Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar – Kata pengantar adalah salah satu komponen dari penulisan karya tulis yang tidak boleh dilewatkan. Apalagi bagi kamu sering menulis karya tulis seperti makalah, laporan, proposal atau skripsi, tentu sudah tidak asing lagi dengan kata pengantar.

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar – Juraganesia.net

Bukan hanya karya tulis ilmiah, jenis prosa seperti novel pun membutuhkan kata pengantar di halaman pertamanya sebelum memasuki bagian cerita. Oleh sebab itulah, kata pengantar merupakan sebuah komponen utama dalam karya tulis.

Nah, Sahabat Juraganers, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai kata pengantar. Mulai dari pengertiannya hingga kepada contoh-contoh kata pengantar makalah, laporan, proposal dan lain sebagainya.

 

 

 

Pengertian dan Arti Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar – Juraganesia.net

Kata pengantar adalah bagian dari karya tulis ilmiah atau karya tulis populer yang berisikan ucapan syukur dan rasa terima kasih penulis kepada semua pihak yang telah membantu penulisan karya tulis tersebut.

Bahasa yang digunakan pun bahasa  yang baku dan menggunakan kalimat yang efektif. Hal ini bertujuan agar pembaca lebih mudah memahami hal yang kamu tulis pada tulisanmu. Kata pengantara biasanya diiletakan pada bagian awal karya tulis.

 

 

 

Pentingnya Menulis Kata Pengantar!

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar – Juraganesia.net

Hampir setiap karya tulis terdapat kata pengantar di halaman awalnya. Baik karya tulis ilmiah atau karya tulis populer. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya menulis kata pengantar dalam setiap karya tulis yang kita tulis.

Kata pengantar dalam sebuah karya tulis seperti sebuah pembukaan atau pengantar sebelum menjelaskan isi dari karya tulis tersebut. Kata pengantar juga sebagai bentuk rasa hormat penulis terhadap para pembacanya. Sehingga adanya kata pengantar akan membuat karya tulis terasa lebih formal.

 

 

 

Fungsi dan Tujuan dari Kata Pengantar

Penulisan kata pengantara dalam sebuah karya tulis sangatlah penting dan tidak boleh dilewatkan. Sebab kata pengantar berfungsi untuk mengantarkan pembaca kepada isi atau uraian-uraian yang terdapat di dalam suatu karya tulis.

Peletakan kata pengantar di halaman awal pun bertujuan agar pembaca mengetahui bahwa dalam menyelesaikan karya tulis tersebut, penulis atau tim penyusunnya telah melalui banyak hal dan pula beberapa pihk yang membantu penyusunan karya tulis tersebut.

Kata pengantar juga tidak hanya berisi ucapan-ucapan terima kasih kepada Tuhan dan kepada semua pihak yang telah membantu menyelesaikan penulisan karya tulis tersebut. Namun juga dilengkapi dengan uraian yang mendorong membangkitkan minat orang lain untuk membaca karya tulis tersebut.

 

 

 

Struktur Kata Pengantar yang Baik dan Efisien

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar – Juraganesia.net

Untuk membuat kata pengantar yang baik dan efisien, kamu perlu memerhatikan struktur atau bagian-bagian dari kata pengantar. Nah, berikut ini adalah beberapa struktur yang membangun sebuah kata pengantar.

  • Pembukaan

Struktur atau bagian pertama dari sebuah kata pengantar adalah pembukaan. Bagian ini mencakup paragraf  pertama hingga paragraf kedua kata pengantar. Berisikan ucapan rasa syukur penulis atau tim penyusun atas selesainya karya tulis.

Di Indonesia, umumnya ucapan terima kasih ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Setelah ucapan syukur dan terima kasih kepada Tuhan, biasanya kata pengantar juga berisikan ucapan terima kasih kepada orang-orang yang membantu atau memiliki andil dalam penulisan karya tulis tersebut.

Adapun dalam penyebutan pihak-pihak yang bersangkutan pun biasaya disesuaikan dengan seberapa berpengaruhnya orang yang bersangkutan terhadap penyelesaian karya tulis tersebut.

 

 

 

  • Isi

Setelah bagian pembukaan, berikutnya adalah bagian isi. Pada bagian ini berisikan sedikit gambaran mengenai isi dari karya tulis tersebut. Biasanya, dimulai dengan menyebutkan judul karya tulis. Kemudian ada sedikit pembahasan mengenai karya tulis tersebut.

Usahakan untuk tidak terlalu menjelaskannya secara detil. Cukup menjelaskan sedikit saja dari isi karya tulis tersebut. Serta berikan sedikit pandangan mengenai karya tulis yang telah ditulis kepada pembaca.

 

 

 

  • Penutup

Bagian terakhir dari kata pengantar adalah bagian penutup. Bagian ini berisikan permohonan maaf dan harapan penulis atau penyusun dari karya tulis yang telah dibuat. Permohonan maaf ini biasanya ditujukkan bila di kemudian hari ditemukan beberapa kesalahan dari karya tulis tersebut.

Hal ini perlu ada karena penulis atau penyusun tidak dapat bertatap muka dengan pembacanya. Oleh sebab itu, apabila ada kesalahan penulisan, kiranya penulis sudah memberikan permohonan maaf dalam karya tulis yang dibuatnya.

Sementara itu untuk harapan biasanya berisikan beberapa pandangan atau potensi lebih lanjut dari topik yang diangkat dalam karya tulis tersebut.  Penulis memberikan pandangan kepada pembaca bahwa topik yang telah diangkat bisa diangkat lagi dalam bentuk karya tulis baru dengan sudut pandang yang berbeda.

 

 

 

Cara Menulis Kata Pengantar yang Baik dan Akurat

Contoh Kata Pengantar

Contoh Kata Pengantar – Juraganesia.net

Untuk menulis kata pengantar, terlebih dahulu kamu harus mengetahui struktur dari kata pengantar. Setelah mengetahui struktur dari kata pengantar, selanjutnya adalah mengembangkannya ke dalam bentuk tulisan sesuai dengan bagiannya.

Seperti pada bagian pembuka, tulislah ucapan rasa syukur serta pujian terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Misalnya seperti di bawah ini: Puji syukur, Alhamdulillah, dan lain-lain. Setelah itu berikan sedikit penjelasan singkat mengenai materi dari karya tulis yang hendak kamu buat. Buat pula tujuan dan maksud kamu membuat karya tulis tersebut.

Selanjutnya, tulis ungkapan terima kasih terhadap orang-orang yang telah membantu dalam pembuatan karya tulis tersebut. Misalnya seperti: Guru, dosen, keluarga, sahabat, teman dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menuliskan harapan kamu mengenai karya tulis melalui penulisan karya tulis tersebut.

Pada bagian akhir, tulislah ucapan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan pada karya tulis yang telah dibuat. Tujukkan pula kepada pembaca agar mereka berkenan untuk memberikan saran dan kritik mengenai karya tulis yang telah dibuat.

 

 

 

25 Contoh Kata Pengantar Makalah, Laporan, Proposal, Surat Resmi, Lengkap!

Berikut ini beberapa contoh kata pengantar makalah, laporan, proposal, skripsi dan lain-lain:

1. Contoh Kata Pengantar Makalah yang Baik

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa Sallam yang kita nanti-natikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehar fisik maupun akal pikiran. Sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan makalah ini sebagai tugas akhir dari mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama dengan judul “Kanker dan Pengobatannya”.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca. Supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Demikian pula apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini, penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada guru Bahasa Indonesia kami, Bapak Tanjun, yang telah membimbing kami dalam menulis makalah ini.

Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Kediri, 29 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

 

2. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kita haturkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala sebab karena limpahan rahmat serta anugerah dari-Nya kami mampu untuk menyelesaikan makalah kami dengan judul “Adab Kepada Guru dan Ustadz” ini.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan kepada junjungan Nabi agung kita, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wa Sallam yang telah menyampaikan petunjukan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Selanjutnya dengan rendah hati kami meminta kritik dan saran dari pembaca untuk makalah ini supaya selanjutnya dapat kami revisi kembali. Sebab kami menyadari, bahwa makalah yang telah kami buat ini masih memiliki banyak kekurangan.

Kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini hingga rampungnya makalah ini.

Demikianlah yang dapat kami haturkan, kami berharap supaya makalah yang telah kami buat ini mampu memberikan manfaat kepada setiap pembacanya.

Kediri, 17 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

 

3. Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, senantiasa kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan yang luar biasa ini yaitu kesempatan untuk menyelesaikan tugas penulisan makalah tentang “Hak dan Kewajiban Siswa Indonesia Menurut UUD 1945”.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Adapun penulisan makalah ini merupakan bentuk dari pemenuhan beberapa tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan.  Pada makalah ini akan dibahas mengenai pengertian hak, pengertian kewajiban, pengertian warga negara, asas kewarganegaraan serta tidak lupa pula akan dibahas mengenai hak serta kewajiban siswa Indonesia menurut UUD 1945.

Kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini hingga rampungnya makalah ini. Penulis juga berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi setiap pembaca.

Tak lupa dengan seluruh kerendahan hati, kami meminta kesediaan pembaca untuk memberikan kritik serta saran yang membangun mengenai penulisan makalah kami ini, untuk kemudian kami akan merevisi kembali pembuatan makalah ini di waktu berikutnya.

Kediri, 17 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

 

4. Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan yang luar biasa ini yaitu kesempatan untuk menyelesaikan tugas penulisan makalah tentang “Pemanfaatan Limbah Plastik.”

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Sekaligus pula kami menyampaikan rasa terimakasih yang sebanyak-banyaknya untuk Ibu Dr. Ida Sriyani selaku dosen mata kuliah Teknik Industri Unila yang telah menyerahkan kepercayaannya kepada kami guna menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.

Kami juga berharap dengan sungguh-sungguh supaya makalah ini mampu berguna serta bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan sekaligus wawasan terkait dampak yang diakibatkan karena sampah, serta sekaligus langkah-langah tentang bagaimana sampah dapat diolah menjadi barang kerajinan yang dapat dipakai.

Selain itu kami juga sadar bahwa pada makalah kami ini dapat ditemukan banyak sekali kekurangan serta jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami benar-benar menanti kritik dan saran untuk kemudian dapat kami revisi dan kami tulis di masa yang selanjutnya, sebab sekali kali lagi kami menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa disertai saran yang konstruktif.

Di akhir kami berharap makalah sederhana kami ini dapat dimengerti oleh setiap pihak yang membaca. Kami pun memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam makalah kami terdapat perkataan yang tidak berkenan di hati.

Kediri, 17 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

 

5. Contoh Kata Pengantar Hukum

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa sebab atas segala rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya, makalah mengenai “Penerapan Hukum Tehadap Tindak Pidana Perkosaan Terhadap Anak” ini dapat diselesaikan tepat pada waktu. Meskipun kami menyadari masih banyak terdapat kesalahan didalamnya. Tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Choirul Anam, SH. yang telah membimbing dan memberikan tugas ini.

Kami sangat berharap dengan adanya makalah ini dapat memberikan manfaat dan edukasi mengenai tindak pidana perkosaan yang tentunya perbuatan tersebut dapat merugikan korban dan juga diri sendiri. Selain itu makalah ini juga nantinya diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai hukuman bagi pelaku yang melakukan perkosaan terhadap anak-anak, khususnya anak yang berada di bawah umur. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa dalam pembuatan makalah ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk kemudian makalah kami ini dapat kami perbaiki dan menjadi lebih baik lagi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Kami juga yakin bahwa makalah kami jauh dari kata sempurna dan masih membutuhkan kritik serta saran dari pembaca, untuk menjadikan makalah ini lebih baik ke depannya.

Kediri, 30 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

 

6. Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

KATA PENGANTAR

Ucapan puji-puji dan syukur semata-mata hanyalah milik Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan hanya kepada-Nya lah kami bersyukur, kami meminta ampunan dan kami meminta pertolongan sehingga laporan magang kami yang berjudul “Program Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (UPEM) Seksi Upaya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Bagian Pembinaan dan Pengendalian Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehantan Provinsi Jawa Tengah” telah selesai hingga waktu yang ditentukan.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada setiap pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian laporan magang ini hingga rampungnya laporan magang ini. Penulis juga berharap semoga laporan magang ini dapat memberikan manfaat bagi setiap pembaca.

Selain itu kami juga sadar bahwa pada laporan magang kami ini dapat ditemukan banyak sekali kekurangan serta jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami benar-benar menanti kritik dan saran untuk kemudian dapat kami revisi dan kami tulis di masa yang selanjutnya, sebab sekali kali lagi kami menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa disertai saran yang konstruktif.

Akhirnya, semoga laporan ini dapat berguna dan memberikan manfaat bagi setiap pihak terutama bagi mereka para pembaca.

 

Kediri, 18 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

 

 

7. Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum Fisika

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang hingga saat ini masih memberikan kita nikmat iman dan kesehatan, sehingga saya diberi kesempatan yang luar biasa ini yaitu kesempatan untuk menyelesaikan laporan percobaan dengan judul “Pemanfaatan Hukum Fluida Pada Sistem Irigasi Pertanian” ini dengan tepat waktu.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Adapun penyusunan laporan percobaan ini adalah dengan maksud supaya dapat menemukan rumus yang tepat yang nantinya diperulukan untuk sistem perairan modern saat ini serta untuk menemukan faktor apa sajakah yang berpengaruh bagi sistem irigaris modern supaya nantinya dapat lebih maksimal.

Dalam melakukan percobaan ini, tentunya banyak sekali hambatan yang telah penulis rasakan, oleh sebab itu, kami berterimakasih kepada beberapa pihak terutama bapak pengajar mata pelajaran fisika kami yang telah membantu membina dan mendukung kami dalam mengatasi beberapa hambatan yang kami.

Selain itu kami juga sadar bahwa pada laporan percobaan kami ini dapat ditemukan banyak sekali kekurangan serta jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu, kami benar-benar menanti kritik dan saran untuk kemudian dapat kami revisi dan kami tulis di masa yang selanjutnya, sebab sekali kali lagi kami menyadari bahwa tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa disertai saran yang konstruktif. Dan semoga laporan percobaan ini dapat memberikan manfaat.

Kediri, 18 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

 

8. Contoh Kata Pengantar Laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Sehingga penyusun dapat membuat laporan dan penyusun juga sadar masih banyak kekurangan dalam Laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini.

Walaupun demikian, penyusun berusaha dengan semaksimal mungkin demi kesempurnaan penyusunan laporan ini baik dari hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun dalam menunaikan praktik kerja di dunia industri. Saran dan kritik yang sifatnya membangun begitu diharapkan oleh penyusun demi kesempurnaan dalam penulisan laporan berikutnya.

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini, di antaranya:

  1. Bapak Yasin, M.Pd., selaku Kepala SMA NU Semarang
  2. Ibu Ida, SE., selaku Kepala Program Administrasi Perkantoran
  3. Bapak H. Asduli, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Kota Semarang
  4. Bapak Zuhdi Arimbi, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi
  5. Bapak Abadi Hariesok, S.Pd., selaku Pembinbing dari pihak sekolah
  6. Rekan se-angkatan

Akhir kata, penyusun berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat membantu bagi kemajuan serta perkembangan SMK NU Semarang. Sekali lagi penyusun ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, semoga Allah SWT membalas semua kebaikan kalian. Amin.

Semarang, 11 September 2018

 

Penyusun

 

 

 

9. Contoh Kata Pengantar Makalah Sosiologi

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, nikmat serta karunia-Nya yang tak ternilai dan tak dapat dihitung sehingga kami bisa menyusun dan menyelesaikan makalah ini. Makalah yang berjudul “Persoalan Sosial di Sekitar Objek Wisata Kota Tua” ini disusun untuk memenuhi tugas pelajaran Sosiologi Kelas XI.

Makalah ini berisikan mengenai lika-liku persoalan sosial yang terjadi di sekitar objek wisata yang ada di Kota Tua, Jakarta. Masalah yang diangkat mulai dari masalah kemiskinan hingga kesenjangan sosial yang telah menjadi pemandangan sehari-hari di lokasi objek wisata tersebut.

Adapun, penyusunan makalah ini kiranya masih jauh dari kata sempurna. Untuk itu, kami menghaturkan permohonan maaf apabila terdapat kesalahan dalam makalah ini. Kamu pun berharap pembaca makalah ini dapat memberikan kritik dan sarannya kepada kami agar di kemudian hari kami bisa membuat makalah yang lebih sempurna lagi.

Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada segala pihak yang tidak bisa disebutkan satu-persatu atas bantuannya dalam penyusunan makalah ini.

Jakarta, 15 Desember 2017

 

Tim Penyusun

 

 

 

10. Contoh Kata Pengantar Makalah Dinamika Sosial

KATA PENGANTAR

Pertama-tama, penulis ucapkan syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini kiranya tak akan selesai tanpa bantuan dari beberapa pihak yang terus mendorong penulis untuk menyelesaikannya.

Terima kasih penulis haturkan kepada Ibu Karina Poerba yang senantiasa membimbing penulis di dalam kelas dan penyusunan makalah ini. Tanpa adanya bimbingan dari beliau, penulis kiranya tidak akan mampu menyelesaikan makalah ini.

Tak lupa, penulis juga ucapkan terima kasih kepada Rahmat Ali, Rosalia, dan Iman Putra yang selalu memberikan buku referensi dan membantu penyelesaian makalah ini. Berbagai bantuan dari kalian cukup membantu penyelesaian makalah ini.

Penyusunan makalah yang berjudul “Dinamika Sosial di Pasar Senen” memang tidaklah mudah. Sebab, penulis harus melihat gejala sosial langsung di lapangan dan menyimpulkannya dalam sebuah analisis yang komperhensif. Kendala-kendala utama yang penulis rasakan selama penyusunan makalah ini ialah pada melakukan survei di sekitar Pasar Senen.

Bilamana ada beberapa kesalahan yang terdapat dalam makalah ini, izinkan penulis menghaturkan permohonan maaf. Sebab, makalah ini tiada sempurna dan masih memiliki banyak kelemahan.

Besar harapan penulis, di kemudian hari, makalah ini bisa menjadi patokan atau tolak ukur pembuatan makalah ilmiah mengenai dinamika sosial di lingkup pasar tradisional. Adapun, penulis juga berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembacanya ataupun penelitian selanjutnya.

Jakarta, 15 Desember 2017

 

Penulis

Muhammad Khairil

 

 

 

11. Contoh Kata Pengantar Skripsi

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat serta inayah-Nya, yang karena-Nya, penulis diberikan kekuatan dan kesabaran untuk menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Kiat-Kiat Meningkatkan dan Mengembangkan Bahasa Lewat Media Kartu Bergambar di Taman Kanak-Kanak PGRI”.

Adapun pengajuan skripsi ini ditujukan sebagai pemenuhan beberapa ketentuan kelulusan pada jenjang perkuliahan Strata I Universitas Pendidikan Indonesia Malang. Lewat penyusunan skripsi ini tentunya penulis mengalami beberapa hambatan, tantangan seta kesulitan, namun karena binaan dan dukungan dari semua pihak, akhirnya semua hambatan tersebut dapat teratasi.

Melalui penyusunan skripsi ini tentunya penulis sadar akan banyak ditemukan kekurangan pada laporan ini. Baik itu dari segi kualitas maupun dari segi kuantitas bahan observasi yang penulis tampilkan.

Dengan sepenuh hati, penulis pun sadar bahwa skripsi ini masih penuh dengan kekurangan dan keterbatasan, oleh sebab itu penulis memerlukan saran serta kritikk yang membangun yang dapat menjadikan skripsi ini lebih baik.

Selanjutnya penulis mengucapkan terimakasaih yang sebanyak-banyaknya kepada segenap pihak yang telah memberikan dukungan, baik itu berupa bantuan, doa maupun dorongan dan beragam pengalaman selama proses penyelesaian penulisan skripsi ini.

Terakhir, tentunya penulis berharap setiap bantuan yang telah diberikan oleh segenap pihak dapat menjadi lading kebaikan. Dan semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi kemajuan pendidikan usia dini.

Kediri, 18 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

12. Contoh Kata Pengantar Laporan KKN

KATA PENGANTAR

Puji syukur semoga selalu terpanjatkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan limpaham rohmat dan hidayahNya kepada kita semua sehingga kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) berikut pembuatan laporannya bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan suatu apapun. Dengan bantuanNya, laporan ini bisa selesai tepat pada waktunya.

Sholawat salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah memberikan tauladan terbaik bagi umatnya sehingga bisa meniru kegigihan dan kesungguhan beliau dalam berjuang.

Pada kesempatan ini, tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kesuksesan acara KKN beserta penulisan laporannya, di antaranya:

  1. H Syamsuddin, M.Ag selaku rektor Universitas Merdeka Surabaya.
  2. H. Ahmad Baidowi selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  3. Suheiri selaku ketua jurusan pendidikan matematika yang telah memberikan support kepada kami selama ini
  4. Bapak Ahmadi, M. Pd sekali pembimbing KKN Kelompok 4
  5. Masyarakat desa Sukamaju yang senantiasa berpartisipasi aktif dalam semua agenda kami.
  6. Seluruh jajaran pemerintahan desai Sukamaju yang membimbing kami.
  7. Seluruh pihak yang telah membantu suksesnya agenda KKN 2018 hingga pengusunan laporan KKN ini

Semua laporan Kegiatan KKN ini disusun berdasarkan apa yang sudah kami kerjakan selama masa KKN di Desa Sukamaju selama 50 hari. Kuliah Kerja Nyata ini adalah bagian dari implementasi dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa Strata 1. Hal ini sudah ditetapkan oleh pihak akademik dan harus diikuti oleh semua mahasiswa.

Di dalam menyusun dan merancang laporan ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini memiliki banyak kekurangan. Oleh karenanya, berbagai bentuk kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Semoga laporan ini bermanfaat khususnya bagi para pembaca.

Surabaya, 12 Juni 2018

 

Tim Penyusun

 

 

 

13. Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

KATA PENGANTAR

Bismillah, segala puji kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan penyusunan proposal penelitian ini dengan judul “Sistem Pendukung Keputusan Keuangan Studi Kasus Keuangan RS Harapan Bunda” .

Tujuan penyusunan proposal penelitian ini adalah sebagai syarat wajib dalam pengajuan penyusunan tugas akhir prodi S1 Teknik Informatika Universitas Dharma Bakti. Sistem Pendukung Keputusan diambil sebagai solusi permasalahan dalam proses perencanaan keuangan yang sering dihadapi pihak RS Harapan Bunda. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan membimbing penulis dalam penyusunan proposal penelitian ini. Pada kesempatan kali ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada:

  1. Bapak Dr. Anik Sutiono S. Kom, M. Kom, Dekan Fakultas Teknologi Informasi Dharma Bakti.
  2. Bapak Budi Nandar, S. Si, M.Kom selaku dosen pembimbing.
  3. Bapak Agus Nashir S. Kom, M. Kom, selaku dosen wali.
  4. Berbagai pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu-persatu yang sudah banyak membantu penulis baik itu secara langsung ataupun tidak langsung dalam menyelesaikan proposal penelitian ini.

Penulis menyadari akan banyaknya kekurangan yang ada di proposal penelitian ini. Oleh karenanya, penulis mengharapkan saran dan kritiknya dari semua pihak guna agar menjadi bahan perbaikan dalam penyusunan proposal penelitian kedepannya.

Semoga proposal penelitian ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan bagi siapapun yang membaca, Amin.

Yogyakarta, 12 Januari 2015

 

Penulis

 

 

 

14. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

KATA PENGANTAR

Dengan memohon rahmat dan ridho Allah SWT serta mengucap syukur kepada Nya atas segala limpahan karuniaNya kami diberi kekuatan untuk menyusun karya ilmiah yang berjudul “ Peran Remaja dalam Membangun Bangsa”.

Tujuan dari penyusunan karya ilmiah ini adalah untuk pemenuhan tugas Bahasa Indonesia yang diampu oleh Ibu Mutmainnah, S.Pd yang merupakan guru serta pembimbing kami dalam proses pembuatan karya tulis ini. Tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu proses penyusunan karya ilmiah ini sehingga bisa selesai tepat pada waktunya.

Kami memiliki harapan yang sangat besar bahwa karya ini bisa memberikan manfaat kepada semua pihak, khususnya bagi para pembaca untuk memperluas wawasan dan juga pengetahuan mengenai pentingnya berbagai bentuk upaya menumbuhkan peran pemuda dalam membangun Bangsa. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa bangsa kita sedang dalam keadaan kekurangan sumber daya manusia. Oleh karena itu, karya ilmiah ini berupaya memberikan sedikit sumbangsih mengenai bagaimana seharusnya peran pemuda dalam menghadapi masalah-masalah di Bangsa ini.

Kami sangat menyadari bahwa karya tulis ini masih sangat jauh dari kata sempurna karena berbagai keterbatasan yang kami miliki. Oleh karena itu, berbagai bentuk kritikan dan juga saran yang membantun akan sangat kami harapkan untuk perbaikan dan penyempurnaan karya tulis ini.

Malang, 11 November 2017

 

Setiawan

 

 

 

15. Contoh Kata Pengantar Buku

KATA PENGANTAR

Puja dan juga puji syukur selalu kami panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan semua nikmatnya sehingga penulis berhasil menyelesaikan buku yang berjudul “Panduan Memahami Teori Kepribadian” ini dengan tepat waktu tanpa adanya kendala yang berarti. Tujuan dari penyusunan buku ini adalah untuk memudahkan para mahasiswa Psikologi dalam memahami bagaimana teori kepribadian yang kesannya cukup rumit sehingga menjadi lebih mudah.

Keberhasilan penyusunan buku ini tentunya bukan atas usaha penulis saja. Ada banyak pihak yang turut membantu dan memberikan dukungan untuk suksesnya penulisan buku ini. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik secara moril ataupun material sehingga buku ini berhasil disusun.

Buku yang ada di hadapan pembaca ini tentu tidak luput dari kekurangan. Selalu ada celah untuk perbaikan. Sehingga, kritik, saran serta masukan dari pembaca sangat kami harapan dan kami sangat terbuka untuk itu supaya buku ini semakin sempurna dan lengkap.

Bandung, 11 Oktober 2017

 

 

 

16. Contoh Kata Pengantar Sejarah

KATA PENGANTAR

Ucapan puji-puji dan syukur semata-mata hanyalah milik Allah SWT. Hanya kepada-Nya lah kami memuji dan hanya kepada-Nya lah kami bersyukur, kami meminta ampunan dan kami meminta pertolongan.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Dengan hormat serta pertolongan-Nya, puji syukur, pada akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah kami dengan judul “Sejarah Perkembangan Islam di Indonesia” dengan lancar. Kami pun menyadari dengan sepenuh hati bahwa tetap terdapat kekurangan pada makalah kami ini.

Oleh sebab itu, kami sangat menantikan kritik dan saran yang membangun dari setiap pembaca untuk materi evaluasi kami mengenai penulisan makalah berikutnya. Kami juga berharap hal tersebut mampu dijadikan cambuk untuk kami supaya kami lebih mengutamakan kualitas makalah di masa yang selanjutnya.

Kediri, 17 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

 

17. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis haturkan kehadirat Allah SWT yang telah menganugerahkan rahmat serta inayah-Nya, yang karena-Nya, penulis diberikan kekuatan dan kesabaran untuk menyelesaikan aktfitas Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) dan menyusun satu buah laporan PKLI dengan judul “Pembuatan Hanger Bearing C/W Bronze Bushing untuk Screw Convery Pabrik Tebu Gula Lewat Tahapan Pengecoran Logam di CV. Kemayoran”.

Shalawat serta salam tidak lupa selalu kita haturkan untuk junjungan nabi gung kita, yaitu Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua, yang merupakan sebuah pentunjuk yang paling benar yakni Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.

Penulis sungguh-sungguh sadar bawha aktifitas PKLI serta penulisan laporan PKLI ini dapat selesai berkat dari bantuan serta dukungan dari semua pihak. Butuh diketahui pula bahwa dengan segenap kelemahan, tentunya laporan PKLI kami tetap jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami meminta masukkan dan kritikan yang dapat membangun penulis, yang kemudian dapat menyempurnakan laporan ini.

Akhirnya, semoga laporan ini dapat berguna dan memberikan manfaat bagi setiap pihak terutama bagi mereka para pembaca.

Kediri, 18 Mei 2018

 

Penyusun

 

 

 

18. Contoh Kata Pengantar Tesis

KATA PENGANTAR

Puji Tuhan, terima kasih Saya ucapkan atas bantuan Tuhan yang telah mempermudah dalam pembuatan tesis ini, hingga akhirnya terselesaikan tepat waktu. Tanpa bantuan dari Tuhan, Saya bukanlah siapa-siapa. Selain itu, Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada orang tua, keluarga, serta pasangan yang sudah mendukung hingga titik terakhir ini.

Banyak hal yang akan disampaikan kepada pembaca mengenai “Pentingnya Ilmu Parenting untuk Orang Tua Baru”. Dalam hal ini, Saya ingin membahas mengenai cara menjadi orang tua yang baik terutama orang tua muda. Zaman sekarang, tidak sedikit kaum milennials yang memutuskan diri untuk menikah. Namun, mereka kurang dengan ilmu parenting sehingga yang dibutuhkan para orang tua adalah ilmu tambahan mengenai hal parenting. Untuk membaca lebih lengkap, Anda dapat membaca hasil tesis Saya yang membahas mengenai parenting.

Saya menyadari jika mungkin ada sesuatu yang salah dalam penulisan, seperti menyampaikan informasi berbeda sehingga tidak sama dengan pengetahuan pembaca lain. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya jika ada kalimat atau kata-kata yang salah. Tidak ada manusia yang sempurna kecuali Tuhan.

Demikian Saya ucapkan terima kasih atas waktu Anda telah membaca hasil karya ilmiah Saya.

 

Jepara, 27 Maret 2012

 

Penulis

 

 

 

19. Contoh Kata Pengantar Makalah Hukum Acara Peradilan Agama

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-natikan syafa’atnya di akhirat nanti.

Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas akhir dari mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama dengan judul “Kanker dan Pengobatannya”.

Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Kemudian apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada guru Bahasa Indonesia kami yang telah membimbing dalam menulis makalah ini.

Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Kediri, 29 Mei 2018

 

Penulis

 

 

 

20. Contoh Kata Pengantar Makalah Biologi

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah Biologi yang berjudul “Kandungan zat-zat dalam kulit manggis serta manfaatnya bagi tubuh” yang disusun dengan sangat sederhana.

Secara umum makalah ini berisikan pembahasan dimlai dari kandungan-kandungan yang ada dalam kulit manggis, cara mengolah, serta masing-masing manfaat untuk tubuh.

Penulis berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang membacanya dan semoga kedepannya dapat dipergunakan sebagai salah satu referensi dalam menyusun pola hidup sehat juga referensi dalam mengantisipasi penyakit-penyakit kronis yang memungkinkan menimpa orang-orang di sekitar.

Disadari bahwa segala sesuatu tentu ada sisi ketidaksempurnaan maka besar harapan penulis akan kritik dan saran dari pembaca demi penyempurnaan makalah ini kedepannya. Semoga banyak manfaat yang dapat diperoleh melalui makalah ini. Amin.

Malang, 20 Februari 2017

 

Penulis

 

 

 

21. Contoh Kata Pengantar Makalah Kewirausahaan

KATA PENGANTAR

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Pencipta Semesta Alam, karena atas rahmat, karunia dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan penulisan makalah ini yang merupakan tugas mata kuliah Kewirausahhan.

Penulis sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan, Uman Hani, S.Pd.Si, M.Pd.Si. dan semua pihak yang turut membantu.

Penulis menyadari, makalah ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, baik dari segi isinya maupun struktur penulisannya, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan makalah dikemudian hari.

Demikian, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat, umumnya kepada para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Aamiin.

Bogor, 28 November 2017

Penyusun
(Jasmine Azzahra)

 

 

 

22. Contoh Kata Pengantar Studi Tour

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan karuniaNya kepada kita semua sehingga laporan study tour dengan tema Pesona Indah Pulau Lombok ini dapat diselesaikan sesuai dengan rencana dan waktu yang ditargetkan.

Laporan terkait study tour yang singkat dan sederhana ini sengaja kami susun dalam rangka memenuhi tuntutan serta tugas dari pelajaran Bahasa Indonesia oleh guru kami yang bernama Ibu Siti Sofiyah, M.Hum. Laporan mengenai study tour ini tentu saja tidak akan selesai jika tanpa adanya bantuan serta dukungan dari berbagai pihak. Maka dari itu, kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Allah SWT yang telah memberikan kekuasaan serta ridhoNya kepada kami, mulai dari rangkaian acara study tour hingga pembuatan laporan ini sampai selesai.
  2. Bapak Suherman selaku kepala sekolah SMA Negeri 5 Kediri yang telah mendorong dan mendukung acara study tour kami.
  3. Semua guru-guru SMA yang mendampingi dan memberikan bekal ilmu kepada kami sehingga kami bisa mengerti mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak diperbolehkan.
  4. Kedua orang tua yang senantiasa memberikan doa dan dukungannya baik secara moril ataupun material kepada anak-anaknya, sehingga anak-anaknya bisa mengenyam pendidikan yang terbaik.
  5. Seluruh teman-teman dari SMA Negeri 5 Kediri serta semua pihak lainnya yang tentunya tidak dapat kami sebut satu per satu yang juga ikut mendukung kami serta memberikan motivasi dan dukungan kepada kami.

Tentu saja tidak ada gading yang tidak retak. Demikian pula dengan laporan study tour kami. Dengan sepenuhnya, penulis menyadari bahwa laporan ini masih sangat jauh dari kesempurnaan sekalipun sudah dikerjakan oleh banyak orang. Maka dari itu, semua bentuk kritik dan saran yang membantun sangat kami harapkan dan tentu saja akan kami terima dengan senang hati. Dengan begitu, akan menjadi suatu pelajaran berharga untuk kami supaya bisa menulis laporan yang lebih baik lagi di kemudian hari.

Semoga laporan study tour ini bisa memberikan manfaat untuk semua pembaca dan bisa membantu meningkatkan martabat Bangsa Indonesia.

Lombok, 13 Juni 2018

 

Kelompok 5 Putri

 

23. Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-NYA sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Tak lupa kami kirimkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh insan yang dikehendaki-Nya.

Makalah ini ini disusun bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Kapita Selekta Bahasa Indonesia yang kami berjudul Penyusunan Tata Kalimat Bahasa Indonesia (Sintaksis).

Makalah ini mencoba membahas tentang pengertian sintaksis, serta struktur internal kalimat yang terdiri dari frase, klausa, dan kalimat.

Dalam proses penyusunan makalah ini, kami mendapatkan bantuan serta bimbingan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada. Dra. Yulianti, S.Pd. M.Pd., selaku dosen mata kuliah Kapita Selekta Bahasa Indonesia. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu..

Kami cukup menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Karena itu kami mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan makalah di penyusunan makalah yang akan datang. Harapan kami semoga makalah ini bermanfaat dan memenuhi harapan berbagai pihak. Amiin.

Bandung, April 2015

 

Penyusun

 

 

 

24. Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, karena kita masih diberikan nikmat kesehatan, kekuatan, dan kesempatan menyusun Laporan Pelantikan PMR Wira ini dengan baik tanpa ada suatu halangan apapun.

Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan seluruh pihak terkait yang telah membantu kami dalam penyusunan laporan ini, khususnya kepada:

  1. Nama Kepala Sekolah yang telah berkenan memberikan ijin atas terlaksananya kegiatan Pelantikan PMR SKANISA
  2. Pembina yang telah memberikan bimbingan dan membantu dalam pelaksanaan pelantikan PMR.
  3. Semua warga Nama Sekolah dan pihak terlibat yang ikut membantu dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban ini.

Penulis menyadari, laporan ini masih jauh dari sempurna, untuk itu terbuka menerima kritik dan saran yang bersifat membangun, sehingga dapat memperbaiki kualitas dan melengkapi kekurangan pada laporan pertanggungjawaban ini.

Bandung, 2 April 1987

Penyusun
(Elis Hernawati)

 

 

 

25. Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan berkat dan karunia-Nya sehingga proposal usaha ini dapat diselesaikan dengan baik dan lancer tanpa ada halangan suatu apapun.

Tujuan penyusunan proposal saya adalah dalam rangka memenuhi tugas praktek serta untuk Ujian Akhir Semester pada mata kuliah kewirausahaan.

Atas terselesaikannya proposal usaha ini, saya mengucapkan terimakasih kepada :

  1. Andi Hidayat Muhmin, selaku dosen matakuliah kewirausahaan.
  2. Orang tua yang telah memberikan dukungan baik materi maupun non materi.
  3. Teman – teman serta semua pihak yang telah

Saya menyadari bahwa dalam pembuatan proposal usaha ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saya menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan dalam proposal ini. Semoga proposal usaha ini bias bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Jakarta, 17 Agustus 2018

Penyusun
(Ulfa Dwijayanti)

 

Nah, itulah beberapa contoh kata pengantar yang bisa menjadi acuan Sahabat Juraganers untuk melengkapi karya tulis yang akan dibuat. Dengan mengetahui beberapa contoh kata pengantar di atas, kamu tentu akan bisa dengan mudah memahami format terbaiknya.

Demikianlah pembahasan artikel kita pada kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba membuat kata pengantar yang baik dan benar. Agar karya tulis yang kamu buat semakin baik. Semangat, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: