Belajar Bahasa Inggris Tentang Kata Benda ( Noun ) – Juraganesia

Hallo Sahabat Juraganesia dimanapun kalian berada, terimakasih telah mengunjungi laman artikel ini.

 

Belajar Bahasa Inggris – Menguasai bahasa inggris pada era saat ini merupakan hal yang penting untuk dapat berkomunikasi dengan orang- orang di seluruh penjuru dunia. Pada dasarnya, mempelajari Bahasa Inggris itu bisa dikatakan sangat mudah dan sangat simple lho juraganesia lovers.

Jika kita dapat menguasai tata bahasa inggris dengan baik, menghafal kosa kata yang banyak , dan suka mempraktekkan kepada teman- teman atau bahkan kepada native speaker langsung, maka kualitas bahasa inggris kita lama- kelamaan juga akan terlatih.

 

Baca Juga : Belajar Bhasa Inggris Seputar To Be Dijamin Paling Mudah

 

Nah Sahabat Juraganesia, pada kesempatan ini kita akan mengulas materi pembelajaran bahasa inggris kita tentang Noun ( Kata Benda atau Nomina). Are you ready? Lets get start it Juraganesia Lovers!

Belajar Bahasa Inggris Tentang Kata Benda - juraganesia.net

Belajar Bahasa Inggris Tentang Kata Benda – juraganesia.net

 

Belajar Bahasa Inggris Tentang Kata Benda ( Noun)

Sebelum kita membahas tentang materi utama kita yaitu tentang Noun ( Kata Benda atau Nomina), rasanya sahabat Juragan harus terlebih dahulu memahami secara ringkas bahwa tata bahasa inggris itu terdiri dari delapan bagian atau yang sering disebut ‘’ The Eight Parts of Speech” ( Delapan Bagian dari Tata Bahasa).

 

The Eight Parts of Speech adalah sebagai berikut :

1. Noun (Kata Benda)
2. Pronoun ( Kata Ganti )
3. Adjective ( Kata Sifat )
4. Verb ( Kata Kerja )
5. Adverb ( Kata keterangan )
6. Preposition ( Kata Depan )
7. Conjunction ( Kata Sambung )
8. Interjection ( Kata Seru )

Baiklah tanpa berlama- lama, kita langsung masuk ke materi utama kita kali ini yaitu tentang kata benda. Tahukah anda, kata benda itu terbagi kepada dua bagian ? Jika belum tahu, maka biarkanlah admin untuk memberi tahu sahabat sekalian. Hehe..

 

Belajar Bahasa Inggris Tentang Kata Benda - juraganesia.net

Belajar Bahasa Inggris Tentang Kata Benda – juraganesia.net

 

Pada dasarnya, Kata Benda terbagi kepada dua bentuk yaitu :

1. Concrete Noun

Concrete Noun ( Kata Kerja yang berwujud ) adalah kata benda yang memiliki wujud, dapat dilihat, dan diraba. Sebagai Contohnya :

Andrew

Nama Orang

Man

Orang Laki-laki

Gold

Emas

Iron

Besi

Table

Meja

 

2. Abstract Noun

Abstract Noun ( Kata Benda yang tak berwujud ) kebalikan dari concrete noun, kata benda abstrak ialah kata benda yang tak berwujud, tidak dapat dilihat, dan diraba, akan tetapi bisa dibayangkan. Sebagai Contohnya :

 

                              Wisdom

Kebijaksanaan

Happiness

Kebahagiaan

Wealth

Kekayaan Publik

Life

Kehidupan

Friendship

Persahabatan

 

 

Sudah lumayan paham kan Sahabat Juragan? Tapi, tidak sampai disitu materi kita. Ternyata disetiap keduanya memiliki sub bagian lagi loh dan ini merupakan materi yang penting dan harus anda serap se-segera mungkin karena berikut ini adalah cara cepat belajar bahasa inggris yang sering admin ajarkan ke teman-teman lainnya. Penasaran? Baca sampai habis ya.

 

Untuk Concrete Noun atau kata benda berwujud, adapun terdapat empat jenis padanya yaitu :

1 ) Proper Noun ( kata Benda Nama Diri ) merupakan kata benda yang didahului oleh huruf besar yaitu nama- nama orang, kota, negara, sekolah, perusahaan, dan nama- nama tempat lainnya. Contohnya : Lisa; Johnson; Tokyo; Indonesia; Sintesa; Gontor; Ruhul Islam; Lomonosov University; Aceh; Jakarta; Rusia; dan lain-lainnya.

2 ) Common Noun ( Kata benda umum ) merupakan kata benda yang biasanya terdapat dimanapun dengan sinkronisasi yang tepat. Contohnya : Teacher (guru); Book (Buku ); Plane ( Pesawat terbang ); Mountain ( Gunung ) dan lain- lain.

3 ) Material Noun adalah kata benda yang lebih menunjukkan secara spesifik terhadap bahan mentah ( bahan baku) seperti benda yang berasal dari pertambangan dan bahan- bahan baku lainnya. Sebagai contohnya : Gold (emas); Silver ( perak); Oil ( minyak); Coal ( batu bara ); dan lain- lain.

4 ) Collective Noun adalah kata benda yang memiliki arti majemuk. Sebagai contohnya : Division ( sekumpulan serdadu ); Class ( sekumpulan murid); committee ( panitia); Parliament (parlemen) dan lainnya.

 

 

Sedangkan untuk Abstract Noun atau  kata benda tak berwujud dapat dibentuk dari kata- kata kerja, kata- kata sifat, dan kata- kata lainnya. Berikut liputannya :

Jika ditinjau dari Kata Kerja, contohnya adalah sebagai berikut :

Advertise ( menginklankan )

Advertisement ( iklan )

Associate ( mengumpulkan )

Association ( perkumpulan )

Expect ( mengharapkan)

Expectation ( harapan)

Appear ( menampakkan )

Appearance ( penampakan )

Deliver ( menyerahkan )

Delivery ( penyerahan )

 

 

Jika ditinjau dari Kata Sifat, maka contohnya adalah sebagai berikut :

Polite ( sopan)

Politeness ( kesopanan)

Young ( muda )

Youth ( masa muda )

Important ( penting )

Importance ( pentinya)

Sad ( sedih )

Sadness ( kesedihan )

Patient ( sabar )

Patience ( kesabaran )

 

( Baca Selengkapnya : Tata Bahasa Inggris Seputar Cara Mengubah Verb Menjadi Abstract Noun )

Nah sahabat Juragan, bagaimana sudah paham tentang materi kata benda dalam bahasa inggris diatas beserta pembagian- pembagiannya ? oleh karena itu, jika sudah paham, jangan sampai salah lagi ya dalam penggunaanya. Semoga bahasa inggris para juragan bisa lebih baik dari sebelumnya.

Baiklah, semoga artikel ini bermanfaat dan tunggu episode selanjutnya ya. jika kamu ingin request tentang materi seputar tata bahasa lainnya atau ada kritik saran, silahkan komen dibawah kolom artikel ini ya dan jangan lupa share serta subscribe ya.

Seperti biasa, Terimakasih dan salam sukses bagi para Juragan semua… Better English for Brighter Future!

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: