Luar Biasa, Inilah Ternyata 25+ Manfaat Jus Alpukat yang Harus Kamu Tahu!

Manfaat Jus Alpukat – Beberapa orang mungkin khawatir mengonsum jus alpukat karena takut akan kandungan lemak didalamnya. Padahal, lemak dalam alpukat ini adalah lemak tak jenuh dimana malah menyehatkan. Bahkan manfaat jus alpukat juga sangat baik untuk ibu hamil karena kandungan gizinya yang sangat lengkap.

Bagi para pelaku gaya hidup sehat, alpukat kini juga menjadi salah satu sajian pelengkap salad ataupun dessert. Untuk mengonsumsi buah alpukat bisa dilakukan dengan banyak cara. Bisa dimakan langsung, disajikan dengan salad, dijadikan dessert atau bisa juga dijadikan jus.

Saat ini sudah banyak studi terkait buah ini. Salah satu studi teranyar yang dilakukan ilmuwan Iran menyebutkan jika konsumsi alpukat mampu mencegah penyakit seperti jantung, dibates, kolesterol dan tekanan darah tinggi. Namun selain itu ternyata masih banyak lagi manfaat jus alpukat. Lebih lengkapnya simak artikel berikut ini!

 

 

 

Kandungan Jus Alpukat

Jus alpukat adalah salah satu jus yang laris manis. Selain karena rasanya yang memang lezat, jus alpukat juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Sebelum beranjak ke manfaat jus alpukat, mari kita simak dulu beberapa kandungan gizi dari jus alpukat yang baik untuk tubuh.

 

 

1. Protein

Alpukat memiliki 18 asam amino esensial yang bisa membantu tubuh untuk membentuk protein lengkap. Protein dalam alpukat cenderung lebih mudah diserap daripada protein pada daging. Selain itu, kandungan serat didalamnya juga semakin memudahkan penyerapan protein dalam tubuh.

 

 

 

2. Lemak tak jenuh

Kandungan lemak tak jenuh disini mampu meningkatkan HDL yang berdampak pada perlindungan tubuh dari radikal bebas. Lemak tak jenuh juga mencegah dibates.

 

 

 

3. Karotenoid

Beragam jenis karotenoid ditawarkan oleh alpukat seperti betakaroten, lutein, alfakaroten, dan jenis phynutrient. Konsumsi makanan atau minuman dengan kadar karotenoid yang tinggi mampu menyehatkan sistem reproduksi dan meningkatkan sistem imun.

 

 

 

4. Lutein

Dalam satu buah alpukat mengandung 81 mcg lutein yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, khususnya risiko degenerasi macula mata.

 

 

 

5. Anti inflamasi

Tak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu mencegah peradangan. Ini artinya alpukat bisa mengurangi penyakit rematik dan osteoarthtitis.

Selain beberapa kandungan zat diatas, jus alpukat juga kaya vitamin dan mineral. Didalamnya hampir terdapat 20 vitamin serta mineral dimana setiap porsinya mampu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian sekitar 10%. Didalam alpukat juga terdapat lemak monosaturated, kalium, folat dan serta yang tinggi. Sangat banyak bukan?

 

 

 

 

Manfaat Jus Alpukat yang Harus Kamu Tahu

Ada banyak sekali manfaat jus alpukat bagi kesehatan dan kecantikan. Bagi kesehatan bisa berfungsi sebagai detoks alami karena kemampuannya untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Jika tubuh terbebas dari racun, otomatis tubuh juga akan terasa lebih sehat, bugar dan fit.

Sedangkan bagi kecantikan, jus alpukat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga mampu menjaga tubuh dari radikal bebas. Jus alpukat juga aman dikonsumsi untuk ibu hamil. Tak hanya berdampak bagi kesehatan sang ibu, jus alpukat baik untuk kesehatan janin.

 

 

 

 

Khasiat Jus Alpukat Untuk Kesehatan

Selain manfaat diatas, ada manfaat jus alpukat lain yang perlu juga Anda diketahui. Lebih lengkapnya tentang manfaat dan kegunaan jus alpukat akan diulas secara singkat pada uraian dibawah ini :

 

 

1. Mencegah peradangan

Selain daging merah, jus alpukat juga salah satu yang disarankan untuk mengatasi peradangan.

 

 

 

2. Menurunkan resiko penyakit kanker

Manfaat jus alpukat ini didasarkan dari banyaknya penelitian yang menyebutkan adanya karatenoid yang bisa melawan sel kanker, khususnya kanker prostat. Kandungan lemak tak jenuh dan serat yang tinggi juga mempercepat penyerapan zat anti kanker pada alpukat.

 

 

 

3. Menyehatkan jantung

Asam lemak dan vitamin E pada alpukat digadang mampu menurunkan kolesterol jahat yang mengakibatkan penyakit jantung.

 

 

 

4. Mampu menangkal radikal bebas

Vitamin E pada alpukat juga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan gangguan kesehatan vital.

 

 

 

5. Meringankan gejala arthritis

Kombinasi asam lemak tak jenuh tunggal, senyawa fitosterol serta antioksidan mampu berperan sebagai anti-inflamasi untuk mencegah dan mengobati peradangan.

 

 

 

6. Mencegah diabetes

Konsumsi gula dalam jumlah berlebih bisa mengakibatkan diabetes. Untuk itu, konsumsilah jus alpukat dengan rutin dan jalani pola hidup sehat. Kandungan antioksidan didukung dengan beragam vitamin dan mineral dalam alupkat disebut mampu mengatur gula darah agar terus stabil.

 

 

 

7. Menurunkan kolesterol tinggi

Kandungan dalam jus alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang kemudian mengubahnya menjadi HDL atau kolesterol sehat.

 

 

 

Manfaat Jus Alpukat untuk Diet

Bagi Anda yang bingung ingin menurunkan berat badan, cobalah minum jus alpukat dengan rutin. Jangan khawatir! Sebagaimana yang dijelaskan diatas, alpukat memang kaya lemak, namun lemak yang ada disini adalah lemak tak jenuh alias lemak sehat yang bermanfaat untuk diet. Lantas apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya!

 

 

1. Kandungan serat yang tinggi

Bagi Anda yang melakukan diet, serat sangat dibutuhkan. Dalam sebuah penelitian yang diadakan di Universitas Kenctucky, Departemen Internal Medicine dan Ilmu Program Gizi menyebutkan jika alpukat memiliki kadar serat yang tinggi.

Rutin mengonsumsinya mampu mencegah obesitas, tekanan darah tinggi hingga serangan jantung. Nah, kadar kolesterol jahat juga bisa turun dengan konsumsi alpukat rutin.

 

 

 

2. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat yang tinggi akan melancarkan sistem metabolism dalam tubuh. Nah, lancarnya sistem metabolism dalam tubuh juga memengaruhi kelancaran pencernaan sehingga terhindar dari sembelit.

 

 

 

3. Kaya Vitamin dan mineral

Jus alpukat kaya akan kandungan vitamin, mineral dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena hal inilah nafsu makan menjadi berkurang karena perut merasa kenyang lebih lama.

 

 

 

Jus Alpukat untuk Ibu Hamil

Sebagaimana yang diulas diatas, jus alpukat sangat baik untuk ibu hamil. Namun apa sajakah yang membuatnya sangat istimewa untuk ibu hamil? Berikut ini detail manfaat jus alpukat untuk ibu hamil yang perlu diketahui :

 

 

1. Mencegah gangguan tulang pada bayi

Alpukat kaya akan asam folat dimana asam folat ini sangat baik untuk mencegah deformitas tulang pada janin. Deformitas sendiri terjadi karena kurangnya asam folat dan mengakibatkan gangguan pada rahang, menyebabkan susunan gigi yang tidak teratur.

 

 

 

2. Mencegah cacat syaraf dan komplikasi

Asam folat yang ada pada jus alpukat juga mencegah cacat syaraf pada janin serta mencegah komplikasi (perubahan suasana hati, insomnia, anemia dan preklamsia). Preklamsia sendiri adalah tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang bisa menyebabkan bayi mengalami keracunan. Mengonsumsi jus alpukat bisa mencegahnya.

 

 

 

3. Meningkatkan pembentukan tulang bayi

Kalsium yang tinggi pada alpukat baik sebagai zat pembentuk tulang bayi. Nah, kebutuhan kalsium ibu hamil berlipat ganda, dan alpukat bisa menjadi salah satu alternative pemenuhan kebutuhan kalsiumnya.

 

 

 

4. Mempercepat penyerapan zat besi

Vitamin C dalam alpukat cukup tinggi dimana vitamin ini dibutuhkan untuk mempercepat penyerapan zat besi dan menghindarkan dari anemia.

 

 

 

5. Meningkatkan produksi prolaktin

Hormon prolaktin sangat berpengaruh terhadap kondisi emosional ibu hamil. Jadi jangan sampai kekurangan. Vitamin E dalam alpukat ini mampu menjaga asupan hormone prolaktin dan juga berperan sebagai anti penuaan.

 

 

 

 

Kegunaan Jus Alpukat

Selain beragam manfaat jus alpukat diatas, adapula manfaat lain yang belum terungkap. Ya, jus alpukat memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan. Adapun kegunaan lain dari jus alpukat khususnya untuk kecantikan antara lain :

 

1. Mencerahkan kulit

2. Membersihkan kulit

3. Menghilangkan ketombe

4. Membuat rambut nampak lebih berkilau

5. Menyegarkan kulit wajah

 

 

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi dimana vitamin ini berperan sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit dari pengaruh sinar ultraviolet. Selain manfaat diatas, vitamin E dalam jus alpukat juga mampu mencegah penuaan dini dan mengurangi kerutan. Cukup banyak bukan manfaat jus alpukat untuk kesehatan dan kecantikan? Masih enggan meminumnya?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: