Inilah 30+ Keutamaan Sholat Tahajud yang Harus Kamu Tahu!

Keutamaan Sholat Tahajud – Hallo sahabat Juraganers dimanapun kalian berada, terimakasih atas kehadirannya dilaman situs berikut ini yang akan selalu menebarkan manfaat- manfaat yang sangat berguna demi untuk membuka wawasan yang luas dan hingga dapat mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, Allah Swt.

Pada kesempatan kali ini, admin akan mencoba untuk membahas dan menela’ah lebih dalam pada tema kali ini. Khususnya yang berkaitan dengan sholat tahajud.  Sebenarnya, banyak sekali hadits yang meriwayatkan betapa utamanya mengerjakan sholat tahajud. Yakni sholat sunnah yang utama dan sebaik-baiknya sholat setelah sholat fardhu.

Maka berikhtiar untuk mengerjakannya adalah suatu hal yang sangat luar biasa bagi para kaum muslimin maupun muslimat. Berlomba-lomba dalam kebaikan, terlebih Allah Ta’ala menciptakan manusia semata-mata hanya untuk beribadah kepada-Nya.

Keutamaan sholat tahajud bagi mereka yang mengerjakannya pun sangatlah banyak. Selain  keutamaannya, manfaat sholat tahajud pun dapat dirasakan pada kesehatan seseorang. Seperti dapat memperlancar aliran darah, menghindari infeksi pernapasan dan lain sebagainya.

 

 

 

Contents

Mengapa Sholat Tahajud Itu Penting?

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang paling utama. Menjadi sebaik-baiknya sholat setelah sholat fardhu, pastilah menjadi amal kebaikan yang sudah seharusnya kita berlomba-lomba untuk menjalankannya.

Dari Abu Hurairah ra ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadhan adalah puasa syahrullah, yakni bulan Muharram. Dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR. Tirmidzi).

 

 

 

Hukum Sholat Tahajud

Ada pun mengenai hukum sholat tahajud ialah sunnah yang sangat ditekankan. Maka berbeda dengan wajib, amalan sunnah bila ia kerjakan mendapatkan pahala, bila tidak maka tidak berdosa baginya. Namun meskipun begitu, sholat tahajud seperti yang disampaikan sebelumnya, merupakan sholat sunnah yang ditekankan. Maka mengerjakannya adalah sebuah keberuntungan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

 

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari, bershalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra [17] : 79).

 

 

 

Hadits Tentang Sholat Tahajud

Selain firman Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagaimana disebutkan sebelumnya mengenai sholat tahajud, di antaranya ada beberapa sabda Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam mengenai sholat tahajud pula.

Banyaknya dalil mengenai sholat tahajud, menjadikannya sebagai sebuah amal yang sangat sayang sekali bila tidak kerjakan. Mengingat bahwa sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang utama. Berikut ini beberapa hadits yang meriwayatkannya.

 

  • Dari Abu Hurairah ra ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Puasa yang paling utama setelah bulan Ramadhan adalah puasa syahrullah, yakni bulan Muharram. Dan sholat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR. Tirmidzi).

 

  • Abu Umamah al-Bahili ra meriwayatkan dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Kalian harus menjaga shalat malam, karena ia merupakan jalan orang-orang sholih, sebelum kalian, cara yang kalin miliki untuk mendekati Tuhan kalian, penebus kesalahan-kesalahan kalian dan pencegah dari dosa-dosa.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah, at Thabrani dan al Hakim).

 

  • Dari Abu Said ra ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Tiga perkara yang membuat Allah tertawa melihat kalian: (yaitu) seorang laki-laki jika bangun malam di shalat, satu kaum jika berbaris (tiada lain) untuk shalat, dan satu kaum jika berbaris (tiada lain) untuk berperang.” (HR. Ahmad dan Abu Ya’la).

 

  • Dalam satu riwayat dari jalur Abu Hurairah ra, ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam ditanya: “Shalat apa yang paling utama setelah shalat fardhu? Beliau berkata: ‘Shalat di sepertiga maam akhir malam’. …” (HR. Ahmad, Muslim dan an-Nasai).

 

  • Amr bin ‘Abasah berkata: “Aku bertanya: ‘Wahai Rasulullah, bagian malam yang manakah yang paling di dengar?’ Beliau Shallallahu’alaihi wa sallam berkata: ‘Sepertiga malam terakhir, maka shalatlah sehendakmu’.” (HR. Abu Dawud, al Hakim dan Tirmidzi).

 

 

 

Keutamaan Sholat Tahajud Sebagai Magnet Rejeki

 

1. Merupakan jalan meraih cinta dan ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala

Setiap makhluk Allah, sudah ditetapkan rezeki baginya. Ada pun bekerja hanyalah sebuah ikhtiar untuk mencapainya, begitu pun dengan mengerjakan sholat tahajud, keutamaan baginya untuk mencapai ridho Allah, tentu ridho atas pekerjaan yang sedang ia jalani. Diriwayatkan oleh Abu Darda, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam:

“Ada 3 macam manusia, Allah Subhanahu wa Ta’ala mencintai mereka, tersenyum kepada mereka dan merasa senang dengan mereka; yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembus dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala berkata: ‘Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur.’” (Riwayat Ath Thabrani).

 

 

2. Cara mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Mengerjakan sholat tahajud ialah salah satu cara seorang hamba untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan begitu, semua permasalahan hidupnya tidak akan dengan mudah membuatnya gundah. Begitu pun dengan masalah rezeki.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

 

 

 

3. Dikabulkannya doa-doa dan keinginan

Termasuk di dalam keutamaan mengerjakan sholat tahajud ialah dikabulkannya doa-doa dan keinginan. Apa pun yang dipanjatkan, apa pun yang dinginkan pastilah Allah kabulkan, begitu pun dengan perkara rezeki.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Rabb kita –Tabaraka wa Ta’ala– turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

 

 

 

4. Merupakan jalan untuk mendapatkan rahmat Allah

Keutamaan sholat tahajud berikutnya ialah mengerjakannya merupakan sebuah jalan untuk mendapatkan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala begitu luas.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang artinya, “(Apakah kamu hai orang orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya? … “ (Az Zumar [39] : 9).

 

 

 

5. Bentuk syukur seorang hamba kepada Tuhan-nya

Semakin bersyukurnya seorang hamba atas nikmat yang Allah Ta’ala berikan atasnya, maka nikmat baginya pula semakin bertambah. Salah satu bentuk bersyukur itu sendiri adalah dengan mengerjakan sholat tahajud di  malam hari.

Diriwayatkan Aisyah ra, ia berkata: “Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau, lalu aku katakan kepada beliau: ‘Mengapa engkau melakukan seperti ini ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah?’ Beliau menjawab: Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?’” (HR. Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820).

 

 

 

Keutamaan  Sholat Tahajud Untuk Mencari Jodoh

1. Dikabulkannya doa-doa dan keinginan

Imam Syafi’i pernah berkata, “Doa di saat tahajud bagaikan anak panah yang melesat tepat mengenai sasaran.” Ini pula yang menjadi keutamaan dalam mengerjakan sholat tahajud. Apapun doa yang dipanjatkan, begitu pun mengenai jodoh.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Rabb kita –Tabaraka wa Ta’ala– turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

 

 

2. Menjadikannya sebaik-baik hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala

Termasuk di dalam keutamaan mengerjakan sholat tahajud adalah menjadikannya sebaik-baik hamba Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan begitu pula ia akan menjadi seorang pria atau wanita yang terbaik pula untuk pasangannya.

Ibnu Hajar berkata: “Yang menjadi dalil dari masalah ini adalah sabda Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam: ‘Sebaik-baik hamba adalah ‘Abdullah seandainya ia melakukan shalat pada sebagian malam’. Kalimat ini mengindikasikan bahwa orang yang melakukan shalat malam adalah orang yang baik.” (Fat-hul Baarii (III/9).

 

 

 

3. Dicintai orang-orang yang sholih dan seluruh makhluk Allah Subhanahu wa Ta’ala

Mengerjakan sholat tahajud dapat dicintai oleh orang-orang yang sholih dan seluruh makhluk-makhluk Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya dan dengan tata tertib yang rapi maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Dan salah satu dari lima macam kemulian di dunia ialah akan dicintai para hamba Allah yang sholeh dan dicintai pula oleh seluruh makhluk-makhluk Allah.

 

 

 

4. Sebagai pencegahan diri dari berbuat dosa dan kemungkaran

Sebagai seseorang yang sedang menunggu jodoh tiba, maka sebaiknya melakukan amalan-amalan kebaikan seperti sholat tahajud. Yakni sebagai pencegahan diri dari berbuat dosa dan kemungkaran.

“Hendaklah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan.” (Diriwayatkan At Tirmidzi, Al Hakim).

 

 

5. Merupakan jalan meraih cinta dan ridho Allah

Termasuk di dalam keutamaan dari mengerjakan sholat tahajud ialah dapat meraih cinta dan ridho Allah Subhanahu wa Ta’ala. Diriwayatkan oleh Abu Darda, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam:

“Ada 3 macam manusia, Allah Subhanahu wa Ta’ala mencintai mereka, tersenyum kepada mereka dan merasa senang dengan mereka; yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembus dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah Subhanahu wa Ta’ala berkata: ‘Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur.’” (Riwayat Ath Thabrani).

 

 

 

Keutamaan Tahajud Malam Untuk Suami Istri

 

1. Diberikan pemahaman agama, bijaksana serta lisannya mengatakan kata-kata penuh hikmah

Memiliki visi dan misi yang sama dalam berumahtangga adalah hal yang sangat penting. Adalah pemahaman islam yang mampu menyatukan perbedaan. Dan ini termasuk ke dalam ke dalam keutamaan sholat tahajud.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baik dan dengan tata tertib yang rapi maka Allah Subhanahu wa Ta’ala akan memberikan 9 kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat.”

Termasuk ke dalam 5 kemuliaan di dunia itu adalah lidahnya mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksanak, yakni diberi pemahaman dalam agama.

 

 

 

2. Dapat menenangkan hati

Termasuk pula ke dalam keutamaan sholat tahajud ialah dapat menenangkan hati. Maka dapat dibayangkan bagaimana sebuah rumah tangga yang penuh ketentraman di dalamnya, salah satu untuk mencapainya ialah dengan mengerjakan sholat tahajud.

Al’Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa.

Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam surga.” (Baca Haadil Arwaah ilaa Bilaadil Afraah oleh Ibnul Qayyim (hal. 278).

 

 

 

3. Menjadi pribadi yang berwibawa

Sebagai seorang suami pastilah harus memiliki sikap seorang pemimpin, yakni salah satunya adalah berwibawa. Ini pula yang termasuk ke dalam keutamaan sholat tahajud, yakni menjadikan pribadi yang berwibawa.

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Dan ketahuilah bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmi itu terletak pada shalat malamnya. “ (HR. Hakim; hasan).

 

 

 

4. Memperoleh kebaikan dunia dan akhirat

Menikah dengan seseorang yang kita cintai atas Allah, pastilah memiliki keinginan untuk dapat sehidup sesurga. Dengan menginginkan kebaikan dunia dan akhirat. Maka dengan tahajudlah itu semua dapat dicapai.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR. Muslim).

 

 

 

5. Memperoleh rasa aman serta Allah Ta’ala berikan apa yang diinginkannya

Termasuk keutamaan sholat tahajud ialah memperoleh rasa aman serta Allah Ta’ala berikan apa yang ia inginkan. Sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam bersabda:

“Ketahuilah, sesungguhnya Allah tertawa terhadap dua orang laki-laki: Seseorang yang bangun pada malam yang dingin dari ranjang dan selimutnya, lalu ia berwudhu’ dan melakukan shalat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman kepada para Malaikat-Nya: ‘Apa yang mendorong hamba-Ku melakukan ini?’ Mereka menjawab: ‘Wahai Rabb kami, ia melakukan ini karena mengharap apa yang ada di sisi-Mu dan takut dari apa yang ada di sisi-Mu pula.’

Allah berfirman: ‘Sesungguhnya Aku telah memberikan kepadanya apa yang ia harapkan dan memberikan rasa aman dari apa yang ia takutkan.” (HR. Ahmad).

 

 

 

Keutamaan Tahajud Sebagai Good Lifestyle

 

1. Kebiasaan yang baik untuk kesehatan

Mengerjakan sholat tahajud setiap malam adalah sebuah kebiasaan yang sangat baik. Pasalnya ada banyak sekali manfaat dari sholat tahajud yang dapat membuat tubuh menjadi sehat.

Gerakan-gerakan pada sholat tahajud banyak sekali manfaatnya. Seperti memperlancar aliran darah, memperbesar rongga paru-paru sehingga menghindari penyakit infeksi pernapasan.

 

 

 

2. Kehidupannya teratur

Seseorang yang terbiasa mengerjakan sholat tahajud ialah orang yang teratur dalam mengatur kehidupannya. Bahkan pada malam hari sekali pun ia memperkirakan bagaimana untuk memanfaatkannya.

Sehingga ia sudah terbiasa untuk melakukan perencanaan, semisal ia harus tidur awal untuk mengerjakan sholat tahajud pada malam hari. Maka kebiasaan ini juga akan terbawa saat ia melakukan pekerjaan lain.

 

 

 

3. Menangkal penyakit dari tubuh

Gerakan-gerakan sholat merupakan gerakan-gerakan olahraga yang apabila dilakukan dengan benar-benar maka manfaatnya sangatlah luar biasa. Maka salah satu manfaat luar biasa yang didapatkan pula adalah mampu menangkal penyakit dari tubuh.

Terdapat dalil syar’i mengenai hal ini, yakni: “Hendaklah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan.” (Diriwayatkan At Tirmidzi, Al Hakim).

 

 

 

4. Memperoleh kebaikan dunia dan akhirat

Termasuk di dalam keutamaan sholat tahajud ialah memperoleh kebaikan dunia dan akhirat. Maka sungguh, sebuah keberutungan bagi seseorang yang mengerjakan sholat tahajud.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR. Muslim).

 

 

 

5. Termasuk golongan hamba yang bertakwa dan berbuat kebaikan

Dengan mengerjakan sholat tahajud pada malam hari maka akan digolongkan sebagai hamba yang bertakwa dan berbuat kebaikan. Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman yang artinya:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman surge dan di mata air-mata air sambil mengambil apa yang diberikan Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu (di dunia) adalah orang-orang yang berbuat kebaikan, (yakni) mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (Adz Dzariyat : 15-18).

 

 

 

Keutamaan Shalat Tahajud untuk Para Penuntut Ilmu

 

1. Menjadikan pribadi yang disiplin

Keutamaan sholat tahajud bagi para penuntun ilmu ialah mampu menjadi pribadi yang disiplin. Pasalnya kebiasaan tidur awal agar bangun di malam hari akan membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih teratur dalam kehidupannya.

Sehingga kebiasannya dalam mengerjakan sholat tahajud setiap malam, terbawa pada kehidupan sehari-harinya. Melakukan setiap kegiatan dengan lebih teratur dan disiplin dalam mengerjakannya.

 

 

 

2. Mampu membuat tubuh menjadi sehat

Memiliki tubuh yang sehat adalah hal yang sangat penting, apalagi bagi mereka para penuntut ilmu yang setiap hari harus menguras tenaga dan juga pikirannya untuk belajar. Maka harus menjaga tubuh agar tetap sehat.

Sholat tahajud merupakan shalat yang dilakukan pada malam hari. Lebih tepatnya dilakukan pada dini hari, sekitar pukul 03.00 sebagaimana keutamannya untuk mengerjakan sholat tahajud di sepertiga malam.

Waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk membuat tubuh menjadi sehat, pasalnya udara masih sangat sejuk dan terbebas dari polusi. Di tambah dengan mengerjakan sholat tahajud, yang pada setiap gerakannya memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Maka dengan begitu tubuh akan menjadi sehat.

 

 

 

3. Dapat meningkatkan konsentrasi

Penuntut ilmu selalu dituntut untuk berpikir dan berpikir.  Maka penting untuk memiliki konsentrasi yang tinggi agar proses belajar pun menjadi lancar. Salah satunya terbiasa mengerjakan sholat tahajud akan meningkatkan konsentrasi.

Hal ini karena seseorang yang memiliki kebiasaan sholat tahajud dengan khusyu, maka ia telah terbiasa untuk fokus pada satu hal. Maka ini akan terbawa pada kehidupan sehari-hari, di mana ia akan senantiasa konsentrasi pada hal yang sedang dikerjakan.

 

 

 

4. Menjadikannya sebagai pribadi yang berwibawa

Keutamaan sholat tahajud selanjutnya adalah mendapatkan kewibawaan atasnya. Seorang penuntut ilmu yang penuh wibawa dan percaya diri yang tinggi menjadi penuntut ilmu islam yang unggul.

Hal ini sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Dan ketahuilah bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu terletak pada sholat malamnya.” (HR. Hakim, hasan).

 

 

 

5. Bentuk rasa syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Maka bersyukurlah, dapat melaksanakan kewajiban yang tentu banyak sekali keutamaannya. Yakni dengan sholat tahajud salah satunya bentuk rasa syukur itu.

Diriwayatkan Aisyah ra, ia berkata: “Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau, lalu aku katakan kepada beliau: ‘Mengapa engkau melakukan seperti ini ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah?’ Beliau menjawab: Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?’” (HR. Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820).

 

 

Demikianlah pembahasan mengenai keutamaan sholat tahajud yang sangat luar biasa. Semoga kita bisa bersama-sama untuk memaksimalkan ikhtiar agar dapat mengerjakannya. Bukan hanya karena keutamaannya, namun semata-mata untuk beribadah kepada Allah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya buat para Juraganers!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: