10+ Manfaat Belajar Bahasa Jerman yang Harus Kamu Ketahui!

Manfaat Belajar Bahasa Jerman-  Hallo sahabat Juraganesia yang kami muliakan dan dibanggakan merah putih, terimakasih sebelumnya telah mengunjungi laman berikut ini.

Pada episode sebelumnya, kita telah mempelajari banyak hal seputar bahasa Jerman. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan mencari tahu kira- kira apa saja ya manfaat belajar bahasa Jerman?

Oleh karena itu, kali ini admin telah merangkum berbagai macam manfaat yang akan kita dapatkan jika kita mempelajari bahasa asing seperti bahasa Jerman. Sahabat Juraganesian penasaran? Yasudah jika penasaran, kita langsung berikan satu per satu. Silahkan dibaca liputan admin berikut ini ya guys!

Manfaat Belajar Bahasa Jerman

Manfaat Belajar Bahasa Jerman -Juraganesia.net

 

Baca Juga : 100+ Ungkapan Bahasa Jerman Sehari- hari Paling Mudah.

 

 

10+ Manfaat Belajar Dan Menguasai Bahasa Jerman yang Membuat Anda Kaget.

Tentu kita semua percaya bahwa sesuatu yang kita pelajari akan menuaikan manfaat- manfaat tersendiri yang positif. Begitu juga dalam mempelajari bahasa Jerman, dimana kita akan menemukan beberapa manfaat yang luar biasa, diantaranya adalah :

 

 

1. Menambah Wawasan Luas Seputar Jerman.

Tentu saja ketika kita mempelajari suatu bahasa, maka secara tidak sengaja bahwa kita telah membuka diri kepada dunia yang sangat luas. Sebagai contohnya belajar bahasa Jerman, dengan mempelajari bahasa tersebut otomatis kita secara tidak sadar kita telah menambah wawasan seputar negaranya, gaya bahasanya, watak, karakter bahasa orang pribumi, dan bahkan budayanya.

Selain itu, manfaat yang akan kita dapatkan ketika belajar bahasa ini adalah dimana banyak naskah- naskah kuno atau klasik masih banyak bertebaran dinegara itu. Jika kamu adalah seorang yang memiliki hobi dan minat dengan sejarah, maka ada baiknya anda mempersiapkan keahlian dalam berbahasa Jerman.

Manfaat Belajar Bahasa Jerman

Wawasan Luas Tentang Jerman – Juraganesia.net

 

 

2. Kuliah dinegara Jerman.

Sahabat Juraganesian, sangat banyak orang Indonesia bahkan dari berbagai negara yang memiliki impian untuk dapat melanjutkan sekolah atau kuliahnya dinegara yang beribukota Berlin tersebut. Akan tetapi sebelum anda melangkah kesana, ada baiknya anda dapat mempersiapkan keahlian bahasa terlebih dahulu.

Hampir diseluruh universitas dinegara itu menuntut akan kualitas bahasa Jerman seorang calon mahasiswa internasional dari berbagai negara. Meskipun ada juga beberapa universitas yang menyediakan kelas kursus untuk pelajar internasional.

Eitss, selain bekal bahasa, anda juga harus punya sokongan berupa beasiswa untuk sekolah disana karena biaya pendidikan dan kehidupan disananya relatif mahal.

Manfaat Belajar Bahasa Jerman

Kuliah Dijerman – Juraganesia.net

 

3. Paham Tentang Seni dan Budaya Negara Jerman.

Manfaat ketiga, ketika kita mempelajari bahasa Jerman adalah salah satunya kita akan terbiasa untuk mencintai bahasanya hingga seni dan budayanya. Jika anda mempelajari bahasa tersebut maka anda akan terkena efek samping yang tidak dapat disembuhkan yaitu “demam Jerman” Meskipun anda belum pernah ke Jerman sekalipun.

Selain itu, dengan bahasa tersebut kita dapat mempelajari lebih dalam mengenai kultur budaya Jerman dimulai dari cara hidup (lifestyle), karakter suku Jerman, cara berpakaian orang setempat, cara makan warganya (table manner), dan lain- lain sebagainya. Oleh karena itu, yuk kita pelajari bahasa Jerman bersama- sama.

Manfaat Belajar Bahasa Jerman

Memahami Seni Budaya Negara Jerman – Juraganesia.net

 

Menurut data dari Forbes, bahwa hampir 23 persen karya sastra dan ilmu pengetahuan diseluruh dunia diterbitkan pertama di Jerman dan banyak naskah sejarah atau tulisan karya klasik masih terbungkus dalam bahasa ini. Oleh karenanya, jika anda tertarik untuk mengupas ilmu pengetahuan dan sejarah dunia, maka wajib hukumnya menguasai bahasa Jerman.

 

 

4. Sebagai Sarana Dan Alat Komunikasi Dengan Warga Setempat.

Bahasa merupakan hal yang sangat penting ketika kita hendak membangun sebuah interaksi atau hubungan yang baik dengan warga setempat. Dengan demikian, mungkin beberapa sahabat Juraganesia telah mengetahuinya bahwa karakter orang Jerman mereka sangat menghargai bahasa negara mereka sendiri.

Manfaat Belajar Bahasa Jerman

Manfaat Bahasa Jerman sebagai Alat Komunikasi Dengan Warga Setempat -Juraganesia.net

 

Oleh karena itu, ada baiknya jika anda mempelajari bahasa Jerman dimana anda akan mendapatkan teman orang Jerman langsung, mendapatkan layanan lebih baik dengan warga setempat (jika anda ke Jerman), dan bahkan mungkin saja anda mendapatkan calon pendamping hidup orang Jerman, jodoh siapa yang tahu? Hehehe…

 

 

5. Bahasa Tekhnologi Penerbangan Dunia.

Manfaat kelima dalam mempelajari bahasa Jerman ialah karena bahasa ini memiliki peran aktif didalam perkembangan tekhnologi dunia khususnya pada sektor kedirgantaraan atau penerbangan pesawat terbang (aviation).

Mungkin anda sudah tahu bahwa presiden ketiga kita Indonesia, B.J Habibie merupakan salah satu alumni sebuah universitas di Aachen, Jerman yang berkonsentrasi pada aviasi penerbangan pesawat terbang sehingga beliau sukses mengembangkan industri Dirgantara Indonesia (DI). Mau jadi seperti eyang Habibie? Yuk kita pelajari bahasa Jerman.

Manfaat Bahasa Jerman

Pusat Keilmuan Tekhnologi Penerbangan Dunia – Juraganesia.net

 

Oleh karena itu, sebagai anak muda yang masih memiliki semangat dalam berjuang, ayo mari kita pelajari tekhnologi atau budaya dimulai dari bahasa, khusunya bahasa Jerman. Saya tanya sekali lagi, Penting kan belajar bahasa Jerman?

 

 

6. Menambah Keahlian yang Langka.

Mempelajari bahasa asing adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk menambah keahlian yang langka, sehingga itu akan menjadi nilai plus tersendiri bagi kamu yang mempelajari dialog asing seperti Arab, Inggris, dan ditambah dengan Jerman.

Manfaat Belajar Bahasa Jerman

Menambah Keahlian yang Langka – Juraganesia.net

 

Manfaat satu ini tidak akan anda dapatkan atau anda rasakan dalam waktu cepat, akan tetapi akan anda nikmati dikemudian hari, dimana anda diprioritaskan dalam dunia pekerjaan, cepat naik jabatan, dank arena keahlian anda tersebut, bisa jadi anda ditempatkan diposisi terbaik disebuah perusahaan tersebut.

Dengan cara mempelajari bahasa Jerman, maka anda secara tidak sadar telah membuka keahlian baru yang cukup langka ditemui seperti di Indonesia dan sekitarnya. Oleh karena itu, admin sangat menganjurkan sahabat sekalian untuk dapat mempelajari bahasa Jerman yang luar biasa potensi nya dikemudian hari.

 

 

7. Berguna Dalam Dunia Pekerjaan.

Seperti halnya poin sebelumnya dimana keahlian dalam berbahasa asing (Jerman) akan sangat bermanfaat dalam urusan dunia pekerjaan. Misalnya, perusahaan dimana kamu bekerja sedang mengadakan promosi dagang ke Jerman atau memiliki kerjasama disektor tertentu dengan perusahaan Jerman, maka disitu akan dibutuhkan orang yang benar- benar qualified dan master dalam berbahasa Jerman.

Logika sederhananya adalah, jika diperusahaan anda tidak ada yang bisa berbahasa Jerman selain diri anda, kira- kira siapa yang akan diandalkan oleh perusahaan? Ya, mungkin anda sudah tahu jawabannya. Nah, ketika perusahaan sudah menunjukmu untuk melakukan komunikasi dengan perusahaan Jerman dan berhasil, apakah tidak ada dampak?

Manfaat Belajar Bahasa Jerman Paling Lengkap

Berguna dalam dunia pekerjaan – Juraganesia.net

 

Tentu saja perusahaan yang bonafit akan memberikan pertimbangan yang baik kepada anda, baik itu dari segi promosi kerja, kenaikan pangkat atau jabatan, kenaikan gaji (otomatis), dan yang pastinya anda akan lebih baik dari posisi sebelumnya.

Oleh karena itu, menurut beberapa ulama bahasa menyatakan bahwa belajar bahasa asing seperti bahasa Jerman akan dengan mudah untuk membuka peluang- peluang kerja diperusahaan asing atau perusahaan dalam negeri yang haus akan sumber daya manusia yang memadai.

 

 

8. Menjadi Tour Guide Orang Jerman.

Menurut survey dari beberapa kantor statistik mancanegara, bahwa Indonesia adalah salah satu destinasi yang sangat diminati oleh para pelancong dunia, khususnya ke pulau dewata Bali.

Jika dilihat dari data kementerian pariwisata tahun 2016-2017, statistik pelancong atau turis asing yang datang ke Bali didominasi oleh orang Jerman yaitu sekitar 18 persen dari persentasinya per tahun.

Manfaat Belajar Bahasa Jerman

Menjadi Tour Guide Orang Jerman – Juraganesia.net

 

Dengan demikian, hal ini menandakan bahwa ada kesempatan yang sangat besar bagi kita apabila ingin terjun langsung untuk memandu pariwisata untuk para turis Jerman.

Oleh karena itu, jangan sia- siakan kesempatan ini. Pelajari terus bahasa Jerman anda, dan praktekkan sebanyak- banyaknya. Semoga keahlian berbahasa Jerman anda akan berbuah hasil yang baik.

 

 

9. Sebagai Komunikasi Perdagangan Internasional.

Sebagai informasi yang sangat berguna bahwa negara Jerman merupakan salah satu negara eksportir terbesar di dunia saat ini. Dibuktikan pada tahun dekade lalu, yang mana Jerman berada pada peringkat ketiga atau tiga besar negara eksportir dunia.

Namun, pada dekade kali ini 2016-2017 negara yang memiliki ibukota Berlin tersebut menunjukkan taringnya dalam perdagangang dunia, dimana negara ini naik menjadi negara eksportir terbesar kedua setelah china dan mengalahkan Amerika Serikat.

Manfaat Belajar bahasa Jerman

Jerman sebagai Negara Eksportir Dunia – Juraganesia.net

 

Dengan demikian, kita bisa tarik kesimpulan bahwa potensi belajar bahasa tersebut masih relatif tinggi jika anda akan bergelut dibidang perdagangan internasional atau ekspor dan impor.

Oleh karena itu, admin mengajak teman teman untuk dapat berpartisipasi dalam mempelajari bahasa Jerman untuk menghadapi globalisasi yang nyata seperti saat ini.

 

 

10. Traveling Ke Jerman Akan Lebih Mudah.

Manfaat berikut ini akan anda dapatkan jika anda belajar bahasa asing. Saya berikan contoh yang sederhana dimana anda ingin traveling ke suatu negara seperti Jerman, jika anda sudah punya kemampuan berbahasa Jerman yang bagus, maka anda tidak perlu lagi untuk menyewa penerjemah.

Manfaat Belajar Bahasa Jerman Paling Asik

Traveling ke Jerman- Juraganesia.net

 

Kedua, anda dapat berbaur dengan masyarakat Jerman dengan baik. Selain itu, anda akan terhindar dari aneka macam permasalahan pelancongan jika suatu waktu ada kehilangan barang, tas, dompet, uang, atau paspor, maka anda dapat melaporkannya ke pihak yang berwajib dengan lancar tentunya dengan berbahasa Jerman.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum anda merencanakan pelancongan ke luar negeri seperti Jerman, maka ada baiknya anda juga telah mempersiapkan bekal diri dan bekal keahlian seperti memahami dengan baik bahasa negara itu sendiri.

 

 

11. Meningkatkan Kepercayaan Diri.

Sudah tidak diherankan lagi bahwa bagi orang dapat berbahasa asing diantaranya meningkatnya rasa kepercayaan pada diri sendiri. Hal tersebut akan anda dapatkan jika anda mempelajari dan menguasai satu atau lebih bahasa asing.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Meningkatkan Kepercayaan diri – Juraganesia.net

 

Pada dasarnya, tidak semua orang bisa menguasai lebih dari 2 bahasa asing. Jika anda sudah pernah belajar bahasa Arab dan Inggris, maka untuk membuat anda berbeda dari yang lainnya wajib hukumnya menambah satu koleksi bahasa asing lainnya seperti bahasa Jerman.

Oleh karena itu, belajar bahasa Jerman sangat penting dan segudang manfaatnya yang ditawarkan akan segera dirasakan bagi kamu yang benar- benar ingin mempelajarinya dan menguasainya dengan aktif.

 

Nah sahabat Juraganesia, itulah beberapa yang telah admin rangkum mengenai manfaat belajar bahasa Jerman. Bagaimana menurut anda? Masih ingin menunda untuk belajar bahasa ini, saya berharap tidak demikian ya. Semoga kita selalu menjadi orang yang beruntung. Sekian semoga bermanfaat!

No Responses

Leave a Reply

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: