11 Manfaat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil) Paling Luar Biasa!

Manfaat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil) – Hallo Sahabat Juaraganesia dimanapun kalian berada, terimakasih telah berkunjung disitus Juraganesia, tempat berkumpulnya para Juragan untuk saling berkolaborasi dan bersinergi bersama.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas sebuah topik kesehatan yang berkaitan dengan minyak atsiri khususnya adalah sesuai tema kita kali ini yaitu minyak VCO (virgin coconut oil). Mungkin beberapa dari sobat Juraganers pernah mendengar, melihat, dan membeli jenis minyak atsiri ini?

Manfaat VCO

Manfaat Minyak VCO (Virgin Coconut Oil) – Juraganesia.net

Berbeda dengan minyak kelapa biasa, minyak VCO atau Virgin Coconut Oil diperoleh langsung dari santan kelapa segar tanpa harus melalui ekstraksi seperti pemanasan, penyulingan, pemutihan dan pengharuman.

Hal ini juga merupakan sesuatu yang membuat kandungan dan komposisi minyak VCO tidak berubah dari sifat asli yang dimiliki. Tak mengherankan bahwa jika VCO mulai digandrungi banyak orang sebab manfaat minyak VCO lebih banyak dibandingkan minyak kelapa biasa.

Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk, simak 11 manfaat minyak Virgin Coconut Oil berikut ini!

 

10+ Manfaat Minyak VCO yang Harus Kamu Ketahui!

 

1. Mempertajam Fungsi Kognitif Anak

Anda harus tahu bahwa VCO mengandung MCT atau asam lemak rantai sedang yang mudah diserap hati dan dimetabolisme tubuh. Asam lemak sehat yang dimiliki oleh VCO akan diubah menjadi keton yang bermanfaat untuk perkembangan otak.

Manfaat VCO

Manfaat VCO Untuk Kesehatan – Juraganesia.net

Tidak hanya itu bahkan minyak VCO tersebut sangat terbukti bisa menjadi efek terapi bagi penderita Alzheimer atau orang yang menderita kehilangan memori atau mudah pikun. Dengan demikian, jenis minyak atsiri ini juga tidak kalah manfaatnya dengan jenis- jenis minyak esensial lainnya.

 

 

2. Melancarkan Sistem Pencernaan Atau Konstipasi

Manfaat minyak VCO mampu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh atau konstipasi karena memiliki kandungan MCT yang bisa membantu pemecahan dan pencernaan lipid secara utuh. Ia mampu melawan bakteri tidak sehat dalam usus serta membantu penyerapan jenis vitamin dan mineral lebih cepat seperti magnesium dan kalsium.

 

 

3. Menyehatkan Rambut

Tahukah sobat Juraganers bahwa minyak VCO memiliki khasiat sebagai penyubur rambut? Dengan cara mengusapkan minyak VCO pada bagian rambut ternyata dapat membantu menyehatkan kalenjar dan pori- pori bagian kepala.

Selain itu, manfaat minyak VCO juga berfungsi dalam mencegah rambut kehilangan protein saat dicuci atau dibilas. Rambut Anda akan tampak lebih sehat, hitam dan lembut.

 

 

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat minyak VCO yang paling disukai banyak orang adalah mampu membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Keton yang merupakan energi hasil metabolism tubuh yang dihasilkan oleh VCO bisa memberikan efek mengurangi nafsu makan.

Bahkan sebuah studi sudah membuktikan kebermanfaatan minyak VCO ini. Jika kita konsumsi 15-30 gram VCO dengan rutin setiap hari, maka kita mampu meningkatkan pengeluaran energi hingga 5 persen atau 120 kalori. Kalau Anda selalu mengalami masalah dengan program diet yang dilangsungkan, ada baiknya mencoba mengkonsumsi minyak VCO secara rutin, ya!

 

 

5. Mengurangi Frekuensi Kejang

Pada anak yang mengalami kejang akibat epilepsi, konsumsi minyak VCO sangat direkomendasikan. Jika konsumsi minyak VCO ini dibarengi dengan dengan diet rendah karbohidrat ternyata bisa bermanfaat mengurangi kejang.

Pengonsumsian rutin akan meningkatkan konsentrasi darah dalam badan, inilah yang membuat bisa mengurangi kejang. Bahkan, anak yang mengalami kejang dan tidak tertolong oleh obat bisa teratasi dengan manfaat minyak VCO.

 

 

6. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak VCO mengandung anti jamur, anti bakteri dan anti virus yang bisa mendukung sistem kekebalan sistem imun pada tubuh Anda. 50 persen kandungan dalam VCO adalah asam laurat yang mana apabila dikonsumsi dengan ukuran yang wajar, maka bisa berubah menjadi zat menolaurin.

Zat ini yang akan melawan semua patogen berbahaya yang menjadi penyebab penyakit pada tubuh manusia. Oleh karena itu, khasiat minyak VCO dapat berguna sebagai anti-inflamasi dan sangat mendukung bagi sistem kekebalan tubuh kita agar tetap sehat, segar dan bugar sepanjang hari.

 

 

7. Mengontrol Penyakit Kardiovaskular

Minyak kelapa diketahui sebagai jenis lemak jenuh yang sering dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Tapi, sebuah studi membuktikan bahwa mengkonsumsi minyak VCO tidak akan merugikan kesehatan lho! Manfaat minyak VCO bisa didapatkan tanpa adanya efek samping berbahaya.

Anda bisa meminimalisir terjadi risiko serangan jantung jika rutin mengkonsumsi minyak VCO. Virgin Coconut Oil lebih mampu mengontrol kolesterol dalam darah atau meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga tubuh Anda jauh lebih sehat dan bebas dari risiko terkena penyakit jantung.

 

 

8. Membantu Kalenjar Tiroid

Sobat Juraganers, tahukah kamu apa itu kelenjar tiroid? Sebuah studi yang dilakukan oleh medical college of Indonesia University membuktikan bahwa orang yang mengalami gejala hypothyroidism bisa sukses memperbaiki penyakit tersebut dengan mengkonsumsi minyak VCO ini. Luar biasa bukan?

Namun, ada baiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum menghentikan pengobatan hypothyroidism dengan alasan mengkonsumsi ekstra minyak VCO. Karena sesuatu hal yang berlebihan (overdosis) itu pasti tidak akan baik pada ujung efeknya. Jadi, silahkan konsultasikan mengenai dosis wajarnya kepada dokter ya sobat Juragan.

 

 

9. Mencegah dan Menyamarkan Bekas Stretch Mark

Bagi kaum Hawa, stretch mark yang disebabkan perubahan hormon selama masa hamil dan menyusui merupakan sebuah momok. Banyak cara dilakukan untuk menghilangkan belang-belang putih pada kulit ini khususnya area paha, pangkal ketiak atau perut.

Ternyata manfaat minyak VCO mampu mencegah dan menyamarkan stretch mark pada kulit. Oleskan saja minyak VCO secara rutin pada bagian kulit yang mengalami masalah ini maka Anda akan merasakan perubahannya dalam waktu singkat.

 

 

10. Memiliki Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Kulit

Kelebihan lain yang dimiliki oleh minyak VCO adalah mampu merawat kulit lebih sehat. Anda bisa mendapatkan manfaat minyak VCO dengan cara menggunakannya sebagai losion yang dioleskan pada tubuh setiap hari. Apa kegunaan dan keuntungannya?

Minyak VCO juga bermanfaat sebagai pelembab alami untuk kulit kering dan cocok untuk segala jenis kulit. Pelembab yang satu ini jauh lebih sehat dibandingkan produk lotion kimia lainnya serta bisa melawan bakteri yang kerap menimbulkan masalah kulit seperti ruam, dermatitis, jerawat dan masalah kulit lainnya.

 

 

11. Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Jika Anda memiliki luka di tubuh, tak ada salahnya mengoleskan minyak VCO pada bagian tersebut. Kandungan dalam minyak VCO ini bisa menyembuhkan luka Anda jauh lebih cepat dibandingkan produk lain. Pada luka lebam, kandungan VCO bisa melawan bakteri penyebab infeksi.

Selain sebagai anti-inflamasi dan dapat mencegah dari bakteri ataupun virus yang menyebabkan infeksi pada luka, jauh dari pada itu, minyak VCO juga sangat baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti kadas, kurap, bentol- bentol pada kulit dan penyakit kulit lainnya yang dapat berpotensi menjadi luka parah.

 

 

Nah Sobat Juraganers, sudah tahukan beberapa manfaat minyak VCO yang sangat luar biasa? Inilah 11 manfaat minyak VCO di atas bisa menjadi bahan referensi untuk Anda yang ingin hidup lebih sehat.

Tentu harga VCO jauh lebih mahal dibandingkan minyak lain karena memiliki manfaat yang sangat menakjubkan ini. Aman dikonsumsi atau digunakan pada bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Semoga artikel ini bermanfaat ya sobat Juraganers!

Terimakasih dan salam sehat Para Juragan!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: