[Terbaru] Inilah 20+ Makanan Khas Jepang yang Paling Hits Jaman Now!

Makanan Khas Jepang – Hallo sahabat Juraganers yang senantiasa kami cintai dan kami banggakan selalu, terimakasih telah berkunjung dan baca- baca beberapa artikel di situs ini. Semoga bermanfaat bagi admin dan sobat Juragan dimanapun dan kapanpun.

Salah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berlibur ke negara Jepang adalah melakukan wisata kuliner ke berbagai tempat yang ada di Jepang. Selain kaya akan kebudayaannya, makanan di negeri sakura juga sangat beranekaragam dengan cita rasa yang sangat lezat.

Beberapa makanan khas Jepang yang mungkin sudah familiar di telinga adalah sushi, onigiri, takoyaki dan ramen. Namun ternyata bukan hanya itu saja. Selain beraneka ragam, makanan khas Jepang pun sangat sehat karena berbahan dasar ikan, daging dan sayuran.

Bagi orang Indonesia yang terbiasa memakan makanan yang belum dimasak mungkin akan terasa sedikit berbeda, namun hal ini tidak memungkiri keberadaan sushi sebagai makanan khas Jepang yang banyak diminati orang saat ini.

 

 

 

Makanan Khas Jepang Terpopuler Saat Ini

Selain ramen, takoyaki, sushi dan onigiri, ada banyak sekali makanan khas Jepang. Bahkan di Indonesia sekalipun saat ini sudah berjamur kedai-kedai yang menjajakan makanan khas Jepang. Biasanya mereka menyesuaikannya dengan lidah orang Indonesia.

Untuk menambah pengetahuan Anda tentang makanan khas Jepang. Ada baiknya anda dapat membaca sekilas ulasan pada artikel kali ini. Berikut ini kami rangkum hanya untuk Anda, 20+ Makanan Khas Jepang yang Paling Hits Jaman Now!

 

 

1. Sushi

Sushi merupakan salah satu makanan khas Jepang yang sudah sangat dikenal terutama di negara Indonesia. Beberapa orang mungkin sudah pernah mencoba cita rasa sushi yang lezat.

Sushi adalah makanan berupa nasi digulung yang biasanya dicampur dengan seafood, sayuran dan ada juga potongan mentimun, belut atau salmon kemudian dibalut nori atau rumput laut, bisa juga dengan daun seperti shiso. Lalu digulung menggunakan makisu atau anyaman bamboo persegi panjang.

Biasanya sebelum disajikan, sushi yang sudah digulung menggunakan makisu akan dipotong-potong pendek. Hal ini untuk lebih memudahkan saat mengkonsumsi.

 

 

 

2. Sup Miso

Makanan khas Jepang selanjutnya adalah sup miso. Sup miso merupakan salah satu hidangan pembuka atau hidangan pendamping yang umum disajikan di Jepang. Keberadaan sup miso bagi masyarakat Jepang dianggap penting untuk sarapan.

Dalam sup miso mencakup danshi (bumbu yang biasa digunakan untuk membuat kaldu ikan? Miso dan juga tahu. Miso adalah produk bumbu khas Jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasi.

 

 

 

3. Tempura

Cara memasak tempura adalah digoreng, berbeda dengan sushi dan sup miso. Berbahan dasar ikan atau sayuran yang dibalut dengan campuran tepung gandum, air dan telur. Kemudian digoreng dengan minyak sayur.

Sebaiknya memasak tempura pada suhu rendah dan dalam waktu singkat, hal ini bertujuan untuk mempertahankan cita rasa bahan yang digunakan. Beberapa restoran mahal biasanya menyajikan tempura renyah yang baru matang dengan sangat sederhana yaitu hanya dibumbui dengan garam.

 

 

 

4. Edamame

Di Indonesia, umumnya edamame ini dikenal dengan kedelai dari Jepang yang dikukus atau direbut dan diberi sejumput garam untuk menambah cita rasa. Di negeri asal makanan ini, edamame termasuk tanaman tropis dan dijadikan sebagai sayuran serta camilan kesehatan.

Anda dapat menjumpai edamame di restoran Jepang atau restoran berkelas lainnya untuk disantap sebagai camilan yang sehat. Cita rasa edamame sangat gurih dan lezat. Edamame bisa juga dimasak menjadi sup.

 

 

 

5. Ramen

Selain sushi, ada lagi makanan khas Jepang yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Ramen sebuah makanan berbahan dasar mie yang dicampur dengan kuah kaldu dan berisi di dalamnya seperti daging, ikan, miso dan irisan daun bawang.

 

 

 

6. Mochi

Mochi adalah salah satu jenis kue yang berasal dari Jepang. Terbuat dari beras ketan yang ditumbuk hingga lembut dan lengket yang kemudian dibentuk bulat lonjong dengan warna-warna yang berbeda seperti hijau, kuning, merah dan putih.

Di Jepang ada sebuah perayaan yang disebut perayaan tradisional mochitsuki, pada perayaan itu biasanya orang-orang membuat mocha untuk dimakan. Tekstur mocha sangat lembut saat memakannya masuk ke dalam mulut, namun lama-kelamaan akan berubah menjadi lengket.

 

 

 

7. Okonomiyaki

Makanan khas Jepang ini terbuat dari tepung terigu yang pengolahannya diencerkan lalu dicampur dengan daging, telur, kol dan kemudian digoreng. Bahan daging yang digunakan adalah daging babi dan daging cumi.

Biasa dimakan dengan kote atau sendok datar yang berfungsi untuk membolak-balikkan okonomiyaki di penggorengan. Kebanyakan dari restoran okonomiyaki membiarkan Anda untuk memasak okonomiyaki pesanan sendiri di meja Anda.

 

 

 

8. Soba

Soba adalah makanan sejenis mie yang berbahan dasar tepung gandum. Kebanyakan mie soba dicampur dengan kakesoba atau kuah soba. Salah satu hal unik ketika memakan mie soba hingga mengeluarkan suara ketika menyeruput mie, menurut orang Jepang hal ini dianggap sebagai pujian kepada orang yang memasaknya.

 

 

 

9. Onigiri

Onigiri biasanya dijadikan sebagai makanan bekal yang memiliki bentuk sangat praktis untuk dimakan langsung dengan tangan, mungkin hampir sama seperti sandwich. Onigiri biasanya berbentuk segitiga dan agak bulat. Onigiri bisa dengan mudah Anda temukan ketika berkunjung ke Jepang. Biasanya onigiri disebut dengan nama omusubi.

 

 

 

10. Yakiniku

Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah daging yang dimasak dengan cara dibakar atau dipanggang. Daging yang digunakan biasanya daging sapi dan daging domba.

Makanan yang satu ini biasanya dibentuk atau dipotong persegi empat dan ditusuk kemudian dipanggang atau dibakar. Meski ditusuk sama seperti sate, daging yakiniku yang ditusuk besar-besar.

 

 

 

11. Takoyaki

Takoyaki adalah salah satu makanan khas Jepang yang sudah sangat menjamur di Indonesia. Makanan yang satu ini berbahan dasar tepung terigu yang dibentuk bulat-bulat kecil dengan isian daging gurita.

Takoyaki juga biasa ditambah dengan toping seperti beni shoga, katsuobushi, taburan nori, mayones dan saus takoyaki serta bumbu keca manis yang semakin menggoda selera.

 

 

 

12. Sashimi

Sashimi merupakan makanan yang berupa irisan ikan segar. Jenis ikan yang biasa digunakan adalah ikan yang kaya akan Omega 3 seperti tuna, salmon dan lainnya. Pada saat ini sashimi sudah banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Orang-orang Jepang sangat menyukai sashimi, hal ini karena kadar Omega 3 yang terkandung di dalam ikan-ikan tersebut sangat tinggi jika dimakan dalam keadaan mentah, daripada memakannya dalam keadaan matang.

 

 

 

13. Chirashizushi

Makanan yang satu ini terbuat dari nasi sushi yang disajikan dalam mangkuk bersama dan topingnya. Chirashizushi memiliki dua versi yang berbeda, yaitu Gomokuzushi dan Edomae chirashizushi.

Gomokuzushi terdiri dari toping matang atau juga mentah yang dicampur dengan nasi. Sedangkan edomae chirashizushi terdiri dari nasi dengan toping sashimi mentah.

 

 

 

14. Nasi Kari Jepang

Nasi kari Jepang biasanya disajikan dalam beberapa bentuk yaitu nasi kari, kare udon dank are-pan. Nasi kari atau biasa disebut kare terbuat dari berbagai jenis sayuran dan daging. Sayuran yang digunakan yaitu bawang bombay, wortel dan kentang. Sementara dagingnya adalah daging sapi, babi dan ayam.

 

 

 

15. Udon

Selain ramen dan soba, udon juga termasuk ke dalam makanan berjenis mie. Makanan yang satu ini sudah lama dikenal di Jepang dari sejak dulu. Terbuat dari tepung terigu yang berbentuk tebal serta agak lebar.

Di negeri matahari sana, udon termasuk makanan rakyat karena berharga murah dan juga banyak dimakan sebagai pengganti nasi.

 

 

 

16. Sukiyaki

Makanan khas Jepang yang satu ini terdiri dari irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran dan tahu yang dicampur dengan bumbu kecap asin, gula pasir dan mirin yang dimasak di dalam panci besi di atas meja makan dengan cara direbus.

Sayuran yang digunakan antara lain bawang bombay, daun bawang, sawi putih , shungiku, jamur shiitake dan jamur enoki. Biasanya ditambahkan ito konnyaku atau shirataki yang berbentuk seperti soun berwarna bening atau sedikit abu-abu.

Cara memakan sukiyaki ini adalah dengan mencelupkan irisan daging ke dalam kocokan teluar ayam. Sukiyaki dianggap sebagai makanan untuk pesta.

 

 

 

 

17. Shabu-shabu

Makanan yang satu ini berupa irisan tipis daging sapi yang dicelupkan ke dalam panci khusus berisi air panas yang ada di meja makan lalu dilambai-lambaikan di dalam kuah tersebut hingga beberapa kali sebelum akhirnya dimakan bersama saus yang mengandung wijen atau disebut gomadare atau ponzu.

 

 

 

 

18. Yakisoba

Satu lagi makanan khas Jepang yang sejenis mie,yaitu yakisoba. Makanan mie yang satu ini terdiri dari mie yang digoreng bersama kol, sayur-sayuran dan daging serta ditambah dengan bumbu saus uster atau saus yakisoba.

Menurut namanya yakisoba adalah soba goreng, namun mie yang dipakai untuk membuat yakisoba adalah mie yang sudah dikukus matang dari baha tepung terigu mirip dengan ramen, bukan soba yang dibuat seperti mie goreng.

 

 

 

 

19. Karaage

Karaage merupakan teknik memasak ala negeri sakura di mana berbagai jenis bahan makanan seperti daging atau ikan digoreng dalam rendaman minyak. Daging-daging ini dipotong dan dibumbui dengan mirin atau saus rendaman asin yang terbuat dari campuran kecap asin, bawang putih dan jahe.

Setelah dibumbui, kemudian dilapirsi dengan tepung terigu atau tepung kentang. Baru setelah itu digoreng dalam minyak goreng yang banyak mirip dengan cara memasak tempura.

 

 

 

20. Ebi Furai

Makanan khas Jepang yang satu ini terbuat dari udang utuh yang dilapisi dengan tepung roti dan digoreng. Makanan ini sangat enak bila disajikan sebagai camilan atau juga lauk untuk teman nasi dan sayur Anda.

 

 

Demikianlah Juraganers, 20+ Makanan Khas Jepang yang Paling Hits Jaman Now! Anda dapat menemui makanan khas Jepang tersebut di beberapa restoran ala Jepang di Indonesia. Jadi, jangan untuk mencobanya ya. Bagaimana menurut anda?

Semoga bermanfaat, salam kuliner super buat para Juragan!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: