Arti Kata Gabut

Arti Kata Gabut  – Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang digunakan seseorang untuk menyampaikan maksudnya. Pada zaman modern seperti sekarang ini, perkembangan bahasa menjadi lebih pesat. Banyak kosakata-kosakata baru yang mungkin secara tidak sadar sering kita gunakan. Salah satunya seperti kata gabut sering digunakan oleh anak-anak muda.

Arti Kata Gabut

Arti Kata Gabut – Juraganesia.net

Kata gabut merupakan salah  satu dari sekian banyak kosakata baru yang berkembang pada saat ini. Istilah ini sering digunakan oleh anak-anak muda. Apakah Sahabat Juraganers juga sering menggunakan istilah ini ketika berbicara dengan teman atau orang lain?

Namun, tahukah Sahabat Juranagers, apa arti sebenarnya dari kata gabut itu sendiri? Dari mana kata itu berasal? Dan bagaimana penggunannya ketika berbicara dengan orang lain? Semua hal tersebut akan kita bahas pada artikel kali ini. Mari kita bahas bersama ya, Sahabat Juraganers.

 

 

 

 

Pengertian Arti Kata “Gabut” Menurut Bahasa, KBBI, dan Para Ahli

Arti Kata Gabut

Arti Kata Gabut – Juraganesia.net

Kata gabut termasuk ke dalam bahasa gaul (prokem). Maka dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak ada pengertian kata gabut. Sedangkan secara etimologis atau bahasa, awalnya kata gabut merupakan akronim yang terdiri dari dua kata yaitu gaji buta (gabut).

Kendati demikian, pada saat ini kata gabut seolah mengalami pergeseran makna. Kini kata gabut menjadi luas digunakan oleh semua orang dalam berbagai keadaan yang tidak ada hubungannya dengan makna sebenarnya (baca: gaji buta). Hal ini karena kata gabut termasuk ke dalam kata gaul (prokem).

Menurut Surwono (1004), bahasa gaul (prokem) adalah bahasa khas remaja (kata-katanya diubah-ubah sedemikian rupa, sehingga hanya bisa dimengerti di antara mereka) bisa dipahami oleh hampir seluruh remaja di tanah air yang terjangkau oleh media massa, padahal istilah-istilah itu berkembang, berubah dan bertambah hampir setiap hari.

 

 

 

Arti Kata “Gabut” Menurut Terminologi (istilah) Sastra Indonesia

Seperti yang dibahas sebelumnya, kata gabut adalah sebuah akronim yang terdiri dari dua kata. Yakni gaji dan buta, disingkat menjadi gabut. Menurut berbagai sumber yang ada, kata gabut sendiri sudah eksis sejak awal tahun 2011.

Pada awalnya istilah gabut atau gaji buta ini digunakan untuk merujuk pada penghasilan yang didapatkan pegawai kantoran maupun buruh yang sebenarnya tidak melakukan tugas sesuai spesifikasi pekerjaannya.

Namun seiring berjalannya waktu, istilah gabut digunakan dalam konteks kalimat yang lebih luas. Bahkan istilah ini digunakan dalam konteks kalimat yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan makna aslinya (baca: gaji buta).

Berikut ini beberapa arti kata gabut yang lazim digunakan oleh muda-mudi:

Arti Kata Gabut

Arti Kata Gabut – Juraganesia,net

  • Gaji buta
  • Gak jelas banget
  • Bosen
  • Gak ada kerjaan
  • Males
  • Gak tau harus ngerjain apa

 

 

 

Apakah Arti Kata “Gabut” Termasuk Dalam Kata Kata Gaul?

Kata gabut termasuk ke dalam kata-kata gaul atau bahasa gaul (prokem). Sebab kata gabut merupakan kata-kata yang tidak resmi dan tidak baku, serta sifatnya musiman. Dipakai oleh kaum remaja atau kelompok sosial tertentu untuk komunikasi internal.

Beberapa orang mungkin saja tidak mengerti apa arti sebenarnya dari gabut. Mengingat arti kata gabut itu sendiri sangatlah banyak dengan konteks kalimat yang beragam. Hal ini karena bahasa gaul memang dimaksudkan agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti. (Robins, 1922)

Bahasa gaul juga disebut sebagai jenis bahasa rahasia yang hanya digunakan oleh kelompok tertentu saja untuk berkomunikasi dengan warga masyarakat yang bukan anggota kelompok mereka.

 

 

 

10 Contoh Kalimat Menggunakan Kata “Gabut”

Mengingat kata gabut memiliki banyak arti, maka berikut ini beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata gabut dengan berbagai arti yang disesuaikan dengan konteks kalimatnya:

1. Gabut nih di rumah terus, ke café yuk. (gak ada kerjaan)

2. Gabut banget di kosan, main keluar yuk. (gak tau harus ngerjain apa)

3. Enak ya jadi Dio kerjaannya gak pernah masuk kantor, tapi gajinya besar. Gabut banget. (gaji buta)

4. Bukannya pulang, malah di sekolah seharian. Gabut banget sih! (gak jelas)

5. Kemarin pas rapat kemana? Pas gajian aja datang. Gabut banget sih. (gaji buta)

6. Ajak ke mana kek. Gabut banget nih di rumah seharian. (gak ada kerjaan)

7. Liburan kemarin cuman di kamer terus. Gak tau mau ngapain. Gabut banget pokoknya. (gak jelas)

8. Seharian di dalem kamer, gabut banget. (gak jelas)

9. Bolos terus pas rapat, gabut banget lo! (gaji buta)

10. Ikut hangout yuk, biar gak gabut. (bosen)

 

 

 

Apakah Kata “Gabut” Bisa Dipakai Dalam Sebuah Tulisan Ilmiah?

Arti Kata Gabut

Arti Kata Gabut – Juraganesia.net

Menurut Pateda (1993 : 91 ) Karya ilmiah merupakan hasil pemikiran ilmiah pada suatu displin ilmu tertentu yang disusun secara matematis ilmiah, logis, benar, bertanggungjawab, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Penulisan karya tulis ilmiah haru memenuhi kaidah antara lain : (1) penyebutan sumber tulisan yang jelas ; (2) memenuhi kaidah penuliasan yang berkaitan dengan teknik kutip mengutip penulisan kata, frasa, dan kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar.

Oleh karena itulah, bahasa gaul (prokem) seperti kata gabut tidak bisa digunakan dalam karya tulis ilmiah. Sebab bahasa prokem adalah bahasa yang tidak resmi dan tidak baku yang sifatnya musiman. Selain itu, kata gabut memiliki beberapa makna yang berbeda. Sehingga tidak bisa dipakai dalam karya tulis ilmiah.

Lebih masuk akal bila kata gabut dijadikan bahan penelitian untuk skripsi jurusan bahasa Indonesia. Membahas kata gabut dalam konteks ini, masih bisa dipertimbangkan untuk penulisan karya tulis ilmiah.

 

 

Kesimpulan:

Berdasarkan pembahasan yang telah dibahas sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa arti kata gabut dapat disesuaikan dengan konteks kalimat dan situasi yang sedang terjadi. Hal ini karena kata gabut termasuk ke dalam bahasa gaul (prokem) yang hanya dimengerti oleh kelompok tertentu. Kata gabut juga termasuk kata yang tidak resmi dan tidak baku.

Pemakaian bahasa gaul (prokem) digunakan kaum remaja yang pada umumnya untuk berkomunikasi dengan sesama kelompoknya dalam keadaan santai untuk menjalin keakaraban dan untuk menunjukkan identitas dirinya.

Sebab kata gabut termasuk bahasa gaul yang tidak resmi dan tidak baku, maka kata gabut juga tidak bisa dipakai dalam penulisan karya tulis ilmiah. Sebab dalam penulisannya, karya ilmiah harus memerhatikan beberapa kaidah. Salah satu di antara kaidah penulisannya ialah harus menggunakan teknik kutip mengutip penulisan kata, frasa, dan kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa yang baik dan benar.

 

Demikianlah pembahasan artikel kita kali ini. Bagaimana Sahabat Juraganers, menarik sekali bukan mengulik arti kata gabut? Ternyata bahasa gaul memiliki keunikannya tersendiri, ya. Apakah Sahabat Juraganers, sering memakai bahasa gaul ketika berbicara dengan teman?

Memakai bahasa gaul bukanlah sebuah kekeliruan, namun bukan berarti kita melupakan bahasa Indonesia yang baik dan benar ya Sahabat Juraganers. Sebab bahasa akan sangat  berguna di kehidupan bermasyarakat, bila dipahami bersama makna katanya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: