[HITS] 12+ Aplikasi Belajar Bahasa Jerman yang Paling Recommended Buat Pemula!

Aplikasi Belajar Bahasa Jerman – Salah satu bahasa yang cukup populer dipelajari di Indonesia adalah bahasa Jerman. Mempelajari bahasa ini jelaslah akan cukup memudahkanmu ketika Kamu berwisata ke Benua Biru baik itu untuk belajar atau sekedar travelling.

Nah, sama halnya dengan bahasa lainnya, ada banyak cara untuk menguasai bahasa Jerman tanpa harus ikutan kursus. Salah satunya yakni dengan menginstal aplikasi belajar bahasa Jerman.

Aplikasi Belajar Bahasa Jerman

Aplikasi Belajar Bahasa Jerman – Juraganesia.net

Belajar bahasa Jerman menggunakan aplikasi bisa dibilang sebagai salah satu alternative termudah menguasai bahasa Jerman. Selain karena tak mengeluarkan biaya alias gratis, belajar dengan metode inipun juga tidak terpaku waktu sebagaimana kita mengikuti kursus. Tertarik?

 

 

 

 

Alasan Mengapa Kamu Perlu Belajar Bahasa Jerman!

Aplikasi Belajar Bahasa Jerman

Aplikasi Bahasa Jerman – Juraganesia.net

Adapun beberapa alasan mengapa kamu harus belajar bahasa Jerman adalah sebagai berikut :

 

 

1. Meningkatkan kualitas diri Anda (Soft Skill)

Belajar bahasa Jerman dapat membantu anda menemukan cara berfikir yang baru tentu saja dalam situasi dan lingkungan yang baru. Contohnya tujuan dari belajar bahasa Jerman adalah jika anda hendak bekerja di Negeri Adolf Hitler tersebut, anda memerlukan bahasa Jerman untuk berkomunikasi dengan warga setempat.

Dengan demikian, salah satu cara untuk meng-upgrade kualitas dan kemampuan diri anda dalam bersaing didunia global adalah dengan mempelajari bahasa negara itu sendiri.

 

 

 

 

2. Meningkatkan nilai positif bagi diri Anda

Jika anda belajar bahasa Jerman, seperti yang sudah admin sebutkan sebelumnya adalah kemungkinan atau peluang yang sangat besar bagi anda untuk diterima bekerja di perusahaan asal Jerman atau bekerja di luar negeri akan semakin besar serta anda juga akan sangat layak dipertimbangkan oleh perusahaan tersebut.

Saat ini beberapa perusahaan raksasa didunia hampir rata- rata berasal dari Jerman. Contohnya : DHL express, Siemens, Volkswagen, BMW, Nestle, Allians, BASF, dll. Oleh karena itu, tentu sangat banyak peluang yang bisa kamu garap untuk menjadi staff terhormat perusahaan tersebut.

 

 

 

 

3. Menambah Wawasan Seputar Budaya Jerman.

Budaya dan komunikasi adalah hal yang saling berkaitan serta saling mengikat antara satu sama lain. Sebenarnya anda dapat memahami budaya orang lain melalui cara berkomunikasi dan perilaku serta kebiasaan (budaya) suatu negeri.

Dilain halnya, komunikasi juga sangat erat kaitannya dengan bahasa, nah jika hendak memahami budaya seperti budaya negara Jerman, maka anda juga harus bisa memahami bahasa yang digunakan masyarakat setempat yaitu bahasa Jerman.

 

 

 

 

 

12+ Aplikasi Belajar Bahasa Jerman Masa Kini yang Recommended!

Belajar bahasa Jerman tanpa terikat waktu? Ya, sekarang belajar bahasa bisa dilakukan dengan mudah, hanya dari smartphone kesayangan. Perkembangan aplikasi untuk smartphone sekarang terbilang cukup signifikan tak hanya berkutat dalam bidang teknologi, dan permainan saja, namun juga aplikasi untuk pembelajaran bahasa.

Aplikasi Belajar Bahasa Jerman

Aplikasi Belajar Bahasa Jerman – Juraganesia.net

Nah, dilansir dari technasia dan beberapa sumber lainnya, berikut ini beberapa kumpulan aplikasi belajar bahasa Jerman yang bisa Kamu unduh dan dijadikan sebagai partner belajar.

 

 

 

1. Speak Tribe German

Metode pembelajaran dari aplikasi ini mirip dengan Duolingo yakni lebih berfokus pada pelatihan mendengar atau listening. Karena inilah materi listening yang disajikan pada Speak Tribe German sangat banyak.

Salah satu keunggulan lain dari Speak Tribe German ini juga adanya fitur pronounciation yang membantu pengguna dalam membaca tulisan Jerman dengan logat asli khas Jerman.

 

 

 

 

2. Erste Scritte in Deutschland

Jika Kamu adalah tipe orang yang suka belajar dengan metode kuis, aplikasi Erste Scritte in Deutschland ini harus Kamu miliki. Pengguna disini akan disuguhkan dengan 10 kategori pertanyaan dengan materi berbeda-beda mulai dari kesehatan, transportasi, makanan, belanja dan lain sebagainya.

Adapun pertanyaan yang ada di aplikasi ini semua ditulis menggunakan bahasa Jerman. Jadi mau tak mau, Kamu bakal terpaksa akrab dengan bahasa Jerman. Sayangnya, jika dilihat dari kesulitannya, agaknya aplikasi ini kurang cocok untuk Kamu yang masih pemula.

 

 

 

 

3. Deutsh Lerner

Mirip dengan aplikasi Speak Tribe German, Deutsch Lernen juga aplikasi yang bakal meningkatkan skill listeningmu. Didalamnya terdapat ratusan rekaman streaming video dan audio.

Menariknya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan audio versi lambat bagi para pemula.
Konten yang ada didalamnya cukup beragam dan disediakan transkrip per materinya. Nah, khusus untuk konten video, nanti diakhir transkrip juga diberikan penjelasan tentang kosakata dalam video tersebut. Menarik bukan?

 

 

 

 

4. DW Deutsch Lernen

Sedikit berbeda dengan Deutsch Lernen, aplikasi belajar bahasa Jerman satu ini tidak memiliki konten video didalamnya. Jadi semua materi ada dalam bentuk audio. Perbedaan antara dua aplikasi bahasa Jerman ini juga nampak pada transkripnya.

Transkrip aplikasi DW Deutsch Lernen hanya memberikan keterangan terkait benda saja tanpa menjelaskan arti dari kosakata tersebut, berbeda dengan Deutsch Lernen. Namun bagi Kamu yang anti dengan iklan, DW Deutsch Lernen ini merupakan aplikasi gratis yang bebas dari iklan. Berbeda dari Deutsch Lernen.

 

 

 

 

5. iTalk German

Bagi Kamu yang saat ini sedang mencari kalimat-kalimat praktis dalam bahasa Jerman, cobalah iTalk German. Materi yang disediakan lengkap mulai dari materi belanja, memesan makanan di restoran, bersosialisasi dan lain sebagainya.

iTalk German juga dilengkapi dengan fitur audio dan rekaman yang memungkinkan Kamu belajar bagaimana cara pengucapan kalimat-kalimat dalam bahasa Jerman.

 

 

 

 

6. Learn German

Belajar bahasa Jerman sambil bermain? Ya, Learn German menyediakan keduanya. Cara bermain disini cukup mudah, karena disini kita hanya dituntut untuk menyelesaikan misi dengan menjawab pertanyaan.

Adapun pertanyaan yang diajukan berbeda-beda tergantung kategorinya misalnya pusat kota, rumah, stasiun dan lain sebagainya.

 

 

 

 

7. Meinkauf

Aplikasi belajar bahasa Jerman Meinkauf ini adalah salah satu aplikasi gratis yang ada di Android. Aplikasi ini sangat cocok bagi Kamu yang masih pemula atau level A1. Pembelajaran di aplikasi ini dikemas sangat menarik dengan beberapa kuis sederhana.

Aplikasi ini memiliki cukup banyak fitur pendukung untuk memelajari kata, kalimat, dialog, kuis, serta berbelanja.

 

 

 

 

8. Busuu

Bagi Kamu yang ingin berkomunikasi dengan penutur asli Bahasa Jerman, Busuu adalah solusinya. Dengan aplikasi belajar bahasa Jerman ini, Kamu bebas sesukamu kapan saja belajar bahasa Jerman. Selain itu, meskipun tidak memiliki akses internet, Busuu masih tetap bisa digunakan.

 

 

 

 

9. Kamus Jerman Indonesia

Kamus jelas sangat familiar. Ya, aplikasi belajar bahasa Jerman ini merupakan karya Bali Media dan saat ini sudah didownload 10ribu orang lebih. Aplikasi ini bisa digunakan baik online maupun offline. Sayangnya, untuk fitur offline saat ini hanya bisa digunakan sekedar untuk menerjemahkan kata saja, jadi tidak bisa menerjemahkan kalimat panjang.

Kamus Jerman Indonesia ini memiliki beberapa fitur penting mulai dari menu bookmark yang membuatmu bisa menyimpan kata penting dengan mudah, fitur text to speech yang memudahkanmu untuk berlatih pelafalan, serta fitur sharing yang memudahkanmu share ke aplikasi lain.

 

 

 

 

10. Kamusku : Jerman (Indonesia)

Aplikasi keluaran dari Lumut Studio ini masuk kategori aplikasi belajar bahasa Jerman favorit. Sama halnya dengan Kamus Jerman Indonesia, aplikasi penerjemah ini bisa digunakan offline serta memiliki fitur text to speech. Jadi bagi Kamu yang tak punya kuota, aplikasi ini tetap bisa digunakan.

 

 

 

 

11. German – Indonesian Dictionary

Aplikasi belajar bahasa Jerman ini juga siap membantumu menerjemahkan setiap kata dalam bahasa Jerman. Nah, tak hanya sekedar dictionary, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur exercise sehingga Kamu bisa mengukur seberapa dalam pemahamanmu terhadap bahasa Jerman.

 

 

 

 

12. Learn German Phrases and Words

Aplikasi yang dikeluarkan Bravolol – Language Learning ini memungkinkan penggunanya belajar mengembangkan kosakata atau frasa dalam bahasa Jerman. Desain aplikasinya sangat simple dan menarik sehingga cocok digunakan untuk pembelajaran dasar khususnya untuk listening dan speaking.

 

 

 

 

13. German Indonesia Dictionary

Salah satu keunggulan aplikasi ini yakni adanya search history untuk pencarian translate sebelumnya. Tak ketinggalan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengucapan untuk melatih kemampuan pronounciation.

 

 

 

 

14. Kamus Jerman Indonesia Offline

Suka dengan aplikasi offline? Kamus Jerman Indonesia bisa jadi alternative. Beberapa fitur menarik yang bisa Kamu dapatkan pada aplikasi ini antara lain fitur bookmark, filter search dan copy.

 

 

 

 

Cara Belajar Bahasa Jerman Melalui Aplikasi Online!

Aplikasi Bahasa Jerman

Cara Belajar Bahasa Jerman Via Aplikasi Smartphone – Juraganesia.net

Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini, kita bisa mencari berbagai sumber ilmu untuk belajar tidak hanya dari sebuah buku. Khususnya untuk belajar bahasa Jerman, kita bisa mempelajarinya melalui aplikasi mobile phone yang tersedia di Appstore atau Googleplay. Cara mudah belajar bahasa Jerman melalui aplikasi ialah sebagai berikut :

 

 

1. Pilih salah satu atau Lebih Aplikasi Belajar Bahasa Jerman yang Kamu Sukai

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut seputar belajar bahasa Jerman via mobile apps, ada baiknya kita bisa mendownload salah satu aplikasi yang sudah admin rekomendasikan kepada sobat Juraganers sekalian. Kamu perlu me-review aplikasi yang mana yang cocok untuk kamu.

 

 

 

2. Utamakan Topik Listening Dan Cobalah Praktek Speaking Jerman

Nah setelah kamu sudah mendonwload aplikasi bahasa Jerman yang kamu sukai, maka langkah selanjutnya adalah mulai untuk belajar bahasa via aplikasi tersebut. Admin menyarakan agar lebih efektif adalah dengan cara mengoptimalkan waktu belajarnya ke arah listening dan praktek bicara Jerman.

Sisipkan waktu luang kamu sekitar 30 menit sampai 1 jam setiap hari untuk mempelajari dengan cara mendengarkan pengucapan native speaker bahasa Jerman dan langsung mempraktekkan nya dengan simulasi percobaan speaking German. Step inilah yang disebut sebagai “Imitating” atau Meniru.

 

 

 

3. Belajar Grammar Sekedar Saja

Ada beberapa dari sobat Juraganers mungkin kebingungan mengapa admin sarankan untuk belajar grammar atau tata bahasa Jerman hanya sekedar saja? Karena admin menyarakan agar kamu tidak terganggu dalam proses pelancaran berbahasa Jerman tersebut.

Betul atau tidaknya, admin pernah survey bahwa kebanyakan orang yang mempelajari grammar bahasa Jerman terlalu detail, mereka seolah- olah berbicara harus berpatokan dengan rumus tata bahasa Jerman tersebut. Dan ini adalah hal yang akan mengganggu kita untuk memperbagus ucapan kita dalam bahasa Jerman.

Bukan berarti tata bahasa Jerman tidak begitu penting, akan tetapi admin menyarakan untuk belajar seputar grammar sekedar saja yaitu pokok tata bahasa secara umum saja. Sehingga kamu dapat memfokuskan diri untuk berlatih berbicara dengan baik dan fasih.

 

 

 

4. Tulis dan Hafalkan Vocabulary Bahasa Jerman yang Belum Kamu Ketahui

Langkah terakhir adalah menuliskan vocab atau “wort” yang mungkin masih asing dan belum kamu ketahui. Mohon dicatat, jangan menulis kosa kata bahasa Jerman yang sudah kamu hafal dengan baik. Hal itu berupaya kamu dapat memanfaatkan lautan samudera otakmu agar selalu membuka diri untuk kosa kata- kosa kata yang baru.

Lalu, setelah kamu menuliskannya diatas kertas atau paper note, maka kamu harus menghafalkannya serta melatih pengucapannya sesuai pelafalan dari pihak Native German tentunya berdasarkan materi listening yang admin sudah bilang pada poin pertama.

 

 

 

Nah Sahabat Juraganesia, Cukup banyak aplikasi belajar bahasa Jerman bukan? Nah, jika Kamu ingin belajar bahasa Jerman dengan waktu yang flexible dan biaya gratis, gunakanlah aplikasi-aplikasi diatas.

Latihan secara rutin adalah salah satu kunci penguasaan bahasa. Selain itu, carilah partner yang bisa diajak berkomunikasi bahasa Jerman. Praktek secara langsung akan memercepat pemahamanmu dalam belajar bahasa, terkhusus bahasa Jerman.

Demikianlah pembahasan kita kali ini seputar 12+ Aplikasi Belajar Bahasa Jerman yang kami rekomendasikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat Juraganers sekalian ya!

 

Terimakasih dan Salam Bahasa Juraganers!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: