10+ Cara Mudah Membuat Suara Bagus dan Merdu, Terampuh!

Cara Membuat Suara Bagus – Memiliki suara yang bagus dan merdu adalah hal yang didambakan oleh semua orang. Apalagi bagi mereka yang bercita-cita sebagai seorang penyanyi. Hal ini adalah modal utama untuk mewujudkan impiannya sebagai seorang penyanyi.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Namun, tidak semua orang terlahir dengan suara yang bagus dan merdu. Setiap orang memiliki suara yang berbeda. Dari yang peka terhadap nada sampai yang sama sekali tidak tahu nada sehingga suara yang dihasilkan terdengar sumbang.

Nah, bagi kamu yang ingin memiliki suara bagus dan merdu jangan risau. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai cara membuat suara bagus dan merdu yang bisa kamu lakukan sebagai latihan untuk meningkatkan kualitas suaramu.

 

Baca Lagi Yuk :  7 Cara Lengkap Membuat Suara Merdu dan Indah Dalam Waktu Singkat!

 

 

 

 

Manfaat Memiliki Suara Bagus & Merdu

Memiliki suara bagus dan merdu bukan hanya dambaan bagi mereka yang memiliki cita-cita sebagai seorang penyanyi saja, namun dambaan bagi semua orang. Pasalnya, memiliki suara bagus akan sangat bermanfaat bagi aktivitas-aktivitas atau pun pekerjaan yang membutuhkan keahlian suara. Berikut ini beberapa manfaat memiliki suara bagus dan merdu:

1. Mendukung Cita-cita Sebagai Seorang Penyanyi

Apa manfaat memiliki suara bagus dan juga merdu? Kebanyakan orang pasti akan menjawab bahwa memiliki suara yang bagus dan merdu akan mendukung cita-cita seseorang untuk menjadi seorang penyanyi.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Betul sekali, sebab bagi penyanyi, suara adalah modal utama demi mewujudkan impiannya. Bagi seorang penyanyi memiliki suara yang bagus dan merdu saja tidaklah cukup, biasanya warna suara juga akan memengaruhi kualitas dari penyayi itu sendiri.

 

 

 

 

2. Melantunkan Ayat Suci Al-Qur’an Dengan Merdu

Selain dapat mendukung cita-cita seseorang sebagai seorang penyanyi, memiliki suara bagus dan merdu pun akan sangat bermanfaat bagi umat muslim ketika melantunkan ayat suci Al-Qur’an. Melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan suara yang merdu akan membuat hati siapa pun yang mendengarnya merasa tersentuh.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Meskipun bukan syarat wajib bagi umat muslim memiliki suara bagus ketika membaca Al-Qur’an, namun jika seseorang dianugerahi suara bagus lagi merdu tentu akan sangat bermanfaat bila dimanfaatkan dengan sesuatu yang membawa manfaat pula.

 

Baca Juga : 10+ Manfaat Minyak Jahe yang Membuat Anda Tercengang, Luar Biasa!

 

3. Menjadi Penyulih Suara

Memiliki suara yang bagus juga akan sangat bermanfaat bagi kamu yang memiliki cita-cita sebagai seorang penyulih suara. Apa itu penyulih suara? Penyulih suara adalah sebuah profesi di mana suara digunakan di radio, televisi, pembuatan film atau lain sebagainya.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Teknik sulih suara biasanya kita jumpai dalam film-film animasi. Profesi ini sangat membutuhkan keahlian suara, sebab selain untuk mengisi suara pada tokoh yang ada pada film animasi tersebut, penyulih suara juga berfungsi untuk memperkuat karakter tokoh tersebut.

 

 

 

 

Tips Cara Membuat Suara Bagus Dengan Cepat

Memiliki suara yang bagus tidak hanya dimiliki oleh segelintir orang. Semua orang bisa memiliki suara yang bagus, berikut ini beberapa tips cara membuat suara bagus yang bisa kamu lakukan:

1. Hindari Makanan dan Minuman yang Bisa Menganggu Suara

Untuk memiliki suara yang bagus, hendaknya kamu lebih memerhatikan asupan makanan atau pun minuman yang kamu konsumsi. Hindari makanan dan minuman yang bisa mengganggu suara. Seperti gorengan, makanan pedas, minuman dingin dan masih banyak lagi.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Mengonsumi makanan yang berminyak, makanan pedas, minuman dingin, berkafein dan beralkohol sangat tidak baik untuk suara karena akan menurunkan kualitas suaramu saat bernyanyi.

 

2. Perawatan Menggunakan Ramuan

Selain menghindari makanan dan minuman yang bisa mengganggu kuliatas suaramu, hendaknya kamu juga melakukan perawatan agar kualitas suaramu saat bernyanyi tetap prima.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Merawat suara agar lebih bagus dan bersuara merdu bisa menggunakan ramuan-ramuan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti ramuan buah lobak dan gula jawa, ramuan jeruk nipis, ramuan jahe dan masih banyak lagi ramuan herbal lainnya yang bisa merawat kualitas suaramu menjadi lebih bagus.

 

3. Minum Air Putih yang Cukup

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, setidaknya dua liter perhari, dapat membuat pita suara lebih sehat. Hal ini karena peran air putih adalah untuk pelumasan lipatan pita suara supaya bergetar dan menghasilkan suara.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Pita suara yang sehat akan menghasilkan suara yang bagus dan merdu. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumi air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya.  Selain itu, air putih juga menghindarkanmu dari dehidrasi.

 

4. Rutin Berolahraga

Kegiatan ini sangat penting untuk dilakukan bukan hanya bagi mereka yang gemar bernyanyi, namun semua orang. Rutin berolahraga akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih meningkat dan tidak mudah sakit. Ini akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatanmu saat bernyanyi.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Rutin berolahraga juga akan membuat pernapasanmu menjadi lebih kuat dan panjang. Memiliki pernapasan yang kuat dan panjang sangat berguna sekali ketika bernyanyi. Kamu bisa rutin melakukan olahraga ringan, seperti lari, bersepeda, dan renang.

 

5. Latihan Vokal

Setelah menghindari makanan dan minuman yang bisa mengganggu suara, mengonsumsi air putih yang cukup dan rutin berolahraga, selanjutnya kamu bisa melakukan latihan vokal untuk meningkatkan kualitas suaramu.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Di antara latihan vokal yang bisa kamu lakukan adalah seperti latihan pernapasan, latihan artikulasi dan latihan-latihan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas suaramu. Latihan vokal ini bisa kamu lakukan sendiri atau pun bersama guru vokal.

 

6. Jaga Kesehatan Tubuh

Hal yang paling memengaruhi suara adalah kesehatan tubuh. Bila kesehatan tubuh terganggu, seperti terserang flu dan radang tenggorongan hal ini akan sangat mengganggu  kondisi pita suara.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Maka penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima. Salah satunya dengan menjaga asupan makanan dan minuman yang bergizi, olahraga yang teratur serta mengonsumi air putih secukupnya.

 

7. Jangan Memaksakan Pita Suara

Agar kondisi pita suara tetap prima dan bersuara merdu, jangan memaksakan pita suara untuk terus menerus berteriak, menjerit bahkan menyanyikan lagu-lagu dengan nada tinggi. Hal ini akan membuat tenggorokanmu terasa lelah dan suaramu akan terdengar serak.

Cara Membuat Suara Bagus

Cara Membuat Suara Bagus – Juraganesia.net

Cobalah untuk bernyanyi lebih santai agar terasa lebih ringan dan suara yang dihasilkan enak didengar. Kamu juga bisa melakukan senam mulut dan lidah di pagi hari untuk melemaskan pita suara.

 

Demikianlah pembahasan artikel kita kali ini mengenai cara membuat suara bagus dan merdu. Beberapa cara di atas bisa kamu lakukan sendiri atau bersama dengan orang lain. Bila diperlukan, kamu juga bisa meminta bantuan pada orang yang lebih ahli di bidang tarik suara.

Nah, Sobat Juraganers, sudah siap untuk mencoba cara-cara di atas untuk membuat kualitas suara lebih bagus dan bersuara merdu? Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: