7+ Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Aneh, Ngakak!

Komoditas Ekspor Indopnesia Paling Aneh – Hallo sahabat Juraganers dan para pelaku usaha tanah air, terimakasih telah berkunjung dilaman artikel ini. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat untuk semuanya dan dapat dijadikan referensi bagi anda.

Indonesia sudah sangat terkenal sebagai negara eksportir rempah-rempah dan kopi terbesar di dunia, Kementrian Perindustrian yakin bahwa Indonesia akan menjadi eksportir kopi utama di Asia dan Dunia. Namun, jika hanya sekedar komoditas kopi mungkin itu adalah hal yang biasa atau lazim.

Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Aneh

Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Aneh, Ngakak! – Juraganesia.net

 

Tahukah Anda bahwa ada beberapa komoditas ekspor Indonesia yang terbilang paling aneh. Nah pasti penasaran kan? Baiklah pada artikel kali ini, admin akan memberikan ulasan tentang 7+ jenis komoditas ekspor Indonesia yang paling aneh dan ngakak yang bakal bikin Anda geleng- geleng kepala. Berikut liputannya!

 

Baca Selengkapnya : Ternyata ini 15 Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Dicari Luar Negeri!

 

 

Komoditas Ekspor Indonesia Paling Aneh

 

1. Kulit Reptil

Industri fashion Internasional menilai bahwa kulit reptil memiliki kualitas terbaik untuk dijadikan sebagai jaket, tas, sepatu, ikat pinggang, dan dompet. Hal ini menimbulkan pengusaha yang bergerak dalam bidang penyediaan kulit reptil terutama Buaya untuk di ekspor.

Permintaan kulit reptil tergantung pada trand fashion. Bila banyak peminatnya, maka order kulit reptil akan meningkat. Sementara bila tidak menjadi trand, bisa jadi tidak ada order sama sekali. Meskipun komoditas eskpor Indonesia paling aneh ini tidak mendapat order tapi mereka tetap sukses, sebab menurut BPS kulit reptil seperti Ular dan Buaya dibandrol seharga USD 3.6 juta dollar Amerika setara dengan Rp 35 Miliar.

 

 

 

2. Manggis

Manggis merupakan salah satu buah beriklim tropis di Indonesia, meski kalah populer dibandingkan buah naga dan durian di pasar Internasional. Namun, buah manggis berhasil menembus pasar buah Australia yang terkenal sangat ketat dalam penyeleksian buah import, bahkan di anggap memiliki kualitas terbaik.

Target pasar dari buah manggis adalah China, Hong Kong, Timur Tengah dan Malaysia. Menurut data yang ada, total eksport buah manggis tahun lalu kurang lebih 12.000 ton dengan harga USD 9.9 juta dollar Amerika setara dengan Rp 94 miliar.

Setelah berhasil menembus pasar buah Australia yang terkenal berstandar tinggi. Buah manggis mampu menembus pasar buah di negara barat lainnya, dimana mereka menerapkan horticultural.

 

 

 

3. Rambut Manusia

Ketika pergi ke salon untuk potong rambut, bagi sebagian orang mungkin berfikir rambut itu akan disapu dan dibuang begitu saja. Padahal rambut yang terbilang masih bagus di tangan orang kreatif akan di buat menjadi wig dengan harga cukup tinggi.

Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Aneh

Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Aneh “Rambut Manusia” – JUraganesia.net

Memang wig dengan kualitas terbaik berasal dari rambut manusia, maka negara-negara fashion seperti Perancis dan Italia mengimport rambut yang telah dipotong. Orang barat cenderung lebih suka dengan rambut orang Asia, sebab rambutnya berwarna hitam pekat.

Nah, rambut manusia mengalami naik turun, bahan BPS mencatat ada beberapa bulan tidak ada eksport import rambut. Walaupun begitu, BPS juga mencatat bahwa rambut manusia ini telah menghasilkan sebesar USD 360 ribu dollar Amerika setara dengan Rp 3.3 miliar. Bagaimana menurutmu? Rambut termasuk kategori komoditas ekspor Indonesia paling aneh bukan?

 

 

 

4. Salak

Salak sering dianggap remeh oleh orang Indonesia, sehingga harganya terbilang sangat murah dan di jual dipinggir-pinggir jalan. Ternyata ini masuk kategori komoditas ekspor Indonesia paling aneh. Ya, buah salak tercatat mencapai 949.5 ton seharga USD 1.04 juta dollar Amerika setara dengan Rp 14 miliar.

Target pasarnya adalah China, Malaysia, Timur Tengah, dan Singapura. Aneh bukan? Buah yang bagi kita biasa tapi ternyata memiliki komoditas ekspor yang luar biasa.

 

 

 

5. Kaki Kodok

Ekspor kaki kodok di anggap sebagai komoditas ekspor Indonesia paling aneh bagi sebagian orang, bahkan dianggap sebagai lelucon semata. Padahal kaki kodok telah menyumbang devisa cukup besar untuk Indonesia, BPS mencatat permintaan kaki kodok setiap bulan mengalami peningkatan, dengan omset mencapat USD 15.7 juta dollar Amerika setara dengan Rp 150 miliar.

Tahukah sahabat Juraganers, negara apa saja yang menjadi impotir kaki kodok dari Indonesia? Ya, adapun negara yang menjadi penampung alias pengimpor kaki kodok adalah negara prancis dan jerman.

 

 

 

6. Air Laut

Air laut diekspor? OMG. Mungkin air laut adalah komoditas ekspor Indonesia paling aneh dikarenakan bisa laku dipasaran internasional. Dilain halnya, air laut merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan tidak akan pernah habis sebab 70 persen dari bumi merupakan air.

Air laut memiliki fungsi sebagai bahan baku pembuatan garam mineral dan produk turunannya. Ternyata komoditas air laut ini meraup keuntungan yang tidak main-main lho Juraganers, yaitu USD 763 ribu dollar Amerika setara dengan Rp 73 miliar. Sungguh luar biasa bukan?

 

 

 

7. Arang Kayu

Komoditas ekspor Indonesia paling aneh terakhir adalah wood charcoal atau yang biasa disebut dengan arang kayu. Menurut data ITPC (Indonesia Trade Promotion Center), perusahaan Indonesia mengekspor arang kayu sebanyak USD 197 ribu dollar Amerika setara dengan Rp 2.6 miliar dan diekspor ke Jeddah – Arab Saudi dan negara timur tengah lainnya.

Selain itu, tahukah sahabat Juraganers bahwa arang kayu disana digunakan sebagai bahan masker wajah dan sebagai vape (rokok)? Jika dibandingkan di Indonesia, arang kayu biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk pemanggangan daging atau sate. Sungguh membingungkan bukan?

 

 

 

8. Kulit Buah- buahan.

Sebagian dari kita mungkin menyepelekan kulit dari berbagai buah- buahan. Selain tidak memiliki harga dan kerap sekali dianggap sampah, ternyata kulit buah memiliki potensi untuk mendulang rupiah lho Juraganers. Sungguh aneh bukan?

Tahukah anda bahwa kulit buah- buahan seperti kulit dari buah pala, bawang, salak, alpukat, kiwi, dan masih banyak lagi ternyata juga dapat memberikan peluang usaha dan potensi diekspor oleh negara kita?

Adapun nilai transaksi dari kegiatan ekspor kulit buah- buahan mencapai USD 479ribu atau sekitar 7 Miliar rupiah. sungguh lumayan bukan? Oleh karena itu, jangan pernah menyepelekan sesuatu hal. Karena setiap ada kekurangan pasti ada kelebihan.

 

 

Nah Juraganesia Lovers, Itulah 7+ daftar komoditas ekspor Indonesia paling aneh, tetapi meraih sukses dan menyumbang devisa yang tidak sedikit. Setelah ini mungkin kamu akan berfikir ulang dalam melihat peluang usaha seperti produk-produk di atas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Juraganers ya!

 

Terimakasih dan salam sukses buat para Juragan!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: