100+ Istilah Startup yang harus kamu ketahui, Ayo Mampir!

Istilah Startup yang harus kamu ketahui – Salam sejahtera untuk para sahabat Juraganesia, tak lupa mengucapkan Hallo! semoga para sahabat Juraganesia selalu dalam keadaan yang baik-baik saja, dimanapun kalian berada.

Pada kesempatan kali ini admin Juraganesia akan membahas mengenai startup, kalau ada dari para Juraganers yang masih merasa bingung dengan istilah startup, tenang saja! anda tidak salah masuk kamar.

Pada 10 tahun terakhir, istilah startup mulai banyak diperbincangan dalam oleh para pelaku bisnis di Indonesia. Startup sendiri memang berkaitan erat dengan kemajuan teknologi dalam perkembangannya. Perkembangan startup di Indonesia termasuk bisa dikatakan sangat, setiap tahunnya semakin banyak saja startup-startup yang bermunculan.

Tapi, sebelum Juraganesia membahas lebih jauh tentang startup, admin akan memberikan penjelasan tentang apa itu startup dalam artikel ini. Langsung saja, admin telah merangkum pembahasan mengenai istilah startup dan kompenen-kompenen didalamnya.

Mari kita simak bersama-sama good people! ini dia 100+ Istilah Startup yang wajib kamu tahu, Check list out!

 

 

 

Pengertian Start up menurut Bahasa dan Istilah

Perkembangan startup ini memang bisa dikatakan sangat pesat, namun seiring dengan perkembangannya yang sangat pesat ternyata tak sedikit jumlah orang yang masih belum mengetahui startup. Tapi, tenang saja! Juraganesia akan membantu anda yang masih belum mengetahui tentang startup.

Jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia, startup yang merupakan kata serapan dari bahasa Inggris mempunyai arti “memulai sesuatu”. Sedangkan, jika kita rujuk menurut istilah startup adalah sebuah perusahaan yang baru saja dirintis atau masih dalam masa pengembangan. Istilah starup memang dikhususkan untuk sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknlogi dan informasi.

Tahukah anda Juraganers? Istilah startup mulai dipergunakan dalam kurun 5 tahun terakhir, tapi sesungguhnya startup ini memang sudah ada di Indonesia sejak istilah ini mulai banyak digunakan. Contoh startup di Indonesia adalah Kaskus, Olx, Bukalapak dan masih banyak lainnya.

 

 

Ciri – Ciri Start Up yang Baik itu Adalah…

Juraganesia telah membahas pengertian startup menurut bahasa dan istilah, tapi apakah anda
anda tahu cirri ciri perusahaan startup yang baik dalam pengembangannya? Jika belum, mari kita sama-sama menyimak penjelasan dibawah ini:

 

 

1. Loyalitas kepada tim

Jika anda hendak mendirikan bisnis startup dibidang teknologi dan informasi, maka carilah rekan-rekan yang memiliki loyalitas terhadap bisnis anda. Sebuah perusahaan yang baru dirintis tentu saja akan memilki kewajiban untuk membuat sebuah tim yang memilki loyalitas tinggi, karena mungkin intensitas dan tanggung jawab kerja yang tinggi, dengan rekan kerja yang sedikit, maka carilah rekan kerja anda yang mempunyai loyalitas tinggi.

 

 

2. Dapat melihat kebutuhan pasar

Sebuah perusahaan yang tidak dapat melihat kebutuhan pasar, tentu saja akan hilang ditelan waktu. Misalkan, sebuah perusahaan menciptakan sebuah produk yang super hebat, tapi sesungguhnya produk itu tidak dibutuhkan masyarakat.

Hal ini merupakan penyebab utama perusahaan mengalami kegagalan, karena tidak dapat jeli melihat apa yang dibutuhkan pasar. Hal ini akan tentu saja akan berpengaruh terhadap pendapatan perusahaan anda. Apabila perusahaan mengalami pengeluaran yang lebih besar daripada pendapatan, tentu saja perusahaan ini akan gulung tikar.

3. Fleksibilitas tim

Hal ini tentu saja diperlukan untuk perusahaan startup. Dalam hal ini bisnis kemungkinan apapun bisa terjadi, apalagi untuk perusahaan startup yang rentan mengalami kemungkinan apapun. Maka dari itu memiliki seorang rekan kerja yang mempunyai rasa loyalitas dan fleksibilitas, sangatlah cocok untuk bisnis perusahaan.

 

 

Fungsi dan Tujuan adanya Start Up

 

Berpengaruh besar

Perusahaan startup yang rata-rata besarnya bergerak dalam bidang teknologi dan informasi akan memberikan pengaruh yang besar dalam kemajuan segala sendi-sendi kehidupan seperti sosial, ekonomi, budaya dan lainnya.

Contohnya seperti, Bukalapak sebuah situs belanja yang berbasis E-commerce yang diakses melalui jaringan internet memberikan dampak yang baik untuk kemajuan di bidang ekonomi, dimana situs tersebut memberikan kemudahan untuk para penggunanya berbelanja tanpa harus pergi ke pusat perbelanjaan.

 

 

Fleksibilitas

Dalam mengolah sebuah perusahaan startup anda tidak memerlukan kantor sebagai sarana tempat bekerja. Fleksiblitas dari startup memberikan anda manfaat bekerja dimana pun dan kapan pun, tidak seperti perusahaan pada umumnya yang mempunyai jam kantor, berangkat pagi dan pulang sore hari.

 

 

Menjadi Bos

Fungsi yang terakhir ketika anda mendirikan perusahaan startup yaitu anda akan menjadi bos atas usaha anda yang buat sendiri. Memang, menjadi bos bukanlah perkara mudah tidak hanya sekedar mengatur karyawan-karyawannya, seorang bos yang sukses dalam usahanya adalah bos yang menjadi seorang pemimpin. Karena seorang pemimpin adalah bos yang memberikan arahan kepada rekannnya dan tidak hanya sekedar memerintah.

 

100 Istilah dalam Dunia Start up yang Perlu kamu Tahu

Dalam dunia bisnis startup terdapat berbagai istilah, untuk para Juraganers yang belum mengetahui arti-arti dalam dunia startup, Tenang saja! Dibawah ini Juraganesia telah merangkum berbagai istilah dalam dunia startup yang terbagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut :

 

 

1. Bisnis

Monetisasi: proses konversi produk menjadi alat pembayaran yang resmi.

KPI (Key Performance Indicator): metode mengukur keefektifan perusahaan dalam mencapai tujuannya.

ROI (Return of Investment): suatu perusahaan menghasilkan uang di dari biaya investasi

Cost benefit analysis (CBA): analisia biaya tentang perbandingan dan selisih pendapatan dan pengeluaran dari suatu kegiatan.

Business-to-Business (B2B): memiliki arti penjelasan dari model bisnis yang menargetkan bisnis lain untuk menggunakan layanan mereka.

 

 

 

2. Investasi dan akuisisi

Angel Investor: Investor yang menginvestasikan dananya untuk berinvestasi pada perusahaan dengan imbalan saham.

Acqui-hire: merupakan kondisi dimana sebuah perusahaan besar menyatakan ide dari sebuah startup buruk, tetapi memiliki tim yang berbakat. perusahaan tersebut melakukan akuisisi untuk mendapatkan tim tersebut sebagai imbalan.

Round: merupakan proses penggalangan dana.

Seed funding: merupakan keadaan dimana perusahaan mendapat pendanaan untuk pertama kali sebelum seri pendanaan berikutnya

Venture Capital: perusahaan mendapatkan pendanaan dari sejumlah investor.

Venture Capitalist: Investor yang berinvestasi dalam venture capital.

Venture Capitalist Utama (investor utama): venture capitalist yang berperan untuk mendukung perusahaan.

Lead Investor: Merupakan investor yang memberikan dana paling besar dalam perusahaan

Pre-money Valuation: merupakan nilai dari perusahaan sebelum investor memberi investasi.

Convertible Notes: Catatan hutang yang akan diubah menjadi saham.

Common Stock: Saham yang dikeluarkan untuk sang pendiri dan tenaga kerjannya.

Prefered Stock: Saham yang dikeluarkan bagi investor.

Equity Round: Putaran keuangan yang dimana investor membeli saham di dalam perusahaan tersebut

Discount: persentase pemotongan harga dari Pre-money Valuation.

Dilution: Merupakan kondisi dimana persentase kepemilikan saham berkurang setelah saham baru dikeluarkan.

 

 

3. Teknis

API- Application Programming Interface: merupakan antarmuka serangkaian fungsi atau kegiatan yang memungkinkan pengembangan untuk menyelesaikan tugas tertentu.

UI (User Interface): Merupakan desain antarmuka yang ditampilkan ke pengguna.

UX (User Experience): pengalaman pengguna.

Growth Hacking: Istilah yang diperuntukan untuk tim marketing yang berhasil melakukan strategi khusus dengan melakukan hacking agar hasil pekerjaan mereka meningkat drastis.

Pivot: Istilah bagi startup yang melakukan perubahan, saat tim startup tersebut menyadari apa yang sudah dilakukan tidak berjalan lancar.

4. Istilah Start Up Lainnya

To be Continued….

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: