20+ Keutamaan Sholat Subuh yang Harus Kamu Tahu Sebagai Muslim yang Baik!

Keutamaan Sholat Subuh – Hallo sahabat Juraganesia khususnya kepada sahabat muslimin dan muslimat yang dicintai oleh Allah Swt dan Rasul- Nya, Sesuai dengan topik kita pada kesempatan ini yang akan membahas dengan lengkap apa saja hal- hal yang menjadikan sholat subuh menjadi sebuah hal yang prioritas bagi kita semua.

Seberapa pentingkah sholat subuh bagi seorang muslimin maupun muslimat? Pada artikel ini admin akan mengulas beberapa keutamaan sholat subuh yang sangat penting untuk diketahui oleh kita bersama. Sholat subuh adalah salah satu sholat fardhu yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman :

 

أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

“Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).” (Qs. Al-Isra’: 78)

Namun meskipun begitu, bukan berarti mengerjakannya tanpa tantangan yang berarti. Mengingat waktu mengerjakan sholat subuh adalah pada waktu fajar, pastilah tantangan yang ada yakni bangun untuk mengerjakannya.

Padahal ada banyak sekali keutamaan sholat subuh bagi mereka yang mengerjakannya. Bahkan dalam kumandang adzan subuh, ditambahkan kalimat: ‘Assholaatu khairum minan naum’  yang artinya: ‘Sholat itu lebih baik daripada tidur’. Hal ini menunjukkan bahwa sholat subuh memiliki keutamaan yang sangat luar biasa.

 

 

 

Niat Sholat Subuh dan Artinya

Syaikh Wahbah dalam Fiqih Islam wa Adilatuhu menjelaskan bahwa semua ulama sepakat tempat niat adalah hati. Sementara melafalkannya bukanlah syarat, namun ia disunnahkan oleh jumhur ulama selain mazhab Maliki dengan maksud membantu hati dalam menghadirkan niat. Ada pun niat sholat subuh ialah sebagai berikut :

 

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK’ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA’MUUMAN LILLAAHI TA’AALA

“Aku berniat sholat fardhu shubuh dua rakaat menghadap kiblat sebagai ma’mum karena Allah Ta’ala.”

 

 

 

 

Keutamaan Sholat Subuh Bagi Pemuda Muslim dan Muslimah

Terdapat banyak sekali keutamaan sholat subuh bagi siapa pun yang mengerjakannya. Termasuk di dalamnya bagi seorang pemuda muslim dan muslimah yang mengerjakan sholat subuh.

 

 

1. Salah satu sebab masuk surga

Termasuk ke dalam keutamaan sholat subuh yakni mengerjakannya menjadi penyebab seseorang masuk surga. Hal ini sebagaimana Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635).

 

 

 

2. Salah satu penghalang masuk neraka

Keutamaan sholat subuh lainnya yakni sholat subuh adalah salah satu penghalang masuk neraka. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

 

لَنْ يَلِجَ النَّارَ أَحَدٌ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

“Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar).” (HR. Muslim no. 634).

 

 

 

3. Berada dalam jaminan Allah Subhanahu wa Ta’ala

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

 

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163).

 

 

 

4. Dihitung seperti sholat semalam penuh

Apabila seseorang mengerjakan sholat subuh berjamaah maka seolah-olah di telah sholat seluruh malamnya. Hal ini sebagaimana hadits Nabi, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa salam bersabda :

 

مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا قَامَ نِصْفَ اللَّيْلِ وَمَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فِي جَمَاعَةٍ فَكَأَنَّمَا صَلَّى اللَّيْلَ كُلَّهُ

“Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim no. 656).

 

 

 

5. Disaksikan oleh para malaikat

Termasuk ke dalam keutamaan sholat subuh adalah akan disaksikan oleh para malaikat. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

وَتَجْتَمِعُ مَلَائِكَةُ اللَّيْلِ وَمَلَائِكَةُ النَّهَارِ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ

“Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh).” (HR. Bukhari no. 137 dan Muslim no.632).

 

 

 

6. Dijauhkan dari sifat munafik

Mengerjakan sholat subuh maka akan dijauhkan dari sifat munafik, sebab sholat subuh merupakan salah satu dari sholat yang paling berat bagi orang-orang munafik, selainnya yakni sholat isya.

“Shalat yang dirasakan paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaannya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak. Sungguh aku berkeinginan untuk menyuruh seseorang sehingga shalat didirikan, kemudian kusuruh seseorang mengimami manusia, lalu aku bersama beberapa orang membawa kayu bakar mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri shalat, lantas aku bakar rumah-rumah mereka.” (HR. Al-Bukhari no. 141 dan Muslim no. 651).

 

 

 

7. Dilapangkan rezeki

Suatu ketika setelah Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam selesai mengerjakan sholat subuh, beliau pun kembali ke rumah dan mendapati putrinya Fathimah ra sedang tidur.  Kemudian beliau mengatakan: “Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rezeki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rezeki para hamba antara sholat subuh dan terbitnya matahari.” (HR. Baihaqi).

 

 

 

8. Sebagai kunci kemenangan

Waktu subuh pula merupakan kunci kemenangan bagi kaum muslim. Sebagaimana disampaikan dalam sebuah hadits: “Rasulullah apabila hendak menyerbu suatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh.” (HR. Bukhari).

 

 

 

9. Mendapatkan keutamaan dua rakaat sebelum sholat subuh

Sebelum mengerjakan sholat subuh, disunnahkan untuk mengerjakan dua rakaat yang memiliki keutamaan yang sangat besar. Yakni lebih baik dari dunia dan seisinya. Sebagaimana disampaikan dalam sebuah hadits: “Dua rakaat sholat sunnah subuh lebih baik daripada dunia dan seluruh isinya.” (HR. Muslim 725).

 

 

 

10. Sebagai tolok ukur keimanan

Sebagaimana diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: “Kami melaksanakan sholat subuh berjamaah bersama Nabi dan tidak ada yang ikut serta selain orang yang sudah kemunafikannya.” (HR. Muslim).

 

 

 

 

Keutamaan Sholat Subuh Bagi Kesehatan Secara Medis

Keutamaan sholat subuh juga dapat ditinjau dari segi kesehatannya. Sebab dalam sholat subuh terdapat gerakan-gerakan sholat yang bermanfaat bagi tubuh, maka keutamaan sholat subuh juga sama dengan sholat-sholat lainnya yakni dapat membuat tubuh menjadi sehat.

 

 

1. Bebas dari polusi

Sholat subuh dikerjakan pada waktu fajar yang pada saat itu udara di luar sangat segar sekali dan terbebas dari polusi. Maka mengerjakan sholat subuh, terlebih mengerjakannya di masjid untuk berjamaah, selama di perjalanan menuju masjid kita akan menghirup udara pagi yang menyegarkan dan hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

 

 

 

2. Dapat membuat otot menjadi lebih kuat dan pernapasan menjadi lebih teratur serta lancar

Termasuk gerakan dalam sholat subuh adalah tabiratul ihram. Yakni gerakan mengangkat tangan lalu disedekapkan di depan dada. Gerakan ini bermanfaat untuk membuat pernapasan menjadi lancar dan teratur. Serta dapat membuat otot menjadi lebih kuat dan kencang.

 

 

 

3. Melancarkan aliran darah pada tubuh

Keutamaan sholat subuh dari segi kesehatan lainnya ialah dapat melancarkan aliran pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh gerakan ruku dalam sholat, yakni gerakan membungkukan badan ke arah depan, sehingga kedua tangan bertumpu pada tumit.

 

 

 

4. Mengoptimalkan aliran darah ke kepala

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa gerakan sujud dalam sholat dapat memaksimalkan fungsi kedua otak manusia, yakni karena gerakan sujud dalam sholat dapat membuat aliran darah ke kepala akan mengalir dengan optimal.

 

 

 

5. Pengganti olahraga pagi

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa waktu fajar  adalah waktu di mana udara di luar masih sangat segar, maka cocok sekali untuk berolahraga pagi. Secara tidak sadar, sholat subuh yang dikerjakan juga merupakan sebuah bentuk dari olahraga yang menyehatkan tubuh. Yakni yang berasal dari gerakan-gerakan dalam sholatnya.

 

 

 

 

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah Sebagai Kebangkitan Islam

Sholat subuh adalah tolok ukur nilai dan kekuatan sebuah umat. Maka keutamaan sholat subuh lainnya adalah mampu menjadi wasilah untuk kebangkitan islam. Terutama bila umat mengerjakan sholat subuh dengan berjamaah.

 

 

1. Sebagai kunci kemenangan

Waktu subuh pula merupakan kunci kemenangan bagi kaum muslim. Sebagaimana disampaikan dalam sebuah hadits: “Rasulullah apabila hendak menyerbu suatu kaum, beliau menundanya hingga tiba waktu subuh.” (HR. Bukhari).

 

 

 

2. Kisah perang salib

Pada saat perang salib sedang berkecamuk, hal yang sangat dipentingkan oleh Shalahuddin Al-Ayyubi ialah mengarahkan pasukan untuk sholat berjamaah di masjid. Merekalah tentara yang meraih kemenangan yang gemilang, kemenangan atas pasukan salib dan atas musuh-musuh islam lainnya.

Ia melakukan segalanya, namun tidak lantas menafikan bahwa sesungguhnya kemenangan tidak akan diraih kecuali Allah ‘Azza wa Jalla menolong mereka. Maka hal yang paling penting sebelum berperang adalah menolong agama-Nya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “ …Allah pasti akan menolong orang-orang yang menolong (agama)-Nya…” (QS. Al-Haj: 40).

 

 

 

 

3. Kebathilan-kebathilan akan dihancurkan di waktu subuh

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabarkan dalam Al-Qur’an bahwasannya Allah mengubah dunia dari kedhaliman menuju keadilan dan dari kerusakan menuju kebaikan yakni terjadi di waktu subuh.

Allah Subhanahu wa Ta’ala membinasakan kaum Luth yakni di waktu subuh. Allah berfirman. “ …Sesungguhnya saat terjadi siksaan bagi mereka itu pada waktu Subuh. Bukankah Subuh itu sudah dekat?” (QS. Hud: 81)

 

 

 

 

4. Imam Mahdi, Nabi Isa dan Dajjal

Turunnya Al-Masih a.s ke bumi ialah terjadi di waktu subuh, sementara generasi yang berhak menyambut Al-Masih a.s. hanyalah generasi yang menjaga sholat subuhnya. Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam menggambarkan keadaan saat itu dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Majah r.a. dan Umamah Al-Bahili r.a., bahwa Rasulullah bersabda :

“Sesungguhnya tidak ada fitnah yang lebih besar di muka bumi ini—sejak diciptakannya Adam hingga akhir dunia—kecuali fitnah Dajjal. Dan Allah tidak mengutus nabi kecuali memerintahkannya untuk memperingati umatnya terhadap fitnah Dajjal. Dan aku adalah Nabi yang terakhir. Sedangkan kalian adalah umat yang terakhir. Dan Dajjal akan muncul di tengah-tengah kalian.”

 

 

 

5. Tolok ukur keimanan seorang muslim

Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: “Kami melaksanakan sholat subuh berjamaah bersama Nabi dan tidak ada yang ikut serta selain orang yang sudah kemunafikannya.” (HR. Muslim).

 

 

Demikianlah pembahasan mengenai keutamaan sholat subuh yang sangat agung dan luar biasa sekali. Yakni di antaranya adalah sholat subuh dapat menjadi sebuah wasilah untuk kebangkitan islam. Semoga kita semua dapat berikhtiar untuk senantiasa mengerjakan sholat subuh dengan semaksimal mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: