10 Fakta Unik Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan yang Masih Dikaji!

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Sejarah menjadi bidang studi yang penting untuk dipelajari oleh para generasi penerus. Sebab sejarah memiliki manfaat yang sangat besar untuk kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

 

Maka dengan begitu, sejarah dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan untuk dipelajari dan dimaknai sebagai refleksi kehidupan di masa yang akan datang. Namun, kita perlu selektif untuk menerima sejarah. Sebab seringkali sejarah didistorsi oleh orang-orang yang berkuasa pada masanya.

Terlepas dari hal itu, sejarah tetap menjadi hal yang penting untuk dipelajari. Sebab dari hal tersebut, kita memiliki gambaran bagaimana sesuatu hal yang dulu dapat terjadi dan manfaatnya bisa dirasakan hingga saat ini.

Kendati demikian, mengingat sejarah rentan didistorsi, maka kita harus memiliki tolok ukur terhadap suatu sejarah.  Hal ini berguna untuk memeriksa apakah sejarah tersebut benar atau salah.

 

 

 

Pengertian Sejarah Menurut Bahasa dan Istilah

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Sejarah berasal dari bahasa Arab yaitu syajaratun yang berarti pohon kayu yang bercabang-cabang. Hal ini diibaratkan sebagai sejarah yang berkembang dari satu titik kejadian ke titik kejadian yang lain yang saling berhubungan.

Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh yang berarti waktu atau penanggalan. Istilah sejarah sendiri lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Atau dalam bahasa-bahasa lainnya seperti dalam bahasa Inggris history, bahasa Prancis historia, bahasa Italia storia, dan bahasa Jerman gescheiedenis.

Dilihat dari makna secara kebahasaannya, dapat ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Oleh sebab itu, masalah waktu penting dalam memahami satu peristiwa. Maka untuk mengatasi masalah ini, para sejarawan membuat periodisasi sejarah.

 

 

 

Fungsi dan Tujuan Mempelajari Ilmu Sejarah

Sebagai salah satu bidang studi yang dipelajari di bangku sekolah bahkan perkuliahan, sejarah memiliki fungsi dan tujuan yang sangat penting bagi kehidupan. Meski perlu lebih ditekankan, bahwa sejarah yang dipelajari adalah sebenar-benarnya sejarah.

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Mempelajari ilmu sejarah yang benar akan sangat bermanfaat bagi kehidupan. Adapun fungsi dan tujuan mempelajari ilmu sejarah adalah sebagai berikut:

 

1. Dapat mengetahui peristiwa di masa lampau

Mempelajari ilmu sejarah akan membuat kita mengetahui peristiwa apa yang terjadi di masa lampau. Hal ini menjadi tujuan utama mempelajari ilmu sejarah. Sebab masa yang ada sekarang ini tidak terlepas dari adanya peristiwa di masa lampau.

Dengan begitu kita dapat mengetahui apa yang terjadi di masa lampau, siapa saja yang terlibat di dalamnya, di mana peristiwa itu terjadi dan dampak yang dirasakan saat ini dari peristiwa tersebut.

 

 

 

2. Sebagai media pembelajaran

Fungsi mempelajari ilmu sejarah lainnya yakni sebagai sarana edukatif. Dengan artian, sejarah digunakan sebagai media pembelajaran. Baik di bangku sekolah atau perkuliahan. Mempelajari sejarah itu berarti belajar mengenai tokoh dan peristiwa bersejarah yang terjadi di masa lampau.

 

 

 

3. Sebagai refleksi kehidupan di masa yang akan datang

Mempelajari sejarah itu berarti mempelajari kesalahan yang ada di masa lampau. Peristiwa yang dulu terjadi akan menjadi sebuah refleksi kehidupan di masa yang akan datang. Agar menjadi kehidupan yang lebih baik lagi.

Sejarah juga bisa menjadi sumber inspirasi. Ketika kehidupan pada saat ini seolah tidak terlalu berjaya dibandingkan kehidupan di masa lampau, sejarah bisa menjadi sebuah inspirasi agar kembali bisa berjaya di era modern saat ini.

 

 

 

4. Memperluas wawasan dan pikiran

Ilmu sejarah sangatlah luas. Mempelajarinya akan menambah wawasan pengetahuan kita dan memperluas pikiran. Kita juga dapat mengetahui beragam sudut pandang seseorang yang menuliskan sejarah. Sehingga kita juga bisa memfilter mana sejarah yang benar.

 

 

 

5. Sebagai keprofesian

Sejarah menjadi salah satu bidang ilmu di mana banyak pelaku yang terlibat di dalamnya. Maka saat ini, sejarah pun bisa dijadikan sebagai sebuah pekerjaan atau profesi. Seseorang yang mempelajari sejarah disebut dengan sejarawan.

Sedangkan pekerjaan lain seperti arkeolog, penulis sejarah, peneliti, guru sejarah juga termasuk pada keprofesian yang berhubungan dengan sejarah.

 

 

Cara Mudah Untuk Verifikasi Sejarah yang Baik dan Benar

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Untuk memverifikasi atau memeriksa sebuah sejarah perlu dikaji dalam beberapa hal. Lalu hal apa saja yang dilakukan oleh para peneliti sejarah? Berikut ini hal-hal yang dilakukan untuk melakukan penelitian sejarah.

 

1. Heuristik

Metode pertama yang dilakukan untuk melakukan penelitian sejarah adalah heuristik. Tahapan ini mengharuskan para peneliti untuk mencari dan menemukan sumber-sumber sejarah yang dibutuhkan.

Sumber sejarah yang bisa digunakan terbagi menjadi dua, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer yaitu sumber yang berasal langsung dari pelaku sejarah. Seperti naskah, prasasti, artefak, dokumen-dokumen, dan lain sebagainya.

Sedangkan sumber sekunder adalah sumber yang berasal dari pihak yang bukan pelaku sejarah, yakni dari pihak lain yang di luar dari para pelaku sejarah (misalnya peneliti). Di antara benda-benda yang termasuk sumber sekunder ialah laporan penelitian, ensiklopedia, catatan lapangan peneliti, dan lain sebagainya.

 

 

2. Kritik atau verifikasi

Metode selanjutnya untuk melakukan penelitian sejarah adalah kritik atau disebut juga verifikasi. Metode ini bertujuan untuk membuktikan sumber sejarah yang bersangkutan adalah asli (autentifikasi) dan kredibilitas sumber sejarah.

Terdapat dua macam kritik yang dilakukan, yakni kritik estern (autentisitas) dan kritik intern (kredibilitas). Kritik estern adalah kritik terhadap keakuratan dan keaslian sumber. Sedangkan kritik intern adalah kritik terhadap kredibilitas sumber.

 

 

 

3. Interpretasi atau eksplanasi

Pada tahap ini, peneliti melakukan penafsiran terhadap makna atas fakta-fakta yang ada. Serta hubungan antara berbagai fakta yang harus didasari oleh sikap objektif. Apabila membutuhkan sikap subjektif, maka haruslah subjektif rasional.

Pengembalian peristiwa sejarah atau rekonstruksi peristiwa sejarah disampaikan secara deskriptif dan harus menghasilkan sejarah yang benar. Dua cara untuk melakukan interpretasi yakni analisis (menguraikan) dan sintesis (menyatukan).

 

 

 

4. Penulisan sejarah atau historiografi

Historiografi merupakan upaya peneliti sejarah dalam melakukan rekonstruksi sumber-sumber yang telah ditemukan, diseleksi dan dikritisi. Untuk menuliskan hal tersebut, peneliti perlu memperhatikan beberapa kaidah penulisan, seperti:

-Bahasa dan format penulisan yang digunakan harus baik dan benar menurut tata bahasa.

-Memperhatikan penggunaan tanda baca, penggunaan istilah dan rujukan sumber.

-Istilah dan kata-kata tertentu harus digunakan sesuai konteks permasalahannya.

 

 

 

10 Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan yang Dirasakan Hingga Kini

Berikut ini beberapa contoh sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Meskipun beberapa pelajaran sejarah yang umum dipelajari di sekolah ternyata telah terdistorsi dan dapat dibatahkan kebenarannya oleh ilmuwan lain dengan bukti yang kuat.

1. Teori evolusi manusia

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Siapa yang tidak mengenal teori evolusi manusia? Pasca Charles Darwin mengemukakan teori asal usul manusia yang berasal dari kera, timbul polemik di berbagai kalangan ilmuwan, akademisi maupun agamawan.

Meskipun secara tersurat, sebenarnya Darwin tidak pernah menyatakan bahwa manusia berasal dari kera. Namun kendati demikian, ia mengklasifikasikan kera ke dalam ordo yang sama dengan manusia, yaitu Primates. Hal inilah yang memicu kesimpulan bahwa manusia merupakan keturunan kera.

Teori evolusi Darwin inilah yang pada saat ini masih diajarkan di bangku sekolah bahkan perkuliahan. Padahal kebenarannya masih patut untuk dipertanyakan. Terlepas adanya bukti fosil-fosil dan lain sebagainya, teori tersebut sangat tidak rasional samasekali.

Salah satu ilmuwan yang menentang teori evolusi ini adalah Harun Yahya. Yahya menjabarkan teori penciptaan atau kreasionisme berdasarkan pemaknaannya terhadap ajaran Islam sebagai antitesis terhadap teori evolusi Darwin.

 

 

 

2. Peradaban Islam

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan -Juraganesia.net

Bila saat ini kita mengenal Amerika sebagai negara adi daya, kiblatnya dunia. Namun jauh sebelum itu, terdapat sebuah peradaban yang menjadi mercusuar dunia. Yakni peradaban Islam sebagai sebuah negara yang mampu menguasai hampir 2/3 dunia selama lebih dari 13 abad.

Bukti peninggalannya tersebar di berbagai belahan dunia. Salah satunya seperti Museum Hagia Sophia di Turki yang pernah menjadi Gereja dan Masjid pada masa kejayaan Islam. Hal ini menjadi sejarah penting untuk dipelajari sebagai bagian dari ilmu pengetahuan.

 

 

 

3. Teori masuknya agama Islam ke Indonesia

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Terdapat beragam versi mengenai teori masuknya agama Islam ke Indonesia.  Ada teori yang menyebut bahwa Islam masuk ke Indonesia dibawa pedagang Gujarat, Arab dan Persia. Teori tersebut didukung oleh bukti sejarah yang dianalisa secara kompreherensif melalui metode ilmiah yang terstruktur.

Meskipun saat ini benang merah dari teori masuknya agama Islam ke Indonesia yang diajarkan di bangku sekolah seolah masih kabur. Padahal bila dihubungkan dengan sejarah peradaban Islam, menjadi keniscayaan bahwa teori-teori tersebut yang mengatasnamakan pedagang dari berbagai daerah ialah utusan dari negara Islam.

 

 

 

4. Peristiwa bersejarah

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa lampau membawa dampak tersendiri bagi kehidupan saat ini. Hal ini bisa menjadi refleksi untuk kehidupan selanjutnya. Maka peristiwa bersejarah juga termasuk ke dalam contoh sejarah sebagai ilmu pengetahuan.

 

 

 

5. Kapal Nabi Nuh

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Sejarah tenggelamnya kapal Nabi Nuh yang dipelajari pada pelajaran agama menjadi sebuah bagian dari ilmu pengetahuan yang masih dipelajari hingga saat ini. Terlebih, hal ini diperkuat dengan sisa-sisa perahu Nabi Nuh yang ditemukan di sebuah gunung di Turki. Hal ini membuktikan bahwa peristiwa tersebut benar adanya.

 

 

 

6. Peradaban Mesir Kuno yang dapat membangun piramida

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Seorang ilmuwan yang dijuluki sebagai Bapak Mesir Kuno, Jean Francois Champollion, menjelaskan bahwa pembangunan piramida Mesir dilakukan oleh manusia raksasa yang berjumlah sekitar 10 juta jiwa dengan lama waktu sekitar 23 tahun pembangunan.

 

 

 

7. Teori masuknya agama Hindu Buddha

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Selain sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia yang menjadi bagian dari ilmu pengetahuan yang harus dipelajari, sejarah masuknya agama Hindu Buddha ke Indonesia juga umum diajarkan di bangku sekolah hingga saat ini.

Bukti-bukti mengenai hal tersebut dianalisa menggunakan cabang ilmu, misalnya kesastraan, numismatik, epigrafi dan filologi. Hal ini juga termasuk contoh sejarah sebagai ilmu pengetahuan.

 

 

 

8. Penemu benua Amerika

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Bila saat ini kita mengetahui bahwa Christophorus Colombus adalah penemu benua Amerika sebagaimana termaktud dalam berbagai literatur sejarah ternyata hal tersebut tidaklah benar. Sebab penemun aslinya ialah seorang muslim.

Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya kuburan-kuburan kuno di benua Amerika yang bertuliskan aksara Arab, seperti Muhammad dan huruf Arab.

Bahkan Colombus sendiri mengakui dalam catatannya bahwa pelaut muslim sudah lebih dulu datang ke Amerika pada 1178 Masehi. Hal tersebut dibuktikan oleh Colombus dengan melihat adanya masjid di atas gunung di Kuba.

 

 

 

 

9. Penemu bola lampu

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Thomas Alva Edison begitu dikenal namanya sebagai penemu bola lampu. Ternyata bola lampu bukanlah murni cipataannya, melainkan hasil penyempurnaan dari 22 ilmuwan sebelumnya. Hasilnya, Edisonlah yang membawa bola lampu ke dalam bentuk praktis kemudian mematenkannya.

Kini dapat kita rasakan manfaatnya. Hal ini merupakan contoh sejarah yang menjadi  bagian dari ilmu pengetahuan yang dipelajari di bangku sekolah.

 

 

10. Sejarah Indonesia

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan

Contoh Sejarah Sebagai Ilmu Pengetahuan – Juraganesia.net

Sejarah Indonesia juga termasuk ke dalam contoh sejarah sebagai ilmu pengetahuan. Sebab banyak teori dan bukti-bukti yang memperkuat berbagai peristiwa di Indonesia hingga pada terbentuknya negara Indonesia itu sendiri.

 

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai sejarah. Bagaimana Sahabat Juraganers, sangat menarik sekali bukan mempelajari sejarah?

Maka dari itu, sejarah juga bisa menjadi bagian dari ilmu pengetahuan yang patut untuk dipelajari dan dimaknai secara mendalam sebagai sebuah peristiwa yang terjadi di masa lampau. Semoga artike ini bermanfaat, ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: