15 Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan, Paling Hits!

Manfaat Buah Pinang – Sudah tahu buah pinang? Buah pinang adalah buah yang muncul dari pohon sejenis palem yang tumbuh di kisaran Pasifik, Afrika dan Asia. Nah, buah satu ini sangat popular oleh orang-orang jaman dahulu.

Hal ini tak lain karena mereka menggunakannya untuk nginang alias mengunyah buah pinang bersama dengan sirih dan kapur. Konon, nginang dipercaya mampu menguatkan gigi. Nah, benarkah salah satu manfaat buah pinang adalah menguatkan gigi? Atau itu hanya mitos?

Manfaat Buah Pinang

10 Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan – Juraganesia.net

Perlu diketahui, buah pinang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Sayangnya hanya beberapa saja yang manfaatnya diketahui orang banyak. Agar lebih jelas, berikut ini akan Kami uraian beberapa manfaat buah pinang dilihat dari berbagai macam sisi.

 

Baca Juga : 10+ Manfaat Minyak VCO Paling Luar Biasa!

 

Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan

Buah pinang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh sebab itu Anda bisa mengonsumsi buah ini dengan tujuan kesehatan, namun pastikan untuk mengonsumsinya atau meramunya sesuai prosedur agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Berikut ini beberapa diantara manfaat buah pinang untuk kesehatan:

 

1. Menjaga kekuatan gusi dan gigi

Dahulu banyak yang mengunyah buah pinang dengan tujuan agar gusi dan gigi tetap kuat. Memang benar sekali, setelah rutin mengunyah pinang maka gigi tidak mudah berlubang dan masih tetap utuh sampai tua.

Manfaat Buah Pinang Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pinang “Mengobati Sakit Gigi” – Juraganesia.net

Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang ada dalam The Merck Index. Dalam penelitian tersebut disebutkan jika biji pinang mengandung senyawa yang bersifat astringent dan juga hemostatik. Kedua senyawa dari zat tannin inilah yang bermanfaat untuk mengencangkan gusi.

 

 

2. Mengobati kulit yang luka

Luka yang besar sehingga mengakibatkan pendarahan bisa disembuhkan dengan pinang. Seperti disebutkan diatas, kandungan senyawanya dapat menghentikan pendarahan dengan cepat sehingga luka bisa diatasi dengan cepat.

 

 

3. Obat untuk cacingan

Anak kecil suka mengalami cacingan, kadang orang dewasa juga pernah mengalaminya. Daripada membeli obat ke dokter, Anda bisa memanfaatkan buah pinang. Buah tersebut sangat efektif dalam memberantas cacingan.

 

 

4. Mengobati penderita mata rabun

Mata rabun menjadi permasalahan yang sangat umum bagi semua orang. Ambil saja satu buah pinang dan kunyah bijinya. Buah ini sangat efektif sekali dalam pengobatan mata rabun tersebut.

 

 

Manfaat Buah Pinang untuk Pria

Buah pinang juga sangat terkenal untuk kesehatan pria. Ya, dan karena hal inilah para pria dianjurkan untuk mengkonsumsi pinang. Mengonsumsi dengan benar dan rutin akan membuat tubuh makin sehat dan bisa menambah stamina dengan cepat.

Manfaat Buah Pinang

Manfaat Buah Pinang untuk Pria – Juraganesia.net

Lebih detailnya, berikut ini berbagai manfaat buah pinang untuk kesehatan pria yang paling luar biasa, let’s check list out!

 

1. Meningkatkan vitalitas pada pria

Buah pinang dipercaya secara efektif mampu meningkatkan organ vital pada pria. Bila Anda ingin meningkatkan vitalitas maka, minum saja jus buah pinang. Memang rasanya tidak begitu enak namun, hasilnya bisa langsung kelihatan.

 

 

2. Meningkatkan stamina

Para pria membutuhkan stamina yang kuat dalam melakukan hal apapun. Jangan sampai Anda melewatkan untuk menggunakan buah pinang. Dari zaman dahulu buah ini sudah sangat terkenal dan terbukti dalam meningkatkan stamina pada pria.

 

 

3. Meningkatkan kejantanan pria

Seringkali buah pinang digunakan untuk meningkatkan kejantanan pria. Sebelum melakukan hubungan seksual anda bisa memakan atau mengunyah buah pinang yang agak keras hingga mengeluarkan getah dari buah pinang. Getah itulah yang sangat berkhasiat untuk menguatkan “mesin” para pria.

Manfaat Pinang Untuk Vitalitas Pria

Manfaat Pinang Untuk Vitalitas Pria – Juraganesia.net

Dengan demikian, buah pinang sudah sejak lama dipakai dan terpercaya untuk menguatkan “sparepart” pada seorang pria dan sebagai hasilnya kejantanan juga semakin meningkat pesat.

 

 

 

Manfaat Buah Pinang untuk Wanita

Selain pada pria ternyata buah pinang juga bermanfaat untuk wanita. Manfaatnya sungguh luar biasa namun sayang hal ini jarang diketahui. Berikut ini 4 manfaat buah pinang untuk kesehatan wanita dan juga cara meramunya.

Manfaat Buah Pinang

Manfaat Buah Pinang untuk Wanita – Juraganesia.net

Meski begitu sebagai catatan, hindari menggunakan atau mengonsumsi buah pinang sembarangan karena bisa jadi manfaatnya akan hilang.

 

1. Mengecilkan rahim

Selesai melakukan proses melahirkan rahim akan melebar. Anda dapat mengecilkan ukuran rahim seperti semula dengan buah pinang. Ambil biji buah pinang yang masih mudah kemudian rebus. Hasil rebusan diminum dengan rutin sebanyak 1 kali dalam sehari.

 

 

2. Mengobati jerawat

Antibakteri pada buah pinang sangat ampuh untuk membasmi jerawat pada kulit wajah. Cara meramu buah pinang untuk mengobati jerawat adalah dengan menumbuk buah pinang hingga halus, lalu oleskan pada bagian wajah berjerawat.

 

 

3. Mencegah terjadinya penuaan dini

Tahukah sobat Juraganers, buah pinang juga dapat diolah menjadi maker wajah. Masker dari buah pinang yang digunakan secara rutin mampu menghilangkan garis halus pada pipi, keriput dan mengencangkan kulit wajah.

 

 

4. Membuat kulit wajah semakin halus

Ingin kulit wajah makin halus dan lembab. Anda bisa menggunakan masker buah pinang juga. Lalu bilas menggunakan air hangat supaya pori wajah membuka dan menyerap nutrisi dari masker.

Manfaat Buah Pinang

Manfaat Pinang untuk Kulit Wanita – Juraganesia.net

Kecantikan Anda pasti sangat terjaga, meski hanya menggunakan buah pinang. Melakukan perawatan secara alami sangat bagus daripada menggunakan obat kecantikan.

 

 

Cara Meramu Buah Pinang untuk Pengobatan

Ketika hendak mengonsumsi obat-obatan baik itu obat alami sekalipun pasti ada aturan pakainya. Begitu pula dengan buah pinang. Jika Anda ingin memaksimalkan manfaat dari biji pinang, maka harus tahu terlebih dahulu cara meramunya.

Manfaat Buah Pinang

Cara Meramu Buah Pinang – Juraganesia.net

Berikut ini Kami berikan beberapa cara meramu buah pinang untuk berbagai macam masalah kesehatan yang bisa Anda praktekkan dirumah.

 

1. Rendaman pinang untuk disentri

Caranya yaitu ambil 5 buah pinang yang sudah dibersihkan dan dicuci. Rendam buah tersebut kedalam air sebanyak satu gelas selama 6 jam, kemudian ambil buahnya dan minum rendaman tadi. Dengan mengonsumsi rendaman buah pinang dalam 1-2 minggu maka akan meningkatkan imun kekebalan tubuh dari penyakit disentri.

 

 

2. Ramuan pinang mengobati ejakulasi dini

Haluskan buah pinang dan akarnya yang masih muda dengan ditumbuk. Mengambil air dari hasil tumbukan tadi dengan disaring. Tambahkan sedikit garam, madu, dan telur ayam kampung, aduk hingga merata.

 

 

3. Ramuan buah pinang untuk kudis

Ambil biji buah pinang haluskan dan campur dengan kapur sirih sebanyak ¼ sendok teh. Campurlah hingga merata dan ramuan siap untuk gunakan untuk mengobati penyakit kudis yang akut.

 

 

4. Ramuan obat buah pinang untuk cacingan

Dalam dunia kesehatan dan farmasi, buah pinang dijadikan obat tradisional untuk mengobati masalah cacingan. Caranya ambil buah pinang, rimpang kunyit dan rimpang temulawak. Rebus semua jadi satu dalam dua gelas. Bila sudah mendidih saring airnya dan minum.

 

Nah Juraganers, Banyak bukan manfaat buah pinang? Diatas barulah 15 manfaat. Sebenarnya masih banyak manfaat dari buah pinang yang lainnya, namun sementara hanya itu yang bisa Kami sampaikan. Untuk selebihnya bisa cek di update artikel selanjutnya.

Terimakasih dan Salam Sehat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: