5 Syarat Ini yang Harus Dimiliki Para Pengusaha Muda

Juraganesia.net- Menjadi seorang pengusaha muda memang tidak gampang dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya adalah seorang pengusaha muda belum memiliki banyak pengalaman dan sangat jarang untuk berani memulai. Selain itu, sifatnya yang belum stabil juga membuat anak muda tidak yakin terhadap keputusannya untuk memulai dan terjun kedunia usaha.

Walaupun bisa dikatakan sedikit sulit, namun bukan berarti anak muda tidak bisa sukses seperti halnya pengusaha-pengusaha senior lainnya. Sebagai buktinya, tidak sedikit pengusaha muda tanah air yang berhasil dan sukses serta meraih kegemilangan atas pencapaiannya diusia dini. Ini membuktikan bahwa usia muda tidaklah menjadi sebuah penghalang bagi mereka yang memulai untuk menjadi pengusaha muda dan sukses.

Lalu, apa rahasianya untuk menjadi pengusaha muda yang sukses? Anda penasaran juraganesia lovers? Yuk kita baca ulasan dibawah ini!

Ternyata, menjadi pengusaha muda itu bisa jadi gampang dan bisa jadi sukar. Hal ini tergantung pada personality atau kepribadian masing-masing. Namun, yang jelas ada 5 syarat yang harus dimiliki oleh kamu yang ingin menjadi pengusaha muda.

1. Memiliki kemauan atau tekad yang kuat.

Hal yang paling mendasar dalam membuka sebuah usaha yang baik adalah dimulai dari adanya niat, kemauan dan tekat yang kuat, karena semua hal tersebut akan berdampak kepada semangat dan visi misi sebuah usaha yang akan dibentuk atau diciptakan oleh seorang pengusaha muda.

Memiliki Keinginan dan Tekad yang Kuat- Juraganesia.net

Memiliki Keinginan dan Tekad yang Kuat- Juraganesia.net

Selain itu, dengan memiliki sebuah tekad yang kuat, para calon pengusaha muda akan terlatih untuk berfikir bagaimana mencari sebuah solusi yang jitu dalam memecahkan sebuah permasalahan baik itu masalah teknis maupun non-teknis agar sebuah usaha yang ditekuni tersebut bisa bertahan sesuai harapan.

2. Berani untuk memulai.

Syarat kedua yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha muda itu adalah mereka yang berani untuk memulai sesuatu hal baik itu dari hal terkecil maupun hal yang besar. Dengan memulai, maka kita secara tidak langsung sudah melangkah atau berjuang selangkah lebih maju dari mereka yang tidak memulai apapun sama sekali.

Keberanian untuk memulai adalah salah satu sifat yang paling penting bagi seorang pengusaha muda untuk
merealisasikan niat ataupun tekat yang telah dimiliki. Selain itu, berani memulai adalah salah satu cara untuk membuka peluang-peluang besar lainnya.

Oleh karena itu, para calon pengusaha muda harus memiliki keberanian yang tinggi agar dapat melihat potensi usaha yang diciptakan yang meliputi potensi produk, potensi penjualan, dan kekuatan pangsa pasarnya sehingga terciptanya sebuah usaha yang memiliki integritas dan profesionalitas yang tinggi.

Nah, Jika tidak mulai dari sekarang kapan lagi? Kalau bukan kita siapa lagi?

 

3. Harus punya semangat yang tinggi sebagai pengusaha.

Harus Punya Semangat yang Tinggi - Juraganesia.net

Harus Punya Semangat yang Tinggi – Juraganesia.net

Seorang pengusaha muda tentunya harus memiliki semangat yang tinggi dalam membangun sebuah usahanya agar tetap exis dan selalu mempertahankannya dari keterpurukan. Disini para pengusaha muda dituntut agar lebih agresif dalam meningkatkan mutu usahanya dan selalu memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap perjalanan usahanya.

Tidak hanya itu, memiliki semangat yang tinggi adalah salah satu syarat yang wajib dimiliki para pengusahawan muda dimana dengan semangat dan impian yang besar akan menuai sesuatu hal yang besar dan melahirkan inovasi-inovasi serta kreatifitas yang tinggi dan tanpa batas.

 

4. Mencari mentor yang sesuai dengan usaha anda.

Syarat yang satu ini mungkin banyak dilupakan oleh para newbie atau calon pengusaha muda yang ingin memulai atau sudah memiliki usaha sendiri. Walaupun memang tidak sedikit para pengusaha muda sukses karena memulai usahanya secara ortodidak tanpa dibantu oleh seorang mentor.

Dilain halnya, pemilihan mentor yang tepat dan telah memiliki pengalaman yang teruji adalah sesuatu hal yang penting terhadap usaha anda. Mengapa? Karena dengan memiliki mentoring yang tepat, maka seorang mentor akan menjaga semangat anda dengan baik dengan cara mengarahkan usaha anda ke jenjang yang lebih baik dan melatih anda agar menjadi usahawan yang memiliki integritas.

Selain itu, dengan memiliki mentoring yang sesuai dengan usaha anda, maka itu akan mempercepat dalam hal perkembangan sebuah usaha yang digeluti.

Oleh karena itu, peran seorang mentor amat diperlukan agar dapat memberikan masukan dan teladan yang berguna terhadap manajemen, produktifitas, pemasaran, dan bahkan pembentukan karakter seorang pengusaha muda itu sendiri.

 

5. Harus memiliki professional yang tinggi.

Syarat yang terakhir yang sangat wajib dimiliki bagi anda yang ingin menjadi seorang usahawan muda adalah dengan melatih diri anda agar selalu menjadi pribadi yang memiliki profesionalitas yang tinggi.

Mimiliki Sikap Profesionalisme yang Tinggi - Juraganesia.net

Mimiliki Sikap Profesionalisme yang Tinggi – Juraganesia.net

Sikap profesionalime bagi para usahawan bisa dibentuk dari hal-hal kecil seperti selalu tepat waktu, menepati janji, konsisten, selalu bertutur dengan baik dan mengedepakan kejujuran.

Oleh karena itu, pengusaha yang baik adalah seorang pengusaha yang selalu menjaga konsistensi dan profesionalitas nya dalam bekerja. Maka dari itu, sikap tersebut tidak bisa diturunkan kepada penerusnya secara instan, akan tetapi dilatih dengan baik.

Nah, Juraganesia lovers, sudahkah anda memiliki kelima syarat tersebut? jangan lupa like, comment dan share ya. Semoga bermanfaat..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Don\'t Copy the Content is protected by Copyright!!
%d bloggers like this: