10+ Contoh Resensi Novel Terlengkap dan Cara Membuatnya, Check It Out!

Contoh Resensi Novel – Hallo sahabat Juraganesia pecinta sastra, terimakasih telah berkunjung dilaman artikel berikut ini. Pada artikel kali ini, kita akan coba membahas sebuah topik yang mengarah kepada dunia sastra. Ya, tentunya sesuai judul artikel ini yaitu contoh resensi novel.

Contoh Resensi Novel

10+ Contoh Resensi Novel Terlengkap dan Cara Membuatnya – Juraganesia.net

 

Resensi novel sering dipelajari waktu sekolah dalam pelajaran bahasa Indonesia,  berbagai contoh resensi novel juga ada dan dapat dilihat untuk mengetahui cara pembuatan resensi tersebut.

Pada saat ini novel dengan judul berbeda-beda sangat banyak, sehingga apabila Anda ingin mengetahui kelebihan buku maka harus melakukan resensi terlebih dahulu. Meski banyak sekali contoh resensi novel tetapi agar lebih memahami Anda bisa melakukannya sendiri.

 

Baca Juga : Daftar Top 10+ Novel Cinta Terbaik Indonesia yang Go Internasional!

 

 

 

Pengertian Resensi Novel Secara Terminologi

Menurut kamus KBBI resensi novel merupakan pertimbangan dan pembicaraan buku atau bahan lainnya, sedangkan dalam bahasa inggri resensi novel lebih mengarah pada kata review. Arti dari kata review yaitu ulasan, pertimbangan, tinjauan, timbangan.

Contoh Resensi Novel

Pengertian Resensi Novel Menurut Bahasa & Istilah – Juraganesia.net

Ada yang berpendapat bahwa resensi adalah sebuah penilaian dan ulasan pada suatu karya. Contoh berbagai macam karya yang dapat diresensi yait drama, buku, film dan masih banyak lagi lainnya.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa resensi merupakan ulasan yang sengaja dibuat oleh seseorang pembaca novel dengan tujuan memberikan pendapatnya terhadap buku yang dibaca.

Penulisan resensi dapat berupa pujian, pendapat, kritik, dan saran untuk buku yang diresensi. Bisa dikatakan bahwa resensi sama dengan menulis ulang informasi apa saja yang dipahami oleh orang tersebut saat membaca buku.

 

 

 

 

Fungsi dan Tujuan Resensi Novel

Anda sudah memahami tujuan umum melakukan resensi novel namun, ada fungsi dan tujuan khusus dalam melakukan resensi novel. Waktu ingin melakukan resensi Anda wajib mengetahui fungsi dan tujuan khususnya. Kenapa harus mengetahuinya? Agar dalam membuat sebuah contoh resensi novel hasilnya dapat maksimal.

Contoh Resensi Novel

Fungsi dan Tujuan Resensi Novel – Juraganesia.net

Ketahui fungsi dan tujuan melakukan resensi novel berikut ini.

  • Melihat dan menguji buku yang dibuat oleh penulisnya. Apakah buku tersebut memiliki kualitas yang bagus atau tidak.
  • Sebagai orang yang melakukan resensi Anda juga dapat memberikan masukan untuk penulis buku. Masukan yang diberikan dapat berupa saran, cara penulisan buki, substansi, dan kritik. Para penulis buku akan menerima masukan Anda agar dapat memperbaiki penulisan novel pada karya yang akan diterbitkan nanti.
  • Mengetahui dengan jelas kekurangan dan kelebihan buku yang telah diresensi.
  • Memberikan sebuah gambaran dan penilaian umum kepada para pembaca tentang novel yang sudah diresensi atau diulas.
  • Dapat mengetahui latar belakang serta alasan dalam membuat buku yang diresensi.

Ada fungsi dan tujuan penting dalam menulis resensi. Pastikan kalau Anda mengetahui serta memahaminya. Dari mempelajari tujuan membuat resensi maka, sangat jelas sekali membuat resensi itu bukan merupakan kegiatan yang sepele melainkan sangat bermanfaat untuk mengetahui isi dan keunggulan lebih dalam lagi pada sebuah karya novel.

 

Baca Selengkapnya :  10+ Contoh Surat Penawaran dan Cara Membuatnya Mudah & Simpel!

 

 

 

Cara Membuat Resensi Novel

Bagaimanakah membuat resensi novel? Kalau melihat contoh resensi novel saja pastinya Anda kurang memahami. Oleh karena itu mengetahui cara membuat contoh resensi novel itu harus diketahui.

Contoh Resensi Novel

Cara Membuat Resensi Novel dengan Simpel – Juraganesia.net

Banyak sekali hal yang harus diperhatikan dalam membuat resensi novel. Langsung saja Anda bisa mengetahui cara pembuatan resensi novel dengan memperhatikan unsur-unsur resensi novel pada berikut ini.

 

1. Menuliskan judul

Buatlah judul resensi Anda, jangan lupa untuk mencantumkan judul novel yang akan diresensi.

 

 

2. Data Novel

Pastikan untuk menulis data novel dengan benar. Adapun data yang harus Anda tulis meliputi judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, dimensi (ukuran lebar, tinggi, jumlah halaman), dan harga buku.

 

 

3. Membuat Ikhtisari

Ikhtisari merupakan menuliskan ulasan mengenai isi novel namun, jangan menceritakan seluruh isinya karena nanti dianggap sama seperti spoiler.

 

 

4. Penilaian

Penilaian ditulis sesuai dengan pendapat Anda tentang novel. Contohnya Anda dapat menilai kualitas isi, alur cerita, kelebihan dan kekurangan buku.

 

 

5. Penutup

Pada bagian ini Anda bebas memberikan saran dan kritik kepada pengarang novel. Membuat resensi novel sangat mudah sekali bukan? Bila Anda melihat langkah-langkah pembuatan contoh resensi novel di atas maka, semakin memudahkan Anda dalam membuat sebuah resensi yang bagus. Sekali lagi Anda harus memperhatikan unsur instrinsik yang berada didalam resensi novel. 

 

 

Artikel Terkait :  10+ Contoh Surat Kuasa Berserta Cara Membuatnya Sesuai Kebutuhan!

 

 

 

Contoh Resensi Novel Sederhana

Contoh Resensi Novel

Contoh Resensi Novel Sederhana – Juraganesia.net

Lebih lengkap lagi supaya Anda tidak bingung,  disini ada contoh resensi novel yang bisa dibuat sebagai acuan. Berikut ini merupakan resensi novel dengan judul janji es krim.

 

Resensi Novel Janji Es Krim

 

Identitas Buku

Judul                     : Janji Es Krim

Penulis                 : Nimas Aksan

Penerbit              : Stiletto Book

Kota Terbit        : Yogyakarta

Tahun Terbit     : 2012

Cetakan               : Ke-1

Deskripsi Fisik : 261 hlm, tebal 2,5 cm

ISBN                      : 978-602-7572-00-3

 

 

Ikhtisari Novel

Mia Aminatiara merupakan seorang cewek yang berusia akhir dua puluh tahun. Selama hidupnya dia sangat sial mulai dari dipecat sampai Sembilan kali, tidak bisa mendapatkan cowok, dan masih banyak kesialan lainnya. Hal itu disebabkan oleh adanya nazar janji eksrim yang belum ditepati oleh Mia. Para sahabatnya menyarankan agar nazar Mia harus ditepati supaya kesialan tidak datang kepada dirinya.

Akhirnya Mia mengajak Dudi salah satu sahabatnya untuk menyelesaikan nazar tersebut. Dalam memenuhi nazar, Mia harus menemukan teman lamanya bernama Karin. Seorang gadis kaya raya dan sombong. Saat mencari jejak Karin, justru Mia tertarik dengan tunangan Karin yang bernama Vladimir Gardiansyah.

 

 

Penilaian

Novel janji es krim sangat pantas dibaca, karena ceritanya sangat menarik dan tidak membosankan. Alur, konflik, permasalahan dan penyelesaian masalah dalam cerita membuat pembaca sangat penasaran dari akhir ceritanya.

 

 

Penutup

Sebuah karya novel yang sangat mudah dipahami, saya sangat suka sekali dengan konsep cerita yang dibuatnya. Nilai-nilai yang ditanamkan dalam novel cukup mempengaruhi para pembaca. Nilai tersebut yaitu harus menepati janji nazar yang telah dibuat.

 

 

 

 

Kegunaan dan Manfaat Resensi Novel

Contoh Resensi Novel

Kegunaan & Manfaat Resensi Novel – Juraganesia.net

Terakhir Anda harus mengetahui manfaat melakukan resensi sebelum membuat tulisan tentang contoh resensi novel. Tidak ada hal yang sia-sia ketika Anda melakukan resensi novel, karena Anda akan menemukan manfaat yang luar biasa bila melakukan resensi. Berikut ini merupakan manfaat yang Anda peroleh.

 

 

1. Nilai ekonomis

Contoh resensi novel yang Anda buat mungkin hanya sebagai informasi tentang keunggulan buku namun, diluar dugaan kita bahwa melakukan resensi juga bisa mendapatkan imbalan uang. Bahkan hasil menulis resensi novel hasilnya lumayan besar.

 

 

2. Melakukan promosi novel

Jelas sekali bahwa buku yang diresensi adalah novel baru. Pastinya novel baru belum banyak dibaca oleh orang sehingga resensi novel dicari para pembaca untuk mengetahui sebagian besar isi buku. Akhirnya buku menjadi terkenal dan banyak yang menyukainya.

 

 

3. Mengembangkan kreativitas

Menulis contoh resensi novel bukanlah kegiatan mudah, pasalnya Anda harus belajar terus menerus agar krestifitas membuat contoh resensi novel terus berkembang. Ternyata manfaat melakukan pembuatan contoh resensi novel lumayan banyak ya Guys.

 

Sebenarnya ada manfaat lainnya yang didapatkan oleh Anda namun, 3 poin manfaat di atas saja sudah cukup. Dari membaca manfaat pasti Anda juga merasa takjub, karena menulis contoh resensi novel dapat menghasilkan uang. Lumayan sekali kegiatan tersebut dapat dijadikan kegiatan sambilan. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: