5 cara ampuh ini yang akan mengatasi masalah minder saat hari pertama kerja

Hallo Semuanya, Jumpa lagi dengan sahabat juragan se-indonesia alias Juraganesia,

 

Juraganesia.net – Terkadang banyak dari kita pernah merasakan sesuatu hal yang asing dan canggung ketika kita berada disebuah tempat yang baru kita pijak untuk pertama kalinya, dimana ditempat itu juga tidak ada satu orang pun yang kita kenal melainkan diri kita sendiri.

Sebagai contoh kongkritnya, disaat kita sedang beradaptasi dilingkungan pekerjaan yang baru. Pastinya suasana kantor yang baru itu akan membuat kita merasa canggung ketika bertemu rekan-rekan kerja senior maupun yang sudah bekerja lebih dulu dari kita namun tidak satupun yang kita kenal.

Tentu kerap kali kita merasa asing, canggung serta minder untuk dapat berbaur dengan rekan kerja lainnya atau sekedar untuk berkenalan dengan teman-teman kerja kita yang baru.

Cara Mengatasi Minder Saat hari Pertama Bekerja - Juraganesia.net

Cara Mengatasi Minder Saat hari Pertama Bekerja – Juraganesia.net

 

Nah Sahabat Juragan yang kami banggakan, Pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi permasalahan minder ketika anda pertama kali diterima kerja oleh suatu perusahaan dan memungkinkan rasa kurang percaya diri alias minder tersebut datang disaat hari pertama kerja.

Sahabat juragan penasaran apa saja tips atau cara mengatasi problem atau permasalahan tersebut? Sama saya juga. Oleh karena itu, mari kita baca ulasan artikel berikut ini. .

 

5 cara ampuh ini yang akan mengatasi masalah minder saat hari pertama kerja

 

1. Percaya diri

Percaya Diri - Juraganesia.net

Percaya Diri – Juraganesia.net

Tips atau cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menghindari rasa minder saat hari pertama bekerja adalah dengan menghadapi semua hal yang mungkin akan terjadi dengan rasa percaya diri tinggi. akan tetapi jangan terlalu berlebihan juga percaya dirinya atau Over self confident ya, karena itu bahaya.

Memiliki rasa percaya diri amatlah penting untuk beradaptasi dilingkungan pekerjaan yang baru. Mengapa? Jika kamu memiliki rasa PD yang cukup, maka kamu akan dengan mudah dalam membawa diri untuk dapat bersosialisasi dengan teman-teman atau rekan kerja lainnya.

Selain itu, dengan kepercayaan pada diri sendiri akan mempengaruhi performa anda dalam bekerja dan menimbulkan stimulan positif untuk dapat bekerja sama dengan teman-teman kantor yang baru kita kenal.

 

2. Melatih diri untuk berbicara lebih lugas dan sopan.

Melatih Berbicara Lebih Lugas dan Sopan - Juraganesia.net

Melatih Berbicara Lebih Lugas dan Sopan – Juraganesia.net

Memiliki adab maupun etika dalam berkomunikasi sangatlah penting dalam lingkungan pekerjaaan. Apalagi jika kita diposisikan sebagai karyawan yang baru. Tentu kita dituntut untuk memiliki sopan santun dalam bersikap maupun ketika berbicara dengan teman-teman kerja senior.

Melatih diri untuk berbicara lebih lugas dan sopan akan sangat membantu anda dalam proses adaptasi dilingkungan kerja yang baru dengan baik. Sifat berbicara yang lugas dan sopan akan memberikan kesan yang baik kepada lawan bicara anda. Apalagi lawan bicara anda adalah atasan ataupun bos anda sendiri.

 

3. Jangan menutup diri

Jangan Menutup Diri - Juraganesia.net

Jangan Menutup Diri – Juraganesia.net

Terkadang kita harus berhenti untuk bersikap sombong dan angkuh dengan menutup diri terhadap orang lain. Akan tetapi, jangan pernah kamu lupakan bahwa kamu sedang dilingkungan kerja yang baru sehingga anda harus berbaur dengan rekan kerja lainnya.

Tahukah anda? Seseorang yang baik itu adalah orang yang selalu membuka dirinya terutama untuk memperbanyak pertemanan, dan mebuka diri dengan sifat ramah, sopan dan santun kepada rekan kerja anda. Sehingga anda tidak akan merasa minder lagi yang kerap kali mengganggu aktivitas kerja anda selama ini.

 

4. Bukalah dengan obrolan ringan

Bukalah dengan Obrolan yang Santai dan Nyaman - Juraganesia.net

Bukalah dengan Obrolan yang Santai dan Nyaman – Juraganesia.net

Tips kali ini merupakan salah satu cara yang ampuh dalam mensiasati rasa minder yaitu dengan membuka sebuah obrolan yang santai,ramah dan ringan sehingga dengan memperbanyak interaksi dengan orang-orang disekitar anda, maka semakin cepat proses adaptasi anda disuatu tempat yang baru khusunya didunia pekerjaan.

Caranya adalah dengan mencoba membuka obrolan atau beberapa topik yang nyaman untuk dibicarakan. Dengan demikian, anda akan dengan mudah menyelesaikan permasalahan grogi, minder atau sejenismya.

 

 

5. Manfaatkan momen disaat bekerjasama

Manfaatkan Moment saat Bekerjasama - Juraganesia.net

Manfaatkan Moment saat Bekerjasama – Juraganesia.net

Tips terakhir adalah memanfaatkan suasana disaat bekerjasama atau diskusi bersama mengenai pekerjaan. Padahal, ini adalah sebuah kesempatan untuk anda dapat berbicara, berdiskusi, dan ngobrol dengan panjang lebar dengan teman-teman kerja lainnya tentu dalam konteks pekerjaan.

Kesempatan tersebut dapat anda jadikan untuk mengurangi rasa grogi dan minder yang selama ini berlarut-larut dan mengganggu performa anda dalam bekerja.

 

Nah Sahabat Juragan, Sudah pahamkan 5 tips dan cara mengatasi minder? Rasa minder memang akan selalu datang disaat kita berada disuasana baru. Oleh karena itu juraganesia lovers, terapkanlah beberapa tips yang telah disebutkan diatas ya.
Semoga Artikel dapat lebih bermanfaat ya sahabat juragan… Sukses terus Bro/Sis.

Leave a Reply

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: