Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud – Doa adalah sebuah permohonan atau permintaan sesuatu yang bersifat baik kepada Allah Ta’ala, yakni di antaranya seperti meminta rezeki yang halal, keteguhan iman dan lain sebagainya. Doa juga merupakan bukti bahwa manusia itu lemah dan terbatas, maka kita membutuhkan sebuAH Dzat Maha Besar sebagai tempat bergantung.

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud – Juraganesia.net

Sebaiknya, kita berdoa kepada Allah Ta’ala di setiap saat, sebab Allah Ta’ala Maha Mendengar di mana pun dan kapan pun. Terlepas daripada hal itu, ada waktu-waktu mustajab untuk berdoa. Yakni salah satunya ialah di waktu sepertiga malam. Terlebih bila kita juga mengerjakan sholat malam seperti sholat tahajud.

Dengan mengerjakan sholat tahajud, lalu dilanjutkan dengan berdoa kepada Allah Ta’ala maka Dia senantiasa akan mengabulkan permohonan hambanya. Terdapat pula doa sholat tahajud yang dapat kita amalkan pada saat sholat tahajud. Berikut ini kami rangkum pembahasannya.

 

 

Baca Juga : Sudah Tahu? Berikut Tata Cara Sholat Tahajud yang Baik dan Benar Menurut Syariat.

 

 

 

Pengertian Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud – Juraganesia.net

Berdoa ialah memohon atau meminta sesuatu yang bersifat baik kepada Allah Ta’ala. Dan sebaiknya doa dipanjatkan kepada Allah Ta’ala setiap saat, sebab Allah Maha Mendengar permohonan hambanya serta akan mengabulkan permohonan hamba-hambanya.

Begitu juga doa sholat tahajud, yakni doa yang dipanjatkan ketika kita mengerjakan sholat tahajud yang dikerjakan pada malam hari. Waktu terbaik untuk mengerjakan sholat tahajud ialah pada sepertiga malam.

 

 

 

 

 

Bacaan Doa Sholat Tahajud Bahasa Arab & Latin

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud – Juraganesia.net

Doa khusus untuk dibaca ketika tahajud berdasarkan hadits yang shahih, terdapat pada doa iftitah dan doa setelah witir. Yakni sebagai berikut. Bacaan doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika iftitah :

 

 

1. Dari Abu Salamah bin Abdurrahman bin Auf, beliau bertanya kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Apa doa yang dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mengawali shalat malam beliau?” Aisyah menjawab: “Beliau memulai shalat malam beliau dengan membaca doa :

 

اللَّهُمَّ رَبَّ جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ وَإِسْرَافِيلَ فَاطِرَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ إِنَّكَ أَنْتَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ

“Ya Allah, Tuhannya Jibril, mikail, dan israfil. Pencipta langit dan bumi. Yang mengetahui yang gaib dan yang nampak. Engkau yang memutuskan diantara hamba-Mu terhadap apa yang mereka perselisihkan. Berilah petunjuk kepadaku untuk menggapai kebenaran yang diperselisihan dengan izin-Mu. Sesungguhnya Engkau memberi petunjuk kepada siapa saja yang Engkau kehendaki menuju jalan yang lurus.” (HR. Muslim 770, Abu daud 767, Turmudzi 3420 dan yang lainnya).

 

 

2. Dari Ibnu Abba radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam apabila melakukan shalat di tengah malam, beliau membaca doa iftitah :

 

اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ،

اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ

“Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau yang mengatur langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Hanya milikMu segala puji, Engkau pencipta langit dan bumi serta siapa saja yang ada di sana. Engkau Maha benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, pertemuan dengan-Mu benar. Surga itu benar, neraka itu benar, dan kiamat itu benar. Ya Allah, hanya kepada-Mu aku pasrah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku bertaubat, hanya dengan petunjuk-Mu aku berdebat, hanya kepada-Mu aku memohon keputusan, karena itu, ampunilah aku atas dosaku yang telah lewat dan yang akan datang, yang kulakukan sembunyi-sembunyi maupun yang kulakukan terang-terangan. Engkau yang paling awal dan yang paling akhir. Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau.” (HR. Ahmad 2710, Muslim 769, Ibn Majah 1355).

 

 

3. Dari Abu Said Al-Khudri radhiyallahu’anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam ketika bangun malam, beliau bertakbir, kemudian membaca :

 

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ، وَتَعَالَى جَدُّكَ، وَلَا إِلَهَ غَيْرَكَ

“Maha Suci Engkau Ya Allah, aku memuji-Mu, Maha Mulia nama-Mu, Maha Tinggi keagungan-Mu, tiada tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Kemudian membaca :

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ

“Tiada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah.” (3 kali)

Dilanjutkan dengan membaca :

اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا

“Allah Maha Besar.” (3 kali)

(HR. Abu Daud 775, Ad-Darimi 1275 dan dishahihkan al-Albani)

 

 

Baca Selengkapnya : Sudah Hafal? Begini Rupanya Bacaan Doa Sholat Dhuha, Kamu Harus Tahu!

 

 

 

Manfaat dan Keutamaan Doa Dalam Sholat Tahajud

Manfaat dan keutamaan doa sholat tahajud tidak terlepas dari keutamaan dan manfaat sholat tahajud itu sendiri, di antaranya ialah sebagai berikut :

 

 

1. Cara mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud – Juraganesia.net

Mengerjakan sholat tahajud ialah salah satu cara seorang hamba untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan begitu, semua permasalahan hidupnya tidak akan dengan mudah membuatnya gundah. Begitu pun dengan masalah rezeki.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian serta penutup kesalahan dan penghapus dosa.” (HR. Tirmidzi, Al Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

 

 

 

2. Dikabulkannya doa-doa dan keinginan

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud – Juraganesia.net

Termasuk di dalam keutamaan mengerjakan sholat tahajud ialah dikabulkannya doa-doa dan keinginan. Apa pun yang dipanjatkan, apa pun yang dinginkan pastilah Allah kabulkan, begitu pun dengan perkara rezeki.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Rabb kita –Tabaraka wa Ta’ala– turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: “Barangsiapa yang memohon kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari).

 

Baca Artikel Selanjutnya : Ternyata! Inilah Bacaan Doa Seteah Adzan dan Cara Menjawab Adzan yang Baik dan Benar!

 

 

 

3. Merupakan jalan untuk mendapatkan rahmat Allah

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud – Juraganesia.net

Keutamaan sholat tahajud berikutnya ialah mengerjakannya merupakan sebuah jalan untuk mendapatkan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala begitu luas.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang artinya, “(Apakah kamu hai orang orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang ia takut kepada (adzab) akhirat dan mengharapkan rahmat Rabb-nya? … “ (Az Zumar [39] : 9).

 

 

 

 

Tips Menghafal Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud – Juraganesia.net

Seringkali kita merasa malas untuk menghapal doa-doa sholat, karena bacaan doa tersebut sangatlah panjang sehingga merasa tidak ada waktu untuk menghapalnya. Padahal hal itu hanya karena kita tidak biasa membacanya, maka kita merasa terbebani dan merasa tidak bisa menghapalkannya. Begitu pun dengan doa sholat tahajud. Berikut ini beberapa tips untuk menghapalnya.

Pertama, senantiasa mengamalkannya setiap sholat. Hal pertama yang dapat kita lakukan untuk menghapalnya adalah kita harus senantiasa membacanya setelah selesai sholat. Bila diperlukan, kita boleh membacanya dari kertas yang berisi bacaan doa sholat tahajud yang sudah kita tulis sebelumnya. Semakin kita sering membacanya setelah selesai sholat, maka hal itu akan meningkatkan ingatan kita mengenai bacaan doa sholat tahajud.

Kedua, tempel bacaan doa sholat tahajud di tempat-tempat yang sering kita lihat. Kita dapat menempelkan bacaan tahajud tersebut di tempat-tempat seperti di pinggir cermin, di depan pintu kamar, di atas kalender, di pintu lemari dan di tempat-tempat yang biasa kita lihat lainnya. Ketika kita melihat bacaan doa itu, maka secara tidak sadar kita juga akan membacanya walau dalam waktu yang sangat singkat.

Ketiga, niatkan hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala. Sesungguhnya setiap amalan itu tergantung dari niat. Maka niatkan menghapal doa sholat tahajud ini semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala. InsyaAllah, Allah Ta’ala akan senantiasa membantu dan memudahkan segala urusan yang telah kita niatkan dalam hati.

 

 

 

 

 

Tips Membiasakan Diri Sholat Tahajud

Sama halnya ketika kita mencoba untuk menghapal doa sholat tahajud, membiasakan diri untuk senantiasa mengerjakan sholat tahajud pun perlu tekad yang kuat untuk mengerjakannya. Sebab selalu saja ada perasaan-perasaan yang membuat kita enggan untuk mengerjakannya. Maka berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membiasakan diri dalam mengerjakan sholat tahajud.

Pertama, luruskan niat dan bulatkan tekad. Sebab sebuah amalan itu tergantung dari niatnya, maka perlu kita luruskan niat bahwasannya mengerjakan sholat tahajud adalah hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala.

Kedua, buatlah sebuah pengingat. Sebab manusia adalah makhluk yang lemah, maka seringkali manusia tidak bisa menghindari lupa. Oleh sebab itu, kita bisa membuat sebuah pengingat untuk mengerjakan sholat tahajud. Misalnya memasang sebuah alarm di ponsel pada waktu malam.

Ketiga, bergabung bersama orang-orang sholih/sholihah. Hal ini juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk mengerjakan sholat tahajud. Sebab sahabat taat akan senantiasa mengingatkan kita untuk mengerjakan amalan-amalan kebaikan, di antaranya adalah sholat tahajud.

Demikianlah pembahasan mengenai sholat tahajud beserta doa sholat tahajud. Semoga kita semua dapat senantiasa mengamalkannya pada waktu mengerjakan sholat tahajud. Semoga artikel ini bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: