25+ Manfaat Daun Alpukat & Kegunaannya yang Bikin Tercengang, Lengkap!

Manfaat Daun Alpukat – Siapa yang tidak kenal alpukat. Banyaknya kandungan vitamin didalamnya membuat alpukat baik dikonsumsi khususnya ibu hamil. Namun, tak hanya buahnya saja, ternyata ada banyak manfaat daun alpukat untuk kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

Daun alpukat memiliki zat glikosida, quercetin, estragole, flavonol, cineol, flavonoid, serotonin, limonene serta alpha dan beta penene. Nah, kesemua kandungan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Dilansir dari HealthyFoodTeam, kandungan flavonoid disebut mampu mencegah tanda awal penuaan. Quercetin akan membantu menghilangkan racun dalam tubuh dan polifenol serta pinene disebut mampu menghadang perkembangan bakteri jahat.

Namun tak hanya itu, kombinasi dari zat-zat dalam daun alpukat inipun memiliki banyak manfaat lain yang juga mesti diperhitungkan. Nah, lebih lengkapnya berikut ini manfaat daun alpukat yang bisa kita ambil beserta cara pengolahan daun alpukat untuk obat.

 

 

 

Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan

 

 

1. Diet

Alpukat memiliki banyak kandungan dimana salah satunya mampu membantu menurunkan nafsu makan dan menurunkan kadar lemak berlebih. Disebutkan pada laman curejoy.com bahwa daun alpukat mampu meningkatkan metabolism lemak.

Nah, inilah yang kemudian membuat lemak tidak menumpuk. Hasil ini didasarkan pada sebuah studi terhadap tikus yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Tikus tersebut kemudian diberi ekstrak methanol dan daun alpukat.

Untuk bisa mendapatkan manfaat daun alpukat ini, Anda bisa mengonsumsi rutin rebusan daun alpukat seminggu 3 kali. Jika kurang selera, Anda bisa menambahkan pemanis alami seperti madu.

 

 

 

2. Mengobati sakit kepala

Mengonsumsi teh daun alpukat dengan rutin bisa mengobati sakit kepala. Disebutkan pada laman Boldsky, daun alpukat memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu memperlancar dan memerbaiki aliran oksigen ke kepala.

 

 

 

3. Mencegah stress

Teh herbal daun alpukat disebut bisa menghambat pelepasan hormone kortison dimana hormone ini adalah salah satu pemicu rasa tidak nyaman dan stress. Tingginya antioksidan dalam daun alpukat membuatnya mampu mencegah produksi tinggi hormone kortisol.

 

 

 

4. Meredakan sakit gigi

Daun alpukat mampu meredakan radang pada gusi dan mengurangi nyeri pada gigi. Meski begitu jika Anda telah mengonsumsi daun alpukat, tetap hindari konsumsi makanan manis yang mengandung gula tinggi karena ini bisa memicu nyeri gigi.

 

 

 

5. Menghancurkan batu ginjal

Batu ginjal jika dibiarkan bisa kian membesar dan menyebabkan komplikasi dengan penyakit lainnya. Mengonsumsi teh herbal dari daun alpukat 2 kali dalam sehari setiap pagi dan petang digadang bisa membantu meluruhkan batu ginjal. Hal ini tak lain karena fungsi daun alpukat yang mampu mengoptimalisasi proses detoksifikasi pada ginjal.

 

 

 

6. Mengobati bengkak

Bengkak bisa disembuhkan salah satunya dengan menggunakan daun alpukat sebagai obat luar. Ambil beberapa lembar daun alpukat lalu tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian yang bengkak. Bungkus menggunakan perban selama 3 sampai 4 jam kemudian buka.

 

 

 

7. Mengurangi nyeri asam urat

Nyeri asam urat bisa menyerang siapa saja. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan racun yang berasal dari konsumsi berlebih makanan pemicu asam urat seperti daging merah, jeroan alkohol dan lain sebagainya.

 

 

 

8. Mengurangi nyeri sakit pinggang

Senyawa pinene yang ada dalam daun alpukat berperan sebagai anti nyeri disemua bagian tubuh, tak terkecuali nyeri pinggang. Konsumsi rutin air rebusan daun alpukat untuk mengurangi rasa nyerinya dan hindari mengangkat barang yang berat agar sakit pinggang tidak semakin parah.

 

 

 

9. Mengobati sariawan

Sariawan disebabkan oleh bakteri yang bersarang dalam rongga mulut. Polifenol pada daun alpukat disini berperan sebagai antibakteri yang akan menyembuhkannya dengan cepat. Untuk mengobati sariawan, Anda hanya harus menumbuk daun alpukat hingga halus lalu tempelkan pada bagian yang sariawan. Lakukan rutin 3 kali dalam sehari.

 

 

 

10. Menjaga kesehatan organ pencernaan

Daun alpukat mampu meningkatkan kinerja organ pencernaan karena rangsangan produksi cairan pencernaannya. Tak hanya itu, daun alpukat juga mampu mengobati gastritis serta keasaman.

 

Selain 10 manfaat daun alpukat untuk kesehatan diatas, masih banyak manfaat daun alpukat untuk kesehatan lainnya diantaranya :

 

11. Menurunkan tekanan darah tinggi

12. Kesehatan lambung

13. Mengatasi rasa tidak nyaman atau konstipasi di perut

14. Mengobati infeksi saluran kemih

15. Mencegah epilepsi

16. Mengatasi diabetes

17. Menjaga kesehatan saluran pernafasan

18. Menurunkan kolesterol tinggi

19. Mencegah penyakit degenerative

20. Sebagai diuretic

21. Menghambat pertumbuhan bakteri jahat

22. Menurunkan resiko penyakit kanker

23. Membantu proses detoksifikasi

24. Membantu mengatasi insomnia

 

 

 

 

Manfaat Daun Alpukat Untuk Kulit

Selain banyak manfaat diatas, ada dua manfaat daun alpukat lain khusus untuk kulit yang bisa diambil antara lain:

 

1. Menghaluskan kulit

Kandungan antioksidan dalam daun alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, khususnya menjaga kelembaban dan menjadikan kulit lebih halus. Caranyapun sangat mudah yakni cukup dengan menggunakan daun alpukat sebagai masker.

Pilihlah daun alpukat muda lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu langsung aplikasikan pada kulit sampai kering atau sekitar 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dan keringkan. Lakukan dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

 

 

 

2. Merawat kulit wajah kering

Tak perlu khawatir memiliki kulit wajah kering. Daun alpukat bisa membantu melembabkannya. Cara pengaplikasiannya sama dengan perawatan untuk kulit yakni dengan membuat daun alpukat sebagai masker.

 

 

 

 

Manfaat Daun Alpukat Lainnya

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan juga perawatan kulit, daun alpukat juga memiliki manfaat lainnya seperti:

 

1. Bahan dapur

Diluar negeri seperti di Amerika Serikat, daun alpukat seringkali digunakan sebagai bahan memasak masakan rebus seperti sup. Bahkan daun ini juga digunakan sebagai campuran bumbu barbekyu.

 

 

 

2. Perawatan rambut

Bagi Anda yang memiliki keluhan rambut rontok, kasar dan mulai beruban, daun alpukat bisa jadi solusinya. Caranya mudah cukup dengan menghaluskan daun alpukat muda lalu mengoleskannya pada rambut. Biarkan hingga kering kemudian bilas layaknya keramas.

Lakukan dengan rutin dan lihat hasilnya pada rambut Anda. Rambut yang tadinya kasar akan lebih halus, dan kandungan hitam daun alpukat akan membuat rambut ubanan mulai berubah menghitam.

 

 

 

3. Melancarkan haid

Banyak wanita yang pastinya pernah bermasalah dengan haidnya. Mulai dari nyeri haid sampai siklus haid yang tidak teratur. Jika Anda mengalaminya, daripada mencoba obat-obatan kimia, ada baiknya mencoba memanfaatkan herbal daun alpukat.

 

 

 

Kegunaan Daun Alpukat

Dari banyak uraian diatas bisa diketahui jika daun alpukat memiliki banyak manfaat atau kegunaan. Daun alpukat (Persea americana miller) sendiri pada dasarnya memiliki rasa yang pahit. Namun rasa yang pahit inilah yang bermanfaat sebagai penghambat berkembangnya bakteri (Pseudomonas sp, Escherichea sp, Bacillus sp, Staphylococcus sp, dan Proteus sp) serta berfungsi sebagai diuretik.

Banyak manfaat bagi kesehatan yang bisa diambil sebagaimana yang disebutkan diatas. Pengonsumsian daun alpukat sebagai teh juga digadang mampu menyembuhkan nyeri lambung, nyeri saraf, siklus haid yang tidak teratur hingga pembengkakan saluran pernafasan.

Meski memiliki banyak manfaat, daun alpukat juga memiliki efek samping jika digunakan berlebih. Ya, dalam takaran atau jumlah yang berlebih daun alpukat bisa menyebabkan sakit kepala, mual atau muntah, memperparah batu ginjal dan bengkak, serta bisa menimbulkan alergi. Untuk menghindari efek samping tersebut, baiknya berkonsultasi dengan ahli sebelum mengonsumsinya.

 

 

 

 

Cara Mengonsumsi Daun Alpukat Sebagai Obat

Daun alpukat bisa dikonsumsi dengan banyak cara, salah satunya dibuat teh. Lalu bagaimana cara membuat teh daun alpukat?

1. Siapkan daun alpukat yang bersih, segar dan tidak berlubang

2. Cuci daun alpukat hingga bersih sampai semua kotoran di permukaannya menghilang. Usahakan dengan air yang mengalir.

3. Rebus sampai mendidih daun alpukat dengan 2 gelas air. Hindari menggunakan air mineral atau air keran. Gunakanlah air suling untuk hasil terbaik.

4. Matikan api, dinginkan sebentar lalu saring dan siap diminum.

Konsumsi teh herbal ini dengan rutin dua kali sehari atau sesuai dengan anjuran ahli. Agar lebih nikmat, Anda bisa juga menambahkannya dengan pemanis alami seperti madu.

 

 

Nah Sobat Juraganers, sudah tahukan apa saja manfaat daun alpukat yang selama ini kita remehkan? ternyata banyak sekali ya kegunaan serta manfaat dari daun tersebut! Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya bagi kita semua. Terimakasih dan salam sehat Juragan!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: