10 Contoh Karangan Bahasa Jepang yang Terbaik 2019!

Contoh Karangan Bahasa Jepang – Mempelajari ilmu bahasa, tentu tidak terlepas dari kegiatan literasi yakni menulis dan membaca. Bukan hanya dalam bahasa Indonesia, bahasa-bahasa lainnya pun tentu akan melakukan hal yang serupa.

Contoh Karangan Bahasa Jepang

Contoh Karangan Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Membuat karangan bahasa Jepang menjadi hal yang biasa bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang maupun Bahasa Jepang. Beberapa Sekolah Menengah Atas pun sudah mulai diajarkan untuk membuat karangan dalam bahasa Jepang. Terutama bagi sekolah-sekolah yang didalamnya terdapat pelajaran bahasa Jepang.

Menulis pasti memiliki tantangannya tersendiri. Terlebih menulis karangan dalam bahasa Jepang yang memiliki jenis huruf yang berbeda. Kendati demikian, bagi kamu yang menyukai bahasa, kegiatan seperti ini pastilah sangat menyenangkan bukan?

 

 

 

Pengertian Karangan Dalam Bahasa Jepang

Contoh Karangan Bahasa Jepang

Contoh Karangan Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Karangan dalam bahasa Jepang disebut dengan sakubun. Terdiri dari kanji saku (作) dan bun (文). Secara harfiah atau makna leksikal (dalam kamus) artinya “membuat” dan “kalimat”. Namun dalam konteks ini sakubun diartikan sebagai “mengarang”.

Biasanya sakubun ditulis di atas kertas yang disebut dengan genkouyoushi (原 稿用紙). Genkouyoushi adalah sebutan kertas ala Jepang yang digunakan untuk mengarang. Bahkan bukan hanya pemula saja yang menggunakan genkouyoushi untuk mengarang, penulis novel atau pengarang professional pun menggunakan genkouyoushi untuk mengarang.

Bentuknya seperti kertas biasa, namun memiliki motif kotak-kotak dengan jumlah kotak yang seragam di seluruh dunia yaitu 400 kotak. Jika pada kertas biasa kita menulis dari kiri ke kanan, pada genkouyoushi ini kita harus menulis dari atas ke bawah. Mengarang menggunakan kertas yang satu ini memiliki aturannya tersendiri.

Oleh sebab itu, biasanya pelajar mapun mahasiswa Indonesia (di luar Jepang) yang mempelajari bahasa Jepang masih mengarang di atas kertas biasa. Hal ini bertujuan untuk membiasakan para pelajar dan mahasiswa untuk mengarang dalam bahasa Jepang sebelum akhirnya dapat mengarang di atas genkouyoushi

 

 

 

Manfaat Menulis Karangan Bahasa Jepang

Contoh Karangan Bahasa Jepang

Contoh Karangan Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Mempelajari ilmu bahasa, tidak terlepas dari kegiatan literasi yaitu membaca dan menulis. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk menunjang pembelajaran bahasa yang sedang dipelajari. Begitu pula dengan bahasa Jepang. Adapun manfaat dari menulis karangan dalam bahasa Jepang ialah sebagai berikut:

 

1. Melatih tata bahasa dalam bahasa Jepang

Menulis karangan dalam bahasa Jepang dapat melatih tata bahasa. Hal ini sangat jelas sekali, karena karangan yang kita buat terdiri dari kalimat-kalimat yang saling berkesinambungan. Dan kalimat-kalimat itu terbentuk dari pola-pola yang sesuai dengan tata bahasa dalam bahasa Jepang.

Agar karangan yang kita tulis menjadi bagus, maka perlu tata bahasa yang baik dan tepat dalam membuat setiap kalimatnya. Oleh sebab itu, menulis karangan bahasa Jepang dapat melatih tata bahasa kita dalam bahasa Jepang.

 

 

 

2. Melatih menulis kanji

Selain melatih tata bahasa, menulis karangan dalam bahasa Jepang juga dapat melatih kita untuk menulis kanji. Dalam bahasa Jepang, kanji menjadi sesuatu hal yang wajib untuk dipelajari. Ada ratusan sampai ribuan kanji yang harus dihapal.

Bukan hanya hapal cara membacanya, namun juga cara menulisnya. Salah satu cara untuk melatih penulisan adalah dengan menulis karangan dalam bahasa Jepang. Selalu sedia kamus kanji saat menulis karangan agar tidak salah menulis.

 

 

 

3. Melatih kosakata bahasa Jepang

Untuk membuat kalimat-kalimat yang nantinya membentuk sebuah karangan, kita memerlukan banyak kosakata agar karangan yang kita buat menjadi bagus dan menarik. Oleh sebab itu, menulis karangan bahasa Jepang juga dapat melatih kosakata dalam bahasa Jepang.

 

 

 

Langkah-Langkah Menulis Karangan Bahasa Jepang

Contoh Karangan Bahasa Jepang

Contoh Karangan Bahasa Jepang – Juraganesia,net

Berikut ini langkah-langkah dalam menulis karangan bahasa Jepang:

 

1. Tentukan tema dan judul

Sebelum mulai menulis karangan, kita perlu menentukkan terlebih dahulu tema dari karangan yang akan kita tulis. Apakah tentang keluarga, persahabatan atau pengalaman. Setelah menentukkan tema, selanjutnya adalah menentukkan judul. Buat judul yang menarik dan sesuai dengan isi karangan.

 

 

 

2. Membuat kerangka karangan

Selanjutnya adalah membuat kerangka karangan. Maksudnya adalah menulis hal apa saja yang akan kita tulis dalam karangan itu. Kerangka karangan akan membantu kita dalam menulis.

 

 

 

3. Mulai menulis sesuai degan kerangka karangan

Setelah membuat kerangka karangan, selanjutnya adalah mulai menulis sesuai dengan kerangka yang telah dibuat sebelumnya. Perhatikan tata bahasa dan penulisannya (kana dan kanji). Setelah selesai, periksa karangan kepada guru atau seseorang yang mumpuni dalam hal ini.

 

 

 

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menulis Karangan Bahasa Jepang

Contoh Karangan Bahasa Jepang

Contoh Karangan Bahasa Jepang – Juraganesia.net

Menulis karangan adalah sesuatu hal yang tidak mudah, terlebih dalam bahasa Jepang. Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis karangan dalam bahasa Jepang. Adapun di antaranya ialah sebagai berikut:

 

1. Tata bahasa

Menjadi hal pertama yang harus diperhatikan setiap membuat tulisan atau karangan adalah tata bahasa. Sebab dengan tata bahasa yang baik, akan menyampaikan pesan dengan baik dan tepat pula. Terlebih menulis karangan dalam bahasa asing, seperti bahasa Jepang. Tata bahasa harus lebih diperhatikan lagi agar tidak salah membuat kalimat.

 

 

 

2. Kana dan kanji

Bahasa Jepang memiliki dua huruf, yaitu katakana dan hiragana untuk menulis. Selain itu, dalam penulisan bahasa Jepang juga menggunakan kanji. Salah penulisan kanji akan berakibat fatal pada makna penulisan yang sebenarnya. Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan penulisan kanji dan kana ketika mengarang bahasa Jepang.

 

 

 

3. Titik, koma dan huruf kecil

Titik, koma dan huruf  kecil ketika mengarang dalam bahasa Jepang juga penting untuk diperhatikan. Terlebih bila kita mengarang di kertas genkouyoushi. Menulis karangan di genkouyoushi memiliki aturannya tersendiri. Seperti penulisan titik, koma dan huruf kecil ditulis dalam satu kotak sebelah kiri bawah.

 

 

 

4. Gunakan kosakata yang mudah dimengerti

Menulis karangan berarti menyampaikan pesan atau maksud melalui tulisan. Oleh karena itu gunakan kosakata yang mudah dimengerti agar tidak terjadi kesalahpahaman dan ambiguitas oleh yang membacanya.

 

 

 

5. Periksa karangan

Memeriksa karangan adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Agar kita tahu kesalahan dalam karangan yang kita buat. Kamu bisa memeriksanya kepada guru, dosen atau seseorang yang mumpuni dalam hal ini.

 

 

Contoh Karangan Dalam Bahasa Jepang

Berikut ini beberapa contoh karangan pendek dalam bahasa Jepang:

1. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Perkenalan Diri

自己紹介

はじめまして。私は中村花子です。北海道から来ました。21歳です。大学生です。東京大学で英語を勉強しています。私の趣味は本を読むことです。よろしくおねがいします。

 

Jikoshōkai

Hajimemashite. Watashi wa Nakamura Hanako desu. Hokkaidō kara kimashita. 21-Saidesu. Daigakuseidesu. Tōkyōdaigaku de eigo o benkyō shite imasu. Watashi no shumi wa hon o yomu kotodesu. Yoroshiku onegai shimasu.

 

Perkenalan Diri

Senang bertemu denganmu. Saya Hanako Nakamura. Saya berasal dari Hokkaido. Umur saya 21 tahun. Saya seorang mahasiswa, Saya belajar bahasa Inggris di Universitas Tokyo. Hobi saya membaca buku. Mohon bimbingannya.

 

 

 

2. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Kehidupan Sehari-hari

私の一日

私は高校生です。月曜日から土曜日まで学校へ行きます。朝7時から13時まで学校で勉強します。昼休みのときは友達と食堂でお弁当を食べます。私は日本語が好きです。試験のときはよく100点をもらいました。たのしかったです。

 

Watashi no Ichinichi

Watashi wa kōkōseidesu. Getsuyōbi kara doyōbi made gakkō e ikimasu. Asa 7-ji kara 13-ji made gakkō de benkyō shimasu. Hiruyasumi no toki wa tomodachi to shokudō de o bentō o tabemasu. Watashi wa nihongo ga sukidesu. Shiken no toki wa yoku 100-ten o moraimashita. Tanoshikattadesu.

 

Keseharianku

Saya seorang siswa SMA. Saya pergi ke sekolah dari Senin hingga Sabtu. Saya belajar di sekolah dari jam 7 pagi sampai jam 13. Ketika istirahat makan siang, saya makan bekal bersama teman di kantin. Saya suka bahasa Jepang. Saya sering mendapat nilai 100 selama ujian. Itu menyenangkan.

 

 

 

3. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Hobi

本が好き

私の趣味は本を読むことです。特に、フィクションです。休みの日は図書館へ行って、本を読みます。一日中本を読みます。本が好きです。

 

Hon ga suki

Watashi no shumi wa hon o yomu kotodesu. Tokuni, fikushon desu. Yasumi no hi wa toshokan e itte, hon o yomimasu. Ichinichijū hon o yomimasu. Hon ga sukidesu.

 

Saya Suka Buku

Hobi saya membaca buku. Terutama, itu adalah fiksi. Pada hari libur saya pergi ke perpustakaan dan membaca buku. Saya membaca buku sepanjang hari. Saya suka buku.

 

 

 

4. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Seseorang yang Spesial

特別な人

私の特別な人は両親です。だって、彼らは子どもの頃から私に世話してくれましたか。父は50さいです。母は45さいです。今、私は東京で勉強していますから、家に住んでいません。悲しいですが、頑張るしなければなりません。両親のためにです。だって、彼らは私の特別な人です。

 

Tokubetsuna Hito

Watashi no tokubetsuna hito wa ryōshindesu. Datte, karera kodomo no koro kara watashi ni sewa oshite kuremashita. Chichi wa 50 saidesu. Haha wa 45 sai desu. Ima, watashi wa Tōkyō de benkyō shite imasukara, ie ni sundeimasen. Kanashīdesuga, ganbaru shinakereba narimasen. Ryōshin no tame ni desu. Datte, karera wa watashi no tokubetsuna hitodesu.

 

Seseorang yang Spesial

Seseorang yang special bagi saya adalah orang tua. Karena mereka telah merawatku sejak kecil. Ayah saya berumur 50 tahun. Ibu saya berumur 45 tahun. Sekarang saya belajar di Tokyo, jadi saya tidak tinggal di rumah. Saya sedih, tetapi saya harus bekerja keras. Ini untuk orang tua saya. Karena, mereka adalah orang-orang istimewa bagi saya.

 

 

 

5. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Persahabatan

好きな友達

中村アンナさんは私の友達です。クラスメートです。私達は日本学校で勉強しています。アンナさんはきれいで、大人しい人です。彼女はいつも私を応援しています。アンナさんはいつも私を助けます。優しい人です。大好きです。

 

Sukina Tomodachi

Nakamura Anna-san wa watashi no tomodachi desu. Kurasumēto desu. Watashitachi wa Nihon gakkō de benkyō shite imasu. Anna-san wa kirei de, otonashī hitodesu. Kanojo wa itsumo watashi o ōen shite imasu. Anna-san wa itsumo watashi o tasukemasu. Yasashī hitodesu. Daisuki desu.

 

Teman Kesayangan

Anna Nakamura adalah teman saya. Itu adalah teman sekelas. Kami belajar di sekolah Jepang. Anna adalah orang yang cantik dan pendiam. Dia selalu mendukung saya. Anna selalu membantu saya. Dia adalah orang yang baik. Aku menyukainya.

 

 

 

6. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Keluarga

私の家族

私の家族は5人います。父と母と兄と妹と私です。父は50歳です。私の父は医者です。母は45歳です。私の母は高校の教師です。兄は25歳です。私の兄は会社員です。妹は14歳です。私の妹は中学生です。私は20歳です。大学生です。

 

Watashi no Kazoku

 Watashi no kazoku wa 5-nin imasu. Chichi to haha to ani to imōto to watashi desu. Chichi wa 50-sai desu. Watashi no chichi wa isha desu. Haha wa 45-sai desu. Watashi no haha wa kōkō no kyōshi desu. Ani wa 25-sai desu. Watashi no ani wa kaishain desu. Imōto wa 14-sai desu. Watashi no imōto wa chūgakusei desu. Watashi wa 20-sai desu. Daigakusei desu.

 

Keluarga Saya

Ada lima orang di keluarga saya. Ayah, ibu, kakak laki-laki, kakak perempuan dan saya. Ayah saya berumur lima puluh tahun. Ayah saya seorang dokter. Ibu saya berumur 45 tahun. Ibu saya seorang guru SMA. Kakak laki-laki saya berusia 25 tahun. Kakak laki-laki saya pekerja kantoran. Adik perempuan saya berumur 14 tahun. Adik saya seorang siswa SMP. Umur saya 20 tahun. Saya seorang mahasiswa.

 

 

 

7. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Rekreasi

東京タワーへ行きました

先年、2月11日に私と家族は東京タワーへ行きました。電車で行きました。私たちは東京タワーの前に写真を撮りました。とてもにぎやかです。昼、レストランで昼ご飯を食べました。楽しかったです。

 

Tōkyō Tawā e Ikimashita

Sennen, 2 gatsu 11-nichi ni watashi to kazoku wa Tōkyō tawā e ikimashita. Densha de ikimashita. Watashitachi ha Tōkyō tawā no mae ni shashin o torimashita. Totemo nigiyakadesu. Hiru, resutoran de hiru gohan o tabemashita. Tanoshikattadesu.

 

Pergi ke Menara Tokyo

Tahun lalu, pada 11 Februari, saya dan keluarga pergi ke Menara Tokyo. Saya pergi dengan kereta api. Kami berfoto di depan Menara Tokyo. Saat makan siang, saya makan siang di restoran. Itu menyenangkan.

 

 

 

8. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Indonesia

インドネシア

私の国はインドネシアです。アジア大陸にあります。インドネシアは大きい国です。バリ島はインドネシアの有名な島です。外国人はバリ島をよくしります。

 

Indoneshia

Watashi no kuni wa Indoneshia desu. Ajia tairiku ni arimasu. Indoneshia wa ōkī kuni desu. Baritō wa Indoneshia no yūmei na shima desu. Gaikoku hito wa Baritō o yoku shirimasu.

 

Indonesia

Negara saya adalah Indonesia. Terletak di benua Asia. Indonesia adalah negara besar. Bali adalah pulau Indonesia yang terkenal. Orang asing sangat mengenal Bali.

 

 

 

9. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Mimpi

作家になりたい

私の夢は作家になります。ストーリを書くことが好きですから。特に、フィクションです。小説を書きたいです。

 

Sakka ni Naritai

Watashi no yume wa sakka ni narimasu. Sutōri o kaku koto ga suki desukara. Tokuni, fikushon desu. Shōsetsu o kakitaidesu.

 

Saya Ingin Menjadi Seorang Penulis

Mimpi saya adalah menjadi penulis. Karena saya suka menulis cerita. Terutama, itu adalah fiksi. Saya ingin menulis novel.

 

 

 

10. Contoh Karangan Bahasa Jepang Tentang Hal yang Disukai

好きなもの

私の好きな飲物はコーヒーです。好きな食べ物はマカロンです。私は甘い食べ物はあまり好きではありませんが、マカロンは好きです。可愛ですから。

 

Sukinamono

Watashi no sukina nomimono wa kōhīdesu. Sukina tabemono wa makaron desu. Watashi wa amai tabemono wa amari suki dewa arimasen ga, makaron wa sukidesu. Kawai desukara.

 

Kesukaan Saya

Minuman favorit saya adalah kopi. Makanan favorit saya adalah macaroon. Saya tidak terlalu suka makanan manis, tapi saya suka makaroni. Karena lucu.

 

Demikianlah pembahasan artikel kita kali ini. Bagaimana Sahabat Juraganers, menulis karangan dalam bahasa Jepang itu sangat menarik sekali bukan?

Kamu bisa menulis sendiri karangan dalam bahasa Jepang. Jangan lupa untuk memerhatikan hal yang disebutkan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat. 頑張ってください!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: