7+ Cara Membuat Suara Merdu yang Harus Kamu Tahu!

Cara Membuat Suara Merdu – Hallo sahabat Juraganesia! adakah disini dari sahabat Juraganers ketika masa kanak-kanak bercita-cita menjadi seorang penyanyi, karena melihat idolanya tampir di layar kaca atau televisi, atau apakah ada disini yang berprofesi sebagai seorang penyanyi?

Wah, jika ada artikel ini sangat cocok sekali untuk yang ingin mempunyai suara merdu dan untuk tetap menjaga kualitas suaranya. Hampir semua orang sepertinya ingin mempunyai suara yang bagus dan merdu, namun tak jauh dari fakta kenyataannya memang setiap orang juga memiliki karakter suara yang berbeda-beda.

Membuat Suara Merdu

Cara Membuat Suara Merdu – Juraganesia.net

 

Tidak jarang memang anda menemukan teman anda yang bercita-cita sebagai penyanyi, namun kenyataannya suara teman anda terdengar fals, atau bahkan anda sendiri juga merasakan ketika anda bernyanyi? Jangan khawatir Juraganers! pada kesempatan kali ini Juraganesia akan membahas bagaimana cara membuat suara yang asri, indah,  dan merdu.

Nah Juraganers, ini dia 7+ cara membuat suara merdu yang harus kamu tahu! Juraganesia akan memberikan beberapa tips dan trik untuk membuat suara merdu. Selain itu, mengulas beberapa resep ramuan yang bisa anda gunakan untuk membuat suara semakin merdu. Are you ready? Let’s check list out, Good People!

Cara Membuat Suara Bagus dengan Kencur

Kenapa kencur? Nah seperti ini penjelasannya Juraganers, kencur merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang sangat bermanfaat untuk pengobatan berbagai macam penyakit khususnya pada penyakit radang tenggorokan dan gangguan pada pita suara.

Membuat Suara Merdu

Membuat Suara Bagus Dengan Kencur – Juraganesia.net

 

Pada zaman sekarang ini, kencur kini ternyata dikenal sebagai bahan herbal yang memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit tenggorokan seperti batuk, panas dalam, gatal- gatal pada area kerongkongan dan lain- lain sebagainya.

Tahukah anda? manfaat kencur tidak hanya itu saja, akan tetapi kencur juga diketahui sebagai metode alternatif untuk menghasilkan suara yang merdu pada pengonsumsinya. Kencur sering dikonsumsi para penyanyi untuk menjaga suaranya agar tetap memiliki kualitas yang bagus, karena suara yang merdu adalah aset penyanyi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kencur untuk suara yaitu meredakan tenggorokan, mengatasi batuk, memberikan sensasi segar di tenggorokan, menghilangkan lender di tenggorokan.

 

 

Cara Membuat Suara Merdu dengan Ramuan Jahe

Ramuan Jahe ini menggunakan bahan dasar buah jahe yang sudah diparut dengan racikan bahan lain berupa 2 buah cabe merah, ditambah 2 sendok madu, serta kelapa parut seperempat yang diracik sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah minuman yang sehat dan memiliki seribu satu manfaat bagi penikmatnya.

Cara Membuat Suara Merdu dan Bagus

Cara Membuat Suara Merdu Dengan Ramuan Jahe – Juraganesia.net

 

Langkah kedua, campurkanlah bahan-bahan yang disebut diatas, semua bahan tersebut ditambahkan air secukupnya kemudian peras. Nah, hasil perasan tersebut yang nantinya bisa anda minu untuk membuat suara Anda menjadi merdu. Paham kan Juraganesian?

Langkah ketiga, lakukanlah kegiatan tersebut secara teratur dan rutin sehingga mendapatkan hasil yang lebih prima. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat guys!

Cara Membuat Suara Merdu

Cara membuat Suara Bagus dengan Jahe – Juraganesia.net

 

 

 

Minum Air Putih Secukupnya

Lah kok air putih? Bukannya kita memang air putih setiap hari? Memang ada hubunganya sama suara? Tentu saja ada Juraganers! Ketika meminum air putih yang cukup, anda sudah menjaga tenggorokan tetap segar dan tidak terasa kering.

Cara Ampuh Membuat Suara Merdu

Cara Membuat Suara Bagus (Meminum AIr Putih) – Juraganesia.net

 

Menurut penilitian WHO (World Health Organization), meminum air putih sebanyak 8 gelas sehari, akan memberikan kesegaran dan memperbaiki kinerja seluruh organ tubuh dan juga termasuk membuat suara akan lebih merdu dan tidak serak.

Bagi anda yang memiliki gangguan suara seperti serak tiba- tiba, mungkin salah satu penyebabnya anda terlalu banyak makan gorengan atau tidak cukup mengkonsumsi air mineral atau air putih. Ingat! 8 gelas minimal per hari ya guys.

 

 

Jaga kesehatan lambung

Nah, yang satu ini juga bisa menjadi faktor pentingnya suara merdu, yaitu lambung. Minimnya informasi mengenai kesehatan lambung yang mempengaruhi pentingnya menjaga kesehatan lambung agar memiliki suara yang merdu.

Cara Membuat Suara Bagus dan Merdu

Cara Membuat Suara Bagus (Jaga Kesehatan Lambung) – Juraganesia.net

 

Tahukah anda Juraganers? asam lambung ini sangat berakibat fatal untuk suara, jikla asam lambung naik hingga ke paru-paru dan menuju tenggorokan, maka asam lambung berpotensi merusak pita suara yang berada di dekat tenggorokan.

Banyak berbagai cara menghindari asam lambung naik,seperti mengurangi makanan pedas dan berminyak secara teratur. Serta, ramuan tradisional seperti ramuan kencur dan jahe dapat mengatasi asam lambung naik.

 

 

Hindari Makanan Manis Dan Berminyak

Yang satu ini wajib sekali anda masukan ke dalam daftar makanan yang harus dikurangi konsumsinya, Mengapa? Karena akan berdampak pada kualitas suara. Khususnya makanan yang bersifat manis dan berminyak. mengkonsumsi makanan manis dan berminyak dapat meningkatkan suhu tenggorokan sehingga tidak stabil.

Cara Membuat Suara Merdu

Hindari makanan yang Manis dan Berminyak – Juraganesia.net

 

Dengan demikian, meningkatnya suhu tenggorokan dapat memicu terjadinya disfungsi pita suara. Untuk memperoleh suara yang merdu sebaiknya hindari dulu konsumsi makanan jenis tersebut.  Boleh dikonsumsi asalkan dengan takaran yang minim dan tidak melebihi dari batas konsumsi.

 

 

Bersihkan lendir pada tenggorokan

Ini penting sekali! tidak hanya untuk membuat suara merdu tetapi baik juga kesehatan suara untuk berkomunikasi yaitu membersihkan lendir pada tenggorokan. Hal ini dapat anda lakukan ketika pagi hari seusai bangun dari tidur, lakukan ini sebelum menggosok gigi.

Membuat Suara Merdu dan Bagus

Membersihkan Lendir Pada tenggorokan – Juraganesia.net

 

Cara membersihkan lendir dengan memasukkan kedua jari tangan ke dalam tenggorokan, maka mulut akan mengeluarkan lendir yang menumpuk dari tenggorokan akan keluar. Itu pertanda bahwa tenggorokan kita sudah mengeluarkan bakteri yang selama ini menjadi sumber penyakit mulut.

Selain itu, ada beberapa alternatif lainnya untuk membersihkan lendir di tenggorkan yaitu dengan meneteskan sedikit air ke dalam hidung. Metode tersebut cukup efektif untuk membersihkan lendir yang masih menyumbat di hidung.

Bagaimana, Apakah Jugaranesian sudah pernah mencobanya? Let’s try it!

 

 

Minum air hangat sebelum tidur

Selanjutnya masih menggunakan metode air, meminum air bersih memang bagus untuk kesehatan tenggorokan. Meminum air untuk mendapatkan suara merdu adalag metode yang paling sederhana dan sering anda lakukan setiap hari, tapi untuk tips ini adalah minum air hangat ketika hendak tidur.

Cara Membuat Suara Merdu

Minum AIr Hangat Sebelum Tidur – Juraganesia.net

 

Meminum air hangat sebelum tidur bagus untuk menciptakan suara yang merdu, metodenya pun tidak sembarangan, usahakan anda meminum air hangat dengan posisi berdiri dengan kepala sedikit menghadap ke atas.

Manfaat dari posisi tersebut memungkinkan air untuk melewati tenggorokan. Tapi, ingat minum air hangat yang panasnya dengan suhu rendah, jangan meminum air dengan suhu panas tinggi.

 

 

Latihan pernafasan

Suara yang merdu adalah suara yang enak didengarkan, banyak berbagai cara agar mendapatkan suara yang merdu yaitu dengan berlatih ke pelatih vocal, namun hal ini tentu saja agak berat untuk anda yang mempunyai kesibukan atau anda yang malas mengeluarkan uang untuk membayar pelatih.

Cara Melatih Pernapasan Suara

Cara Melatih Suara dengan Latihan Pernapasan – Juraganesia.net

 

Tenang Juraganers! semua ada solusinya, ada beberapa alternatif untuk mendapatkan suara merdu, salah satunya dengan melatih teknik pernafasan. Anda bisa melatih pernapasan Anda kapan saja dan di mana saja tanpa memerlukan bantuan pelatih vocal dan tentu saja anda tidak perlu mengeluarkan biaya.

Banyak manfaat yang anda dapat dalam melatih teknik pernafasan, anda tidak sekedar dapat menyanyikan nada tinggi, bahkan anda bisa juga menciptakan suara terdengar lebih merdu.

Cara Membuat Suara Agar Lebih Bagus

Cara Membuat Suara Agar Lebih Bagus dan Merdu – Juraganesia.net

 

Teknik pernafasan

Hal terkahkir yang penting untuk dikuasai oleh seorang penyanyi adalah melatih teknik pernapasan. Manfaat dari melakukan metode ini adalah agar mengurangi terjadinya kehabisan suara ketika selesai melakukan nada tinggi.

Banyak cara untuk mendapatkan suara merdu, yaitu dengan melatih teknik pernafasan. Dalam melatih teknik pernafasan ada beberapa tips yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan suara merdu nan indah, berikut adalah cara untuk melatih pernapasan agar tetap menjaga kualitas suara :

1. Melakukan duduk bersila dengan mengatur posisi punggung yang tegak

2. Tarik napas untuk melatih pernapasan perut, tahanlah nafas anda hingga hitungan 10. dengan rentang sampai 10
detik. Dan usahakan memusatkan pernafasan pada perut .

3. Lakukan ini, tahan nafas di perut selama 10 detik dan hitung mundur.

4. Setelah menahas nafas, keluarkanlah nafas dari mulut secara perlahan

5. Setelah semua lankah dilakukan, usahakan lakukan latihan ini secara berulang setiap hari.

Cara Melatih Suara

Cara Melatih Suara dengan Pernapasan – Juraganesia.net

 

Nah Sahabat Juraganesian, Bagaimana menurut anda? Sudah tahukan beberapa tips atau cara bagaimana membuat suara menjadi lebih indah dan merdu? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi siapapun yang berkunjung. Selamat mencoba Juraganesian!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: