Inilah 15+ Manfaat Gerakan Sholat yang Luar Biasa, Banyak yang Belum Tahu!

Manfaat Gerakan Sholat – Sholat ialah sebuah ibadah ritual yang termasuk ke dalam rukun islam. Selain berbuah pahala, sholat juga ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Yakni disebabkan dari gerakan-gerakan sholat yang kita lakukan.

Manfaat Gerakan Sholat

Manfaat Gerakan Sholat- Juraganesia.net

Manfaat dari gerakan-gerakan sholat ini yang ternyata dapat membuat tubuh menjadi sehat serta terhindar dari penyakit ialah tiada lain merupakan Kuasa Allah Subhanahu wa Ta’ala. Lalu apa saja gerakan-gerakan dalam sholat? Dan manfaat apa saja yang ada di dalamnya? Berikut ini penjelasannya.

 

 

 

Apa itu Gerakan Sholat?

Sholat merupakan sebuah ibadah ritual yang berisi gerakan-gerakan dari mulai berdiri hingga duduk. Dalil yang menjelaskannya sangatlah banyak. Sholat juga merupakan salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan, terutama sholat-sholat wajib seperti sholat fardhu.

Allah Subhanahu wa Ta’ala  pun memberikan keringanan pada mereka yang memang kesulitan untuk mengerjakan sholat. Seperti karena sakit, terjebak di perjalanan dan lain sebagainya. Maka tidak ada alasan untuk tidak mengerjakannya.

Selain itu gerakan-gerakan dalam sholat pun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antara manfaat gerakan sholat ialah dapat membuat pernapasan menjadi lebih lancar dan teratur, dan lain sebagainya.

 

 

 

Apa saja Gerakan dalam Sholat ?

Mengerjakan ibadah sholat bukan hanya mendapatkan keutamaan dan ganjaran pahala dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, namun lebih daripada itu ternyata gerakan-gerakan sholat memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh.

Di antara gerakan-gerakan sholat ialah: tabiratul ihram, rukuk, i’tidal, sujud, duduk dan salam Setiap gerakan dalam sholat memiliki manfaatnya masing-masing. Sehingga mengerjakan sholat sama dengan berolahraga yang mampu menyehatkan tubuh.

 

 

 

Manfaat Gerakan Sholat Dari Takbir hingga Salam

Setiap gerakan sholat di mulai dari takbir hingga salam memiliki manfaatnya tersendiri. Dalam sekali waktu saja, semisal sholat subuh, kita sudah melakukan gerakan sholat masing-masing dua kali dengan artian manfaat yang kita dapatkan pun semakin banyak.

Apalagi bila mengerjakan sholat yang jumlah rakaatnya lebih dari itu dan senantiasa mengerjakannya setiap hari. MasyaAllah. Maka dari itu, berikut ini kami rangkum manfaat dari gerakan-gerakan sholat yang sangat luar biasa :

 

 

1. Tabiratul Ihram

Manfaat Gerakan Sholat

Manfaat Gerakan Sholat- Juraganesia.net

Tabiratul ihram merupakan gerakan yang dilakukan pada permulaan sholat, yakni dengan berdiri tegap, mengangkat tangan lalu disedekapkan di depan dada. Salah satu gerakan dalam sholat ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh.

Di antara manfaat gerakan tabiratul ihram ialah dapat membuat pernapasan menjadi lancar dan teratur. Selain itu pula otot tangan kedua tangan serta bahu akan berkontraksi sehingga membuat otot menjadi lebih kuat dan kencang.

 

 

2. Ruku’

Manfaat Gerakan Sholat

Manfaat Gerakan Sholat- Juraganesia.net

Gerakan sholat yang satu ini ialah dilakukan dengan membungkukkan badan kea rah depan, sehingga kedua tangan bertumpu pada tumit. Gerakan ruku juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Pada saat gerakan ruku dilakukan maka otot di sekitar punggung hingga patat akan mengalami kontraksi. Selain itu, aliran darah terutama pada bagian tubuh atas akan lebih terasa lancar. Saat kedua tangan memegang tumit pun akan tertari, sehingga lebih kencang.

 

 

 

3. Sujud

 

Gerakan dalam sholat selanjutnya ialah sujud. Yakni dengan cara meletakkan bagian kepala ke alas lantai, hingga dahi dan ujung hidung menyentuh alas lantai. Dan jari-jari kaki dibengkokkan serta kedua telapak tangan juga menyentuh alas lantai.

Manfaat gerakan sujud dalam sholat apabila dilakukan dengan benar maka akan menyebabkan aliran darah ke kepala akan mengalir dengan optimal. Sehingga beberapa penelitian menyimpulkan bahwa gerakan sujud ini dapat memaksimalkan fungsi kedua otak manusia, yaitu otak kanan dan otak kiri.

 

 

 

4. Duduk

Manfaat Gerakan Sholat

Manfaat Gerakan Sholat- Juraganesia.net

Gerakan duduk dalam sholat ini ialah di mana pantat dan paha bertumpu pada bagian kaki bawah. Gerakan sholat ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, yakni dapat menyebabkan otot kaki menekan sehingga peredaran darah akan terpompa lebih maksimal.

Selain daripada itu gerakan duduk dalam sholat juga memiliki manfaat lain yaitu bila gerakan duduk ini dilakukan dengan benar dan secara teratur maka gerakan ini dapat mencegah penyakit linu atau nyeri pada bagian kaki.

 

 

 

5. Salam

Manfaat Gerakan Sholat

Manfaat Gerakan Sholat- Juraganesia.net

Salam merupakan gerakan terakhir dalam sholat. Gerakan ini dilakukan dengan cara memutar kepala ke kanan dan ke kiri dengan maksimal, masing-masing hanya satu kali saja.

Gerakan sholat ini dapat membuat otot di bagian leher akan lebih terlatih dan kencang serta peredaran darah juga akan lancar. Selain itu gerakan salam ini juga dapat menghindarkan tubuh menderita pegal-pegal pada bagian leher.

 

 

 

Gerakan Sholat Bagi Orang yang Sakit Parah

Allah Subhanahu wa Ta’ala selalu memberi kemudahan pada setiap hamba-Nya, tanpa terkecuali. Begitu pun perihal ibadah sholat, semua orang mampu mengerjakannya tanpa merasa kesusahan. Hal ini pula yang menjadi bagian dari prinsip islam, yakni menghilangkan segala bentuk kesulitan.

Allah Ta’ala memberikan kemudahan hamba-Nya untuk beribadah. Apabila dia tidak mampu untuk melaksanakannya dengan sempurna, maka dia bisa melaksanakannya semampunya. Sebagaimana Allah berfirman:

 

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

“Bertaqwalah kepada Allah semampu kalian.” (QS. At-Taghabun :16)

Maka dari itu Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam mengizinkan seseorang untuk sholat semampunya. Sebagaimana sahabat Imran bin Hushain ra terkena penyakit wasir, sehingga menyulitkan beliau untuk shalat dengan sempurna. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda kepada beliau:

 

صَلِّ قَائِمًا، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ

“Shalatlah sambil berdiri, jika kamu tidak mampu sambil duduk dan jika kamu tidak mampu, sambil berbaring miring. “ (HR. Bukhari 1117, Abu Daud 952 dan yang lainnya).

 

 

 

Cara Sholat Bagi Penderita Disabilitas

Kewajiban shalat ialah mutlak, terlebih pada shalat-shalat wajib seperti shalat fardhu. Maka tidak ada suatu hal pun yang dapat menghalanginya. Sekali pun seseorang itu sedang sakit atau bahkan penderita disabilitas.

Maka mengerjakannya dengan semaksimal mungkin adalah ikhtiar kita untuk senantiasa beribadah kepada Allah. Allah Ta’ala memerintahkan kita untuk bertaqwa dengan semampunya, artinya beribadah dengan semaksimal yang kita bisa.

Maka hal ini pula dijelaskan oleh Rasululah Shallallahu’alahi wa sallam perihal seseorang yang mengalami kesulitan untuk sholat. Sebagaimana sahabat Imran bin Hushain ra terkena penyakit wasir, sehingga menyulitkan beliau untuk shalat dengan sempurna. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda kepada beliau:

 

صَلِّ قَائِمًا، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا، فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ

“Shalatlah sambil berdiri, jika kamu tidak mampu sambil duduk dan jika kamu tidak mampu, sambil berbaring miring. “ (HR. Bukhari 1117, Abu Daud 952 dan yang lainnya).

 

 

 

Tips Gerakan Sholat Agar Tampak Sempurna

Manfaat Gerakan Sholat

Manfaat Gerakan Sholat- Juraganesia.net

Setelah mengetahui bagaimana hukum menjalankan sholat dan manfaat dari gerakan-gerakannya, pastilah kita harus berusaha untuk mengerjakannya sebaik mungkin. Dengan penuh kekhusyu’an dan mengerjakannya dengan tumaninah.

Untuk mengerjakan sholat agar tampak lebih sempurna, berikut ini kami rangkum beberapa tips agar shalat tampak sempurna. Hal ini masuk ke dalam ikhtiar kita untuk mengerjakannya dengan maksimal.

 

1. Ilmu pengetahuan

Untuk mengerjakan suatu amalan maka sudah seharusnya kita mengetahui bagaimana cara utuk mengerjakannya atau mengamalkannya. Inilah yang disebut dengan ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan, yakni sebuah dalil yang menjelaskan sesuatu hal. Sebagaimana Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam pernah bersabda, “Amal sedikit dengan ilmu itu lebih baik, daripada amal banyak tanpa ilmu.”

 

 

 

2. Wudhu

Islam adalah agama yang sangat memerhatikan tentang kebersihan. Bahkan hadits Nabi menyebutkan bahwa kebersihan ialah sebagian dari iman. Maka menjaga kesucian diri amatlah penting, apalagi bila akan melaksanakan sholat.

Maka sebelum melaksanakan sholat, kita haruslah berwudhu. Mensucikan diri dari hadats kecil. Sebagaimana Nabi Shallallahu’alahi wa sallam pernah bersabda, “Tidak sah shalat melainkan dengan suci.”

 

 

 

3. Berpakaian

Selanjutnya ialah berpakaian. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Pakailah pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid.” (QS. Al A’raf : 31) Maksudnya ialah berpakainlah kamu setiap mengerjakan sholat.

Maka sebelum melaksanakan sholat, kita harus memakai pakaian.  Hal ini juga merupakan salah satu yang dapat membuat sholat atau ibadah kita menjadi lebih sempurna.

 

 

 

4. Memelihara waktu

Sholat, terutama sholat fardhu memiliki waktunya masing-masing, yakni sudah seharusnya kita dapat berikhtiar untuk mengerjakannya tepat pada waktunya serta mengerjakannya dengan semaksimal mungkin.

Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Sungguh, shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang beriman.” (QS. An Nisa : 103).

 

 

 

5. Menghadap ke arah kiblat

Salah satu hal yang sangat penting pula dalam mengerjakan sholat, ialah mengerjakannya dengan menghadap kiblat. Bila kita tidak mengetahui arah kiblat, karena sedang berada di sebuah tempat yang baru, maka usahakan untuk menanyakan pada orang sekitar.

Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Maka hadapkanlah wajahmu kea rah Masjidilharam. Dan di mana saja kamu berada, maka hadapkanlah wajahmu ke arah itu.” (QS. Al Baqoroh : 150).

 

 

 

6. Niat

Mengerjakan sholat ialah harus diniatkan hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala. Meskipun ternyata ada banyak sekali manfaat di balik gerakan sholat, namun hal itu adalah sebuah bonus tersendiri bagi mereka yang menjalannya, bukanlah sebuah tujuan.

Sebagaimana Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya setiap amal perbuatan itu harus disertai niat dan balasan bagi setiap amal seseorang adalah sesuai apa yang dia niatkan.”

 

 

 

7. Tabiratul Ihram

Yakni sebuah gerakan pada permulaan sholat. Selain memiliki banyak sekali manfaat dari mengerjakannya, tabiratul ihram juga termasuk ke dalam rukun sholat yang wajib untuk dikerjakan.

Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Yang mengharamkan sholat (dari segala sesuatu yang bukan amalan sholat) adalah takbir dan yang menghalalkannya (dari segala sesuatu yang bukan amalan sholat) adalah salam.”

 

 

 

8. Berdiri

Melaksanakan sholat ialah dilakukan dengan berdiri. Namun islam adalah agama yang memudahkan, maka seseorang dapat mengerjakan sholat dengan samampunya. Sekali pun dengan tidak berdiri.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan laksanakan (shalat) karena Allah dengan khusyuk’, (QS. Al Baqarah : 238).

 

 

 

9. Membaca ayat-ayat Al-Qur’an

Dalam sholat, kita diwajibkan untuk membaca surat-surat yang ada pada Al-Qur’an. Tentunya selain membaca surat Al Fatihah, kita juga membaca surat-surat pada setiap rakaat sholat.

Kita dapat memilih surat apa yang akan dibaca pada waktu sholat. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman, “Karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an.” (QS. Al Muzzamil :20).

 

 

 

10. Ruku’

Selain tabiratul ihram, ruku juga merupakan salah satu rukun sholat yang harus dilakukan pada saat mengerjakan sholat. Apalagi dibalik gerakan ruku memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Usahakan untuk melakukan gerakan ini dengan sempurna untuk mencapai keutamaannya. Ini juga merupakan perintah Allah Ta’ala, “Dan rukuklah,” (QS. Al Baqarah : 43). Selain itu kita juga harus melakukan gerakan sujud dan duduk, sebagai bagian dari rukun sholat yang harus kita lakukan juga.

 

 

 

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat gerakan sholat yang sangat luar biasa. Inilah bukti bahwa Allah Maha Penyayang, dibalik perintahnya terdapat sebuah manfaat dan keutamaan yang luar biasa. Semoga kita semua dapat mencapainya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: