasa untuk para Juraganers!. Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika seseorang berpuasa. Selain itu, keutamaan puasa pun sangatlah besar dan sudah seharusnya kita berikhtiar untuk dapat mencapainya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: