15++ Manfaat Belajar Bahasa Asing Paling Lengkap!

Manfaat Belajar Bahasa Asing – Hallo sahabat Juraganers dimanapun kalian berada, terima kasih telah berkunjung ke laman artikel berikut ini. Semoga sobat Juraganers dapat mengambil manfaat dari tulisan kali ini.

By the way, Adakah disini dari para Juraganers yang masih mengalami kesulitan dalam berbicara, mempelajari serta memahami bahasa asing? Atau apakah dari para Juraganers masih bertanya-tanya tentang kenapa harus mempelajari bahasa asing?

Atau bahkan jangan-jangan masih ada dari para Juraganers yang masih berpikiran kuno bahwa mempelajari bahasa asing itu tidak penting dan beranggapan bahwa bahasa asing tidak dapat mempengaruhi aspek kehidupan anda?

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Manfaat Belajar Bahasa Asing – Juraganesia.net

 

Menurut admin, Ini adalah pemikiran yang salah ya Juraganers! Ayo, segera ubah pemikiran kuno ini. Siapa bilang kalau bahasa asing itu tidak penting? Berarti dia belum membaca artikel Juraganesia yang satu ini. Nah kali ini, Juraganesia akan membahas mengenai manfaat belajar bahasa asing yang sangat luar biasa, mau tahu?

 

 

Baca : 10+ Manfaat Belajar Bahasa Jerman yang Harus Kamu Ketahui!

 

 

Tahukah Anda?

Tahukah anda Juraganers yang bijaksana, bahwa bahasa asing kini telah mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia khususnya dibidang komunikasi internasional dan peradaban teknologi seperti saat ini?

Sebenarnya, tidak hanya dalam ruang lingkup sekolah saja kita harus belajar asing, akan tetapi dimanapun dan kapan pun kita dapat mempelajarinya dan mempraktekkannya baik itu secara otodidak maupun praktek dengan teman- teman anda.

Selain itu, manfaat belajar bahasa asing sendiri sudah masuk disegala sendi-sendi kehidupan sepereti hubungan internasional, ekonomi, pariwisata dan masih banyak lagi. Banyak orang bertanya-tanya, mengapa harus mempelajari bahasa asing? Pada saat masa sekolah dulu tentu saja anda mempelajari bahasa asing, yaitu pada umumnya adalah bahasa inggris.

Belajar Bahasa Asing

Manfaat Belajar Bahasa Asing yang Sangat Luar Biasa – Juraganesia.net

 

Namun, para guru pada umumnya mengarahkan anda pada manfaat bahasa asing yang dasar, seperti contohnya manfaat bahasa asing dalam berinteraksi seperti percakapan sehari-hari saja padahal manfaat dalam berbahasa asing itu sendiri sangat luas lho sobat Juraganers.

Seperti contohnya dalam kehidupan sehari-hari, salah satu manfaat bahasa asing yang telah mempengaruhi aspek kehidupan manusia secara langsung adalah dibidang ketenagakerjaan. Jika anda dapat menguasai bahasa asing dengan baik, maka secara tidak langsung anda akan lebih dipertimbangkan oleh perusahaan dan tentu saja akan berpengaruh terhadap pada gaji dan jenjang karir anda.

Contoh lain manfaat dari belajar bahasa asing adalah anda akan lebih percaya diri dalam berkomunikasi ketika anda bepergian atau berlibur ke luar negeri. Sangat simpel bukan? Nah, mulai dari sekarang buanglah jauh – jauh pemikiran kuno tentang tidak pentingnya bahasa asing dalam kehidupanmu dan simak artikel ini secara seksama ya Juraganers.

Pada kesempatan ini, admin telah merangkum sebuah ulasan yang sangat menarik hanya untuk pemirsa Juraganers yang telah mampir dilaman ini 15+ Manfaat Belajar Bahasa Asing Paling Lengkap. So, are you ready Juraganers? Let’s check list out!

 

Baca Juga : Belajar Bahasa Jerman | Pengertian, Sejarah, Contoh, Tips Belajar Terlengkap!

 

 

Definisi Bahasa Asing

 

Definisi dari bahasa asing sendiri merupakan bahasa yang tidak pernah dipergunakan sekelompok orang, suku, ataupun bangsa tertentu untuk berkomunikasi dalam ruang lingkup lingkungan atau daerah tertentu yang bukan wilayahnya.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Definisi Bahasa Asing Menurut Para Ahli – Juraganesia.net

 

Seandainya jika kita mengambil contoh sederhananya bahwa definisi bahasa asing itu sendiri yaitu misalkan ketika mengalami kesulitan karena perbedaan bahasa, contoh bahasa Indonesia tentu saja akan dianggap asing apabila dipergunakan di negara Amerika Serikat yang notabene warga negaranya berbahasa Inggris. Begitu juga sebaliknya.

 

 

Artikel Terkait : Belajar Bahasa Inggris Seputar Comparison Degree, Lengkap!

 

 

Fungsi dan Tujuan Mempelajari Bahasa Asing

 

 

1. Meningkatkan kualitas diri Anda

Belajar bahasa asing dapat membantu anda menemukan cara berfikir yang baru tentu saja dalam situasi dan lingkungan yang baru. Contohnya, tujuan dari belajar bahasa asing jika anda bekerja di luar negeri anda memerlukan bahasa asing untuk berkomunikasi.

Dengan demikian, salah satu cara untuk meng-upgrade kualitas dan kemampuan diri anda dalam bersaing didunia global adalah dengan mempelajari bahasa asing itu sendiri.

Bahasa Asing

Fungsi dan Tujuan Belajar Bahasa Asing – Juraganesia.net

 

Baca Selengkapnya : 50+ Contoh Idioms Bahasa Inggris Paling Simpel dan Artinya.

 

 

2. Meningkatkan nilai positif bagi diri Anda

Jika anda belajar bahasa asing, seperti yang sudah admin sebutkan sebelumnya adalah kemungkinan atau peluang yang sangat besar bagi anda untuk diterima bekerja di perusahaan asing atau bekerja di luar negeri akan semakin besar serta anda juga akan sangat layak dipertimbangkan oleh perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, apa salahnya jika kita meningkatkan nilai positif bagi diri kita sendiri? Toh, itu juga sangat bermanfaat buat diri kita secara psikologis dan perkembangan memori atau kinerja otak manusia.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Fungsi dan Tujuan Belajar Bahasa Asing ” Meningkatkan Nilai Positif Pada Diri Anda” – Juraganesia.net

 

Yuk Baca Selengkapnya : 50+ Kata Bijak Bahasa Inggris yang Paling Hits Saat ini.

 

 

3. Menambah wawasan budaya orang lain.

Budaya dan komunikasi adalah hal yang saling berkaitan serta saling mengikat antara satu sama lain. Sebenarnya anda dapat memahami budaya orang lain melalui cara berkomunikasi dan perilaku serta kebiasaan (budaya) suatu negeri.

Manfaat Bahasa Asing

Menambah Wawasan Tentang Budaya Orang Lain – Juraganesia.net

 

Dilain halnya, komunikasi juga sangat erat kaitannya dengan bahasa, nah jika hendak memahami budaya negera lain maka anda juga harus bisa memahami bahasanya ya Juraganers.

 

 

 

Manfaat Belajar Bahasa Asing yang harus kamu tahu!

 

 

1. Menambah ilmu pengetahuan

Pertama, manfaat belajar bahasa asing yang paling sederhana adalah untuk menambah ilmu pengetahuan. contohnya seperti, ketika anda mencari referensi yang variatif untuk mata pelajaran di sekolah atau di kampus, anda bisa cari berbagai buku yang ditulis dengan menggunakan berbahasa asing.

Selain itu, dikarenakan banyak sekali buku atau manuskrip ilmu pengetahuan ditulis dengan menggunakan selain bahasa Indonesia, maka bagi anda yang hendak bermimpi menjadi ilmuwan, silahkan pelajari bahasa asing sejak dini mungkin.

Manfaat Belajar Bahasa Asing Paling Lengkap

Manfaat Belajar Bahasa Asing Sangat Dahsyat “Menambah Ilmu Pengetahuan dan Skill” _ Juraganesia.net

 

 

2. Membantu berkomunikasi dengan orang dari negara lain

JIka anda hendak bepergian ke luar negeri, bahasa asing pun juga diperlukan dalam hal ini. Manfaat belajar bahasa asing untuk berkomunikasi dengan seseorang dari negara lain. Sebagai contohnya ketika anda berlibur ke negara lain dan hendak menanyakan sesuatu pada warga lokal.

Dengan demikian, anda wajib hukumnya menguasai bahasa negara tersebut supaya dapat memudahkan anda dalam hal atau kegiatan traveling kemanapun dan kapanpun selama anda berada disana.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Manfaat Belajar Bahasa Asing “Membantu Komunikasi Dengan Orang Luar Negeri” – Juraganesia.net

 

 

3. Mendapatkan Istri Orang Luar Negeri

Terkadang sahabat Juraganers masih ada yang super bingung untuk mendapatkan tambatan hatinya dengan orang lokal, eitsss tunggu dulu dunia belum berakhir Gan.. Hehehe. Masih ada cara atau jalan untuk mencari jodoh, bahkan mainannya langsung ke luar negeri.

Tahukah anda sobat Juraganers, khususnya di negara Rusia, menurut survey kependudukan dinegara beruang merah itu sendiri telah mendata bahwa populasi wanita di negara tersebut lebih banyak tiga hingga empat kali lipat dibandingkan dengan populasi pria.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Manfaat Bahasa Asing “Mendapatkan Pasangan Orang Luar Negeri” – Juraganesia.net

 

Oleh karena itu, survey juga menyimpulkan bahwa wanita Rusia terancam tidak bisa menikah sehingga mereka sangat welcome untuk menerima calon suami dari luar negeri. Akan tetapi tunggu dulu, untuk menikahi gadis Rusia, anda harus bisa bahasa mereka ya sobat. Tunggu apalagi? Cusss… Belajar bahasanya sekarang juga.

 

 

4. Membantu meningkatkan penghasilan

Jika anda mempelajari bahasa asing adalah meningkatkan penghasilan anda. Loh kok bisa? bagaimana caranya? Jadi begini Juraganers, apabila anda sudah lancar menggunakan bahasa asing baik lisan maupun tulisan, anda bisa meningkatkan penghasilan banyak kok.

Manfaat Belajar Bahasa

Membantu Meningkatkan Penghasilan – Juraganesia.net

 

Bagaimana caranya? Salah satunya anda menjadi penerjemah bahasa asing kondangan atau lepas. Saat ini banyak perusahaan asing yang mencari jasa penerjemah bahasa, nah komisinya pun tidak main-main lho Juraganers!

 

 

5. Memperlambat Terkena Penyakit Alzheimer / Cepat Pikun.

Menurut penilitian seorang ahli linguistik Prof. Ridwan Johnson,P.HD dari Lomonosov State University of Moscow – Rusia, mengatakan bahwa dengan mempelajari bahasa asing apapun itu, maka akan berkhasiat sebagai antibiotic pada saraf otak dan guna mencegah penyakit cepat lupa atau pikun.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Mencegah Penyakit Alzheimer – Juraganesia.net

 

Dengan demikian, peneilitian ini telah teruji secara klinis bahwa siapapun yang mempelajari bahasa maka secara tidak langsung akan bermanfaat pada kinerja otaknya khususnya penuaan dini pada sistem saraf otak manusia dapat teratasi. Luar biasa bukan?

 

 

6. Kamu akan terlihat pintar

Manfaat selanjutnya dalam mempelajari bahasa asing adalah anda akan terlihat pintar dibandingkan orang pada rata-rata. Sebagai contonya, jika didalam sekolah anda bisa menggunakan dua bahasa, bahasa asing dan bahasa nasional, maka anda akan terlihat pintar oleh guru.

Penelitian ini juga telah teruji secara klinis bahwa siapapun yang mempelajari bahasa selain bahasa ibunya, maka seseorang tersebut memiliki kepintaran dan Intelegence Question (IQ) yang lebih pintar dibandingkan orang-orang lain pada umumnya.

Belajar Bahasa Asing Untuk SDehari- hari

Manfaat Belajar Bahasa Asing ” Kamu Akan Terlihat Pintar” – Juraganesia.net

 

 

7. Membantu meningkatkan kepercayaan diri

Mempelajari bahasa asing dapat meningkatkan rasa percaya diri lho Juraganers! Jika anda bisa menggunakan bahasa asing secara baik dalam ruang pekerjaan seperti di kantor ataupun dalam ruang lingkup sekolah, pasti anda akan terlihat istimewa.

Akan tetapi, admin menyarankan jangan terlalu berlebihan ya. karena itu akan dinilai relatif sombong oleh teman- teman anda. karena percaya diri dan pamer itu beda tipis Juraganers. Tinggal disesuaikan saja pada porsinya.

 

 

8. Kesempatan bekerja di luar negeri

Apabila anda sudah pintar dalam mengolah kata dengan menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari, secara tidak langsung anda sudah membuat potensi untuk anda bekerja di luar negeri.

Banyak manfaat jika anda bekerja diluar negeri, salah satunya jenjang karir yang semakin meningkat, rekam jejak yang sangat baik, diistimewakan untuk menjadi menantu idaman, dan lain- lain sebagainya.

 

 

9. Membantu pemasaran usaha

Nah, yang satu manfaat untuk aspek ekonomi. Jika anda adalah seorang pengusaha atau anda yang hendak memulai usahanya, mempelajari bahasa asing termasuk unsur terpenting dalam bisnis anda. Tanya kenapa? Karena jika bisnis anda berhasil menembus pasar internasional maka keungtungan pun semakin besar misalnya pada lini perdagangan ekspor impor.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Manfaat Belajar Bahasa Asing “Membantu Pemasaran Usaha” – Juraganesia.net

 

Ternyata anda dapat melakukannya dengan cara promosi melalui media apapun dan pasti harus dikaitkan dengan bahasa yang baik untuk menarik konsumen. Nah, disinilah anda dituntut untuk dapat berbahasa asing karena target pemasaran hanya bukan lagi dalam skala nasional melainkan internasional.

 

 

10. Peluang beasiswa

Manfaat yang satu ini datang dari aspek pendidikan jika anda telah mahir dalam penguasaan bahasa asing dengan baik. Jika anda dapat menguasai dan menggunakan bahasa tersebut secara lancar baik lisan maupun tulisan, Maka anda juga berpotensi besar untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Oleh karenanya, admin turut menghimbau bagi sobat yang memiliki mimpi untuk dapat berkuliah diluar negeri dengan beasiswa penuh, maka tidak ada salah nya untuk mencicil mimpi mulai dari sekarang.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Manfaat Belajar Bahasa Asing “Berpeluang Meraih Beasiswa” – Juraganesia.net

 

 

 

11. Memperkenalkan budaya Indonesia ke kancah internasional

Manfaat yang terakhir ini sangat berguna bagi kemajuan tanah air. Jika anda telah mengusai dan lancar menggunakan bahasa asing, anda dapat membantu memperkenalkan budaya-budaya yang lokal di kancah internasional.

Manfaat Belajar Bahasa Asing

Manfaat Belajar Bahasa Asing “Dapat Memperkenalkan Budaya Indonesia” – Juraganesia.net

Karena seperti yang kita tahu, Indonesia sendiri memiliki berbagai kebudayaan daerah yang tidak ketahui masyarakat internasional, hal ini dapat membuat budaya kita akan diklaim oleh negara orang lain. Maka mulai dari itu, berhentilah mempunyai pikiran bahwa bahasa asing itu tidak penting.

 

 

Nah Juraganesian, bagaimana pendapatmu? Sudah tahukan apa saja manfaat- manfaat belajar bahasa asing yang sesungguhnya? Jika kamu ada tambahan atau masukkan yang dapat kamu sharing sama admin, silahkan tulis komentarmu dibawah ini ya guys, Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: