20+ Tips dan Cara Melatih Mental Agar Menjadi Pemberani dan Profesional

Cara Melatih Mental – Memiliki fisik yang kuat saja tidak cukup untuk menghadapi segala problematika kehidupan. Apalagi berkaitan dengan dunia pekerjaan dan kehidupan bermasyarakat. Tentu selalu saja ada hal yang membuat perasaan kita terganggu karena omongan atau tindakan orang lain.

Cara Melatih Mental

Cara Melatih Mental – Juraganesia.net

Kita tidak bisa menghindari omongan atau pendapat orang lain terhadap diri kita. Sebab sebaik-baik seseorang pastilah ada yang mencela, dan seburuk-buruk orang pastilah ada yang membela. Tidak perlu repot-repot untuk menutup mulut mereka, cukuplah menutup telinga dari omongan yang seharusnya tidak didengar.

Selain itu, untuk menghadapi berbagai macam hal yang tidak mengenakan hati, kita juga perlu memiliki mental yang kuat. Merasa sakit hati dan tersinggung atas ucapan orang lain memang manusiawi, namun kita bisa meminimalisir itu semua dengan mental yang kuat.

 

 

 

Pengertian Kata Mental / Mentalitas Menurut Bahasa dan Istilah

Cara Melatih Mental

Cara Melatih Mental – Juraganesia.net

Secara etimologi atau bahasa, kata mental berasal dari bahasa Latin yakni dari kata mens atau metis yang berarti jiwa, nyawa, sukma, roh dan semangat. Maka dengan demikian, mental adalah hal-hal yang berkaitan dengan psycho atau kejiwaan yang dapat memengaruhi perilaku individu. Sedangkan secara terminologi atau istilah, terdapat perbedaan dalam mendefinisikan mental oleh para ahli kejiwaan maupun ahli psikologi.

Salah satunya sebagaimana dijelaskan oleh Al-Quusy (1970) yang dikutip oleh Hasan Langgulung, mendefinisikan bahwa mental adalah panduan secara menyeluruh antara berbagai fungsi-fungsi psikologis dengan kemampuan menghadapi krisis-krisis psikologis yang menimpa manusia yang dapat berpengaruh terhadap emosi dan dari emosi ini akan mempengaruhi pada kondisi mental.

Dapat disimpulkan bahwa mental itu berkaitan dengan akal (pikiran/rasio), jiwa, hati (qalbu), dan etika (moral) serta tingkah laku. Beberapa hal inilah yang membentuk mentalitas atau kepribadian (citra diri).

 

 

 

Hal-hal yang Membuat Mental Lebih Kuat, Kamu Harus Tahu!

Memiliki mental yang kuat dalam menghadapi permasalahan kehidupan pastilah tidak mudah. Namun bukan berarti mental yang kuat tidak mungkin untuk dimiliki seseorang. Berikut ini, ada beberapa hal yang dapat membuat mental lebih kuat.

Cara Melatih Mental

Cara Melatih Mental – Juraganesia.net

Pertama, kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk memahami dan mengendalikan emosi negatif dalam dirinya. Seseorang yang tidak memiliki kecerdasan emosional tidak akan bisa kuat mentalnya.

Kedua, pengalaman. Awalnya, peristiwa sulit  yang dihadapi pastilah akan memengaruhi mental seseorang. Namun seiring berjalannya waktu, baik secara sadar maupun tidak sadar, pengalaman  yang sulit itu justru membangun sebuah mental yang kuat dalam diri. Dengan artian, terbiasa dengan situasi yang sulit.

Ketiga, berpikir positif. Kita tidak akan bisa selalu sesuai dengan apa yang diinginkan orang lain. Fokuslah terhadap apa yang bisa kita lakukan dan berbuat baiklah pada sesama. Berpikiran positif juga akan membuat mental lebih kuat dan profesional dalam segala kondisi apapun.

 

 

 

Cara Melatih Mental yang Sederhana

Mental yang kuat tidak serta-merta terjadi begitu saja. Untuk memiliki mental yang kuat, perlu adanya pembiasaan diri agar terbentuknya mental yang kuat dari dalam diri. Berikut ini cara melatih mental kuat yang sederhana.

Cara Melatih Mental

Cara Melatih Mental – Juraganesia.net

1. Tidak menghakimi diri sendiri

Sering menghakimi diri sendiri akan membuat mental semakin melemah. Selain itu, kepercayaan diri pun akan sedikit demi sedikit berkurang. Sebab penghakiman pada diri sendiri ini akan memengaruhi alam bawah sadar.

Oleh sebab itu, jangan menghakimi diri sendiri dalam situasi apapun. Apalagi saat berkompetisi dalam studi atau karier. Tanamkan dalam diri bahwa kamu mampu dan optimis untuk menghadapi semuanya.

Terdapat sebuah penelitian dari Institute of Sport di Inggris mengungkapkan bahwa cara berpikir yang menyemangati diri sendiri akan memengaruhi tindakan seseorang. Maka, sugestikan sesuatu yang baik ke dalam dirimu.

 

2. Berpikir positif

Selalu berpikiran positif juga akan berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang. Seseorang yang terbiasa berpikiran positif akan menemukan sebuah pelajaran terhadap pengalaman hidup yang pernah dialami sebelumya.

Sehingga dari pelajaran itu akan menumbuhkan sebuah mentalitas yang kuat untuk menghadapi permasalahan hidup yang sama atau lebih daripada itu di masa yang akan datang. Berpikiran positif juga akan memengaruhi alam bawah sadar sehingga akan timbul sebuah ketenangan dari dalam diri.

 

3. Bedakan kritik dan ejekan

Omongan orang lain adalah salah satu hal yang dapat memengaruhi mental seseorang. Omongan yang bersifat mengejek dan menjatuhkan akan membuat mental seseorang melemah. Sebab kita tidak bisa menghindari omongan orang lain, maka lebih baik bedakan antara kritikan dan ejekan.

Biasanya kritikan berhubungan dengan sesuatu yang terpisah dari diri kamu. Misalnya, seorang guru yang memberi tahu bahwa tulisanmu harus ditingkatkan. Meskipun rasanya menyakitkan, namun bukan berarti dia menunjukkan bahwa diri kamu salah.

Berbeda dengan ejekan, ejekan digunakan oleh orang lain untuk merendahkanmu karena sesuatu dalam diri kamu. Kritik memiliki fungsi yang positif, sedangkan ejekan hanya ditujukan untuk mengakibatkan rasa sakit.

 

4. Fokus

Cara untuk melatih mental kuat selanjutnya adalah tetap fokus pada hal yang seharusnya kamu kerjakan. Jangan hiraukan omongan orang lain, apalagi omongan yang tak berbobot dan tak bernilai. Fokus saja terhadap target hidupmu.

 

5. Tumbuhkan kepercayaan diri

Menumbuhkan sikap percaya diri akan membentuk mental yang kuat pada diri seseorang. Sikap percaya diri akan mencerminkan bahwa kamu yakin terhadap apa yang kamu kerjakan. Sehingga tidak akan mudah terpengaruh oleh omongan orang lain dan mampu menghadapi segala masalah bukan malah lari dari masalah.

 

6. Asah kemampuan diri

Memiliki kemampuan diri yang tinggi akan membentuk mental yang kuat dan pemberani. Oleh sebab itu, teruslah belajar dan mengasah kemampuan diri. Sehingga tingkat percaya diri akan meningkat dan mental lebih siap dalam menghadapi segala tantangan yang akan terjadi.

 

7. Ingat pada Tuhan Sang Pencipta

Tuhan tidak akan membebani seseorang melebihi kemampuannya. Selain berusaha untuk memiliki mental yang kuat dalam menghadapi problematikan kehidupan, selanjutnya adalah berdoa agar dapat menghadapinya. Perasaan tenang ketika berdoa memengaruhi alam bawah sadar supaya lebih percaya diri dapat melalui semuanya.

 

 

 

Cara Melatih Mental Dalam Public Speaking

Cara Melatih Mental

Cara Melatih Mental – Juraganesia.net

Dalam ilmu komunikasi, public speaking diartikan sebagai sebuah cara dan seni berbicara di depan khalayak umum yang sangat menuntut kelancaran berbicara, kontrol emosi, pemilihan kata dan nada bicara. Serta kemampuan untuk mengendalikan suasana dan juga penguasaan bahan yang akan dibicarakan.

Semua hal tersebut tentu saja dapat ditunjang dengan kemampuan mental yang kuat agar dapat tampil berani di muka umum. Berikut ini beberapa cara untuk melatih mental dalam public speaking.

 

1. Kuasai bahan yang akan dibicarakan

Salah satu hal yang dapat membuat mental menjadi kuat dan berani tampil di khalayak umum adalah kepercayaan diri. Kepercayaan diri akan muncul ketika persiapan kita sudah matang. Oleh sebab itu, kuasai bahan yang akan dibicarakan. Salah satunya bisa dengan mencatat poin-poin apa saja yang akan dibahas nantinya.

 

2. Latihan yang cukup

Dalam public speaking hal yang penting untuk dilakukan setelah menguasai bahan yang akan dibicarakan adalah berlatih. Berlatihlah di depan banyak orang. Dengan berlatih, mental pemberani pun akan muncul. Serta dapat membuat diri kita lebih tenang karena terbiasa berlatih di depan banyak orang.

 

3. Berdoa

Dengan berdoa, hati kita akan lebih tenang jauh dari sebelumnya. Setelah berusaha untuk memiliki mental yang cukup kuat untuk tampil di depan banyak orang, maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah berdoa untuk ketenangan hati yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

 

4. Sugesti positif

Biasanya, apa yang terjadi itu sesuai dengan prasangka. Oleh sebab itu, berprasangkalah baik terhadap diri sendiri. Beri sugesti positif, bahwa kamu bisa tampil di depan banyak orang dan dengan penampilan yang terbaik.

 

5. Berpikir positif

Selalu berpikiran positif dan optimislah dalam melakukan sesuatu. Hal itu akan memengaruhi mental agar menjadi kuat dan berani. Yakinkan diri sendiri bahwa semua akan baik-baik saja, dan berbicara di depan banyak orang bukanlah sebuah hal yang menakutkan.

 

6. Jangan merendahkan diri sendiri

Hindari sikap pesimis dan rendah diri. Hal itu akan melemahkan mentalmu dan membuatmu tidak berani untuk tampil di muka umum. Beri kepercayaan terhadap dirimu sendiri dan tunjukkan kepada semua orang bahwa kamu bisa melakukan itu.

 

7. Ubah rasa takut menjadi antusiasme

Cintailah rasa takut, karena rasa takutlah yang akan memberikan sebuah inspirasi kepada kita untuk menjadi kreatif. Kreatif dalam melakukan berbagai hal yang baru untuk mengatasi rasa takut itu. Serta ubahlah rasa takut menjadi sebuah semangat, tantangan dan antusiasme untuk terus maju melejitkan kemampuan diri.

 

 

 

Manfaat Melatih Mental Sejak Dini

Memiliki mental yang kuat dan pemberani memerlukan waktu yang tidak sedikit dan tidak bisa instan.  Sebab diperlukan kebiasaan yang berkelanjutan, sehingga dapat terbentuk mental. Salah satunya ialah dengan melatihnya sejak dini. Berikut ini beberapa manfaat melatih mental sejak dini.

 

1 .Menumbuhkan sikap profesional

Manfaat melatih mental sejak dini ialah dapat menumbuhkan sikap profesional. Apalagi dalam dunia kerja, sikap profesional sangat dibutuhkan untuk kebaikan kinerja. Seseorang yang tidak memiliki mental yang kuat, tidak akan mampu menahan tekanan kerja. Sehingga cenderung menghindari masalah dan menunjukkan sikap tidak profesional dalam bekerja.

 

2. Terbiasa berpikiran positif

Salah satu cara melatih mental adalah dengan berpikiran positif. Melatih mental sejak dini akan membuat kita terbiasa untuk berpikiran positif. Hal ini sangat baik. Sebab dengan begitu kita tidak akan mudah untuk berprasangka buruk terhadap orang lain.

 

3. Tenang dalam menghadapi masaah

Seseorang yang memiliki mental yang kuat karena melatihnya sejak dini akan terlihat tenang ketika menghadapi masalah. Sebab seseorang yang memiliki mental yang kuat, berarti memiliki kecerdasan emosional. Sehingga mampu mengendalikan emosinya dengan baik, terutama ketika dalam masalah.

 

4. Pemikiran yang matang

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa cara melatih mental secara garis besar adalah dengan memengaruhi pikiran, seperti harus berpikiran positif dan memberikan sugesti positif ke dalam diri. Cara seperti ini akan membuat pemikiran menjadi lebih matang dan mampu menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

 

5. Mencapai target hidup

Melatih mental sejak dini itu berarti menanamkan pada diri untuk tidak terlalu mengkhawatirkan omongan negatif yang tidak ada manfaatnya dari orang lain. Sehingga akan memudahkan kita untuk mencapai target hidup kita, seperti mewujudkan cita-cita.

 

6. Memiliki cara untuk bangkit

Salah satu hal yang dapat membuat mental menjadi kuat dan pemberani adalah pengalaman yang sulit. Namun karena hal tersebut, kita akan lebih terbiasa untuk mencari solusi dari permasalahan yang sulit dan memiliki cara tersendiri untuk bangkit.

 

7. Berani mengambil risiko

Seseorang yang memiliki mental yang kuat akan cenderung berani mengambil risiko. Sikap seperti ini sangat bermanfaat sekali, terutama dalam dunia kerja. Sebab setiap pilihan yang diambil pastilah memiliki risiko. Sikap berani mengambil risiko akan membuat kita semakin berkembang dan mental pada diri pun akan semakin kuat.

 

Demikianlah pembahasan mengenai cara melatih mental agar menjadi kuat, pemberani dan profesional. Memiliki mental yang kuat sangatlah bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mental yang kuat, kita bisa meminimalisir rasa tidak nyaman kita terhadap omongan orang lain.

Nah, bagaimana Sahabat Juraganers, apakah kamu termasuk orang yang bermental kuat atau sebaliknya? Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya. Semangat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: