Kisah Inspiratif Tentang Indahnya Buah dari Kejujuran – Juraganesia

Hallo Apakabar Sahabat Juragan se- Indonesia dimanapun kalian berada, Terimakasih telah mengunjungi laman artikel berikut ini. Kali ini Juraganesia mengajak semua sahabat Juragan untuk sama-sama kita mencari inspirasi yang baik untuk menambah semangat bagi kita dan semoga menjadi pembelajaran bagi kita semua. Lets Check list out!

Indahnya Buah dari Kejujuran

 

Kisah Inspiratif – Salah seorang kaisar di cina sudah berusia lanjut. Dia menetapkan untuk memilih kaisar sebagai penggantinya.tidak seperti kebiasaan yang berlaku, jika kaisar mangkat atau wafat,maka secara otomatis putra mahkotanya yang akan menggantikannya. Kaisar tersebut menetapkan kebiasaan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Rakyatnya sampai bertanya-tanya ada apa dan kenapa kaisar menetapkan hal tersebut. Pada suatu hari, kaisar mengundang seluruh pemuda seantero negerinya untuk berkumpul di istana. Dengan nada yang bijaksana, kaisar itu berkata’’ sekaranglah saatnya untuk menentukan siapa yang akan menjadi kaisar setelahku. Aku telah menetapkan bahwa kaisar penggantiku adalah salah satu diantara kalian yang hadir ditempat ini.’’

Kemudian kaisar itu membagikan benih tanaman kepada semua pemuda yang hadir, masing-masing mendapat satu benih tanaman. Dia menjelaskan, ‘’ aku ingin kalian menanam benih yang sudah dibagikan. Sirami dan rawatlah baik-baik mulai hari ini. Satu tahun lagi, aku akan mengundang kalian ketempat ini dengan membawa tanaman tersebut dan apakah sudah ada yang keluar buahnya . dari situ, aku akan menentukan siapa yang berhak menjadi kaisar yang baru.’’

(Baca Juga : Kisah Lucu Antara Anak Kecil Muslim yang Cerdas dan Guru Atheis, Logika yang Terpecahkan)

Diantara sekian banyak pemuda yang berkumpul, ada seorang bernama Lang. Dengan bahagia ia membawa benih itu.Dengan berseri-seri penuh harapan dia menceritakan semuanya kepada ibunya. Tanpa pikir panjang, ibunya membantunya untuk menanam benih yang diberikan oleh seorang kaisar pada saat itu.siapa tahu tahun depan kaisar memilih putranya sebagai penggantinya. Setiap hari Lang menyirami benih tersebut sambil meneliti apakah benih tersebut sudah tumbuh apa belum.

Lang dan Si Kaisar - Juraganesia.net

Lang dan Si Kaisar – Juraganesia.net

Setelah tiga pekan, pemuda–pemuda di negeri itu mulai membicarakan benih-benih yang mereka tanam. Ada yang cerita bahwa benihnya sudah mulai tumbuh. Mendengar hal itu, Langterus berharap benihnya cepat tumbuh menghasilkan tunas dan tumbuh menjadi pohon. Tetapi tetap saja, hari demi hari benih itu tidak menumbuhkan apa apa dan tidak mau nongol dari dalam tanah. Waktu terus berlalu, dan orang-orang semakin santer bahwa benih yang mereka tanami, sekarang sudah menjadi pohon kecil,daunnya mulai tumbuh.

SI LANG mulai merasa gagal.benih yang dia tanami belum juga menampakkan secercah harapan, dan Lang yakin bahwa benih miliknya sudah mati. Dan ia masih saja merawat dan setia menyiram benihnya.

Setelah satu tahun belalu, benih nya juga belum tumbuh. Dan keesokkan harinya kaisar akan mengundang semua pemuda untuk datang ke istana dengan membawa pohon yang sudah ditanamnya. Dengan rasa keputus asaan, Lang merasa kesempatan itu akan hilang untuk selamanya dan ia mulai merasa gagal total untuk merawat benihnya. Keesokan harinya, ia memutuskan untuk pergi keistana sambil menyembunyikan benih tanamannya di bagian belakangnya.

(Baca : Kumpulan Kisah Inspiratif yang Wajib Kamu Baca)

Ketika sampai diistana, ia mendapati orang-orang membawa pohon-pohon yangtelah mereka tanam dan memenuhi perkarangan istana. Dan seketika itu kaisar keluar dari istana, ternyata para hadirin sudah membawa pohon milik masing-masing. Dan seraya berkata’’ selamat untuk semuanya yang telah menanami benih yang sudah diberikan sehingga sekarang sudah menjadi pohon yang kuat akarnya.

Lalu dari arah kejauhan, kaisar melihat seorang pemuda yang hanya membawa pot kosong dan berusaha untuk menyembunyikannya karena malu hanya miliknya yang tidak tumbuh. Lalu kaisar berkata’’’ halo! Anda nak!…ya kamu! Tolong kemari!’’ kaisar meminta untuk pemuda yang membawa pot kosong segera menaiki panggung istana. Akhirnya Lang menaiki panggung istana dengan rasa malu dan cemas. Kemudian kaisar bertanya kepadanya’’ siapa namamu, nak?’’ lang menjawab’’ namaku Lang, paduka!’’. Setelah itu kaisar meminta hadirin untuk tenang dan berkata, ‘’berilah ucapan selamat kepada kaisar baru kalian! Ia bernama lang.”

Lang tidak percaya dengan ucapan si kaisar.semua hadirin terheran-heran mengapa si Lang menjadi kaisar, padahal benih yang ia tanamkan tidak tumbuh.bagaimana mungkin dia bisa mengalahkan rival- rivalnya yang membawa pohon hasil mereka tanam? Kaisar itu menjelaskan,’’ setahun lalu aku telah memberikan benih kepada kalian dan kuperintahkan kalian untuk menanam dan merawatnya serta membawa kesini 1 tahun lagi bertepatan pada hari ini.

Indahnya Kejujuan - Juaraganesia.net

Indahnya Kejujuan – Juaraganesia.net

Tetapi dulu aku tidak mengatakan jika benih yang kuberikan dalah benih yang rusak dan tidak mungkin tumbuh. Kalian semua telah bermain curang. Kalian telah berbohong. Pohon-pohon yang kalia hadirkan hari ini tidak mungkin berasal dari benih yang kubagikan. Kalian terlalu berambisi untuk menjadi kaisar sampai menafikan nilai-nilai kejujuran. Ketika benih itu tidak tumbuh, lang tidak berusaha untuk berbuat curang.

Dan ia adalah seorang pemuda yang jujur. Oleh karena itu, aku memutuskan dan aku nobatkan ia menjadi kaisar.’’

 

Nah Sahabat Juragan, Bagaimana Menurut anda? masihkah kita menganggap bahwa kejujuran tidak ada artinya? oleh karena itu, mari kedepankan kejujuran di era yang serba krisis baik itu krisis moral dan krisis kejujuran.

Dan seperti biasa, Terimakasih. Semoga Artikel ini bermanfaat ya… Salam Kejujuran!

Leave a Reply

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: