10+ Contoh Cerita Rakyat yang Sangat Populer di Indonesia!

Contoh Cerita Rakyat –  Cerita rakyat selalu menarik untuk dibahas dan diulik lebih jauh, terlebih di Indonesia yang memiliki banyak sekali cerita rakyat. Sesuai dengan penamaannya, cerita rakyat adalah cerita rekaan yang berkembang di masyarakat secara turun temurun dan disampaikan secara lisan. Sehingga cerita rakyat sering disebut juga dengan sastra lisan.

Contoh Cerita Rakyat

Contoh Cerita Rakyat – Juraganesia.net

Hampir setiap negara di belahan dunia memiliki cerita rakyat yang berkembang di masyarakat negara itu sendiri. Yakni seperti kisah Momotaro asal Jepang, Hercules asal Romawi dan Yunani, Bukit Loreley asal Jerman dan masih banyak lagi.

Meskipun cerita rakyat hanyalah rekaan dan terkadang mengandung unsur yang tidak masuk akal, namun kisahnya selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Terutama cerita rakyat yang berkembang di negara Indonesia.

 

 

 

Ciri-Ciri Cerita Rakyat

Salah satu yang menarik dari cerita rakyat adalah kisahnya tak lekang oleh waktu. Kisahnya tidak mudah hilang begitu saja. Sebab cerita rakyat merupakan salah satu jenis sastra lisan, maka kisahnya selalu berkembang dari mulut ke mulut. Oleh karena itu cerita rakyat begitu eksis di masyarakat, bahkan sampai pada saat ini.

Hal itu merupakan salah satu dari ciri-ciri dari cerita rakyat. Selain disampaikan secara lisan, ciri-ciri lain dari cerita rakat adalah tidak ketahui siapa yang pertama kali membuatnya. Hal ini jelas karena sastra lisan berkembang dari mulut ke mulut sehingga sulit untuk menentukkan siapa yang pertama kali membuat cerita tersebut.

Adapun ciri-ciri cerita rakyat lainnya adalah kisahnya mempunyai banyak versi dan variasi, disampaikan secara turun temurun, bersifat tradisional dan memiliki bentuk klise dalam susunan atau cara pengungkapannya.

 

Baca Juga : Kisah Inspiratif Tentang Buah Dari Sebuah Kejujuran, Rugi Kalo Gak Baca!

 

 

 

Jenis-jenis Cerita Rakyat

Contoh Cerita Rakyat

Contoh Cerita Rakyat – Juraganesia.net

Cerita rakyat yang berkembang di masyarakat memiliki jenis-jenisnya tersendiri. Yakni cerita rakyat jenis fabel, legenda, cerita pelipur lara dan cerita jenaka. Secara singkat cerita rakyat dengan jenis fabel menceritakan tentang binatang, tokoh-tokoh di dalamnya berupa binatang dengan penokohan seperti manusia.

Cerita rakyat dengan jenis legenda, lebih menceritakan mengenai asal-usul dari sesuatu. Misalnya asal-usul dunia tumbuh-tumbuhan, asal-usul binantang dan asal-usul terjadinya tempat.

Selanjutnya, cerita pelipur lara yang memiliki fungsi untuk menghibur hati. Umumnya cerita ini mengisahkan hal-hal yang indah, penuh fantasi dan impian yang menawan. Cerita rakyat yang tidak kalah menarik juga adalah cerita jenaka, seperti Pak Belalang dan Lebai Malang.

 

Artikel Terkait : 25+ Contoh Cerpen Singkat yang paling Lengkap Ada Disini!

 

 

 

Contoh Cerita Rakyat yang Populer di Indonesia

Tidak ada yang mengetahui secara pasti ada berapa banyak cerita rakyat Indonesia yang berkembang di masyarakat, namun contoh cerita rakyat di bawah ini merupakan beberapa cerita rakyat yang populer di Indonesia :

 

 

1. Lutung Kasarung

Contoh Cerita Rakyat

Contoh Cerita Rakyat – Juraganesia.net

Lutung Kasarung menjadi salah satu cerita rakyat yang populer di masyarakat. Cerita rakyat yang satu ini mengisahkan tentang dua putri Kerajaan Pasundan yaitu Praburarang dan Purbasari yang sangat cantik jelita.

Sepeninggal sang Raja, Purbasari diperintahkan untuk naik tahta. Mengetahui hal tersebut, Praburarang merasa iri dan ingin mencelakakannya. Akibat siasat yang dibuat oleh Praburarang, wajah dan tubuh Purbasari pun berubah menjadi bertotol-totol hitam. Dengan demikian membuat Purbasari diusir ke sebuah hutan dan tahta kerajaan pun berpindah ke tangan Praburarang.

Di hutan Purbasari bertemu denga seekor kera berbulu hitam bernama Lutung Kasarung dan berkat usahanya wajah dan tubuh Purbasari berhasil kembali cantik seperti sedia kala. Singkat cerita, Purbasari berhasil merebut tahta dari Praburarang setelah Lutung Kasarung memenangkan adu ketampanan yang dibuat oleh Praburarang.

 

 

 

2. Bawang Merah Bawang Putih

Hampir semua orang sudah pernah mendengar cerita rakyat berjudul Bawang Merah Bawang Putih. Bahkan kisahnya diangkat menjadi sebuah tontonan yang menarik di televisi hingga saat ini.

Bawang Merah Bawang Putih mengisahkan tentang ibu tiri dan saudara tiri yang selalu bersikap buruk kepada seorang anak bernama Bawang Putih. Saudara tirinya yang bernama Bawang Merah sangat tidak menyukai Bawang Putih dan selalu bersikap jahat terhadapnya.

Singkat cerita, Bawang Putih bertemu dengan seorang nenek yang memberikannya sebuah labu siam besar sebagai balasan atas kemurahan hati Bawang Putih mau menjaga rumah nenek tersebut.

Ternyata labu siam yang diberikan nenek berisi perhiasan emas yang sangat banyak. Mengetahui hal tersebut, Bawang Merah pun pergi menemui nenek itu dan meminta labu siam secara paksa. Namun naas, labu siam yang diperolehnya tidak sama seperti Bawang Putih. Melainkan setelah labu tersebut dibuka yang muncul justru binatang buas.

 

Baca Lagi Yuk : Kisah Inspiratif Sang Penemu Ban Vulkanisir, Charles Goodyear!

 

 

 

3. Danau Toba

Alkisah hiduplah seorang pemuda bernama Toba yang bekerja menggarap ladang dan memancing ikan. Pada suatu hari ia mendapatkan ikan yang sangat besar. Betapa terkejutnya ia ketika mengetahui bahwa ikan yang ia pancing ternyata jelmaan seorang putri yang cantik. Akhirnya ia pun menikahi gadis itu dengan syarat tidak boleh menceritakan bahwa asal-usul putri dari seekor ikan.

Singkat cerita, akibat kemarahannya pada anaknya yang bernama Samosir, Toba pun membentak anaknya dengan mengatakan, “Dasar anak ikan!” Setelah mengatakan hal itu, tiba-tiba terjadilah badai yang sangat besar. Putri memerintahkan anaknya untuk berlari ke atas bukit yang sangat tinggi untuk menghindari badai yang hampir membuat pemukiman itu terendam.

Air pun meluap sangat tinggi hingga menenggelamkan Toba. Air yang terus menerus meluas membentuk sebuah telaga hingga membentuk sebuah danau. Danau itu pun akhirnya dikenal dengan nama Danau Toba.

 

 

 

4. Sangkuriang

Cerita rakyat Sangkuriang mengisahkan seorang pemuda bernama Sangkuriang yang mencintai ibunya sendiri, Dayang Sumbi. Sangkuriang yang pada saat itu berubah namanya menjadi Jaka, tidak mengetahui bahwa perempuan yang ia cinta adalah ibunya sendiri.

Singkat cerita, Sangkuriang tidak mengetahui bahwa ayahnya adalah seekor tumang. Lalu pada suatu waktu ia pergi ke hutan untuk memburu rusa, karena ia kesulitan memburu rusa maka Sangkuriang pun memutuskan untuk memburu seekor tumang yang ternyata adalah ayahnya sendiri.

Mengetahui hal itu, Sangkuriang diusir dari rumah oleh ibunya sendiri. Pada pertemuannya yang pertama, Sangkuriang langsung jatuh cinta pada Dayang Sumbi dan berniat untuk melamarnya.

Tidak seperti Sangkuriang, Dayang Sumbi mengetahui bahwa lelaki yang akan melamarnya adalah anaknya sendiri. Maka untuk menghindari lamaran Sangkuriang, Dayang Sumbi mengajukan syarat untuk dibuatkan perahu beserta danau dan harus selesai sebelum matahari terbit.

Syarat Dayang Sumbi yang pikirnya dinilai sangat tidak mungkin untuk diwujudkan, ternyata hampir berhasil diwujudkan oleh Sangkuriang. Dayang Sumbi pun gelisah lalu meminta bantuan kepada warga untuk menumbuk padi, sehingga ayam pun berkokok dan membuat makhluk halus yang membantu Sangkuriang pergi karena mengira hari sudah fajar.

Setelah mengetahui kenyataannya, Sangkuriang sangat marah hingga menjebol bendungan dan menendang perahu yang telah ia buat. Perahu yang terbalik itulah yang kemudian dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

 

 

 

5. Batu Menangis

Dikisahkan seorang gadis cantik jelita yang hidup bersama ibunya yang sudah tua renta. Walaupun parasnya sangat cantik, namun tabiatnya sangatlah buruk. Setiap hari hanya bermalas-malasan dan bersolek tanpa sedikit pun membantu ibunya.

Ia seolah menjadikan ibunya sebagai seorang pembantu yang harus menuruti segala keinginannya. Gadis itu tidak memerdulikan ibunya yang harus kerja banting tulang demi menuruti keinginannya.

Singkat cerita, gadis itu pergi ke pasar bersama ibunya. Selama di perjalanan, para pemuda yang melihat gadis itu terpesona akan kecantikannya. Ibunya yang berjalan di belakang gadis itu, seolah menunjukkan pemandangan yang sangat kontras perbedaan di antara keduanya.

Setiap pemuda yang mendekat dan bertanya pada gadis itu, apakah wanita yang dibelakang itu adalah ibunya, gadis itu selalu menjawab bahwa wanita itu bukan ibunya, melainkan hanya seorang pembantu.

Melihat sikap anaknya yang seperti itu, sang ibu sudah tidak bisa menahan kesabarannya lagi. Ia pun memohon kepada Tuhan untuk menghukum anaknya yang durhaka. Akhirnya gadis itu pun mendapatkan balasan atas perbuatannya. Meskipun gadis itu sangat menyesal, namun tubuhnya terus mengeras hingga menjadi batu.

 

 

 

6. Cindelaras

Contoh Cerita Rakyat

Contoh Cerita Rakyat – Juraganesia.net

Cindelaras mengisahkan tentang seorang ratu yang diusir oleh raja karena fitnah dari seorang selir yang iri kepaa ratu tersebut. Akhirnya ratu diusir oleh raja dan memerintahkan pengawalnya untuk membunuh sang ratu yang sedang mengandung seorang putra.

Namun pengawal tak mengindahkan perintah sang raja, ia membuat sebuah rumah untuk menjadi tempat tinggal ratu dan anaknya kelak. Kemudian lahirlah anak sang ratu bernama Cindelaras. Ia tumbuh menjadi anak laki-laki yang tampan.

Lalu pada suatu waktu, Cindelaras menemukan sebuah telur yang menetas menjadi  seekor ayam ajaib yang bisa berbicara. “Tuanku adalah Cindelaras. Rumahnya di hutan. Dia adalah anak dari Raden Putra.”

Singkat cerita, ayam Cindelaras mengikuti sebuah kompetisi adu ayam di kerajaan sang ayah. Akhirnya Cindelaras pun memenangkan kompetisi itu dan ayam tersebut berbicara, barulah saat itu raja menyadari bahwa ia mempunyai seorang anak yang ia buang. Raja pun menyesal, lalu meminta maaf an menemui ratu untuk dibawanya pulang.

 

Kamu Pasti Suka : Kisah Nyata Tentang Baju yang Menipu, Inspiratif Banget!

 

 

 

7. Keong Mas

Keong Mas mengisahkan tentang putri Candra Kirana yang akan dinikahkan dengan seorang pangeran tampan membuat saudaranya, Dewi Galuh merasa iri dan menyurh penyihir untuk mengubah Candra Kirana menjadi seekor keong.

Kutukan itu akan hilang apabila Candra Kirana bertemu dengan cinta sejatinya. Di lain sisi, setelah Candra Kirana diusir dari kerajaan, ternyata pangeran tampan terus mencari keberadaan Candra Kirana hingga berhasil menemukannya dan membawa Candra Kirana kembali ke kerajaan.

 

 

 

8. Ande-Ande Lumut

Cerita rakyat Ande-Ande Lumut mengisahkan tentang seorang Raden Panji Asmarabangun dari Kerajaan Jenggala yang akan dinikahkan dengan Dewi Sekartaji dari Kerajaan Kediri. Pernikahannya ini bertujuan untuk menyatukan kerajaan yang dulu terpisah.

Namun keputusan ini ditentang oleh ibu tiri Sekartaji dan Dewi Sekartaji pun diculik dan disekap. Singkat cerita, Dewi Sekartaji berhasil melarikan diri dan tinggal bersama seorang janda yang mempunyai anak bernama Klenting Merah, Klenting Biru dan Klenting Ijo. Dewi Sekartaji pun mengganti namanya menjadi Klenting Kuning, untuk menyamarkan diri.

Hingga pada suatu waktu, Sekartaji dapat bertemu dan menikah dengan seorang lelaki bernama Ande-Ande Lumut yang ternyata adalah Raden Panji Asmarabangun, kekasihnya yang akan menikahinya dulu.

 

 

 

9. Roro Jonggrang

Dikisahkan setelah Bandung Bondowoso memperoleh kemenangan atas penyerangan ke Kerajaaan Prambanan, Prabu Baka sebagai raja dari Kerajaan Prambanan pun memerintahkan Bondowoso untuk menempati Prambanan dan meminta Roro Jonggrang untuk menjadi istrinya.

Singkat cerita, Roro Jonggrang pu mengajukan tantangan berupa 1000 buah candi dan 2 buah sumur yang harus dikerjakan selama semalam. Bandung Bondowoso pun menyetujui permintaan Roro Jonggrang.

Lalu, Roro Jonggrang pun menyusun strategi untuk menggagalkan kinerja Bondowoso. Dengan membakar jerami seolah-olah hari sudah pagi dan langit berwarna merah. Kemudian membunyikan lesung dan menaburkan bunga yang wangi dan ayam pun mulai berkokok.

Roro Jonggrang pun menegaskan bahwa Bandung Bondowoso tidak mampu menyelesaikan tantangan yang diminta olehnya. Bondowoso pun marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi patung untuk melengkapi candi yang dibuatnya agar berjumlah 1000.

 

 

 

10. Timun Mas

Contoh Cerita Rakyat

Contoh Cerita Rakyat – Juraganesia.net

Cerita Rakyat Timun Mas bercerita tentang sepasang suami istri yang belum dikaruniai anak. Suatu waktu, mereka memutuskan untuk mendatangi seorang raksasa yang konon katanya dapat memberikan keturunan untuk pasangan suami istri tersebut.

Akhirnya raksasa tersebut memberikan sebuah biji-bijian mentimun yang akan tumbuh seorang anak di dalamnya. Namun raksasa itu mengajukan syarat apabila nanti anak tersebut berusia 17 tahun, maka raksasa akan mengambilnya untuk dijadikan santapan lezat.

Anak yang berasal dari biji mentimun tumbuh menjadi gadis yang cantik bernama Timun Mas. Tepat di usia 17 tahun, orang tua Timun Mas mewanti-wanti anaknya untuk lari ketika bertemu dengan raksasa dan memberinya sebuah benda ajaib dalam kantong. Benda ajaib itu adalah garam, cabai dan biji-bijian mentimun.

Singkat cerita, ketika raksasa mengejar Timun Mas, benda ajaib yang diberikan orang tuanya tersebut berhasil membuat raksasa itu lenyap dan Timun Mas pun dapat kembali ke pelukan ibu dan ayahnya.

 

Nah, itulah beberapa contoh cerita rakyat yang sangat populer di Indonesia. Sangat menarik sekali bukan? Selain beberapa cerita rakyat di atas, pastinya masih banyak lagi cerita rakyat lainnya yang berkembang di masyarakat Indonesia.

Meskipun cerita rakyat hanyalah rekaan, namun akan selalu ada hikmah dibalik kisahnya. Semoga kita bisa sama-sama mengambil sisi baik dari segala kisah atau cerita yang kita baca, ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: