Kumpulan Kisah Inspiratif yang Wajib Kamu Baca

Kisah Inspiratif – Hallo Sahabat Juragan se- Indonesia dimanapun kalian berada, berikut ini adalah beberapa kumpulan kisah-kisah ataupun cerita yang sangat inspiratif dan semoga menjadi pandangan hidup bagi semua teman-teman atau sahabat Juraganesia diseluruh indonesia dan seantero dunia. Ayo dibaca sampai habis ya sahabat Juragan, semoga kisah-kisah inspiratif ini bisa menjadi inspirasi dan gagasan yang bermanfaat bagi semuanya. Lets Check list out!

Kisah Pertama : Kemampuan Manusia yang Tanpa Batas

Pada sebuah workshop, ada seorang trainer yang mengisi pelatihan bagi seluruh peserta workshop pada saat itu. Dan seorang trainer tersebut membawa sebuah ember yang berisikan air. Lalu ia mengambil batu yang berbagai besar ukurannya sehingga penuh, serta menggoyangkannya dengan harapan ada tempat yang bisa diisi oleh batu2 lain. lalu trainer itu bertanya kepada hadirin’’ apakah ember ini sudah penuh?’’ lalu peserta menjawab, ‘’ ya ,sudah!’’

Kemampuan Manusia ynag Tanpa Batas - Juraganesia.net

Kemampuan Manusia ynag Tanpa Batas – Juraganesia.net

Lalu, trainer itu tersenyum dan menggelengkan kepala karena tidak setuju dengan jawaban hadirin. Lalu ia menyuuruh salah satu pesrta untuk mengambil batu2 kerikil. Lalu memberikannya kepada trainer tsb. Kemudian pada beberapa saat setelah diberikan batu tsb kpd trainer, dengan segera menuangkan seluruh kerikil kedalam ember sehingga memenuhi ember tersebut. Lalu trainer itu bertanya lagi,’’apakah ember ini sudah penuh?’’. Hadirin menjawab’’ ya , sudah!’’

Kemudian, trainer itu tersenyum lagi dan menggelengkan kepala karena tidak setuju atas jawaban hadirin. lalu ia menyuruh seorang peserta lagi untuk mengambil sekantong plastik berisi pasir. Lalu ketika pasir itu telah diberikan kepada trainer tu , sesegera mungkin ia menuangnya keember tersebut. Lalu ia bertanya lagi kepada para hadirin ‘’ apakah ember tersebut sudah penuh?’’ lalu hadirin dengan kesal menjawab’’ sudah mas bro!’’.

Kemudian trainer itu berkata’’ biar ku perjelas apa maksud yang telah aku lakukan. Batu berukuran besar adalah prioritas kerja kita, sedangkan batu kerikil adalah aktivitas2 pendamping/pendukung/ extra, dan pasir itu adalah aktivitas2 ringan yang bermanfaat namun sering dilupakan. Apa itu? Termasuk ‘’menulis planning dan timing”

 

Kisah Kedua : Arti Sebuah Prestasi Bagi Seorang Atlet

Ketika itu ada seoarang atlet bela diri karateka yang ingin meraih sabuk hitam. Ketika ia ingin diberi sabuk hitam oleh pelatihnya, lalu si pelatih bertanya,’’ apa arti sabuk hitam ini bagimu?’’ lalu ia menjawab ‘’ itu adalah sabuk level tertinggi pada beladiri ini’’. Lalu sipelatih berkata’’ kamu tidak berhak mendapatkan sabuk ini, pergi dan kembalilah tahun depan.’’

Arti Sebuah Prestasi Bagi Seorang Atlet - Juraganesia.net

Arti Sebuah Prestasi Bagi Seorang Atlet – Juraganesia.net

Pada tahun kedua, ketika si atlet ingin disemat sabuk hitam oleh pelatihnya, si pelatih bertanya lagi,’’apa arti sabuk hitam ini bagimu?’’ lalu ia menjawab’’ kekuatan, keuletan , dan ketangguhan dalam bertarung’’ sipelatih berkata’’ kamu tidak berhak mendapatkan sabuk ini , pergi dan kembalilah tahun depan’’.

Tahun ketiga si atlet ini kembali untuk meraih sematan sabuk hitam dari sang pelatih. Lau si pelatih berkata’’ apa arti sabuk hitam ini bagimu? Lalu ia menjawab,’’ suatu langkah pemula bagiku untuk meningkatkan potensiku ke arah yang lebih baik.’’ Si pelatih berkata’’ sekarang kamu berhak mendapatkan sabuk ini, karena kamu sudah mengetahui apa arti sabuk hitam ini bagimu.’’

 

Kisah ketiga : Arti Toleransi Dalam Berteman

Ada 2 orang sahabat berjalan dipadang pasir,karena suatu sebab, keduanya bertengkar. Sampai ada yg memuku wajah sahabatnya.lalu , pemuda yg dipukul wajahnya merasa kesakitan dan tidak ada kata yg keluar dr mulutnya. Kemudian ia bangkit dan menuliskan diatas pasir’’ hari ini teman setiaku memukul wajahku’’. Lalu sahabat itu baikkan dan melanjutkan perjalanan kembali sampai ketemu oase di tengah-tengah gurun. Dan memutuskan untuk membuang rasa lelah dan penat dgn mandi bersama.

Toleransi dalam Berteman - Juaraganesia.net

Toleransi dalam Berteman – Juaraganesia.net

Pemuda yg dipukulinya tadi terperosot lumpur pasiryang bergerak.perlahan2 ia tenggelam lalu sahabatnya satu lagi menolongnya hingga selamat. Lalu, ia bangkit dan menulisnya diatas batu’’ hari ini teman setiaku menyelamatkanku dari maut.’’

Lalu sahabat yang satu lagi bertanya ‘’ mengapa ketika aku memukul wajahmu , kau menuliskan diatas pasir, dnan ketika aku menyelamatkanmu dari maut kamu menuliskannya diatas batu?’’ lalu sahabat yg dipukuli wajahnya menjwab’’ ketika ada orang yg menyakiti kita, lebih baik kita menuliskannya diatas pasir,dimana angin toleransi dan kebesaran hati suatu waktu bisa menghapusnya. Tetapi ketika ada orang yang berbuat baik kepada kita, kita harus mengabadikan diatas batu atau lainnya. Dimana tidak ada jenis angin yang bisa menghapusnya.

 

Kisah keempat : Terlalu Tergesa – gesa Dalam Mengambil Keputusan

Disebuah hutan, hiduplah seorang laki laki bersama seoarang anak balita dan anjingnya yang terpercaya. Anjing itu menjadi andalan dalam menjaga rumah, anak, dan tanamannya. Pada suatu hari, orang itu pergi mencari makanan dan kebutuhan lainnya dalam waktu yang relatif lama. Dia meninggalkan anaknya dalam penjagaan anjingnya yang setia. Sore harinya, ketika pemuda itu kembali kerumah,dia mendapati anjingnya diluar rumah dengan berlumuran darah dimulutnya. Tanpa pikir panjang, pemuda itu mengambil senapan dan menembak anjing kesayangan dia bertubi- tubi sehingga tewas.

Terlalu Tergesa-gesa Dalam Mengambil Sebuah Keputusan - Juraganesia.net

Terlalu Tergesa-gesa Dalam Mengambil Sebuah Keputusan – Juraganesia.net

Tetapi alangkah terkejutnya dia ketika masuk kerumahnya, dia mendapati anak balitanya sedang bermain dan disampingnya tergeletak seekor musang dengan darah yang berceceran disekujur tubuhnya. Akhirnya dia sadar, bahwa darah yang dimulut anjing setianya itu adalah darah musang bukan darah anaknya. Tapi semua sudah telanjur.

Anjingnya sudah tidak bernyawa lagi akibat puluhan peluru senapan yang dibidiknya. Pemuda itu sangat menyesal dan menangisi anjing setianya itu. Semua itu terjadi karena tergesa- gesa dalam mengambil keputusan.

 

Kisah kelima : Indahnya Sebuah Kejujuran

Salah seorang kaisar di cina sudah berusia lanjut. Dia menetapkan untuk memilih kaisar sebagai penggantinya.tidak seperti kebiasaan yang berlaku, jika kaisar mangkat atau wafat,maka secara otomatis putra mahkotanya yang akan menggantikannya. Kaisar tersebut menetapkan kebiasaan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Indahnya Kejujuan - Juaraganesia.net

Indahnya Kejujuan – Juaraganesia.net

Rakyatnya sampai bertanya-tanya ada apa dan kenapa kaisar menetapkan hal tersebut. Pada suatu hari, kaisar mengundang seluruh pemuda seantero negerinya untuk berkumpul diistana. Dengan nada yang bijaksana, kaisar itu berkata’’ sekaranglah saatnya untuk menentukan siapa yang akan menjadi kaisar setelahku. Aku telah menetapkan bahwa kaisar penggantiku adalah salah satu diantara kalian yang hadir ditempat ini.’’

Kemudian kaisar itu membagikan benih tanaman kepada semua pemuda yang hadir, masing-masing mendapat satu benih tanaman. Dia menjelaskan, ‘’ aku ingin kalian menanam benih yang sudah dibagikan. Sirami dan rawatlah baik-baik mulai hari ini. Satu tahun lagi, aku akan mengundang kalian ketempat ini dengan membawa tanaman tersebut dan apakah sudah ada yang keluar buahnya . dari situ, aku akan menentukan siapa yang berhak menjadi kaisar yang baru.’’

Diantara ekian banyak pemuda yang berkumpul, ada seorang bernama Lang. Dengan bahagia ia membawa benih itu.Dengan berseri-seri penuh harapan dia menceritakan semuanya kepada ibunya. Tanpa pikir panjang, ibunya membantunya untuk menanam benih yang diberikan oleh seorang kaisar pada saat itu.siapa tahu tahun depan kaisar memilih putranya sebagai penggantinya. Setiap hari Lang menyirami benih tersebut sambil meneliti apakah benih tersebut sudah tumbuh apa belum.

Setelah tiga pekan, pemuda–pemuda di negeri itu mulai membicarakan benih-benih yang mereka tanam. Ada yang cerita bahwa benihnya sudah mulai tumbuh. Mendengar hal itu, Langterus berharap benihnya cepat tumbuh menghasilkan tunas dan tumbuh menjadi pohon. Tetapi tetap saja, hari demi hari benih itu tidak menumbuhkan apa apa dan tidak mau nongol dari dalam tanah. Waktu terus berlalu, dan orang-orang semakin santer bahwa benih yang mereka tanami, sekarang sudah menjadi pohon kecil,daunnya mulai tumbuh. SI LANG mulai merasa gagal.benih yang dia tanami belum juga menampakkan secercah harapan, dan Lang yakin bahwa benih miliknya sudah mati. Dan ia masih saja merawat dan setia menyiram benihnya.

Lang dan Si Kaisar - Juraganesia.net

Lang dan Si Kaisar – Juraganesia.net

Setelah satu tahun belalu, benih nya juga belum tumbuh. Dan keesokkan harinya kaisar akan mengundang semua pemuda untuk datang ke istana dengan membawa pohon yang sudah ditanamnya. Dengan rasa keputus asaan, Lang merasa kesempatan itu akan hilang untuk selamanya dan ia mulai merasa gagal total untuk merawat benihnya. Keesokan harinya, ia memutuskan untuk pergi keistana sambil menyembunyikan benih tanamannya di bagian belakangnya.

Ketika sampai diistana, ia mendapati orang-orang membawa pohon-pohon yangtelah mereka tanam dan memenuhi perkarangan istana. Dan seketika itu kaisar keluar dari istana, ternyata para hadirin sudah membawa pohon milik masing-masing. Dan seraya berkata’’ selamat untuk semuanya yang telah menanami benih yang sudah diberikan sehingga sekarang sudah menjadi pohon yang kuat akarnya.

Lalu dari arah kejauhan, kaisar melihat seorang pemuda yang hanya membawa pot kosong dan berusaha untuk menyembunyikannya karena malu hanya miliknya yang tidak tumbuh. Lalu kaisar berkata’’’ halo! Anda nak!…ya kamu! Tolong kemari!’’ kaisar meminta untuk pemuda yang membawa pot kosong segera menaiki panggung istana. Akhirnya Lang menaiki panggung istana dengan rasa malu dan cemas. Kemudian kaisar bertanya kepadanya’’ siapa namamu, nak?’’ lang menjawab’’ namaku lang, paduka!’’. Setelah itu kaisar meminta hadirin untuk tenang dan berkata, ‘’berilah ucapan selamat kepada kaisar baru kalian! Ia bernama lang.”

Lang tidak percaya dengan ucapan si kaisar.semua hadirin terheran-heran mengapa si Lang menjadi kaisar, padahal benih yang ia tanamkan tidak tumbuh.bagaimana mungkin dia bisa mengalahkan rival- rivalnya yang membawa pohon hasil mereka tanam? Kaisar itu menjelaskan,’’ setahun lalu aku telah memberikan benih kepada kalian dn kuperintahkan kalian untuk menanam dan merawatnya serta membawa kesini 1 tahun lagi bertepatan pada hari ini.

Tetapi dulu aku tidak mengatakan jika benih yang kuberikan dalah benih yang rusak dantidak mungkin tumbuh. Kalian semua telah bermain curang. Kalian telah berbohong. Pohon-pohon yang kalia hadirkan hari ini tidak mungkin berasal dari benih yang kubagikan. Kalian terlalu berambisi untuk menjadi kaisar sampai menafikan nilai-nilai kejujuran. Ketika benih itu tidak tumbuh, lang tidak berusaha untuk berbuat curang.

Dan ia adalah seorang pemuda yang jujur. Oleh karena itu, aku memutuskan dan aku nobatkan ia menjadi kaisar.’’

Kisah keenam : Kehidupan Ibarat Secangkir Teh

Bayangkan jika kamu memiliki secangkir teh pahit, kemudian kamu menabahkan gula kedalam cangkir tersebut, tetapi gula itu tidak kamu aduk dan kamu biarkan begitu saja. Apakah kamu merasakan manisnya teh tersebut? Tentu saja tidak.lalu kamu menggunya beberapa saat dan coba rasakan! Apakah teh tersebut akan berubah menjadi manis? Aku yakin tidak.

Kehidupan Ibaratkan Teh - Juraganesia.net

Kehidupan Ibaratkan Teh – Juraganesia.net

Yang terjadi teh itu hanya menjadi semakin dingin dan dingin sementara kamu tidak pernah merasakan manisnya teh tersebut. Begitu pula kehidupan kita persis seperti secangkir teh yang pahit. Sedangkan kemampuan dan potensi yang tersembunyi yang dianugerahkan oleh allah kepada kita, bagaikan gula yang jika kita tidak pernah mengaduknya sendiri, maka kita tidak akan pernah merasakan manisnya teh itu.

 

Kisah ketujuh : Pentingnya Menjaga Hati dan Lisan

Ada seorang anak yang susah diatur orang tuanya. Dia diberi sekantong plastik berisi paku. Ayahnya berpesan,’’tancapkan satu buah paku ke pagar taman setiap kali kamu tidak bisa mengendalaikan emosimu dan bersitegang dengan orang lain.’’ di hari pertamanya, anak itu menancapkan 37 paku ke pagar taman. Sepekan sesudahnya, anak tu mulai belajar bagaimana menguasai emosinya.

Pentinya Menjaga Hati dan Lisan -Juraganesia.net

Pentinya Menjaga Hati dan Lisan -Juraganesia.net

Oleh karena itu, jumlah paku yang ia tancapkan semakin hari semakin berkurang. Hingga pada saat itu dia memberi tahu ayahnya jika sekarang ia telah dapat menguasai hawa nafsu dan emosinya. Dan ayahnya mengajaknya ke depan pagar taman rumahnya itu, seraya berkata’’ sekarang cabutlah paku-paku tersebut satu demi satu!’’. Anakku, mungkin kamu sudah bisa berbuat baik. Tapi lihatlah! Lubang-lubang paku yang tersisa ini, pagar taman ini tidak bisa kembali seperti sedia kala.

Ketika kamu bersitegang dengan orang lain sampai kata kata kasar kau muntahkan dari lisanmu, maka itu akan meninggalkan luka direlung hatinya,seperti lubang 2 dalam pagar ini. Contoh lain, kamu bisa menusukkan pisau kepada seseorang, kemudian menarik pisaumu kembali, tetapi kamu masih meninggalkan luka yang dalam diperutnya. Oleh karena itu, tak penting bagimu untuk meminta maaf berkali-kali padanya, karena luka itu akan ada. Sedangkan luka perasaan itu lebih sakit rasanya daripada luka ditubuh kita.

 

Kisah kedelapan : Hakim yang Sangat Bijaksana

‘’seorang nenek dibawa ke pengadilan karena dituduh mencuri singkong. Nenek itu berdalih bahwa hidupnya miskin, anak lelakinya sakit dan cucunya lapar. Namun manager perkebunan singkong yang dicuri singkongnya tetap pada tuntutannya agar kasus ini menjadi contoh bagi yang lainnya. Seorang Hakim yang menyidangi kasus ini tahu bahwa mencuri adalah salah,dan ia juga tahu bahwa sang nenek ini bukan pencuri. Ia akhirnya tetap memutuskan sang nenek bersalah dengan berlinangan air mata. ‘’ maafkan saya’’ kata sang hakim sambil memandangi nenek itu.

Hakim yang Bijaksana - Juraganesia.net

Hakim yang Bijaksana – Juraganesia.net

‘’saya tidak dapat membuat pengeculian hukum,hukum tetaplah hukum, jadi anda harus didenda 1 juta rupiah dan jika anda tidak mampu membayarnya,maka anda harus mendekam dipenjara selama 2,5 tahun. Seperti tuntutan jaksa PU.’’ Tentu saja sang nenek hanya tertunduk lesu menerima kenyataan pahit ini. Karena dia tidak akan mampu membayar 1 juta rupiah tersebut. karena dia miskin. Terus apakah ia harus dipenjara? Tapi apa yang dilakukan sang hakim selanjutnya sungguh diluar dugaan.

Sang hakim mencopot topi toganya, membuka dompetnya kemudian mengambil uang 1 juta rupiah dan memasukkan ke topi toganya serta berkata kepada hadirin.’’saya atas nama pengadilan,juga menjatuhkan denda kepada setiap orang yang hadir di ruangan ini sebesar RP 50 ribu, sebab menetap dikota ini, namun membiarkan seseorang kelaparan sampai harus mencuri untuk memberi makan kepada cucunya. Saudara panitera, tolong kumpulkan dendanya dalam topi toga saya ini lalu berikan semua hasilnya kepada terdakwa.’’

Sang hakim pun meninggalkan ruang sidang, nenek itupun pergi dengan mengantongi RP.3,5 juta. Termasuk uang RP50ribu tersebut yang tersipu malu karena telah menuntutnya.

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: