35+ Manfaat Batu Bara Bagi Kehidupan Sehari- Hari

Manfaat Batu Bara – Selain menjadi sumber daya alam yang mampu bersaing di pasar Internasional, batu bara juga memiliki banyak sekali manfaatnya. Apalagi jika negara tersebut memiliki jumlah batu bara yang sangat melimpah.

Manfaat Batu Bara

Manfaat Batu Bara – Juraganesia.net

Batu menjadi salah satu sumber daya alam (SDA) yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis, karena hal itulah batu bara mampu bersaing di pasar Internasional. Selain itu, batu bara juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kehidupan sehari-hari.

Salah satu di antara manfaat batu bara adalah sebagai sumber energi utama untuk membangkitkan listrik. Hal ini bukan hanya bagi satu atau dua negara, namun mayoritas negara di dunia menjadikan batu bara sebagai bahan bakar pembangkit listrik.

 

Baca selengkapnya : Ternyata Inilah 15+ Komoditas Ekspor Indonesia Terbaik Saat Ini!

 

 

 

Contents

Pengertian Batu Bara

Manfaat Batu Bara

Manfaat Batu Bara – Juraganesia.net

Batu bara merupakan hasil tambang yang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam (SDM) nonhayati, yakni sumber daya alam yang dapat diusahakan kembali keberadaannya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus. Selain batu bara, yang termasuk SDM nonhayati misalnya air, angin, sinar matahari dan hasil tambang.

Pada pengertian umumnya, batu bara adalah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, utamanya seperti sisa-sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan. Unsur utama pembentuk batu bara terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen.

Selain merupakan hasil tambang yang termasuk ke dalam SDM nonhayati dan batuan sedimen yang dapat terbakar, batu bara juga adalah sebuah batuan organik yang mempunyai sifat-sifat kimia dan kimia kompleks yang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk.

 

 

 

 

Fungsi Batu Bara

Batu bara merupakan salah satu sumber daya alam yang memiliki fungsi yang berarti bagi kehidupan sehari-hari. Beberapa fungsi dari batu bara yang perlu kita ketahui ialah sebagai berikut:

Manfaat Batu Bara

Manfaat Batu Bara – Juraganesia.net

 

 

 

1. Sebagai sumber energi pembangkitan listrik

Secara umum batu bara berfungsi sebagai sumber energi untuk pembangkitan listrik. Hal ini karena keberadaannya yang sangat terjangkau. Sekitar 50% energi listrik di Amerika, dihasilkan dari penggunaan batu bara.

 

 

 

2. Sebagai bahan bakar untuk berbagai macam industri

Batu bara juga dijadikan sebagai bahan bakar dalam berbagai macam industri seperti produksi bahan kimia, kertas, plastik dan produk berbagai material logam, baja, keramik dan pupuk.  Selain itu, batu bara juga berfungsi sebagai bahan bakar dalam industri seperti kilang alumunia dan bahan pada industrir kimia dan farmasi.

 

 

 

3. Meningkatkan perekonomian

Negara yang memiliki jumlah sumber daya alam yang melimpah, apalagi diminati oleh banyak para pelaku bisnis, pastilah akan memperolah keuntungan dari hasil pengolahannya. Salah satunya adalah pertambangan batu bara yang dapat meningkatkan perekonomian suatu negara.

 

Artikel Terkait : Bukan Main, RI Ekspor Batu Bara Ke Negara Vietnam!

 

 

 

 

Pemanfaatan Batu Bara di Industri Pertambangan

Manfaat Batu Bara

Manfaat Batu Bara – Juraganesia.net

Pemanfaatannya sebagai sumber energi paling penting untuk membangkit listrik membuat banyak industri di dunia mulai mengalihkan fokus energi mereka kepada batu bara. Apalagi Indonesia, sebagai salah satu produsen dan eksportir batu bara terbesar di dunia.

Industri pertambangan batu bara memiliki peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi, khususnya di Indonesia sendiri yang memiliki jumlah sumber daya mencapai 124.600 juta ton dan cadangannya mencapai 26.214 juta ton pada tahun 2017. Dengan demikian, cadangan batu bara di Indonesia hanya ±0,6% dari jumlah cadangan batu bara dunia.

Hal ini tentu menunjukkan bahwa negara yang memiliki sumber daya alam batu bara melimpah dan dikelola dengan sangat baik akan memperoleh keuntungan yang dapat meningkatkan perekonomian negara tersebut.

 

 

 

Kegunaan Batu Bara Secara Umum

Manfaat Batu Bara

Manfaat Batu Bara – Juraganesia.net

Batu  bara merupakan sumber energi paling penting untuk pembangkitan listrik dan berfungsi sebagai bahan utama untuk produksi baja dan semen. Selain itu batu bara juga digunakan untuk menggerakan kereta api.

Adapun kegunaan lainnya dari batu bara yakni menjadi bahan untuk pembuatan pupuk, pembuatan plastik dan penghasil produk gas. Hal inilah yang membuat batu bara menjadi salah satu komoditas yang paling diminati oleh banyak orang.

 

 

Manfaat Batu Bara Bagi Kehidupan Sehari- hari

Batu bara memiliki banyak sekali kegunaan atau manfaat, apalagi bagi kehiduan sehari-hari. Selain berfungsi sebagai sumber energi untuk pembangkitan listrik, berikut ini beberapa manfaat batu bara bagi kehidupan sehari-hari :

 

 

1. Digunakan dalam industri produksi baja

Batu bara menjadi sumber paling penting dalam industri pembuatan baja. Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita menemukan berbagai macam perlengkapan industri yang terbuat dari baja. Misalnya seperti perlengkapan kesehatan, peralatan pertanian, model transportasi, dan lain sebagainya.

 

 

 

2. Sebagai bahan bakar cair

Batu bara bisa dimanfaatkan sebagai pengganti bahan bakar minyak. Hal ini karena batu bara bisa diubah menjadi bentuk bahan bakar cair, yakni dengan cara dimurnikan dengan melakukan proses ulang sehingga menghasilkan minyak dengan kualitas yang lebih baik dari minyak yang didapatkan dari kilang minyak secara langsung.

 

 

 

3. Menghasilkan produk gas

Batu bara dapat menghasilkan produk gas, yakni batu bara yang masih berada dalam tanah yang dilakukan dengan teknologi canggih untuk mengambil gas yang dihasilkan oleh batu bara murni. Kemudian, produk gas yang dihasilkan oleh batu bara akan diolah di tempat pertambangan hingga menjadi beberapa produk yang lainnya, seperti untuk pembangkit tenaga gas, produk gas hidrogen dan solar.

 

 

 

4. Digunakan dalam industri alumunium

Selain mendukung industri pembuatan baja, batu bara juga bisa dimanfaatkan untuk industri pembuatan alumunium. Keduanya saling berkesinambungan, di mana produk baja yang dihasilkan dari olahan besi akan dipisahkan sesuai dengan kualitasnya. Dan produk yang tidak memiliki syarat menjadi baja, akan diolah kembali menjadi alumunium.

 

 

 

5. Digunakan dalam industri produk semen

Semen adalah salah satu material penting untuk pembuatan produk kontruksi. Terbuat dari campuran bahan antara lain seperti kalsium karbonat, oksidasi besi, oksida alumunium dan silica. Batu bara menjadi salah satu bahan bakar pokok dalam pembuatan semen.

 

 

 

6. Komponen dalam pembuatan sabun

Hasil olahan sampingan batu bara dapat dimanfaatkan untuk pembuatan sabun. Yakni olahan batu bara yang telah melewati proses pembakaran, pemurnian hingga produk akhir. Dalam prosesnya memang tidak bisa secara langsung menghasilkan produk sabun, namun diperlukan juga beberapa zat pelarut dan pengikat aroma pada produk sabun itu sendiri.

 

 

 

7. Dapat meningkatkan perekonomian rakyat

Pada proses pengolahannya, batu bara memiliki rantai produksi khusus yang sangat panjang. Dengan begitu, batu bara membutuhkan tenaga kerja dari berbagai bidang ilmu pengetahuan. Maka batu bara akan meningkatkan perekonomian masyarakat karena mendukung terciptanya lapangan kerja.

 

 

 

8. Mendukung perekonomian negara

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa batu bara adalah sumber daya alam yang banyak diminati oleh para pelaku bisnis di dunia. Maka negara yang memiliki batu bara melimpah akan menerima keuntungan dan berpotensi meningkatkan perekonomian.

 

 

 

9. Mendukung industri plastik

Ketersediaan batu bara berperan sangat penting bagi industri pembuatan plastik.  Batu bara digunakan untuk pembakaran beberapa komponen biji plastik. Batu bara menghasilkan panas yang khusus sehingga sangat baik untuk mendukung kualitas plastik dan proses pembuatannya.

 

 

 

10. Menghasilkan produk serat (bahan rayon dan nilon)

Hasil sampingan dari pengolahan batu bara sebagai produk plastik dapat membentuk serat khusus yang didapatkan dari limbah pastik. Kemudian selanjutnya serat ini akan diolah menjadi rayon dan nilon yang saat ini banyak digunakan dalam industri produk kemasan plastik.

 

 

 

11. Digunakan dalam industri bahan kimia

Sumber daya alam batu bara banyak dimanfaatkan di banyak sekali bidang industri di dunia. Baik olahan batu bara secara murni maupun hasil sampingan dari olahan tersebut. Olahan batu bara bisa menghasilkan produk bubuk batu bara yang sangat halus dengan ukuran skala kecil. Produk ini bisa digunakan untuk memproduksi seperti cairan fenol dan benzena yang penting untuk beberapa industri kimia.

 

 

 

12. Digunakan dalam industri farmasi

Selain mendukung industri bahan kimia, batu bara juga memiliki peran yang sangat penting dalam industri farmasi. Produk-produk kimia yang dihasilkan dari olahan sampingan batu bara dapat menjadi bahan utama dalam produksi obat-obatan.

 

 

 

13. Digunakan dalam industri produk kertas

Batu bara juga sangat mendukung industri pembuatan kertas. Hal ini karena panas yang dihasilkan batu bara mampu memisahkan bagian serat dengan ukuran tertentu dalam proses pembuatan kertas  yang dinilai sangat rumit.

 

 

 

14. Digunakan dalam produksi logam silikon

Batu bara juga dapat dimanfaatkan untuk pembuatan logam silikon. Logam silikon adalah salah satu hasil sampingan dari pengolahan baja oleh bat bara. Produk ini dapat menghasilkan berbagai jenis komponen yang mendukung industri produksi bahan bakar cair.

 

 

 

15. Digunakan dalam produksi karbon aktif

Produk karbon aktif mungkin tidak familiar kita dengar, namun pada kegunaannya ternyata produk ini mendukung sistem kerja filter yang banyak digunakan pada mesin pengolah kualitas udara dan mesin untuk cuci darah.

Ternyata dalam proses pembuatannya, karbon aktif dihasilkan dari sisah hasil pembakaran batu bara dalam industri pembangkit listrik, produk pembakaran untuk menjalankan industri dan sisa bahan bakar batu bara itu sendiri.

 

 

 

16. Digunakan dalam produksi bahan pengeras

Salah satu manfaat batu bara lainnya adalah dapat digunakan dalam produksi bahan pengeras, seperti baja ringan atau alumunium. Batu bara mampu menghasilkan panas yang sangat baik untuk memisahkan produk baja sesuai dengan kualitas atau tingkat kekerasannya. Hasil sampingan dari proses ini akan diperoleh bahan baja yang menghasilkan alumunium sebagai bahan pengeras yang digunakan dalam pembuatan alat-alat industri.

 

 

 

17. Digunakan dalam pembuatan bahan metanol

Metanol merupakan salah satu bentuk bahan bakar cair yang banyak digunakan dalam berbagai macam perindustrian. Produk ini dihasilkan dari proses pemurnian batu bara yang masih berada di dalam tanah menjadi gas.

 

 

 

18. Digunakan dalam produksi naftalen

Selain metanol, bahan bakar berbentuk cair hasil olahan batu bara lainnya adalah naftalen. Yakni jenis bahan kimia cair khusus yang dihasilkan dari olahan batu bara yang dihancurkan, kemudian bubuk halus yang dihasilkannya dimurnikan ulang sehingga bisa menghasilkan produk naftalen.

 

 

 

19. Mendukung produksi pupuk pertanian

Batu bara dimanfaatkan dalam proses pengolahan pupuk pertanian kimia. Dalam pembuatan pupuk pertanian, selalu membutuhkan gas khusus atau pembakaran khusus yang dibisa diberikan dari batu bara. Jelasnya, berbagai jenis produk olahan sampingan batu bara akan dimurnikan dengan menggunakan perlengkapan khusus sehingga menghasilkan bahan-bahan pembuat pupuk kimia.

 

 

 

20. Digunakan dalam pembuatan zat pewarna

Batu bara juga berguna dalam pembuatan zat pewarna. Biasanya zat pewarna sintetis banyak digunakan dalam industri garmen. Ternyata, beberapa zat pewarna kimia dan pewarna khusus didapatkan dari proses batu bara yang telah digiling sehingga menjadi bubuk yang ukurannya sangat kecil.

 

 

 

21. Sebagai sumber tenaga pembangkit listrik

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa alasan mengapa batu bara menjadi SDA yang paling banyak diminati oleh para pelaku bisnis, salah satunya adalah karena batu bara menjadi sumber tenaga pembangkit listrik di seluruh dunia.

 

 

 

22. Digunakan dalam pembuatan fenol

Batu bara juga dapat digunakan dalam pembuatan fenol yakni salah satu produk bahan bakar minyak. Produk ini dihasilkan dari tar batu bara yang berbentuk bubuk halus. Fenol banyak digunakan dalam berbagai macam perindustrian kimia.

 

 

 

23. Digunakan dalam produksi benzena

Benzena adalah salah satu komponen dari bahan bakar cair yang sangat penting dalam menggerakkan transportasi dunia. Produk ini dihasil dari pengolahan ulang batu bara yang bisa menghasilkan bubuk halus. Biasanya pada pengolahan produk ini akan di daur ulang dari batu bara yang didapatkan dari pertambangan atau pembangkit listrik.

 

 

 

24. Digunakan dalam produksi asam nitrat

Pemanfaatan batu batu bara digunakan dalam pembuatan asam nitrat, yakni dihasilkan dari hasil olahan sampingan yang didapatkan dari produk gas oven kokas batu bara. Prosesnya melalui pembakaran yang akan menghasilkan bahan kokas batu baru, kemudian uap dari kokas tersebut diubah menjadi bentuk asam nitrat.

 

 

 

25. Digunakan dalam pembuatan garam amoniak

Selain mampu menghasilkan asam nitrat, uap dari kokas batu bara juga dapat menghasilkan garam amoniak. Garam amoniak merupakan salah satu produk terpenting dalam beberapa industri kimia seperti halnya pembuatan pupuk pertanian atau bahan kimia lainnya.

 

 

 

26. Komponen pembuatan aspirin

Diperlukan pembakaran batu bara untuk pengolahan aspirin. Produk ini merupakan salah satu hasil dari dunia medis yang diperuntukkan mereakan penutun nyeri penyakit dan meredakan berbagai macam penyakit lainnya. Biasanya pengolahan yang seperti ini dilakukan dalam industri kimia.

 

 

 

27. Menghasilkan kokas, listrik dan uap

Batu baru telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai hal, terutama dalam bentuk energi listrik. Adapun jenis batu bara yang paling banyak digunakan dan mudah didapat untuk menghasilkan listrik, uap dan kokas adalah jenis batu bara bitumen.

 

 

 

28. Digunakan dalam pembuatan sampo

Manfaat batu bara selanjutnya adalah bisa digunakan dalam pembuatan sampo. Batu bara yang disuling akan menghasilkan residu yang dikenal sebagai tar batu bara yang berbentuk cair dan berwarna hitam pekat. Kemudian dapat dimanfaatkan dalam pembuatan sampo.

 

 

 

29. Sebagai cadangan minyak bumi

Minyak bumi merupakan salah satu bahan bakar terpenting bagi kehidupan sehari-hari. Ketersediaannya yang semakin menipis membuat kita harus mencari sumber energi lain untuk dimanfaatkan, salah satunya adalah batu bara.

 

 

 

30. Sebagai kayu bakar

Selain dapat dijadikan sebagai pengganti bahan bakar minyak bumi, ternyata batu bara juga dapat menggantikan peranan kayu kabar untuk memasak. Hal ini sangatlah bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, terutama ketika penggunaan kompor gas tidak memungkinkan.

 

 

 

31. Pengganti minyak tanah

Batu bara dapat dimanfaatkan sebagai pengganti minyak tanah, yakni dalam bentuk briket batu bara. Pemanfaatan briket batu bara sebagai pengganti minyak tanah di nilai sangat efektif dan ekonomis.

 

 

 

32. Digunakan dalam industri peternakan ayam

Selain sebagai pengganti minyak tanah, briket batu bara juga dapat digunakan dalam industri peternakan ayam yakni sebagai pemanas anak ayam. Jenis briket batu bara yang paling banyak digunakan adalah briket karbonisasi, karena briket ini tidak melalui proses karbonisasi sehingga harganya relatif lebih murah.

 

Nah, Sobat Juraganers, demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai manfaat batu bara bagi kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali manfaat dari batu bara yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya, ya.

Negara yang memiliki sumber daya alam batu bara, perlu memberi perhatian lebih pada hal ini. Sebab manfaatnya yang sangat luar biasa bagi kehidupan, seharusnya dapat diolah dengan semestinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: