15+ Contoh Kalimat Definisi yang Tepat dan Akurat, Lengkap!

Contoh Kalimat Definisi – Kalimat definisi sering dipakai dalam penulisan karya ilmiah atau penulisan teks bentuk formal. Tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi bagi kamu yang sering menulis atau membaca karya-karya ilmiah atau pun penulisan teks dalam bentuk formal lainnya.

Contoh Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi – Juraganesia.net

Bagi kamu yang akan menulis karya-karya ilmiah, penting sekali untuk mengetahui definisi yang baik dan benar. Sehingga dapat membedakan antara definisi dengan istilah-istilah lainnya untuk menjelaskan sesuatu.

Maka pada pembahasan artikel kali ini, kita akan membahas mengenai definisi. Di mulai dari pengertian definisi, fungsi dan tujuan kalimat definisi hingga pada contoh kalimat definisi yang baik dan benar.

 

 

 

Apa itu Definisi?

Contoh Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi – Juraganesia.net

Definisi merupakan perumusan singkat, padat, jelas, dan tepat yang menerangkan ‘apa sebenarnya suatu hal itu’ sehingga dapat dengan jelas dimengerti dan dibedakan dari semua hal lain. (Poespoprodjo, hal. 67)

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa definisi memiliki tugas untuk menentukan batas suatu pengertian dengan tepat, jelas, dan singkat. Artinya menentukan batas-batas pengertian tertentu sehingga jelas apa yang dimaksud, tidak kabur, dan tidak dicampuradukkan dengan pengertian-pengertian lain.

 

 

Fungsi dan Tujuan Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi – Juraganesia.net

Sebagaimana dijelaskan oleh Irving M Copi, kalimat definisi memiliki lima tujuan. Antara lain sebagai berikut:

1. Menambah pembendaharaan kata

Bahasa adalah sebuah instrumen yang terus berkembang. Maka sangat memungkinkan satu kata akan berkembang memiliki arti baru. Atau suatu kejadian akan menimbulkan suatu istilah baru yang menambah pembendaharaan bahasa.

 

 

 

2. Menghilangkan kerancuan dan ambiguitas

Definisi memiliki tugas untuk memberi batas-batas suatu pengertian dengan tepat, singkat, dan jelas. Maka hal ini sangat penting untuk menghilangkan kerancuan dan ambiguitas terhadap sebuah kata.

 

 

 

3. Memperjelas arti dari suatu kata

Definisi yang telah dibuat akan membuat kita tidak akan membuat kita ragu-ragu untuk menggunakan kata tersebut. Sehingga argument yang dikeluarkan pun akan tepat dan benar.

 

 

 

4. Menjelaskan kata secara teoritis

Tujuan definisi dibuat, salah satunya untuk menjelaskan teori yang didapat dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Contohnya seperti: H2O adalah unsur kimia untuk air.

 

 

 

5. Mempengaruhi tingkah laku

Seringkali definisi dibuat untuk mempengaruhi tingkat laku, pikiran, perbuatan atau pun mengendalikan emosi seseorang. Contohnya seperti: Kejujuran adalah kelurusan hati, perbuatan baik. Maka dengan membaca kata kejujuran saja orang dapat dipengaruhi untuk menjadi orang yang jujur.

 

 

 

Cara Mudah Membuat Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi – Juraganesia.net

Cara mudah untuk membuat kalimat definisi adalah dengan cara memahami suatu kata atau istilah yang akan kita jelaskan. Kita bisa mencari bahan-bahan bacaan yang mendukung untuk memahami kata tersebut.

Sehingga kita akan memahami batas-batas pengertian dari suatu kata tersebut dengan singkat, jelas, dan tepat. Kita juga bisa mencari referensi lain dari beberapa definisi yang ada dari kata tersebut, kemudian kita buat kalimat definisi dengan pemahaman kita sendiri.

 

 

 

Contoh Kalimat Definisi yang Baik dan Benar

Contoh Kalimat Definisi

Contoh Kalimat Definisi – Juraganesia.net

Berikut ini beberapa contoh kalimat definisi yang baik dan benar:

Contoh Kalimat Definisi Dari Operasional

Operasional adalah batasan pengertian yang dijadikan pedoman untuk melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan, misalnya penelitian.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Budaya

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Wirausaha

Wirausaha adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.

 

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Bahasa

Bahasa adalah suatu perwujudan budaya yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain.

 

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Asimilasi

Asimilasi adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Imigran

Imigran adalah orang yang datang dari negara lain dan tinggal menetap di suatu Negara.

 

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Bisnis

Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan,  pembelian, maupun pertukaran barang/ jasa, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Agama

Agamaadalah sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Tauhid

konsep dalam aqidah islam yang menyatakan keesaan Allah.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Perusahaan

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Investasi

Investasi adalah penanaman uang atau modal dl suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Popularitas

Popularitas adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan popular atau kepopuleran.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Koperasi

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Bank

Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan, umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, peminjaman uang, dan menerbitkan promes atau banknote.

 

 

Contoh Kalimat Definisi Dari Organisasi

Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.

 

Nah, Sahabat Juraganers, ternyata bahasa Indonesia sangat kaya sekali ya.  Mulai dari keberagaman kosakatanya hingga pada macam-macam kalimatnya, yang salah satu di antaranya adalah kalimat definisi.

Demikianlah tadi beberapa contoh kalimat definisi yang dapat menambah pengetahuan kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan semangat belajar!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: