6 Penyebab Kegagalan Menjadi Pengusaha Muda

Hallo Sahabat Juraganesia yang kami banggakan, Terimakasih telah mengunjungi laman artikel ini.

 

Penyebab Kegagalan Menjadi Pengusaha Muda – dalam dunia wirausaha pasti semua akan pernah merasakan pasang surutnya sebuah usaha baik itu dari segi penjualan maupun hal teknis lainnya. Tidak hanya itu kebanyakan dari pengusaha-pengusaha sekarang sebenarnya mereka memiliki ide-ide yang sangat unik dan sangat luar biasa, akan tetapi mereka memiliki rasa percaya diri yang kurang sehingga akibatnya adalah untuk membangun relasi juga akan terhambat.

Sebenarnya, dalam dunia berbisnis tidak ada namanya kegagalan dalam kamus seorang pengusaha. Melainkan bahwa kegagalan itu akan terjadi jika kita tidak bisa mengendalikan resiko dengan baik, tidak memperhitungkan segala hal secara detail, dan tidak bisa menjaga kestabilan usaha itu sendiri.

Bahkan tidak aneh, bahwa sebuah kegagalan itu bisa menjadi senjata yang luar biasa untuk menggarap seribu kesuksesan jika kegagalan itu bisa dijadikan pembelajaran yang baik untuk kedepannya.

Meskipun banyak orang yang berkata bahwa kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda, sesungguhnya kesuksesan itu tidak pernah ada yang menunda selama kita mengerjakannya dengan benar serta dengan perhitungan yang pas.

Kegagalan dalam Usaha yang harus dihindari - Juraganesia.net

Kegagalan dalam Usaha yang harus dihindari – Juraganesia.net

Semua kegagalan itu bisa dikendalikan dan dikontrol dengan bijaksana jika beberapa hal ini bisa diantisipasi dari penyebab utama kegagalan dalam berbisnis atau berwirausaha. Mau tahu apa saja yang menyebabkan kegegalan dalam berwirausaha? Silahkan baca liputan berikut ini.

 

1. Malas membangun relasi / networking.

Rasa malas adalah cikal bakal keterpurukan dan kegagalan dalam kamus seorang pengusaha. Apalagi bermalas-malasan untuk membangun sebuah networking atau relasi bisnisnya, karena itu adalah kesalahan yang paling fatal dan harus diperbaiki secepatnya.

Selain itu, rasa malas untuk menambah relasi juga tidak hanya menghambat pergerakan lajur usaha yang sedang ditekuni, bahkan lebih jauh dari pada itu yaitu menutup semua peluang emas yang terbuka lebar dimasa depan.

Oleh karena itu, para pengusaha harus benar-benar menjaga semangatnya agar tetap membara dan selalu melawan rasa malas yang berkepanjangan.

Malas Membangun Relasi - Juraganesia.net

Malas Membangun Relasi – Juraganesia.net

 

2. Kurangnya percaya diri.

Rasa percaya pada diri sendiri adalah hal yang harus dimiliki oleh para petarung ekonomi alias pengusahawan dimanapun dan kapanpun. Akan tetapi bagaimana jika seorang wirausaha tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup? Apakah itu berbahaya? Jawabanya mungkin sudah sangat jelas, tentu saja itu sangat berbahaya.

Kurangnya rasa percaya terhadap diri sendiri akan menggangu seluruh kreatifitas baik itu dalam pengambilan keputusan (decision making) dan mengerjakannya (action) atau eksekusi (execution) yang nyata dilapangan. Selain itu, kurangnya percaya diri akan berdampak kepada integritas atau mutu bagi seorang pembisnis.

Lalu, bagaimana cara mengantisipasi hal tersebut? yaitu dengan cara selalu berfikir positif thinking dan selalu optimis bahwa produk atau jasa yang anda ciptakan itu sangat dibutuhkan oleh semua konsumen.

Kurangnnya Percaya diri - Juraganesia.net

Kurangnnya Percaya diri – Juraganesia.net

 

3. Tidak punya perhitungan.

Kesalahan yang juga sangat fatal dalam berbisnis adalah tidak adanya perhitungan yang jelas dan detail. Memiliki perhitungan adalah hal yang paling mendasar bagi seorang pemula maupun senior yang telah terjun kedunia usaha.

Ternyata, memiliki perhitungan yang baik itu adalah suatu hal yang amat penting. Itulah mengapa banyak pengusaha yang gulung tikar alias bangkrut itu dikarenakan mereka tidak memiliki perhitungan yang baik dan benar.

Perhitungan yang dimaksud disini adalah meliputi perhitungan jumlah modal, jumlah operasional, jumlah pemasukan dan pengeluaran, serta perhitungan resiko dan peluang.

Tidak Punya Perhitungan - Juraganesia.net

Tidak Punya Perhitungan – Juraganesia.net

 

4. Managemen yang buruk.

Hal yang paling cepat untuk mendatangkan kegagalan bagi suatu usaha adalah dimulai dari managemen yang buruk. Managemen yang buruk akan mengakibatkan beberapa hal lainnya seperti rusaknya kreatifitas, rusaknya relasi bisnis, dan hilangnya kepercayaan konsumen.

Managemen yang kurang baik adalah hal yang sangat fatal bagi sebuah usaha. Maka dari itu, para pengusaha juga diharapkan bisa mengatur manajemen sebuah perusahaannya agar lebih baik dan terkendali sehingga mengantisipasi kegagalan-kegagalan yang akan terjadi.

Manajemen yang Buruk - Juraganesia.net

Manajemen yang Buruk – Juraganesia.net

 

5. Suka tidak tepat waktu.

Penyebab kegagalan selanjutnya adalah tidak on time atau tidak tepat waktu dalam memenuhi suatu janji ataupun hal lainnya. Suka mengulur waktu atau tidak tepat waktu adalah sebuah kata yang harus dihapuskan didalam kamus seorang pengusaha.

Oleh karena itu, ketidak tepatan waktu akan berdampak kepada performa bisnis anda yang kurang baik sehingga banyak investor, konsumen, dan sebagainya memilih untuk tidak bekerja sama dengan anda dikarenakan faktor ini.

 

 

6. Tidak konsisten dalam bekerja.

Mengatur fokus memang tidak mudah, akan tetapi bisa dilatih dengan cara membiasakannya. Oleh karena itu, keseriusan, profesionalisme, dan konsistensi dalam bekerja itu amat diperlukan bagi seorang pengusahawan yang baik. Ketidak seriusan dalam bekerja adalah sama halnya bunuh diri dalam dunia usaha.

Tidak konsisten dalam bekerja adalah sebuah faktor penyebab kegagagalan usaha yang sangat nyata. Mengapa? Karena dengan ketidak profesionalisme itu akan merusak integritas anda terhadap rekan atau relasi bisnis lainnya.

 

 

Nah sahabat juraganesia, sudah tahukan beberapa penyebab kegagalan dalam berwirausaha? Masih mau untuk terus melakukan keenam poin diatas? Yuk kita perbaiki dan evaluasi usaha kita agar lebih baik. Semoga bermanfaat ya..

Leave a Reply

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: