Bukan Main, RI Ekspor Produk Pertanian ini Ke Vietnam

Sahabat Juraganesia yang dibanggakan oleh Indonesia,

RI Ekspor ke Vietnam – Pada pertengahan tahun 2017 ini, trend perdagangan Indonesia terhadap negara tetangga yaitu Vietnam kini kembali menunjukkkan performa dan kinerja yang positif dengan peningkatan jumlah dan transaksi ekspor ke negara yang beribukota Hanoi tersebut.

Khususnya pada sektor pertanian, produk holtikultura Indonesia kian membaik dan menjadi komoditas primadona dinegara tersebut. Apakah anda tahu produk agrikultura apa saja yang sering diekspor ke Vietnam?

Menurut data yang dirilis oleh KBRI Hanoi, ada 4 produk pertanian utama yang sangat sering diekspor ke Vietnam, diantaranya adalah Olahan jagung untuk pakan ternak, pupuk organik, buah-buahan seperti durian dan manggis, serta kacang mete.

Dengan demikian, beberapa data juga telah tercatat bahwa pada caturwulan pertama tahun 2017 saja, keempat produk tersebut telah mendatangkan jumlah devisa yang signifikan bagi Indonesia yaitu sebesar 25 juta dollar amerika serikat. Nilai ini meningkat hingga hampir 50% atau setara 8,4 juta US dollar bila dibandingkan total nilai ekspor pada caturwulan pertama tahun lalu (2016) yang sebesar 16,7 juta US dollar.

Khususnya untuk Pakan ternak dan kacang mete, kedua produk tersebut masuk dalam kategori komoditi ekspor Indonesia ke Vietnam yang sangat meningkat secara drastis dalam trend perdagangan RI yaitu sebesar 13,27 juta US dollar atau meningkat 245% jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, produk pertanian Indonesia lainnya juga meningkat secara positif adalah Pupuk. Ekspor pupuk Indonesia ke Vietnam pada caturwulan pertama ini sebesar US$ 9.492.651 atau meningkat 101,75% dibandingkan tahun sebelumnya yang nilainya sebesar 4,7 juta US dollar dan selebihnya adalah produk buah-buahan segar yang meliputi durian, manggis dan lain-lain juga menyumbang dengan nilai yang cukup seimbang yaitu sebesar 2,23 juta US dollar.

 

7 Alasan Mengapa anda Harus menjadi Eksportir

 

1. Jumlah Negara yang Ada Didunia

Berdasarkan data United Nation atau yang sering kita sebut sebagai perserikatan bangsa-bangsa (PBB), telah merangkum dimana ada 195 negara yang ada di dunia termasuk negara kita Indonesia. Ini berarti bahwa terdapat 194 negara yang dapat dijadikan pasar ekspor kita selain pasar domestik / dalam negeri.

Jumlah Negara - Juraganesia.net

Jumlah Negara – Juraganesia.net

2. Populasi Penduduk Dunia

Jika kita berbicara mengenai populasi penduduk dunia, mungkin sangat jauh berbeda dibandingkan dengan penduduk Indonesia. Meskipun Indonesia menempati urutan ke 5 setelah China, India, Amerika serikat, dan Brazil, akan tetapi disitulah menandakan kesempata sangat terbuka dengan lebar.

Menurut Data badan sensus dunia, Penduduk bumi kini telah bertumbuh pesat yaitu dengan jumlah 7,16 Milyar jiwa. Jumlah ini tentunya sangat jauh berbeda dengan penduduk Indonesia yang hanya memiliki 256 juta jiwa dan rasio perbandingan nya ialah 1 : 28.

Jika dilihat dari rasio pertumbuhannya, penduduk dunia memiliki persentase pertumbuhan yang sangat signifikan yaitu lebih dari 1000 kali lipat lebih tinggi dari pada pertumbuhan penduduk Indonesia.

Jumlah Populasi Penduduk Dunia - Juraganesia.net

Jumlah Populasi Penduduk Dunia – Juraganesia.net

3. Tenaga Kerja

Berdasarkan penelusuran tim survey Mister Exportir bahwa perbandingan ketersediaan tenaga kerja didunia kini mencapai 3,3 milyar jiwa. Jumlah tersebut juga sangat berbanding jauh dari Indonesia yaitu 110 juta jiwa. Hal ini menandakan bahwa tenaga kerja dunia 30 kali lipat lebih banyak dari pada tenaga kerja Indonesia. Rasio perbandingannya 1 : 30.

Tenaga Kerja - Juraganesia.net

Tenaga Kerja – Juraganesia.net

4. Daya Beli Masyarakat ( Purchasing Power Parity)

Salah satu faktor mengapa kita harus mengekspor barang ialah karena adanya ketersediaan barang dan permintaan (supply & demand). Jika kita tinjau lebih jauh lagi, ternyata ada faktor yang sangat penting yaitu mengenai daya beli masyarakat suatu negara atau yang sering disebut dengan Purchasing power parity.

Ketika suatu negara memiliki kekuatan atau daya beli masyarakat yang tinggi terhadap berbagai produk, maka disitu terdapat potensi yang besar juga. Sebagai contoh yang relevan adalah penduduk seluruh dunia memiliki purchasing power hingga 79,3 Trilliun US dollar. Sedangkan penduduk Indonesia sendiri memiliki daya beli yang mencapai 1,15 Trilliun US Dollar.

Oleh karena itu berdasarkan data tersebut, rasio perbandingannya antara Power of Purchasing dunia 78 kali lebih besar dibandingkan Indonesia atau 1 : 78. Dengan demikian, peluang ekspor yang terbuka juga akan semakin besar.

Daya Beli Masyarakat - Juraganesia.net

Daya Beli Masyarakat – Juraganesia.net

5. Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Indonesia merupakan salah satu negara potensi ekonomi dunia setelah China dan Amerika serikat. berdasarkan penelitian beberapa jurnal ternama didunia, kini skala pertumbuhan ekonomi dunia melesat hingga 3,9 %. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Indonesia juga melesat hingga 6,5 %.

Walaupun pertumbuhan ekonomi dunia lebih kecil persentase nya daripada Indonesia, namun ekonomi international akan tetap jauh lebih besar dari Indonesia.

Pertumbuhan Ekonomi Dunia- Juraganesia.net

Pertumbuhan Ekonomi Dunia- Juraganesia.net

6. GDP Perkapita

Berdasarkan GDP Perkapita dunia yang kini semakin hari semakin meningkat, maka hal ini juga harus anda jadikan sebagai peluang untuk mengekspor produk anda dimana jika dilihat lebih dalam GDP perkapita dunia rata-rata nya ialah 13,700 US Dollar. Sedangkan Indonesia hanya sekitar 4,300 US Dollar.

Oleh karena itu, kesimpulannya adalah GDP perkapita internasional 3.04 lebih besar dibandingkan GDP per kapita Indonesia.

GDP Perkapita - Juraganesia.net

GDP Perkapita – Juraganesia.net

7. Logistics Power

Peran logistik tentu sangat membantu perekonomian setiap negara termasuk Indonesia. Logistik juga salah satu faktor terpenting sebagai sarana dan prasarana dalam membangun ekonomi. Berbicara tentang “ Logistics Power”, tentu anda tidak pernah menyangka betapa sangat luar biasanya potensi atau kekuatan logistik dunia.

Kini telah tercatat oleh badan statistik dunia bahwa nilai logistik dunia memberikan kontribusi hingga mencapai 2,17 Trilliun US dollar atau sekitar 28.861 trilliun Rupiah Indonesia. Jika dibandingkan logistik yang ada di Indonesia, nilai logistik yang diperoleh ialah US$ 114 milyar atau sekitar IDR 1.516 trilliun. Luar biasa besarnya bukan?

Oleh karena itu, kesimpulannya adalah Kekuatan dan kesibukan logistik dunia 19 kali lebih besar dibandingkan logistic power Indonesia. Atau bisa disimpulkan bahwa indonesia memiliki 6% dari total logistik dunia.

Logistics Power - Juraganesia.net

Logistics Power – Juraganesia.net

 

Nah sahabat Juraganesia Lovers, bagaimana menuirut anda? Apakah masih berdiam diri dan hanya bisa bengong melihat seribu kesempatan emas didepan anda tanpa meraihnya. Sangat rugi bukan? Oleh karena itu, mari menjadi eksportir tanah air.

Jika bukan kita, siapa lagi? Dan jika bukan sekarang kapan lagi juraganesia lovers? Ayo bersama berkontribusi bersama untuk Indonesia lebih jaya. Semoga artikel ini bermanfaat ya.
Seperti biasa, Terimakasih dan sukses selalu buat para juragan se-Indonesia. Merdeka!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: