Penasaran? Inilah 15+ Manfaat Belajar Bahasa Jepang yang Luar Biasa!

Manfaat Belajar Bahasa Jepang – Hallo sahabat Juraganesia yang sangat antusias dalam memplajari bahasa asing terutama bahasa Jepang, terimakasih telah berkunjung dilaman website ini untuk menggali informasi yang lebih dalam lagi dalam belajar bahasa Jepang. Semoga bermanfaat!

Jika berbicara mengenai bahasa, bahasa itu sendiri merupakan sebuah alat komunikasi sosial yang dapat memudahkan interaksi antar individu yang satu dengan yang lain. Baik itu bahasa daerah atau pun bahasa asing, keberadaannya sangatlah penting bagi kehidupan.

Manfaat Belajar bahasa Jepang

Manfaat Belajar Bahasa Jepang yang harus Kamu Tahu – Juraganesia.net

Setiap bahasa ternyata memiliki keunikannya tersendiri sehingga membuat banyak orang tertarik untuk mempelajarinya. Selain itu, hal lain yang dapat menunjang ketertarikan seseorang untuk mempelajari suatu bahasa adalah kebutuhan untuk menguasai bahasa itu sendiri. Terlebih bagi bahasa asing yang cakupan penggunaannya sangat luas.

Salah satu bahasa asing yang banyak dipelajari khususnya oleh orang Indonesia adalah bahasa Jepang. Mengapa bahasa Jepang? Hal ini tidak bisa dipungkiri, mengingat manfaat belajar bahasa Jepang sangat banyak bagi kehidupan, karir, edukasi, dan lain- lain sebagainya.

Tentu saja, manfaat belajar bahasa Jepang akan sangat terasa bila Anda hidup di lingkungan yang erat kaitannya dengan bahasa yang Anda pelajari ini. Baik itu pekerjaan yang berkaitan dengan bahasa Jepang (penerjemah komik, tour guide, guru bahasa Jepang), Anda yang bekerja langsung di negara Jepang atau Anda yang melanjutkan pendidikan di negara Jepang.

 

Baca Juga : 35+ Kata- Kata Mutiara Dalam Bahasa Jepang, Paling Unik!

 

 

 

KEGUNAAN MEMPELAJARI BAHASA JEPANG

 

 

1. MENUNJANG KEMAMPUAN DIRI UNTUK MENGGALI POTENSI DI JEPANG

Negara Jepang adalah salah satu negara maju yang ada di dunia. Penguasaannya dalam bidang teknologi menjadi kelebihan tersendiri bagi negara yang satu ini. Negara Jepang sangat menghargai inovasi dari para pegawainya. Sehingga hal ini yang membuat banyak orang tertarik untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja di negara Jepang.

Di sinilah manfaat belajar bahasa Jepang akan sangat terasa. Kemampuan bahasa Jepang mampu membuat komunikasi menjadi lancar, sehingga dapat menunjang kemampuan diri untuk menggali potensi di Jepang. Baik itu dalam menciptakan inovasi di bidang pekerjaan atau pun melakukan penelitian berbagai hal di bidang pendidikan.

 

 

 

2. MENGENAL BUDAYA JEPANG

Dengan mempelajari bahasa Jepang tentu Anda juga akan mengenal budaya Jepang, karena bahasa merupakan kunci untuk mengenal kebudayaan suatu daerah. Dengan mengetahui kebudayaannya, Anda akan menemukan banyak sekali manfaat yang bisa diambil.

Manfaat Belajar bahasa Jepang

Mengenal Budaya Jepang – Juraganesia.net

Seperti salah satunya adalah budaya sopan santun bangsa Jepang yang dikenal oleh banyak orang. Ini merupakan salah satu manfaat belajar bahasa Jepang karena dengan begitu Anda akan semakin mengetahui keunikan suatu negara dari bahasanya yang Anda pelajari.

 

Artikel Terkait : Inilah 10+ Jenis Pakaian Tradisional Jepang yang Unik dan Menarik!

 

 

3. MEMPELAJARI BAHASA JEPANG MEMBANTU MEMPELAJARI BAHASA LAIN

Salah satu manfaat belajar bahasa Jepang lainnya adalah Anda dapat mempelajari bahasa asing lain, yaitu bahasa korea. Hal ini karena kedua bahasa tersebut memiliki kemiripan secara tata bahasa.

Sedangkan dengan bahasa mandarin sangatlah berbeda dari segi tata bahasa, sekalipun dalam membentuk kalimat bahasa Jepang menggunakan huruf Cina atau kanji. Meskipun begitu, dengan mempelajari huruf kanji akan memudahkan Anda untuk mempelajari berbagai huruf kanji yang lebih kompleks di bahasa mandarin.

 

 

 

4. MEMAHAMI BAHASA ASING LAIN DALAM BAHASA JEPANG

Tahukah Anda, bahwa dalam bahasa Jepang terdapat banyak sekali kata serapan yang berasal dari bahasa asing. Kata serapan ini disebut dengan 外来語 (gairaigo) yang ditulis dengan huruf Jepang katakana.

Contoh kata serapan bahasa asing yang terdapat dalam bahasa Jepang adalah テレビ (terebi) yang berarti TV. Kata serapan lainnya tidak hanya diambil dari bahasa Inggris. Seperti Roti yang diartikan パン (pan) berasal dari Bahasa Portugis yaitu pao. Lalu ada kerja paruh waktu atau アルバイト(arubaito) yang berasal dari Bahasa Jerman yaitu Arbeit.

 

 

 

 

MANFAAT BELAJAR BAHASA JEPANG YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Semua ilmu pengetahuan akan bermanfaat tergantung dari sudut pandang mana seseorang memandanganya. Tak terkecuali bagi bahasa Jepang itu sendiri. Berikut 20+ Manfaat Belajar Bahasa Jepang yang Luar Biasa.

 

1. MENAMBAH KEMAMPUAN BERBAHASA ASING ANDA

Memiliki kemampuan berbahasa asing berarti membuka jendela dunia yang lebih luas lagi. Terlebih bagi Anda yang memiliki ketertarikan dengan negara Jepang, memiliki kemampuan berbahasa Jepang adalah sesuatu hal yang wajib Anda miliki.

Sehingga dengan begitu, Anda dapat dengan mudah menjelajahi berbagai hal tentang Jepang dengan bahasa yang Anda miliki. Selain mampu berbahasa Inggris, memiliki kemampuan dalam berbahasa Jepang juga akan menambah kemampuan Anda dalam berbahasa asing.

 

 

 

 

2. BANGGA MEMPELAJARI BAHASA TERSULIT DI DUNIA

Tidak bisa dipungkiri bahwa bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing tersulit di dunia. Salah satu yang mendasari hal ini adalah penggunaan huruf dalam bahasa Jepang. Terlebih penggunaan kanji yaitu huruf Cina yang memiliki cara baca yang unik dan berbeda, belajar bahasa Jepang semakin terasa menantang bagi mereka yang mempelajarinya.

Namun meskipun begitu, kiranya Anda patut berbangga diri karena memiliki kesempatan untuk mempelajari bahasa tersulit di dunia. Hal ini membuat nilai plus bagi Anda, apalagi bagi Anda yang memutuskan untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja di Jepang.

 

 

 

3. MEMPELAJARI HURUF JEPANG SEKALIGUS MENGENAL HURUF CINA

Bahasa Jepang memiliki tiga huruf yang digunakan dalam membentuk kalimat. Yaitu katakana, hiragana dan kanji. Huruf katakana digunakan untuk menulis kata serapan. Huruf Hiragana digunakan untuk menulis partikel, furigana (cara membaca huruf kanji yang berada di atas atau di bawah huruf kanji), okurigana (huruf hiragana yang mengikuti kanji) dan masih banyak lagi.

Sedangkan huruf kanji merupakan huruf yang berasal dari Cina. Memiliki cara baca yang unik dan berbeda, yaitu cara baca Jepang (Kun-yomi) dan cara baca Cina (On-yomi). Ini akan menjadi nilai tambah bagi Anda yang juga ingin mempelajari bahasa Mandarin, loh.

 

 

 

4. MEMILIKI KELEBIHAN DALAM MENENTUKAN PILIHAN UNIVERSITAS DI JEPANG

Memiliki kemampuan berbahasa Jepang merupakan nilai plus bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan di negara Jepang. Pasalnya di Jepang, tidak semua universitas menyediakan program internasional (menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris.

Dengan artian, Anda tidak perlu khawatir dalam memilih universitas di Jepang. Karena dengan kemampuan berbahasa Jepang, Anda memiliki banyak pilihan univesitas di Jepang.

 

 

 

5. MENAMBAH TEMAN LEBIH BANYAK

Dengan kemampuan berbahasa Jepang yang Anda miliki, Anda bisa dengan lancar untuk berkomunikasi dengan orang yang mengerti bahasa Jepang atau bahkan dengan orang Jepang itu sendiri.

Dengan begitu, kemampuan berbahasa Jepang yang Anda miliki ini akan menjadi sebuah perantara untuk menambah teman. Tentu saja, Anda juga bisa berbagi cerita dengan mereka menggunakan bahasa Jepang. Sehingga hubungan Anda dengan mereka akan menjadi lebih dekat.

 

 

 

6. DAPAT MENJELAJAHI NEGARA JEPANG DENGAN MUDAH

Memiliki kemampuan berbahasa Jepang pun akan sangat terasa manfaatnya bagi Anda yang menyukai kegiatan traveling, terutama bila Anda melakukan traveling ke negara Jepang bersama teman-teman.

Manfaat Belajar Bahasa Jepang

Dapat Menjelajahi Negara Jepang – Juraganesia.net

Di sana Anda tidak perlu khawatir soal bagaimana berkomunikasi, dengan kemampuan bahasa Jepang yang Anda miliki, Anda bisa dengan mudah untuk berinteraksi dengan orang-orang yang Anda temui di sana.

 

 

 

7. SALAH SATU TIPS BELANJA HEMAT DI JEPANG

Di berbagai pusat perbelanjaan di Jepang, harga atau informasi ditulis menggunakan huruf kanji. Bersyukurlah bagi Anda yang memiliki pengetahuan lebih tentang hal itu. Bila tidak, kemungkinan Anda akan kehabisan uang karena tidak mengetahui tentang harga barang yang Anda beli bisa menjadi kenyataan.

Bagi Anda yang mengetahui hal ini, tentu Anda dapat memperkirakan barang apa yang harus Anda beli di sana. Ini bisa menjadi salah satu tips belanja hemat bagi Anda yang tinggal di Jepang.

 

 

 

8. MEMAHAMI PERKULIAHAN DENGAN BAIK

Memiliki kemampuan berbahasa Jepang akan membantu Anda untuk memahami perkuliahan dengan baik. Pasalnya, bagi program kuliah regular di Jepang menggunakan bahasa pengantar bahasa Jepang.

Manfaat Belajar Bahasa Jepang

Memahami Perkuliahan Dengan Baik Dalam Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Hal ini juga mampu menunjang kemampuan diri bagi pendidikan Anda di Jepang. Dengan kemampuan berbahasa Jepang yang baik, Anda juga bisa berkomunikasi dengan lancar dengan para dosen atau teman kuliah.

 

 

 

9. HONOR BEKERJA PARUH WAKTU LEBIH BESAR

Di Jepang ada banyak sekali pekerjaan paruh waktu yang disediakan bagi pelajar atau pun mahasiswa. Bila seseorang tidak memiliki kemampuan berbahasa Jepang, maka pekerjaan yang diberikan adalah pekerjaan yang cenderung menggunakan otot.

Namun bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa Jepang, pekerjaan yang diberikan pun pekerjaan yang membutuhkan keterampilan dalam berkomunikasi dan cenderung memiliki honor yang lebih besar.

 

 

 

10. MEMILIKI PELUANG KARIR YANG LEBIH BESAR

Baik di negara Jepang atau pun di Indonesia, ada banyak sekali pekerjaan yang erat kaitannya dengan bahasa Jepang. Seperti penerjemah, tour guide, guru bahasa Jepang dan masih banyak lagi.

Manfaat Belajar Bahasa Jepang

Memiliki Peluang Karir yang Baik dijepang – Juraganesia.net

Hal ini akan membuat peluang karir Anda lebih besar di dunia pekerjaan. Selain itu, kecakapan seseorang dalam berbahasa pun merupakan sebuah tanda kecerdasan dan kemampuan.

 

Baca Selengkapnya : Ternyata Ini Daftar 20+ Perusahaan Jepang Di Indonesia yang Tajir Melintir!

 

 

 

11. PEKA TERHADAP PERBEDAAN BAHASA

Negara Jepang berada di benua Asia berdampingan dengan Tiongkok dan Korea. Ketiga negara ini memiliki kesamaan dari segi bahasa. Banyak orang tidak bisa membedakan antara bahasa Jepang, bahasa korea dan bahasa mandarin.

Dengan mempelajari bahasa Jepang, Anda akan mengerti tentang perbedaan dari ketiga bahasa yang memiliki kesamaan ini. Sehingga Anda akan lebih peka terhadap hal ini bahkan dalam waktu singkat saja.

 

 

 

12. MENJADIKAN ANDA BERBEDA DARI YANG LAIN

Kemampuan Anda dalam berbahasa Jepang akan membuat Anda terlihat berbeda dari yang lain. Bila kebanyakan orang memilih untuk mempelajari bahasa Spanyol, Prancis atau bahkan Jerman, kemampuan Anda dalam berbahasa Jepang akan membuat Anda lebih menonjol dari yang lainnya.

Mengingat bahasa Jepang adalah salah satu bahasa tersulit, hal ini akan membuat Anda dihujani banyak pertanyaan mengapa memilih bahasa Jepang untuk dipelajari. Tentu, hal ini juga menjadikan Anda berbeda dari yang lain.

 

 

 

13. MEMUDAHKAN ANDA MENGAKSES BERBAGAI HAL YANG BERHUBUNGAN DENGAN JEPANG

Dengan kemampuan berbahasa Jepang yang Anda miliki, Anda dapat dengan mudah mengakses berbagai hal yang berhubungan dengan Jepang. Baik itu menonton berita, menonton drama Jepang, menonton animasi Jepang atau bahkan mendengarkan radio atau lagu Jepang.

Keuntungan tersendiri bagi Anda yang menyukai drama atau animasi Jepang, dengan kemampuan berbahasa Jepang yang Anda miliki, tentu Anda tidak membutuhkan lagi subtitle untuk menontonnya.

 

 

 

 

14. MENGHINDARI KESALAHAN DALAM BAHASA

Pada saat ini drama atau pun animasi Jepang sudah banyak dibubuhi subtitle sehingga memudahkan kita untuk mengonsumsinya. Namun tidak bisa dipungkiri, terkadang ditemui beberapa kesalahan kata yang bahkan merusak makna dari pengucapan yang sebenarnya.

Bila Anda memiliki kemampuan berbahasa Jepang, tentu hal seperti ini akan dengan mudah Anda kenali. Sehingga Anda tidak terbawa salah pengertian terhadap subtitle tersebut.

 

 

 

15. MEMBUAT HUBUNGAN PERCINTAAN ANDA LANCAR

Bila Anda memiliki suami atau istri orang Jepang, tentu saja kemampuan berbahasa Jepang adalah sesuatu yang sangat penting bagi kelangsungan hubungan Anda. Terlebih jika pasangan Anda tidak bisa berbahasa asing lain, selain bahasa Jepang itu sendiri.

Beruntung bila Anda dapat berbahasa Jepang, sehingga dengan begitu hubungan percintaan Anda akan menjadi lancar tanpa kekhawatiran yang berarti saat berkomunikasi dengan pasangan Anda.

 

 

 

16. MEMILIKI PELUANG BISNIS LEBIH BESAR

Seperti yang kita ketahui, bahwa peluang kerja seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa Jepang sangatlah banyak. Tak terkecuali di Indonesia, Anda dapat menyesuaikan pekerjaan dengan bakat dan minat Anda.

Selain dapat melamar pekerjaan, Anda pun dapat membuka peluang bisnis sendiri. Seperti dengan membuka kursus bahasa Jepang. Anda dapat menyewa sebuah tempat atau bahkan di rumah Anda sendiri untuk membuka peluang bisnis ini.

 

Nah sobat Juraganers, sudah tahukan segudang manfaat dari mempelajari bahasa Jepang bagi kehidupan? Demikianlah manfaat belajar bahasa Jepang yang sangat banyak dan luar biasa ini. Setelah mengetahui hal ini, tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang?

Semoga bermanfaat Juraganers!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: