Sudah Hafal? Beginilah Ternyata Bacaan Doa Sholat Dhuha yang Sesungguhnya!

Bacaan Doa Sholat Dhuha – Hallo sahabat Juraganers yang sangat energik dalam menggali ilmu tentang agama dan kewirausahawan, semoga kita selalu dalam bimbingan Allah Swt. Karena Allah Swt lah sebaik – baiknya pembimbing didunia dan di akhirat kelak. Sebagai generasi muslimin yang millenials, kita dituntut agar dapat menyeimbangkan kehidupan kita antara duniawi dan ukhrawi ya guys.

Tanpa memperpanjang mukaddimah belaka, pada topik kali ini kita akan sedikit teknis dalam mengulas informasi seputar berdoa. Berdoa adalah cara kita untuk memohon atau meminta sesuatu yang bersifat baik kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kita dapat berdoa di mana pun dan kapan pun. Tentunya di tempat yang diridhoi oleh Allah Ta’ala.

Ada pun waktu untuk berdoa tidaklah terikat oleh waktu karena Allah Ta’ala senantiasa mendengar dan mengabulkan doa-doa hambanya di mana pun dan kapan pun. Namun memang terdapat waktu-waktu tertentu yang mustajab untuk berdoa kepada Allah, yakni salah satunya adalah pada waktu dhuha. Simak ulasan selengkapnya dibawah ini ya guys!

 

 

 

 

Pengertian Doa Sholat Dhuha

Berdoa atau memohon kepada Allah Ta’ala bisa dilakukan kapan pun, di antaranya yakni pada waktu dhuha. Doa sholat dhuha yang mashyur dibaca saat sholat dhuha ialah seperti di bawah ini :

 

اللَّهُمَّ إنَّ الضُّحَى ضَحَاؤُك وَالْبَهَا بَهَاؤُك وَالْجَمَالُ جَمَالُك وَالْقُوَّةُ قُوَّتُك وَالْقُدْرَةُ قُدْرَتُك وَالْعِصْمَةُ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِكَ وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha ini adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rizkiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar maka mudahkanlah, apabila kotor maka sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh.”

Menurut DR. ‘Abdullah Al Faqih di Fatwa Mufti Markaz Al Fatawa – Asy Syabkah Al Islamiyah, no. 53488, menjelaskan statusnya yakni: “Doa ini disebutkan oleh Asy Syarwani dalam Syarh Al Minhaj dan As Dimyathi dalam I’anatuth Tholibiin, namun doa ini tidak dikatakan sebagai hadits. Kami pun tidak menemukan dalam berbagai kitab yang menyandarkan doa ini sebagai hadits Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam. Wallahu’alam.”

 

 

 

 

Bacaan Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap!

Lalu adakah doa sholat dhuha shahih? Yakni yang sesuai dengan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka berikut inilah doa sholat dhuha yang shahih.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam selesai sholat dhuha, beliau  mengucapkan,

 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

“ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ‘ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM (artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali.” (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih).

 

 

 

 

Tata Cara dan Adab Doa Sholat Dhuha

Terkait tata cara dan adab doa sholat dhuha secara umum sama dengan berdoa setelah sholat lainnya. Yakni di antara tata cara dan adab ketika berdoa ialah menghadap kiblat, sebelum berdoa membaca basmallah, istighfar, hamdalah dan seterusnya diikuti shalawat Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, keluarga serta para sahabatnya.

Serta mengangakat kedua tangan sebelum berdoa dan berdoa dengan penuh keikhlasan serta kekhusyu’an. Berdoa atau memohon hanya kepada Allah Ta’ala dan percaya bahwa Allah senantiasa akan mengabulkan setiap permintaan hamba-hamba-Nya dan hanya Allah Swt lah yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.

 

 

 

 

Hukum Membaca Doa Sholat Dhuha

Perlu kita semua pahami bersama dan dijadikan prinsip pula bagi setiap orang beriman, bahwasannya perkara ibadah dalam agama islam itu bersifat tauqifiyah, yang berarti menunggu dalil mengenai suatu ibadah tersebut.

Sebab hukum asal ibadah adalah haram kecuali jika ada dalilnya. Semuanya haruslah berdalil, baik dalam bentuk apa pun bentuk ibadah tersebut dan siapa pun yang mengajarkannya. Begitu pula dengan membaca doa sholat dhuha. Yang perlu diperhatikan ialah bacaan doa sholat dhuha itu sendiri, apakah sesuai dengan dalil ataukah tidak.

 

 

 

 

Tips Menghafal Doa Sholat Dhuha

Seringkali kita merasa malas untuk menghapal doa-doa sholat, karena bacaan doa tersebut sangatlah panjang sehingga merasa tidak ada waktu untuk menghapalnya. Padahal doa adalah sebuah bentuk seorang hamba memohon kepada Tuhannya. Berikut ini beberapa tips untuk menghapal bacaan doa sholat dhuha.

Pertama, senantiasa mengamalkannya setiap sholat. Hal pertama yang dapat kita lakukan untuk menghapalnya adalah kita harus senantiasa membacanya setelah selesai sholat. Bila diperlukan, kita boleh membacanya dari kertas yang berisi bacaan doa sholat dhuha yang sudah kita tulis sebelumnya. Semakin kita sering membacanya setelah selesai sholat, maka hal itu meningkatkan ingatan kita mengenai bacaan doa sholat dhuha.

Membaca doa sholat dhuha setelah selesai sholat dhuha pun akan membuat kebiasaan tersendiri bagi kita. Sebab kebiasaan akan terbentuk karena adanya pengulangan. Maka dengan begitu akan semakin memudahkan kita untuk menghapalkannya juga.

Kedua, tempel bacaan doa sholat dhuha di tempat-tempat yang sering kita lihat. Kita dapat menempelkan bacaan doa sholat dhuha di tempat-tempat seperti di pinggir cermin, di depan pintu kamar, di atas kalender, di pintu lemari dan di tempat-tempat yang biasa kita lihat lainnya. Ketika kita melihat bacaan doa itu, maka secara tidak sadar kita juga akan membacanya walau dalam waktu yang sangat singkat.

Ketiga, niatkan hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala. Sesungguhnya setiap amalan itu tergantung dari niat. Maka niatkan menghapal doa sholat dhuha ini semata-mata hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala.

 

 

 

 

Tips Membiasakan Diri Untuk Sholat Dhuha

Sama halnya ketika kita mencoba untuk menghapal doa sholat dhuha, membiasakan diri untuk senantiasa mengerjakan sholat dhuha pun perlu tekad yang kuat untuk mengerjakannya. Sebab selalu saja ada perasaan-perasaan yang membuat kita enggan mengerjakannya.

Semua hal ini tentu tidak terjadi tanpa adanya alasan, yakni di antaranya ialah godaan syaitan yang senantiasa merayu manusia untuk agar tidak beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sehingga kita merasa malas untuk menghapal doa-doa sholat, atau bahkan malas untuk beribadah sholat. Maka berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk membiasakan diri dalam mengerjakan sholat dhuha.

Pertama, luruskan niat dan bulatkan tekad. Sebab sebuah amalan itu tergantung dari niatnya, maka perlu kita luruskan niat bahwasannya mengerjakan sholat dhuha adalah hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala.

Kedua, buatlah sebuah pengingat. Sebab manusia adalah makhluk yang lemah, maka seringkali manusia tidak bisa menghindari lupa. Oleh sebab itu, kita bisa membuat sebuah pengingat untuk mengerjakan sholat dhuha. Misalnya memasang sebuah alarm di ponsel pada waktu dhuha.

Ketiga, duduk bersama orang-orang sholih/sholihah. Hal ini juga dapat menjadi pengingat bagi kita untuk mengerjakan sholat dhuha. Sebab sahabat taat akan senantiasa mengingatkan kita untuk mengerjakan amalan-amalan kebaikan, di antaranya adalah sholat dhuha.

 

 

Nah Juraganesian Lovers, demikianlah pembahasan mengenai doa sholat dhuha. Semoga pembahasan dalam artikel ini dapat membuat kita semakin mengetahui terkait sholat dhuha,  bacaan doa sholat dhuha serta dapat mengamalkan sebagaimana mestinya dalam kehidupan sehari- hari kita ya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para Juraganers ya! Salam kebangkitan islam!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: